life

Anak Rumahan

May 11, 2019

Udah lama nggak nulis nih. Bukan nggak ada waktu. Waktu sih ada banget. Bukan nggak ada yang dipikirin dan nggak ada yang bisa dibagiin, tapi nggak terlalu pengen nulis aja. Nah.. Mumpung kali ini lagi ada mood untuk nulis, mari buat sebuah tulisan yang jujur, menuangkan isi pikiran dan keresahan, tanpa memikirkan outputnya akan seperti apa. Let's start the therapeutic writing..

2019 has become the most introvert time of my life I think. Most of the time, gue menghabiskan waktu di rumah dan seringkali menghabiskan waktu sendiri. Dulu waktu jaman S-1, pulang kuliah jaraaang banget langsung pulang ke kosan. Bukan kupu-kupu banget deh (baca: kuliah-pulang-kuliah pulang). Antara marching band, kepanitiaan, organisasi, ngerjain tugas, main, atau ngapain kek. Tapi saat S-2 ini, kupu-kupu banget! Sejak hari pertama kuliah, nggak ada tuh pikiran buat main dulu abis kelar kelas. Langsungg cus pulang. Paling banter di kampus buat ngerjain tugas. Pernah suatu ketika temen ngajakin ke Margo City atau ke mal baru di Depok, di situ gue baru sadar, OMG kapan terakhir kali gue ke mall di Depok, or at least main atau makan ke Margonda. SE-NGGAK-PERNAH-ITU. Paling banter karaoke sekali abis UAS terakhir semester satu. Gitu doang.

Bahkan sampe detik ini, 8 bulan gue kuliah nggak juga menjajaki Margonda dan sekitarnya. Percaya nggak kalo sampe detik ini gue ga pernah ngerasain yang namanya jembatan aborsi itu kayak gimana, nggak tau barel dan gang sawo itu sekarang kayak apa.. Karena gue se-kupu-kupu itu!

Padahal dulu jamannya kerja, pulang kantor pun gue masih sering beraktivitas, antara nongkrong sama temen-temen atau ke Sinergi Muda. Kalo weekend jarang banget di rumah. Pergii mulu kerjanya. Dan anak mall banget (ya mon maap di Jaksel hiburannya itu). Sekarang boro-boro. weekend nggak ada tuh kepikiran ngajakin orang pergi atau ketemuan. Kalo nggak diajakin duluan ya stay di rumah aja. Padahal dulu sering jadi inisiator meet-up. Sekarang nunggu ajakan aja haha.

Saking jarangnya keluar, sampe-sampe pas kemaren ke Sency gue baru nyadar kalo udah selama itu, seeelama itu nggak ke mall! Kuningan City ga diitung yaa.. karena kesana bukan buat nge-mall tapi buat fitness hehe. Agak rindu sih pas nginjakin kaki di mall. The vibes, the tenant, etc.

Gue pun coba menganalisis diri sendiri.. Kenapa sekarang anak rumahan banget. Faktor utama kayaknya karena rumah abis direnov, jadi nyamaan banget. Interior dan dekorasinya juga nyaman dipandang. Gue sebagai anak visual, dulu sering ke kafe buat cari pemandangan dan suasana lain untuk kerja, nugas, atau ngapain gitu. Tapi sekarang di rumah aja cukup banget. Adanya smart TV yang memungkinkan untuk pasang Spotify, YouTube, radio juga bikin suasana kerja dan nugas ini jauh lebih nyaman. Udah setara sama kafe-kafe. Kalo bosen sama satu spot tinggal pindah ke spot lainnya.

Faktor berikutnya juga mungkin gara-gara lebih sadar finansial. Sejak lebih melek keuangan dan concern ke investasi, gue jadi lebih menimbang-nimbang kalo mau ke restoran atau kafe. Yang dulunya agak bodo amat dan kerjanya kulineran mulu, sekarang jadi sejarang itu makan di luar. Nggak tau ya, melek finansial ini otomatis ngerem keinginan untuk hedon-hedon gitu. Sebenernya dulu nggak hedon banget juga sih, masih kekontrol, tapi sekarang jadi jauh lebih terkontrol lagi. Paling banter kalo mau jajan pesen Go-Food. Biayanya juga jadi lebih murah dibanding makan keluar. Jadi makan enak pun bisa di rumah. Kadang kalo temen ngajak ketemu gue juga ngajakin buat di rumah aja..

