life

Sister of The Groom (Part 2)

September 30, 2019

Cerita sebelumnya bisa dibaca disini

Lamaran & Pengajian
Untuk pertama kalinya juga, gue menghadiri lamaran dan pengajian sebagai pihak keluarga. Meskipun demikian, udah lumayan kebayang lah bakal kayak apa karena temen-temen suka pada share momen-momen lamaran dan pengajian mereka yang penuh haru. Dan inilah yang gue antisipasi. Gue ga mau nangis! Bahkan gue udah dapet tips untuk menahan tangis di momen-momen haru ini haha. Makanya pas hari H, gue ga bawa tissue.

Tapi..... ternyata rasanya beda banget saat momen itu terjadi di lingkungan terdekat kita. Awalnya gue mikir, gue udah hidup sama keluarga gue selama 26 tahun, I know them, gue udah kenal pacarnya kakak gue, jadi ya paling terharu dikit aja.

Tapi ternyata kebalikannya banget! Justru karena gue udah tinggal lama sama mereka, dan untuk pertama kalinya gue ngeliat mereka ngutarain perasaan dari dalam hati, itu bener-bener jadi momen yang mengharukan. Kayak, OMG kakak gue bisa juga berkata-kata romantis. OMG ortu gue bisa juga seterharu itu. Maklum, keluarga gue bukan tipe yang seekspresif itu tentang perasaan. Jadi ketika gue ngeliat mereka seperti bukan mereka biasanya, rasanya tuh..... :")

Otomatis semua netes lah, sampe tante, sepupu, keluarga besar juga ikut haru. Gue yang ga bawa tissue otomatis minta ke para tante yang udah siap sedia haha. Sebisa-bisanya gue nahan tangis pake trik tersebut, tetep aja ada air mata haru yang ga bisa dibendung.


Surprise Performance Preparation
Awalnya nyokap ngajak gue untuk bikin surprise performance nari bareng sepupu-sepupu. Tapi jujur gue males banget arrange-nya. Apalagi nari yang beneran nari itu bukan gue sih sebenernya. Biasanya nari pas fitness aja atau pake alat color guard. Lalu nyokap mencetuskan ajak temen-temen Color Guard aja untuk nari.

Dari situ gue jadi kepikiran, apa gue bikin surprise performance bareng temen-temen CG, bikin mini color guard show? Hmm kayaknya menarik. Dulu gue beberapa kali pernah ngisi CG show di nikahan orang, apa gue bikin untuk kakak gue sendiri ya? Gue pikir-pikir, kapan lagi gue nampilin CG show di nikahan orang terdekat? Apalagi kakak gue belom pernah nonton gue tampil sama sekali selama bertahun-tahun gue ikut marching band.

Tapi waktu itu masih maju-mundur banget iya apa nggak karena satu dan lain hal. Akhirnya H-1 bulan gue baru hubungin temen-temen buat ngajak tampil. Dalam waktu sebulan itu juga langsung milih lagu, bikin koreo, minjem alat dan kostum ke MBUI. Jujur ini terngide dan challenging sih karena kemarin lagi di tengah-tengah praktik kerja, deadline laporan, deadline kerjaan, revisi jurnal. Bener-bener mesti manage waktu dan pikiran.

Belum lagi harus nyesuaiin jadwal latihan bareng, karena temen-temen gue tipe yang sering lembur, terus ada juga yang lagi di luar negeri dan baru bisa ikut latihan H-seminggu. Waktu udah diarrange latihan bareng pun ada aja yang mendadak ga bisa dateng. Pada akhirnya kita ga pernah latihan full team 🤪

Awalnya kami latihan di Depok, tapi terus latihan di GBK after office hour. Ternyata latihan di GBK sekarang itu convenient banget! Tempatnya luas, terang, dan fasilitasnya udah oke banget sekarang. Jadi gampang cari spot kosong buat latihan. Pas disana pun latihan diliatin strangers bodo amaat.. Itung-itung latihan tampil depan orang, berhubung gue udah lama BANGET ga tampil depan orang. Harus dilatih banget PD-nya. Ini ada sedikit video latihan terakhir kami di GBK, again, ini nggak full-team but it's okay.



Karena ngga pernah latihan full-team, jujur deg-degan banget.. Kayaknya gue ga pernah tampil tanpa latihan full-team. At least latihan sekali aja. Nah ini sama sekali ngga. Udah pasrah aja hasilnya bakal gimana. Udah siap-siap pencet tombol Mission Abort. Tapi pada akhirnya jalanin aja, pasrahin aja. Kapan lagi nampilin color guard performance di nikahan orang terdekat ya kan.


