life

2019 Recap

December 31, 2019

Wow! Nggak berasa udah di penghujung 2019 aja. It's December again. Waktunya mempersiapkan tulisan akhir tahun seperti biasa hehe. Kenapa nulis dari sekarang, karena untuk bikin tulisan ini butuh waktu yang ngga sebentar. Need to look back what's happening throughout the year, harus ngumpulin foto-fotonya juga.

Tahun lalu, gue melihat 2019 sebagai tahun tentang Survival. It's about to survive. Untuk bertahan dengan segala keputusan yang diambil di tahun 2018. Ternyata ga cuma bertahan dan berjuang untuk keputusan yang telah dibuat sebelumnya, tapi juga harus berjuang menghadapi hal-hal ga terduga yang terjadi di 2019. Hal yang ga mudah sampe ku butuh bantuan profesional, tapi ternyata bisa dilalui.

Sekarang saat bikin tulisan ini gue coba inget-inget lagi, apa aja ya yang udah terjadi selama 2019? Mari coba kita recall dengan melihat foto-foto yang diambil selama 2019.

Pastinya, kehidupan 2019 gue didominasi oleh perkuliahan S-2. Seberapa mendominasi? Ternyata setelah dijalani tidak segitu mendominasinya juga. Ternyata gue masih punya waktu untuk aspek-aspek lain di kehidupan gue; untuk teman, untuk keluarga, untuk main, untuk kerja, untuk olahraga, untuk me-time. Tidak semendominasi yang sebelumnya ditakutkan.

2019 dimulai dengan pindah rumah. Well, ngga pindah rumah sih sebenernya, cuma balik ke rumah yang sebelumnya direnov total. Mulai pindahnya juga sebenernya dari akhir 2018, tapi baru bener-bener beres dan syukuran di awal 2019. Setelah pindah rumah ini jadi jauh lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain karena emang udah umur kali ya, rumah baru ini terasa lengkap dan memenuhi segala kebutuhan. Ngga perlu lagi pergi ke luar kalo mau nyoba makanan baru, tinggal pesen online. Ngga perlu lagi ke kafe kalo mau cari suasana baru, tinggal pindah ruangan dan nyalain Smart TV buat pasang musik. Intensitas ke bioskop pun berkurang sejak ada Netflix. Olahraga juga sekarang di rumah aja modal YouTube. Mau ketemu temen, ajak ke rumah aja. Sering kali ketika ada ajakan kumpul, gue ajak temen ke rumah aja dibanding harus ke luar rumah hehe. Rumah gue kembali jadi basecamp kayak pas zaman sekolah dulu, baik buat main ataupun nugas.

2019 tahunnya Netflix n chill

Housewarming



Karena itu, jadi agak jarang main ke luar dan nyobain tempat-tempat baru. Kalopun pergi ke luar ketemu temen itu seringnya berdua aja, dan biasanya gue kalo pergi berdua jarang foto hehe. Jadi inilah momen-momen yang Alhamdulillah masih tertangkap kamera. Sisanya biar tersimpan di dalam laptop atau di dalam memori aja ya :-)

After 5 years kayaknya?? Finally ketemu anak Belanda ini!

Bilangnya mau ke Boba Fest, tapi ngobrol dan curhat lebih menyenangkan :-)

Tetep mampir ke Boba Fest kok pada akhirnya

Alibinya ngajak nyobain restoran baru. Ketika makan, baru sadar udah se-lama itu ngga ngumpul

Yang ini juga! Udah lamaaa ga ngobrol-ngobrol

Yang ini apa lagi. Untung lo reply story gue Cho pas lagi di Bandung. Kalo ngga entah kapan kita ketemu :") 

Bukber pertama tahun ini ku habiskan di kantor orang! Haha. Good to see you both

Psiko marching squad reunited!

