life

Sister of The Groom (Part 1)

September 30, 2019

Menyambung post sebelumnya, pernikahan kakak adalah salah satu momen di tahun ini yang ingin segera gue alami tapi sekaligus nggak mau buru-buru gue lewati. Begitu excited dalam mengurus dan menyambut hari bahagia ini beserta seluruh rangkaian acaranya, tapi di satu sisi belum bener-bener siap kalo kakak harus meninggalkan rumah. Terlebih, gue juga nyiapin sebuah surprise performance untuk resepsi pernikahan kakak. Jujur belum bener-bener siap untuk perform!

Kalo banyak orang cerita pengalaman persiapan pernikahan mereka (yang tentunya sebagai bride), kali ini gue mau cerita pengalaman sebagai adik dari pengantin.

Preparation
Sebagai orang yang terbiasa sibuk ngurusin printilan acara, dan keluarga yang terbiasa nyelenggarain acara, nyiapin acara pernikahan ini jadi sesuatu yang cukup menyenangkan buat gue pribadi. Nggak tau gimana kalo nanti gue sendiri yang jadi pengantinnya :p Apakah akan jadi bridezilla atau justru sangat menikmati prosesnya. But at least kali ini sebagai adik dari calon pengantin pria (CPP), gue menikmati setiap proses persiapannya.

Kakak gue adalah anak pertama, sekaligus cucu pertama dari dua belah keluarga ortu. Jadi buat kami, ini pertama kalinya nikahin anak. Semua orang excited. Segudang keinginan dan konsep dipadukan jadi satu, tentunya dengan kompromi. Alhamdulillah nggak pake drama yang gimana-gimana karena keluarga cukup demokratis. Orang tua cukup membebaskan anak dalam memilih konsep acara, anak juga mau cari jalan tengah untuk beberapa keinginan ortu yang berbeda, dan pihak perempuannya juga membebaskan karena kebetulan nikahin anak terakhir, jadi nggak ada BM-BM tertentu. Ini patut disyukuri banget sih karena gue sering denger cerita orang atau temen yang keluarganya jadi selek selama persiapan pernikahan karena banyak keinginan yang bentrok, misalnya pake adat apa, dekorasinya harus gimana, undangannya berapa, dll.

Gue sebagai adik sebenernya nggak segitu banyak terlibatnya dalam persiapan pernikahan ini, apalagi kakak udah pake wedding planner, jadi keluarga emang ngga terlalu banyak ngurusin printilan. Jadi ku ga bisa cerita banyak tentang persiapan pernikahan secara detil. Tapi mau cerita aja pengalaman pribadi dari sisi adik.

Gue sebagai adik sih ngikut aja disuruh apa. Diajak pilih bahan hayuuk.. Diajak liat-liat baju dan sepatu hayuk.. Disuruh pilih MUA seneng.. Diajak food tasting berkali-kali juga hayuk banget :p

Diajak sih ga masalah, yang masalah adalah ketika disuruh milih! Disuruh milih bahan, disuruh nentuin model baju yang dimau. Sebagai anak yang not into fashion, ini PR banget buat gue karena nggak ada BM mau yang model gimana-gimana, sedangkan kakak dan ortu sepenuhnya ngebebasin maunya gue gimana. Alhasil harus banyak cari-cari referensi sampe nemu yang cocok.

Tadinya kalo disuruh nyewa pun gue ga masalah. Kayak terima aja. Tapi ternyata semua jadinya bikin. Prinsip gue, baju-baju dan sepatu itu harus bisa dipake lagi. Nggak mau baju sekali pake buat event itu aja. Udah insyaf saya beli/bikin baju sekali pake #mindfulspending. Kecuali baju resepsi, gapapa lah agak heboh atau beda dikit, karena emang gong-nya acara. Tapi untuk lamaran, pengajian, akad, nggak mau yang terlalu unik atau heboh jadi kalo bisa sih sesuatu yang bisa dipake lagi di lain waktu.

Lamaran




Pengajian




Akad

Lupa pake bros jadi polos banget. But it's okay karena seneng banget baju akad bisa dipake lagi!


Resepsi


 



Dan yang menyenangkan lagi, ku bebas memilih MUA. Jujur gue belum pernah pake MUA profesional, biasanya dimake-upin sama sodara yang jago make-up aja atau ya make-up sendiri. Untungnya gue cukup ngikutin tren MUA di Instagram dan tau beberapa MUA yang seleranya cocok. Jadi waktu itu tinggal ngontak-ngontakin aja dan cari yang cocok secara waktu dan harga. Untuk rangkaian acara ini gue pake MUA yang beda-beda. Sengaja, supaya bisa nyobain berbagai MUA dan juga disesuaiin sama look yang dimau untuk acara tersebut.

