life

Jadi Orang Gede

October 12, 2019

Seharian ini ku lagi sakit kepala. Sejak bangun tidur, sampe sekarang jam 8 malam. Keukeuh ngga mau minum obat, tapi akhirnya minum juga karena udah mengganggu. Seharian jadi agak sulit ngapa-ngapain, meski nggak harus produktif juga. Tapi untuk istirahat pun jadi nggak nyaman.

Mau ngerjain kerjaan, otak rasanya ngga sanggup mikir. Buka Facebook sebentar, di home muncul foto seorang temen lagi di sebuah amusement park. Foto sama bangunan yang artistik dan tokoh kartun terkenal.

Pas liat foto itu seketika inget pengalaman terakhir ke amusement park, dimana gue menyadari ada perubahan yang cukup besar di preferensi gue. Dulu waktu kecil dan remaja, kalo ke amusement park pasti cari mainan, terutama wahana-wahana ekstrem. Roller coaster maju, roller coaster mundur, roller coaster tengkurep, semua sudah dicentang. Swing 180 derajat, swing 360 derajat, you name it. Cobain sebanyak-banyaknya wahana, terutama yang belum pernah dicoba.

Waktu terakhir ke amusement park, yaitu Tokyo DisneySea dan Universal Studios Japan, gue nggak begitu nyari wahana-wahana ini. Gue lebih menikmati suasananya, lebih seneng jalan-jalan, menikmati keindahan setiap sudut bangunannya, dan mengabadikannya lewat kamera. Nyoba beberapa wahana juga, tapi nggak ngoyo ngejar banyak wahana. Sempet kepikir kok gue sayang banget ya, kesini banyakan keliling dan foto-foto dibanding main. Kok gue jadi kayak warga ya, yang kerjaannya foto-foto.

Tapi abis itu gue mikir lagi, apa salahnya kalo memang itu hal yang gue nikmati saat ini? Mungkin gue sangat senang memanjakan mata dengan keindahan detil arsitekturnya, dan sama sekali ga ada yang salah dengan itu. Kalo memang jalan-jalan terasa lebih menyenangkan, kenapa harus memaksakan untuk main yang sebenernya nggak gue pengenin banget? Di titik itu gue mulai menyadari dan mulai mikir bahwa ketika udah jadi orang gede, mungkin preferensi gue juga berubah.

Dulu gue nggak begitu suka lagu-lagu jazz, ballad, folk, soul, dan indie. Senengnya pop, R&B, bahkan pop punk karena tiap hari kakak pasang kaset dan CD lagu-lagu punk, emo, metal dan sebagainya :)) Tapi siapa sangka, sejak menginjak usia 25 tahun justru genre-genre yang gue sebutkan di awal menjadi playlist gue sehari-hari. Yang pas remaja playlistnya enerjik banget, di usia sekarang carinya yang santai dan menenangkan.

Kemudian pilihan liburan. Dulu waktu remaja pengennya liburan jalan-jalan terus. Jalan-jalan, cari kegiatan, kalo liburan pun cari yang banyak destinasi dan padat aktivitas. Bisa tuh seharian pergi-pergi dan di hotel cuma numpang tidur. Sekarang? Hehehe. Kalo tanggal merah dan liburan maunya di rumah aja :) Mageer banget pergi-pergi liburan. Diajak liburan pun sometimes I chose to stay at home. Nggak terlalu kepengen liburan yang jauh-jauh gitu. Kalopun liburan carinya yang santai, yang calming, dan lebih suka yang ke arah nature. Yang banyak pohon-pohon, rerumputan, dan tenang. Bukan cari yang hiruk-pikuk kota modern kayak dulu. Dulu bingung banget kenapa orang mau pergi jauh dan bayar mahal cuma buat staycation di hotel doang ga ngapa-ngapain. Sekarang ide staycation justru terdengar menyenangkan.

Ternyata ketika jadi orang gede bisa ada perubahan signifikan ya soal preferensi-preferensi ini. Mungkin karena ketika udah jadi orang gede terlalu banyak hiruk-pikuk, tuntutan, masalah, dan stressor lainnya yang terjadi di kehidupan kita sehari-harinya, sehingga akhirnya yang dicari adalah ketenangan. Dan jadi paham kenapa orang-orang tua sukanya tinggal di pinggiran kota, sukanya tinggal di daerah yang hijau-hijau, dan sukanya nonton berita.

You Might Also Like

2 comments

  1. Haloi mba Dyani ��
    Gimana kabarnya? Semoga selalu dilancarkan kuliah & urusan lainnya ��

    Ngomong2 soal preferensi ketika beranjak dewasa, aku juga ngerasa ada perubahan nih. Pertama dlm hal preferensi memilih pakaian. Kalo dulu, tiap beli pakaian, selalu pengen ganti2 warna. Dan gak masalah dgn warna2 bold yg ngejreng. Kalo udah punya 1 warna, next time jangan beli warna yg sama. Kalo sekarang, lebih cenderung milih warna2 netral & pastel. Jarang bgt beli warna2 bold yg cerah. Kalo udah punya 1 warna, gak masalah beli warna pakaian yg sama, selama warnanya aku suka. Di situlah aku sadar kalo semakin gede, semakin paham preferensi warna & style pakaian yg merepresentasikan diri kita.

    Selain pemilihan pakaian, semakin gede juga prioritas pengeluaran banyak berubah. Dulu, masih belum mikir nabung buat investasi atau ikut pelatihan2 & seminar2 yg bisa meng-upgrade skill. Sekarang, sudah mulai nabung buat ngumpulin dana investasi atau upgrading skill

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbaak. Kabar baik Alhamdulillaah. Semoga mbak Anin juga dalam keadaan yang baik yaa..

      Betuul. Pas masih remaja waktunya eksplorasi diri, pas udah gede udah lebih mengenal diri ya.. Tau apa yang disuka dan apa yang dibutuhin :)

      Delete