Belum jadi-jadi kumpul lengkap

Reuni lintas circle #LabschoolBound

Geng skripsiku! Minus satu-satunya cowok yang udah balik duluan

Yha, isinya mah dia dia lagi. Btw resto ini enak banget!
Jangan lupa nyempetin waktu buat kumpul sama temen-temen kantor lama

Yaa foto-foto disini kurang lebih sama sama yang gue share di IG. IG Highlight bagus sih buat bikin memory lane. Setelah diliat-liat, ternyata kumpul rame-rame emang sejarang itu di 2019. Kebanyakan ketemuan berdua aja. 2020 perlu lebih sering kumpul ya! Jangan sampe ga berasa jarang ketemu, tau-tau udah berjarak aja gitu sibuk sama dunia masing-masing, tau-tau distant aja gitu :(

Kebanyakan di rumah dan kurang interaksi sosial ternyata efeknya plus minus buat gue. Di satu sisi memanjakan ke-introvert-an gue dan jadi hemat, tapi ternyata di satu sisi mungkin tanpa gue sadari gue butuh lebih banyak interaksi sosial dan pergi ke dunia luar. Akhirnya gue pun terkadang menyengajakan diri untuk pergi ke luar, merasakan kehidupan di luar sana lol. Menyempatkan waktu untuk makan enak di luar. Kalo katanya mas Aakar Abyasa, jangan hemat-hemat banget lah. Buat apa punya duit tapi ga bisa nikmatin?

Tapi kayaknya agak terlalu menikmati, tahun ini duit gue ternyata bukan hanya banyak dihabiskan untuk makanan, tapi juga untuk acara-acara musik.

Baca ceritanya disini!

Hampir 6 tahun jadi anak UI, pertama kalinya dateng ke JGTC. It was superb!


Meranoia, the best music festival I've ever been to

Foto bersama 2019 Top Artist Spotify-ku, Ardhito Pramono

Ga cuma acara musik, di 2019 tetap menyempatkan waktu untuk dateng ke acara-acara seni lainnya.

Pertama kalinya nonton sirkus format tenda! It was greatt
Setelah 2013 berada di panggung, kali ini duduk di bangku penonton untuk nonton pertunjukan tari dari berbagai komunitas


Ngga seperti tahun-tahun sebelumnya yang rajin dateng event berfaedah alias seminar dan talkshow, tahun ini minim banget dateng ke acara-acara itu. Salah satu yang tertangkap kamera adalah saat dateng ke acara talkshow kakak bareng Anak Jajan dan KartuPosInsta alias Kenny Santana! 3 of my favorites in 1 stage!



Di tahun ini, waktu gue pun rasanya banyak dihabiskan bersama keluarga besar. Sesering itu kumpul karena tahun ini ada 2 pernikahan; kakak gue dan sepupu gue. Ngga cuma pernikahannya aja, tapi juga rangkaian menuju kesananya mulai dari perkenalan keluarga, lamaran, pengajian, sampai technical meeting. Selain itu, tentu momen Idulfitri, Iduladha, dan momen-momen kumpul lainnya bikin tahun ini kayaknya jadi tahun tersering kumpul keluarga besar.

Bukber persepupuan


Lunch at Talaga Sampireun Ancol. Enak jugaa tempatnya

Annual tradition: Iduladha di Ciawi

Masih di Ciawi

Rangkaian cerita pernikahan kakak (dari sudut pandang saya sebagai adik) bisa dibaca disini

Pembubaran panitia ceunah. Tapi sebulan kemudian kumpul lagi for the next wedding :p




Dan tentunya momen tak terlupakan ini

Ga cuma wedding di keluarga, tentunya di umur-umur segini tidak lepas dari wedding teman-teman. Bukan cuma wedding, sekarang udah zamannya nengokin temen-temen yang lahiran! Pertama kalinya beli kado ke baby shop doong haha. Jujur pertama kali ke toko perlengkapan bayi pusing banget. Barangnya sebanyak itu! Semacem-macem itu. Bingung mau beli yang mana. Tapi seru sih jadi tahu kalo kebutuhan bayi dan ibu tuh seberagam itu, dan pilihan barangnya sekarang udah canggih-canggih.