The Day
Hari itu kami nyampe di Sampoerna Strategic Square sekitar jam 4.30 pagi karena akad dilangsungkan pagi hari lalu lanjut resepsi siangnya. Sebagai adek, gue chill aja ngikutin apa yang harus dilakuin. Tenaang banget, sampe akhirnya duduk di depan meja akad. Ketika mau ijab kabul, mendadak gue deg-degan. Deg-degan banget jujur. Awalnya menganggap ijab kabul yaudah tinggal mengucap aja, tapi setelah denger cerita-cerita, bahkan menyaksikan sendiri orang yang ijab kabulnya harus diulang berkali-kali, padahal di kesehariannya they are good speakers, tapi pas ijab kabul ada ketegangan tersendiri. Alhasil, gue pun jadi deg-degan pas kakak gue mau ijab kabul.

Ketika ijab diucapkan oleh wali nikah, kakak gue pun bisa mengucapkan kabulnya dengan lancar, dan jelas dalam satu kali ucapan. Mengucapkannya pun penuh eye-contact dengan wali nikah. Proud :""") Seketika menetes lah air mata ini wkwk. Ga nyangka tetep terharu walau udah sering liat orang ijab kabul. Ternyata rasanya beda ketika itu dilakukan oleh kakak sendiri.



Setelah itu foto-foto dan makan sebentar lalu segera ganti baju dan retouch make up untuk resepsi. Umumnya, pesta pernikahan itu berlangsung selama 2 jam. Antara jam 11.00-13.00 atau 19.00-21.00. Nah kebetulan venue pernikahan kakak saat itu, Sampoerna Strategic Square, ngizinin untuk pake ruangan sampe jam 13.30, bahkan 15.00 karena emang dalam 1 hari cuma ada 1 event disana.

Pas entrance, mau nangis lagi akutu haha. Terharu aja gitu, apalagi musik orkestra dari Kana Entertainment yang menambah dramatis suasana. Tapi untung bisa nahan. Rangkaian acara ini penuh tangis deh pokoknya wkwk.



Di tengah acara, gue balik ke ruang keluarga untuk ganti baju (lagi). Ganti baju untuk tampil tentunya. Dan di hari H pun ada aja yang bikin deg-degan :") Mulai dari temen-temen yang dateng super mepet sama jam show, flag-nya copot, dan ada aja insiden lain yang ga bisa gue sebutkan. Bener-bener deh udah pasrah aja waktu itu.

Show time pun tiba. Pas mau tampil pun lutut lemes, bibir rada gemeter pas senyumin penonton, tangan hampir tremor beb. Tapi yang namanya keajaiban latihan tuh ya ada aja gitu. Saking udah terlatihnya otot-otot kita, badan tuh udah otomatis gerak. Gue udah ga terlalu mikirin gerakan, abis ini gerak apa gerak apa, badan udah otomatis gerak sesuai lagu. Ada kalanya ketika konsentrasi menurun, pikiran hilang seketika. Disitu gue ga tau badan gue gerak apa, ga tau sinkron apa ngga sama musik. nggak mindful lah bisa dibilang. Kejadian kayak gini bukan pertama kalinya gue alami. Waktu lomba di tahun 2013 pun gue sempet ngerasain hal ini. Pikiran tiba-tiba buyar karena ngelakuin satu kesalahan, pikiran udah melenceng kemana-mana tapi badan tetep gerak sesuai lagu. Ini lah yang dinamakan the power of practice.

Habis tampil bener-bener deh, gue ga tau kayak gimana penampilan tadi. Temen-temen gue pun juga ngerasa demikian. Dan saat itu gue ga minta tolong orang untuk rekamin. Bener-bener udah ga kepikiran buat minta tolong orang rekamin. Padahal biasanya aware banget soal gini-ginian.

Siapa sangka hasilnya cukup rapi dan dapet banyak apresiasi dari orang-orang :”) Orang-orang yang gue temuin disana nyampein langsung apresiasinya, katanya bagus narinya. Karena gue belom nonton videonya jujur gue rada skeptis, apakah emang beneran bagus atau ya apresiasi aja gitu. Dan takaran bagusnya penonton sama pemain yang emang tau gimana penampilan seharusnya juga bisa beda. Sampe rumah, baru lah orang-orang pada ngirimin video mulai dari adek sampe temen-temennya nyokap bokap. Pas tampil gue sadar sih banyak yang rekam, tapi nggak tau juga siapa. Ternyata temen-temennya ortu ada beberapa yang ngerekam lalu ngirimin video itu ke grup. Semuanya apresiasi, bahkan di group chat orang tua juga pada bilang bagus, entertaining, dan pujian-pujian lainnya yang bikin sumringah. Pas gue tonton videonya pun ternyata beneran rapi gerakannya.
Gerakannya rapi sesuai lagu. Badan bener-bener ngelakuin yang seharusnya dia lakuin.



