life

HONNE JKT

November 23, 2019

Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga! 2 tahun belakangan, Honne menjadi playlist gue sehari-hari. Mau lagi kerja, lagi browsing, lagi commute, bahkan lagi mandi, lagu-lagu Honne ga pernah salah. Mungkin gue rada telat, pertama kali tau Honne itu pas mereka pertama kali dateng ke Indonesia. Waktu itu beberapa temen nonton dan share di Instastory. Gue pun penasaran, siapa sih Honne ini, ga pernah denger kok tau-tau banyak temen yang nonton.

Dari situ lah gue coba explore di Spotify, terus jatuh cinta. Saking di mana pun kapan punnya pasang lagu-lagu Honne, ga heran kalo mereka jadi Top Artist Spotify gue di tahun 2018. Meskipun gue  suka banget lagu-lagunya, tapi gue pribadi ngga berusaha menghafal seluruh liriknya. Karena kecenderungannya kalo hafal lirik jadi ikutan nyanyi, bukan listening.

Lalu Honne datang kedua kali, gue juga engga tau, karena dulu belum suka dateng ke acara-acara musik. Honne dateng ketiga kali, mulai kepikir untuk dateng, tapi engga jadi karena itu di Bandung dan effort banget. Gue yakin kalo suatu hari mereka akan ke Jakarta lagi, jadi tunggu aja sampai waktu itu tiba. Gue udah menetapkan hati kalo mereka ke Jakarta lagi, gue akan nonton. Wow, such a movement buat gue yang ga begitu suka dateng ke konser dan ga pernah kepengen nonton konser artis luar negeri.

Sampai suatu hari, seorang temen share di Instagram kalo dia sedih ga bisa nonton Honne yang akan dateng ke Jakarta. Detik itu juga gue langsung cek IG promotornya dan langsung ngajakin temen untuk nonton. Harganya pun waktu itu sangat affordable. Pas mau beli tiketnya, EH TAU-TAU UDAH SOLD OUT DONG.

Tapi karena itu masih Presale 1, jadi gue pantengin dan coba refresh-refresh. Tau-tau muncul Presale 2 dan gue dapet!! Ga lama kemudian langsung sold out lagi OMG. Presale 3 pun langsung ludes begitu dikeluarin. Saking tinggi demand-nya, pihak promotor pun akhirnya ngeluarin 2 show lain dan langsung sold out aja gitu :) Bahkan sebelum di-announce kayaknya udah sold out wkwk. Mungkin #GaraGaraGempi juga kali ya. 

Gue sangat sangat merasa beruntung bisa tau info ini sebelum orang-orang heboh, merasa sangat sangat beruntung dapet tiketnya pas pembelian pertama, dengan harga yang wajar. Awalnya rada sebel pas tau 2 show berikutnya itu justru diadain sebelum tanggal show yang gue beli. Beli pertama malah ditaro di hari terakhir. Tapi ketika ngeliat pertarungan buat dapetin tiketnya udah segila itu, jadi ademan sih dan bersyukur aja udah tenang dapet tiketnya.

Dan bisa dipahami juga kenapa 2 show lain dibikin di hari sebelumnya, karena hari setelahnya Honne akan langsung ke Singapura. Yang rada bikin khawatir cuma kualitas performancenya aja, takutnya mereka kecapekan, takutnya motivasinya udah menurun, mana di tiket tulisannya show bisa dibatalkan tanpa refund kalo performer mengundurkan diri. Meh banget ga sih rules itu. Tapi aku percaya Honne. Percaya kalo mereka bisa dan profesional untuk konser 3 hari berturut-turut.

***

Hari H pun tiba. Ada untungnya juga ternyata dapet show hari ketiga karena bisa mantau 2 show sebelumnya lewat social media. Jadi tau enaknya dateng jam berapa, jadi tau perlu nyiapin apa aja. Dan untuk konser ini, gue memilih untuk pake heels sandals yang nyaman. Di saat orang-orang pada pake sneakers, gue pilih yang ada heelsnya supaya gue lebih tinggi dari yang lain!! Haha. Supaya ngga kehalangan orang-orang dan bisa liat panggung tanpa banyak effort. Di saat-saat seperti ini (dan saat berada di tengah kereta yang penuh), gue sangat merasa beruntung dikarunai badan yang tinggi. Jadi bisa liat sekeliling dan bisa dapet oksigen. Udah tinggi, tambah tinggi dikit dengan sandal heels itu. Yang penting sendalnya nyaman dan ga bikin pegel.

