wellness

Olahraga di Rumah

June 30, 2019

2 tahun lalu gue membuat sebuah komitmen besar dengan ambil fitness membership selama setahun. Siapa sangka kalau ternyata gue bisa bertahan sampai 2 tahun! Setelah 2 tahun berjalan, di 2019 ini gue membuat sebuah keputusan besar yaitu berhenti fitness :")

Keputusan untuk berhenti fitness ini sebenernya bukan baru kepikiran kemarin. Gue udah kepikir untuk berenti mungkin 6 bulan terakhir, tapi waktu itu masih galau dan akhirnya tetep ngelanjutin membershipnya. Yang bikin gue kepikir untuk berhenti fitness adalah karena udah nggak serajin dulu aja fitnessnya.. Dulu bisa 2-3 kali seminggu ke tempat fitness, terus seminggu sekali, lama-lama suka bolong-bolong juga, sampe akhirnya selama bulan puasa kemaren gue sama sekali nggak fitness. Total gue udah ga olahraga selama 2 bulan.

Bukan nggak ada waktu, waktu sih ada banget, cuma males aja berangkat ke tempat fitnessnya. Padahal dulu semangat banget, mau libur, mau weekend, mau gerimis tetep diterjang. Kalo dulu motivasinya "Gue udah bayar biaya membership, sayang kalo nggak olahraga, jadi harus olahraga", sekarang yang dipikirin "Gue udah nggak rajin olahraga, sayang biaya membershipnya".

Plus sekarang ongkos ojek online jadi mahal banget. Kalo dulu banyak promo, sekali jalan ke tempat fitness gue hanya perlu ngeluarin ongkos maksimal 10 ribu, sekarang minimal gue ngeluarin 14 ribu sekali jalan. Apalagi kalo lagi high fare. Bolak-balik bisa sekitar 30 ribu sendiri. Terus kalo lagi fitness sesekali gue suka jajan. Nggak sering sih, sesekali aja. Jadi dengan berhentinya fitness ini, kalo dihitung biaya membership, ongkos bolak-balik, dan jajan, dalam setahun gue bisa save 5 juta, yang mana lumayan banget kalo buat diinvestasiin.

Yang bikin galau apakah harus terus lanjut atau ngga itu adalah di satu sisi gue mikir butuh banget dan harus olahraga, gue seneng fitness disana, mumpung dapet membership yang murah, dan juga diwanti-wanti sama temen untuk nggak berhenti olahraga selama S-2 ini karena gue akan butuh untuk stress release. Kalo gue berhenti fitness, gue belum tentu bisa dapet yang semurah Jatomi lagi. Kalopun join Jatomi lagi, gue akan kena harga member baru yang lebih mahal.

Ngomong-ngomong butuh olahraga, sebenernya bisa aja olahraga sendiri di rumah, tapi emang sesusah itu untuk ngumpulin niat dan disiplinin diri. Pasti bawaannya mager.

Nah kebetulan bulan Juni kemaren gue kelewatan bayar fitness (gue nggak pake kartu kredit). Tetep bisa bayar sebenernya tapi kena charge. Sampe hari terakhir bayar pun gue masih segalau itu dan seberat itu mau berhenti atau nggak. Sampe akhirnya nggak gue bayar, yang artinya membership gue berakhir. Wah, kalo gini fix sih berhenti. Lalu gue pun berkomitmen untuk rutin olahraga di rumah, karena berhenti fitness bukan berarti gue berenti olahraga. Gue harus tetep olahraga. Rasanya ini adalah komitmen terbesar gue di tahun ini.

Lalu dari situ gue coba cari-cari video olahraga on-demand, ketemu lah Les Mills on Demand. Kebetulan di tempat fitness gue (dan mayoritas tempat fitness) pake Les Mills untuk paket olahraganya, jadi gue cocok. Ternyataaa sayang sekali Les Mills on Demand ini belum available di Indonesia. Jadi nggak bisa langganan deh huhu. Yaudah tuh.. Belum mulai olahraga lagi..

Sampe akhirnya, ada perubahan signifikan di diri gue selama bulan Juni ini, baik secara fisik, mental, dan emosional, dan setelah gue analisis, mungkin rutin olahraga bisa membantu menstabilkan diri gue seperti sebelumnya. Mungkin bener kata temen gue bahwa gue butuh olahraga untuk release stres. Sebenernya bukan artinya gue stres banget yang gimana-gimana, tapi olahraga itu release the tension, release anxiety, dan di satu sisi meningkatkan hormon endorfin dan metabolisme, yang hasilnya meningkatkan kesehatan baik secara fisik, mental, dan emosional. Gue mikir ini penting dan bakal berguna buat bikin gue stabil lagi. Akhirnya karena ada urgensi itu, gue memprogramkan diri gue sendiri untuk rutin olahraga di rumah bermodalkan YouTube.

Thanks to YouTube, sekarang ada banyak banget video-video olahraga baik dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, baik yang durasinya sebentar sampe satu jam, baik yang untuk beginner level sampe yang lebih advance. Mau yoga, kardio, dance, juga ada.

Gue coba mendisiplinkan diri untuk olahraga 2 hari sekali, pagi sebelum beraktivitas. Biasanya yoga karena biasanya abis yoga badan jadi seger banget dan alert. Kalo untuk malem kurang cocok karena malah bikin melek hehe. Terus kalo nggak sempet pagi, sore atau malem tapi pilih yang lebih kardio supaya energinya banyak berkurang terus jadi ngantuk. Enaknya olahraga di rumah kita bisa atur sendiri jadwalnya dan pilih jenis olahraga tergantung mood kita. Outfit juga sebodo amat. Kadang masih pake kaos tidur dan celana piyama, atau celana pendek. Nggak perlu ribet ganti baju. Selain menghemat uang, olahraga di rumah ini juga hemat waktu dan tenaga. Cuma memang vibenya lebih seru kalo ikut kelas, karena semangatnya nular hehe. Dan ada instruktur juga yang bantu arahin kalo gerakan kita kurang tepat. Ya plus minus lah.

So far baru jalan 4 kali olahraga, dan gue cukup merasakan perbedaannya. Badan enakan, pegel-pegel berkurang, anxiety and tension berkurang, lebih rileks, dan tidur juga jadi lebih nyenyak. Selain itu, juga coba untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Kalau bisa maksimal tidur jam 10, dan biasanya jam 7an udah bangun dan seger.

Doakan semoga istiqomah ya hehe. Karena jujur hal yang kayak gini butuh komitmen besar ke diri sendiri. Tapi ngelihat dan ngerasain sendiri benefit dan perbedaannya, gue rasa komitmen ini worth it untuk diusahakan :)


You Might Also Like

0 comments