Seseneng itu pas tau pada suka dan seneng sama performancenya :”) Bahkan orang tua gue pun sampe memuji dan bilang bagus. To be honest orang tua gue bukan tipikal orang tua yang menyampaikan pujian secara verbal ke anaknya. Mereka kalo bangga biasanya lebih nunjukkin lewat perilaku tanpa menyampaikan apresiasi langsung. Kali ini pun orang tua gue berkali-kali bilang bagus :") Terharu akutu. Dan yang terpenting, pengantinnya beneran surprised! Kata mereka yang ngeliat dari atas panggung, mereka ga pernah liat bagian depan Sampoerna sepenuh itu. The effort was totally worth it. Terbayar sudah semuanya dengan suka cita. Maaf ya narsis dikit, sehappy itu soalnya :")



Nah, karena sempet ilang lumayan lama dari mulai ganti kostum, nari, dan ganti kostum lagi, acara resepsi pun jadi berasa sebentar banget. Ada kali gue ngilang totalnya sejam dari acara. Dan menghilangnya pun di puncak-puncaknya rame orang, yaitu dari jam 12 sampe 1. Jadi banyak ngga ketemu orang :(

Jujur selama acara resepsi itu gue seneng dan enjoy banget. Gue bukan tipikal orang yang aktif di acara keluarga besar, tapi ketika kemarin ngeliat keluarga besar pada hadir, bahkan orang-orang yang jarang dateng acara keluarga juga hadir di acara itu. Terus temen-temen ortu, temen-temen kakak, dan kerabat-kerabat lainnya yang udah lama ga ketemu. Kalo orang-orang suka bilang nikahan itu kadang pengantin nggak tau tamu-tamunya, ga kenal siapa aja yang dia salamin karena mostly tamunya itu temen-temen orang tua, gue rasa itu ngga terlalu berlaku untuk keluarga gue. Sejak kecil, orang tua rajin banget ngenalin temen-temennya ke anak-anaknya. Orang tua pun juga cukup terlibat aktif di sekolah-sekolah anaknya. Temen-temen anak pun orang tua juga kenal. Jadi kemaren, sebagai adek pun gue kenal banyak tamunya. Kenal temen-temen ortu, temen-temen kakak. Jadi kemarin terasa banget kehangatannya. Semua terlihat happy. Bahkan salah satu nenek sempet ngungkapin rasa seneng dan terima kasihnya karena bisa ketemu dengan sodara-sodara yang udah lama ga ketemu. Terlebih untuk gue yang lagi suka ngerasa kurang nyaman berada di keramaian, the fact that I really enjoy the moment was a very good sign. Jujur resepsi 2,5 jam kemarin bener-bener berasa kurang lama, apalagi karena gue keluar di peak hour.

Acara berjalan dengan sangat lancar dan rapi. Standing applause untuk Chandani Weddings selaku WP dan WO. Gue sempet ikut beberapa meeting dengan mereka, didampingi juga untuk fitting dll, mereka bener-bener rapi dan detil. Eksekusi hari H-nya pun lancar dan ON TIME sesuai rundown. Extra appreciation karena berhasil nyembunyiin suprise performance dari pengantin. Gue udah takut sewaktu-waktu mereka keceplosan, but noo. Mereka bantu koordinasi dengan vendor entertainment, MC, dokumentasi, dan tim WOnya sehingga surprise performance pun bisa lancar. Mereka bahkan bikin 2 rundown untuk para vendor dan untuk keluarga. Highly recommended deh pokoknya.

Setelah acara selesai dan beres-beres, kami pun pulang ke rumah. Ternyata enak banget nyelenggarain resepsi di siang hari, karena sepulang acara hari tuh masih panjang. Masih bisa istirahat, masih bisa buka-buka hp. Kalo malem mungkin bakal capek banget, apalagi kalo besoknya harus kerja atau ngampus. Dan ternyata enak juga kalo di venue cuma ada 1 acara dalam 1 hari, karena jadi nggak diburu-buru untuk masang-masang dan loading off-nya.

Sampe rumah, rasanya agak surreal aja gitu. Sesuatu yang disiapin dan ditunggu-tunggu dari beberapa bulan terakhir akhirnya terlaksana. Rasanya kayak abis nyelenggarain acara yang penting banget (ya emang iya sih). Dan euforianya pun terasa sampai berhari-hari kemudian.

Terakhir, H+2 minggu kami ngadain acara syukuran sekaligus semacam pembubaran panitia untuk keluarga. Overall, rangkaian acara #RANtilltheEN ini menyenangkan banget buat gue pribadi. Look forward for other things like this.


Sekian cerita kali ini sebagai adik dari pengantin. Semoga bisa segera cerita sebagai pengantinnya :-)

You Might Also Like

0 comments