Pas mau siap-siap berangkat tau-tau ujan deres banget doong.. Akhirnya nunggu sampe ujan berenti dan mepet ke jam open gate. Untungnya rumah cuma 5 menit dari venue jadi santai. Sampe sana pun juga proses masuknya cepet. Orang-orang ngga yang antre panjang banget gitu buat masuk. Dan orang-orangnya juga ga rusuh dan tau manner.

FYI, ini pertama kalinya gue ke acara 18+. Selama ini kalo ke acara musik itu seringnya pensi atau music festival yang diadain sekolah sama music festival umum. Ini juga bikin gue bertanya apa yang membedakan acara ini dengan acara musik umum.

Begitu masuk ke dalem venue, ok langsung paham. Karena memang bebas mengonsumsi alkohol dan rokok, bahkan bebas aja gitu ngerokok di tengah crowd. Kalo udah gini cuma berharap penontonnya toleran dan sadar diri aja sih. Dan untungnya penonton saat itu cukup tau manner jadi rokoknya ga parah banget dan kebanyakan memang melipir kalo mau ngerokok. Ku masih bisa nafas dengan cukup nyaman, meskipun pas selesai acara ternyata badan dan rambut udah bau rokok semua. Yang bikin sebeel harga air mineral kecil 30 ribu aja doong huhu.

Selesai keliling-keliling, gue dan temen-temen mulai cari spot di tengah dan nunggu aja sampai shownya mulai. Show pun dimulai jam 8.30. The great thing is, ngga cuma Honne tapi mereka bawa Beka juga sebagai featuring!! Lengkap sudah show malam itu. Daily playlistku pun dimainin secara live. Badan tak tertahan untuk bergoyang. Mulut ga tahan untuk sing along, meskipun tetap lebih banyak menahan untuk ga buka mulut supaya telinga bisa lebih mendengar. 



Soundnya cukup bagus karena walau penonton pada nyanyi, suara bisa terdengar dengan cukup jelas. Cuma lighting-nya sih yang rada kucewa huhu karena lighting-nya kebanyakan dari belakang dan minim lighting depan atau samping, jadi seringkali artis-artinya ngga keliatan karena backlight :( Bingung banget kenapa dibikin kayak gitu.

Selama 1,5 jam show cukup intens karena memainkan musik hampir non-stop. Ngga terlalu banyak gimmick-gimmick atau ngomong basa-basi. Ya pasti tetep ada gimmick dan ngobrol sama penonton,  cuma mereka emang cukup memadatkan shownya dan ngobrol emang pada porsinya. Me likey. Karena gue pernah beberapa kali nonton show yang performernya kebanyakan ngomong atau bahkan kebanyakan mempertunjukkan tim band-nya, padahal kan kita dateng mau nonton dianya.

Hal yang ganggu banget adalah penonton yang foto dan ngerekam tinggi-tinggi!! Jujur gue pribadi adalah tipe penonton yang juga suka ngerekam, tapi di part-part tertentu aja sisanya enjoy the show. Lah ini banyak bangeet yang ngerekam dari awal sampe lagu abis, ngangkat hpnya tinggi-tinggi pula. Udah orangnya tinggi, ngangkat hpnya tinggi banget pula. Very inconsiderate ke penonton-penonton di belakangnya. Gue yang awalnya dapet spot dan view yang cukup nyaman, karena lama-lama posisinya agak maju ke tengah, malah jadi kehalangan sama orang-orang itu. Gue mending agak jauhan dikit tapi dapet view oke sih daripada tengah atau depan tapi kehalangan kayak gitu. Cukup jadi pelajaran sih buat acara-acara berikutnya.

Kalo kalian liat Instastory gue dan liat ada hp-hp yang terangkat tinggi di depan gue, percaya lah itu udah paling minim yang bisa gue dapet. Gue sengaja baru rekam saat orang-orang udah nurunin hpnya, saat ga banyak yang menghalangi, tapi tetep aja banyak dan menghalangi :) Karena ya itu ada aja orang-orang yang bener-bener ngerekam sepanjang show. Ya at the end emang kita ga bisa sih ngatur lingkungan semaunya kita, kitanya yang harus terima dan adaptif. You go to a concert, and that's the consequence you have to deal with.

1,5 jam pun berlalu sangat cepat. Jujur ga berasa coyyy kayak, udah?? Mungkin karena mindful saat berada disana. Overall rasanya kayak dengerin Spotify tapi live karena ngga banyak improvisasi juga. Untungnya, semua lagu favorit dimainkan bahkan lagu-lagu di album lain selain Love Me / Love Me Not. Cuma 3 AM yang ngga dimainin but that's okayy.

Finally, a major strike off on my bucket list!

Sudah kucel habis show tak mengapa



You Might Also Like

0 comments