Akhirnya Mbak Cit! Pertama kali ku ke nikahan Betawi nih

Yang dulu galau-galaunya sama akuu sekarang udah ke pelaminan ajaa :") So happy for you Fi <3 Dan seneng banget ketemu temen-temen BEM dulu

Kalo nikahan Derryna, jujur bener-bener reuni temen SD sampe S-2. Ternyata irisan kita sebanyak ituu

Sobi marchingkuu yang nikahannya makanannya super enak-enak. Yang choco lava-nya beneran melting. Nama cateringnya udah kucatet San!

Great things about wedding is reunion! Ketemu temen-temen yang udah lama ga ketemu, dan ga tau kapan lagi akan ketemu kalo bukan di acara-acara kayak gini

Another wedding yang mempertemukan teman-teman lama

Nikahan pertama PIO 24

Lah kalo ini malah lupa foto sama pengantinnya. Haha

Ya Allah ngikutin perjalanan mbaknya dari yang masih gadis ditanya-tanyain kapan nikah sampe akhirnya punya anak :")

Ini jugaa. Sobat SMA yang tau-tau udah jadi ibu ajaa

Pertama kalinya gendong newborn baby! OMG deg-degan banget. Jujur ga mau karena takut kalo bukan di-encourage Awa sebagai ibunya.


Ya, setelah happy-happy, jangan lupa kembali ke tugas utama yaitu kuliah dan juga cari cuan alias kerja.

Foto sama temen-temen kuliah dikeluarinnya nanti aja ya di postingan abis aku lulus wkwk. Yah intinya mah foto kita mayoritas pas lagi ada yang ulang tahun. Kalo ini foto pas bukber di rumahku, yang abis itu jadi basecamp buat meeting, nugas, atau apapun itu
3 cewek di balik branded contentnya Inspigo! Ceritanya bisa dibaca disini

Udah lama ga ketemu, orangnya udah sebanyak inii :")

Happy-happy dulu main bowling. Btw VIP room di Spincity BSD ini enak banget guys! Bisa sambil karaoke dan main game juga


Alhamdulillah ya sekarang udah bisa dateng ke event-eventnya Inspigo

Pertama kalinya ikut recording. With the one and only, Mbak Zoya Amirin. Seru banget!

Ga cuma kerja kreatif untuk perusahaan, di tahun ini gue juga coba bikin proyek kreatif, proyek pribadi, yaitu bikin channel YouTube edukatif tentang berbagai pekerjaan. Namanya Dicari Tau. Hehe gue masih utang cerita tentang ini. Soon gue ceritakan ya! Tapi channel ini lagi hiatus kalo kata anak-anak zaman sekarang. Hiatusnya kenapa? Ya nggapapa. Hiatus aja hehe. Semoga bisa segera ngeluarin konten lagi yah.

Berada di depan kamera, challenging banget!

It's a wrap!! Foto bersama salah satu narasumber, yang juga teman semasa kuliah dulu

Oh ya, 1 foto lagi ketinggalan! Foto waktu nyobain aerial hoop, salah satu bucket list yang udah lama dipengenin. Seruu. Nanti ku review di post terpisah (Ya elah nambah lagi utangnya Dy).

Pose menggapai mimpi (?) LOL

Semoga pose menggapai mimpi di atas bisa menggambarkan tahun 2020. Meraih impian, harapan, dan keinginan, tapi dengan elegan dan chill. Ada usahanya tapi jangan lupa rileks dan laid back. Semoga tahun 2020 menjadi tahunnya Hope, ku bisa kembali menjadi diriku yang living life to the fullest. Ya ga usah fullest-fullest amat yang penting happy dan enjoy. Let's start it over.

Btw, sorry not sorry fotonya raw semua tanpa diedit. Post ini jatohnya recap aja sih karena kebanyakan udah diceritain di post-post sebelumnya. Dan sori juga dibikin publish 31 Desember padahal nyelesaiinnya 9 Januari hehe. Biar tahun 2019 lengkap gitu setiap bulannya ada post (Just Dyani being Dyani).

Tahun 2019 pun diakhiri dengan sebuah perjalanan penuh pembelajaran ke Uni Emirat Arab. Post-nya sedang dipersiapkan. Sabar, satu per satu (ehem).



Happy new decade everyone.


XOXO,
Dyani

You Might Also Like

0 comments