color guard

Band Horns Down!

August 01, 2014

It’s been a long time since I wrote a non-food-thingy post. Kali ini gue mau ngelanjutin cerita-cerita yang udah lama gue postpone kelanjutannya, kisah kasih gue di dunia marching band. Post terakhir kan tentang persiapan MBIC. Sukses dengan MBIC, kami nggak lantas bisa santai, tapi justru harus ngebut! Kenapa? Karena GPMB yang kurang dari 5 bulan lagi udah menanti di depan mata. Meanwhile MB lain udah masuk lagu sekian dan display sekian, kami baru mulai persiapan. Belum lagi harus persiapan penampilan display UKM, kalo diitung-itung persiapan kami ke GPMB kurang lebih hanya 4 bulan :”)

Sempet pesimis? Pasti. Gue rasa hampir semua dari kami, pemain, atau bahkan pelatih pasti sempet pesimis bisa ikut GPMB. Apalagi di awal-awal turun materi gue agak lama stuck progress skillnya dan ketinggalan materi, bikin tambah pesimis dan rada hopeless. Sedih banget ngeliat temen-temen udah bisa ini, bisa itu, gue rada ketinggalan *maklum, anaknya kompetitif*. Mau cerita berkeluh kesah ke temen MB juga binguung takut menularkan aura negatif, takut temen jadi terpengaruh. Akhirnya mendem sendiri dan cerita ke pacar dan temen-temen non-MB aja.

Tapi gue berusaha cari sisi positifnya. Gue inget kata-kata temen gue, mau sejago apa pun orang, pasti ada titik dimana dia stuck dan lama bgt progressnya. Namanya juga roda berputar. Dan dia bilang mungkin saat itu gue lagi di bawah. Iya, saat itu gue lagi di bawah. Yang namanya demotivasi, itu di puncak-puncaknya kali. Bener-bener ga semangat latihan, aura latihan juga sempet nggak enak. Pikiran untuk berhenti aja ada banget.

Tapi disitu gue mikir, ya ini emang lagi titik jenuh dan titik stucknya gue aja. Temen-temen gue juga pernah ngalamin ini. Jadi nanti gue juga akan balik lagi kok. Gue juga mikir gue udah terlanjur ikut dan gue tipe orang yang komit banget. Susah banget ngelepas tanggung jawab. Pasti rasa bersalah akan menghantui. Gue juga tau setiap individu di MB itu dibutuhkan. Ga ada yang ga dibutuhin, ga ada yang ga penting. Satu orang nggak ada aja itu akan sangat menghambat progress dan ngerugiin yang lain. Dan gue juga tau sulit banget, sesulit itu, untuk nyari orang baik untuk mengisi posisi kosong ataupun gantiin orang.

Pikiran-pikiran hopeless kayak gitu nggak hanya sekali dua kali datengnya, tapi berkali-kali. Tapi balik lagi sih, di samping alesan gue di atas, ada alasan lain yang bikin gue tetep bertahan. Selain karena gue suka, gue juga yakin bahwa pengalaman ini akan berharga banget. Akan selalu gue kenang sampe nanti, dan akan bisa gue banggain. Gue yakin semuanya akan worth it. Buat gue, ini adalah kesempatan yang belum tentu lain kali bisa gue ambil. Gue pengen menyelesaikan paling engga 1 proyek lomba.


Akhirnya sama temen-temen pasukan dan pengurus yang selalu optimis, meyakinkan, dan ngebantu, kami berjuang sama-sama, saling menyemangati, saling bantu. Hujan badai dan panas terik pernah kami lewatin. Gak lebay, literally panas super terik bikin kulit item dan kaki rasa kebakar pernah, basah kuyup keujanan sampe dipulangin juga pernah :") Angkat alat-alat yang berat, bolak-balik dari pusgiwa-gym-lapangan hoki-balairung-stadion-dll sambil hujan-hujanan juga pernah. Sambil puasa juga pernah.

Weekend Outfit. Harusnya pake celana gelap, tapi karena lagi TC jadi boleh. Pake ninja-ninjaan dari kaos supaya muka ga kebakar hehe. Btw ini di stadion UI, dengan rumput dan tanah sintetis, telapak kaki rasanya kayak dibakar. Sumpah.