Ketiga hmmm kayaknya butuh waktu istirahat. Sejak belajar tentang mindfulness, gue jadi lebih menyisihkan waktu untuk istirahat, berhenti produktif sejenak, dan belajar leha-leha. Yes, belajar leha-leha. Nggak, ga salah baca kok. Untuk orang kayak gue, ga ngapa-ngapain itu perlu usaha. Tentang mindfulness ini gue ceritain nanti ya (yaelah janji-janji mulu Dy tulisan kagak kelar-kelar). Intinya, gue belajar untuk nggak terlalu padat beraktivitas, nikmati waktu senggang, dan nggak terlalu push diri sendiri.

Ditambah adanya Netflix membuat waktu luangku lebih meaningful wkwk. Keinginan nonton di bioskop juga berkurang banget karena adanya Netflix ini. Paling sesekali ke bioskop buat nonton film-film blockbuster atau yang emang pengen banget aja. Ga tau ya.. Sekarang mager juga ke bioskop.

Istirahat di rumah ini juga untuk restore energi setelah ketemu banyak orang dan daily hassle. Orang-orang introvert pasti paham banget nih gimana capeknya interaksi sama banyak orang di luar sana, gimana energy-drainingnya itu. Faktor PP Jakarta-Depok juga mungkin ngaruh kali ya.. Dulu kan w ngekos, terus pas kerja juga tempat kerja nggak jauh dari rumah. Sekarang dari rumah ke kampus effortnya lebih gede jadi kayaknya lebih butuh energi aja gitu. Nggak yang capek banget sih tapi yaa tetep aja effortnya jadi lebih gede dan butuh waktu dan energi yang lebih banyak.

Saking introvertnya tahun ini, kadang gue sampe mikir.. Ini normal gak sih? Haha. Ya mungkin buat orang yang dasarnya anak rumahan ini biasa aja, tapi buat gue yang bukan anak rumahan terus tiba-tiba jadi anak rumahan banget ini menimbulkan tanda tanya haha. Makanya coba analisis diri. Tapi banyak juga orang yang bilang bahwa semakin bertambah usia kita, banyak yang ngerasa emang lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di rumah. Tentunya untuk istirahat dari dunia luar dan menghabiskan waktu sama keluarga. Prioritas dan preferensi berubah. Yang tadinya main ke luar, jadi istirahat di rumah. So, maybe it is normal? I don't know.

Satu hal yang gue khawatirin cuma pemenuhan tugas perkembangan tahap psikososialnya Erik Erikson.. yaitu Intimacy vs Isolation. Salah satu tugasnya adalah menjalin hubungan yang intim dan meaningful dengan orang-orang terdekat. Tahun ini gue ngerasa hubungan dengan orang-orang nggak seerat sebelumnya sih.. Bukan nggak erat atau ada konflik, tapi karena jadi jarang ketemu, chat juga nggak sesering dulu, takut kurang termaintain dan tiba-tiba merenggang aja gitu. Takut terlalu nyaman sama diri sendiri. Tapi tahap Intimacy vs Isolation ini sebenernya panjang sih jangka waktunya. Jadi mungkin perubahan saat ini nggak tiba-tiba langsung mengubah pemenuhan tugas perkembangan tersebut.. Namanya juga manusia pasti dinamis, sekarang begini, besok begitu. Suka berubah-berubah, namanya juga perjalanan hidup.. Ya nggak? Haha. So, what's your opinion?

----

Additional note to self: Mari publish tulisan ini tanpa perlu baca ulang dan edit-edit kalimatnya. Let's publish this as it is. You can re-read this later

You Might Also Like

0 comments