Dan dari pengalaman ini gue semakin yakin bahwa milih MUA itu berdasarkan look yang dimau, bukan kita suka sama MUA-nya lalu request look yang kita mau. Karena kalo gue liat, MUA itu punya signature look atau style masing-masing, mungkin hasilnya bisa kurang maksimal kalo kita minta mereka untuk bikin look yang bukan style/expertise-nya mereka. Dan kali ini pilihan gue tepat!

Untuk lamaran, gue pilih Ariesha Make-up karena make-upnya cenderung natural tapi flawless dan manis. Untuk pengajian di-make-up-in sodara aja, sedangkan untuk resepsi gue pilih Fika Ambarani karena make-up-nya pinkish dan cukup "nyala" untuk ukuran resepsi. Gue jarang banget sih make-up yang tebel dan nyala gitu, apalagi pinky, tapi dengan tangan ajaibnya Fika, it turned just the way I imagined!

Make-up Lamaran by Ariesha Maharani




Make-up Pengajian by Arrum Auliarachmah



Make-up Akad by Fika Ambarani



Make-up Resepsi by Fika Ambarani



Lalu dari persiapan pernikahan ini gue belajar.. Belajar bahwa mesti nabung banget buat nikah!! Jujur selama ini gue invest dan nabung tapi tujuannya nggak spesifik buat apa.. Sekarang mulai dispesifikkin buat nikah. Dulu milih instrumen investasi yang agresif semua, sekarang mulai diseimbangin ke yang lebih konservatif, nggak terlalu fluktuatif, dan lebih mudah dicairkan. Karena ternyata penting banget pilih instrumen yang lebih stabil supaya ada hard cash saat harus bayar-bayar vendor nikahan.

Selain nabung, gue juga belajar bahwa penting untuk nyicil konsep pernikahan yang diinginkan. Karena jujur gue nggak punya dream wedding yang gimana-gimana. Kalo ditanya mau yang kayak gimana jujur nggak tau :") Karena ini jadi kebayang kalo harus nyicil konsep, mulai dari venue-nya mau dimana, MUA-nya kira-kira mau siapa, bajunya mau bikin dimana, cateringnya siapa, fotografernya siapa, dll. Karena gue sebagai adek, milih baju, sepatu, dan MUA aja udah pusing sendiri apalagi kalo harus milih semua printilan nikahan. OMG. Fix harus nyicil.

Jadinya sekarang lebih merhatiin vendor-vendor. Kalo ke nikahan orang dan makanannya enak, ku catet.. Kalo ngeliat tempat nikahan bagus, mulai browsing.. Dan mulai nge-list vendor-vendor yang potensial untuk dipilih. Nikahnya kapan dan sama siapa belom tau, bodo amat nyicil aja dulu. Jadi mengurangi kepusingan nanti kalo kita udah tau maunya apa, siapa, kayak gimana.

Ketika disuruh kasih komentar tentang bahan, sepatu, dll, gue ga bisa bener-bener berkomentar karena menurut gue selera orang itu beda-beda banget. Kalo gue ga suka tapi bokap nyokap gue suka ya silakan. Toh yang pake kan mereka. Selama bikin mereka pede, nyaman, dan ga melenceng dengan tema gue mah terserah aja. Satu-satunya yang bisa gue kasih komentar dengan yakin adalah masalah makanan! Haha.

Untuk catering kemarin pake Umara Catering. Total 3x kami food tasting. Pertama itu pas open house Umara, kedua di wedding expo, dan terakhir sesi food tasting yang dibuat khusus kami, sesuai menu yang dipilih. Dari ketiga food tasting itu, menunya beda-beda semua, dan menurut gue semuanya enak dari mulai buffet, stall, minuman, sampe dessert. Meskipun mereka bilang speciality-nya adalah makanan Indonesia, menurut gue pribadi makanan western-nya lebih enak dan nendang.

First Food Tasting



Tenang guys, itu bukan champagne tapi apple soda


Third and Last Food Tasting


Around 17 dishes in 2 hours! Masih ada makanan dan minuman yang nggak kefoto.
Our stomach was fuull with delicious food :9


lanjutan ceritanya bisa dibaca disini.

You Might Also Like

0 comments