I called it triple layer cake
Paling kanan chocolate cake, tengah red velvet, kiri cheese cake

Udah pake sunblock tetep item, belang

Yang kocak adalah kalo udah di atas maghrib, dan kami ga dapet pencahayaan yang cukup sedangkan harus lempar-lempar alat, dengan santai pelatihnya bilang, "Nangkepnya pake insting, pake mata hati." Haha awalnya takut banget lempar-lempar di kegelapan, tapi akhirnya kebiasa.

Screenshot video latihan di lapangan hoki menggunakan kamera dalam gelap

Latihan 5x seminggu, dari sore ampe malem, pagi ampe malem (bgt). Believe me it's possible. Banyak yang nanya, akademis gimana? Emang ga terganggu? Asal bisa manage waktu dengan baik, akademis ga bermasalah kok. Malah pas semester 5 gue pasrah pasti IP akan jeblok, tau-tau tanpa disangka ternyata ga jeblok. Turun dikit doang haha. Gue liat semakin gue sibuk IP malah semakin naik. Giliran nyantai eh malah IP jeblok. Haha. Dulu sih gue ga maksain diri buat begadang belajar. Kalo udah capek sampe kosan ya tidur. Toh kalo capek dan maksain belajarn, materi juga ga akan masuk ke otak. Daripada maksain begadang belajar ga masuk otak, mending tidur, bangun jam 4 pagi buat nugas dan belajar. Tapi tiap orang cara belajarnya beda-beda. Kalo gue cocoknya kayak gitu. Daan kuncinya adalah, cicillah apa yang lo bisa! Ada waktu, nyicil tugas walaupun cuma edit-edit dikit atau nambah 1 paragraf. Cicilan-cicilan itu akan ngebantu banget karena ga semua numpuk di akhir.

Urusan main, jalan-jalan ama temen, pacar, atau keluarga pastinya akan berkurang banget, bahkan sulit nyari waktunya. Izin dari orang tua juga mungkin susah. Tapi itu sih pinter-pinternya kita ngomong dan jelasin aja. Kalo emang mau dan niat pasti bisa. Alhamdulillah lingkungan gue cukup supportif. Selama kegiatannya positif, ya dukung-dukung aja. Ortu rela kok anaknya ga pulang berminggu-minggu, jemput jam 11 malem, paling protes dikit aja tapi yaudah. Yang lebih ngomel adalah pacar, hehe. Cuma yaa balik lagi gimana kita ngasih pengertian dan ngejelasinnya aja sih.

Ga kerasa 3 bulan sudah terlewati. Bulan Desember, bulannya GPMB, kami udah bukan lari tapi sprint ngejar target. Udah bukan waktunya menye-menye kalo badan biru-biru, benjol, atau berdarah ketiban alat. Waktunya sempurnain permainan, nguatin rasa, ngompakkin tim, dan build trust each other bahwa setiap individu dari kita itu bisa.

Hasil latihan: Telor di lengan. LOL

Pesan gue menghadapi training center (TC) adalah bawa perbekalan makanan! Abon, korned, bon cabe, mayonnaise, bawa yang banyak! Lo akan sangat butuh itu pas TC. Terus jangan keluarin persediaan itu diabisin di awal-awal TC. Nikmatin aja dulu makanan TC. Kalo udah bosen baru buka. Dihemat-hemat deh ampe selesai TC. Gue sih bodo amat koper gue mau segede apa, yang penting gue makmur pas TC. Ga kekurangan makanan ataupun baju. Makanya pas TC koper gue adalah koper yang paling gede dibanding semua orang haha. Emang ribet sih pas angkut-angkut, apalagi kalo naik tangga, tapi ga terlalu banyak mobile kok. Daripada repot nyari ini itu karena kekurangan, gue sih mending bawa lebih.

Selama persiapan lomba, nggak sedikit dari kami yang tumbang, sakit, pingsan, atau dibawa ke RS. Bahkan sampe hari lomba, ada yang sakit sampe nangis-nangis. Kami cuma bisa pasrah, kuatin doa, kasih aura positif, nyemangatin, dan tetep optimis bahwa dia akan sembuh, semua akan baik-baik aja.

Amazingly begitu march in, kami lengkap! :") And the show goes on. Ngeluarin semuanya semaksimal mungkin. Kalo ngelakuin kesalahan, paksa diri untuk ga feel guilty dan tetep fokus ke permainan. Sayang kan udah capek-capek sejauh ini terus permainan jadi jelek cuma gara-gara bendera jatoh, tiup salah nada, atau pundak pegel nopang carrier? Gue pun melakukan kesalahan. Tapi gue coba untuk tetep fokus main. Meski susah ngilangin kesel sama diri sendiri. Udah susah-susah latihan, ga pernah salah di part itu, tau-tau pas show time salah. Enaknya latihan superkeras adalah tubuh udah otomatis gerak. Tanpa lo sadarin juga badan gerak sebagaimana mestinya. Beneran deh. Mau ngaku dosa nih, setelah salah itu gue rada ga fokus dan pikiran agak kacau (padahal salah dan recovery-nya kurang dari 4 beat), tapi tangan gue tetap memainkan bendera, kaki gue juga bergerak ke tempat yang seharusnya, telinga gue nyamain gerakan dengan musik, semua terjadi begitu aja padahal gue ga begitu sadar gue lagi ngapain haha. The result of excessive exercise is automaticity.

Selesai show time, fuuhh, langsung deh. Ada yang nangis seneng, ada yang bengek, ada yang pingsan, ada yang dilariin ke rumah sakit. Tapi itulah performer. Dunia ga akan mau tau lo lagi kenapa, ada masalah apa, yang mau mereka liat cuma lo bagus di atas panggung. Di luar latihan lo mo jadi siapa, secupu apa, tapi ketika megang alat showmanship lo harus ada. Untungnya disana kami punya orang-orang hebat yang support. Selain orang-orang yang ngerti medis, ada juga psikolog yang standby untuk kasih dukungan dan bantu ngerileksin pasca show time. Supaya euphorianya ga berlebihan.

Relaksasi after the show

Selesai beres-beres, dress off, makan, istirahat, waktunya pengumuman. Deg-degan nunggu ketika pegumuman mulai dibacain. Alhamdulillah, unexpectedly KAMI JUARA 3! Dengan persiapan singkat, kalo emang niat dan mau usaha keras, bukan ga mungkin bisa membawa pulang piala :') Kami nggak muluk kecewa karena nggak juara 1, karena kami juga sadar kami masih banyak kekurangan. Sadar banget. Dapet juara 3 aja udah bersyukur banget. Ga nyesel sama sekali ikut proyek ini. 



Selesai proyek ini, gue memutuskan untuk nggak lanjut MB lagi. Bukan, bukan karena nggak seneng, bukan karena capek, bukan. Susah, sedih, marah, itu pasti gue rasain, tapi kebahagiaan yang gue rasain selama di MB juga sebanding. Rasa capek ga seberapa dan ga kerasa kalo emang enjoy dan ikhlas jalaninnya, diambil manfaatnya aja. Apalagi ada temen-temen yang menyenangkan. Gue seneng ada di MBUI. Alasan gue memutuskan untuk nggak lanjut adalah karena gue masih punya banyak mimpi dan keinginan lain yang harus gue kejar. Banyak hal-hal lain yang juga pengen gue lakuin dan gue rasain. Meskipun banyak hal yang gue lewatin di luar sana, kebanyakan waktu gue gue habiskan di MB, gue nggak pernah nyesel ikut MB. Banyak pembelajaran yang mungkin ga akan gue dapetin di tempat lain. Ga akan dapet keluarga baru semenyenangkan ini, dan bener-bener ngerasain yang namanya temen-tapi-udah-kayak-keluarga. Ga akan cukup kayaknya gue ceritain pengalaman, pembelajaran, dan perasaan gue di MBUI. Ayoklah kalo mo tau lebih lanjut kita ngobrol ;)

Gue udah plot-plotin waktu kapan gue experience MB, kapan gue experience ini, kapan gue experience itu. Waktu gue di MB udah selesai, sekarang waktunya gue menjalankan hal-hal lain :) Never dissapointed when look back. Buat pasukan, pelatih, dan pengurus yang baca ini, semangat ya, kalian pasti bisa. Mungkin klise, tapi beneran, percayalah kalo kalian bisa. Karena kami udah buktiin :)


You Might Also Like

0 comments