life

Music Festival

November 20, 2019

Sejujurnya, ku bukan anak konser banget. Dari dulu emang pecinta musik, tapi untuk dateng ke konser atau festival musik, ngga deh makasih hehe. Bukan tipe yang suka nyanyi kenceng-kenceng, apalagi joget atau jingkrak-jingkrakan. Lebih suka dengerin pake earphone atau speaker, atau nonton konsernya di TV. Karena menurut gue tayangan di TV itu convenient banget, bisa ngeliat artisnya dengan jelas, close-up, dan juga dengan audio yang clear.

Terlebih, rasanya gue ga pernah ngefans sebegitunya sama artis. Gue menyukai karya, bukan figur. Gue bisa suka banget sama satu lagu tanpa ngefans sama penyanyinya. Jadi rada ga peduli sama kehidupan pribadi artisnya. Rada ga peduli ada update apa, gosip apa, karena gue ga ngikutin kehidupan pribadi mereka, I just listened to their music. Kalo itu dinyanyiin sama sebuah band, dulu gue bisa beli CD-nya dan pasang lagunya hampir tiap hari tanpa tau sama sekali siapa aja personelnya haha. Kalo ketemu orangnya pun biasa aja. Makanya gue cenderung nggak ngefollow social media musisi yang gue suka, sesuka apapun gue sama karyanya.

Seumur-umur, gue cuma pernah dateng ke konser Maxim Mrvca, seorang pianis asal Kroasia. Itu pun barengan sama guru piano dan temen-temen les gue. Sebagai anak SD, nurut aja diajakin nonton konser malem-malem di Tenis Indoor Senayan. Nggak ngerti konser, dateng aja duduk diem. Jam 9 pun udah ngantuk jujur lol.

Years after that, gue sekolah di SMA yang rutin ngadain pensi setiap tahun. Pensinya pun nggak main-main, pensi yang niat gitu karena artis luarnya lumayan banyak. Setelah gue lulus bahkan mereka udah bertransformasi lebih ke arah music festival dibanding "pensi anak sekolahan" yang ada di bayangan masyarakat. Kelasnya udah kayak konser atau music festival yang diadain EO profesional. Venue, lighting, dekorasi, bazaar, dan tentu artis-artisnya makin wow, bahkan tahun ini ngundang artis luar negeri. Tahun ini bahkan ada 2 panggung sekaligus saking banyak artisnya. Ada yang bisa tebak apa nama acaranya?

Namanya adalah Sky Avenue. Ngeliat perkembangan Sky Avenue dari tahun ke tahun, dari masa ke masa, sampe bisa kayak sekarang itu suatu kebanggaan banget buat gue pribadi sebagai salah satu alumni. Bisa gue bilang, Sky Avenue saat ini adalah salah satu acara pensi sekolahan terbaik. Bukan karena gue alumni, tapi secara objektif gue mengakui hal itu.

Ngga cuma Sky Avenue buatan Labsky, Labs Project buatan Labschool Rawamangun dan Cravier buatan Labschool Cibubur pun juga sangat patut diperhitungkan. Labschool Cibubur, meskipun termasuk sekolah baru, tapi berhasil bikin acara musik yang keren banget. Great job Labschool!

Dulu pas jaman sekolah gue ngga terlalu banyak datengin acara pensi kayak gitu, paling pernah ke pensinya Tarakanita, itu juga keren. Justru setelah lulus kadang-kadang gue malah dateng ke pensi-pensi tersebut, tergantung artisnya ada siapa. I rarely go to music festival, so when I do it has to be worth it.


Jaman dulu masih pake cap atau wristband kertas atau plastik :p Sekarang udah pake wristband barcode 

Panggungnya udah pake LED, bukan dekorasi kayu/sterofoam lagi.
Bahkan ini lebih keren dari beberapa music festival buatan EO

Screen-nya pun udah kayak acara NET 2.0, 3.0. Konsep LED frame ini bagus sih karena ganti tulisan setiap ganti performer

Cravier 2018 @JIExpo Kemayoran. Yes, sekali-kalinya ku bela-belain sejauh itu ke JIExpo karena bagus-bagus artisnya

Try to blend in with high school kiddos


Yang gue suka dari dateng ke pensi adalah karena "safe" environment. I mean, ngga ada rokok, alkohol, pakaiannya cenderung sopan, tingkah lakunya juga ga macem-macem, karena biasanya ada orang tua dan guru juga haha. Paling yang bikin rada kurang nyaman adalah ABG itu cenderung ngumpul rame-rame, ngobrol dan berisik pas nonton, bukan menikmati musiknya, dan kadang itu ganggu penonton lain.

Lalu akhirnya, setelah selama ini datengnya ke music festival buatan anak SMA terus, beberapa bulan lalu gue dateng ke music festival orang dewasa haha. Namanya Meranoia, buatan Disto Creative. Sumpah, itu RAPI BANGET. Rapi banget, nyaman banget, profesional. Meski orangnya rame banget tapi penontonnya ngga riweuh, ngga norak, ngga rusuh. Meski di beberapa situasi banyak antre panjang, tapi orang-orang antre dengan sabar dan rapi, jadi cepet juga pergerakannya. Suasananya sangat sangat nyaman, bahkan untuk gue yang saat itu lagi sering ngerasa ga nyaman berada di tengah keramaian. Gue sampe amazed sendiri. Sound dan lightingnya juga keren banget sih asli.

Bisa gue bilang bahwa Meranoia kemarin adalah salah satu music festival terbaik di Jakarta. Bukan cuma gue, temen gue yang sering dateng ke music festival orang dewasa pun bilang gitu, juga komen-komen orang di social media. Gue sangat salut sih sama panitianya karena kalo ga salah ini adalah tahun pertama Meranoia diselenggarain, tapi bisa sesukses itu and people crave for more. Artis-artisnya papan atas, multi genre, 3 panggung, tapi harga tiketnya murah banget astagaa seharga tiket pensi-pensinya Labschool. Di saat music festival lain harganya di atas 200, 300, bahkan 500, ini hanya seharga 150-200 guysss. Sangat worth it untuk artis-artis dan kualitas acara sebagus itu. Usut punya usut, katanya sih pendirinya itu anak-anak jebolan Ismaya. Kalo emang bener, ngga heran kualitas acara perdananya bisa sebagus itu. Padahal kalo diliat-liat volunteernya masih muda-muda banget. Mungkin anak kuliahan atau SMA.

Gimana ceritanya coba disuruh milih stage-stage ini?? Bagus semuaa ingin membelah diri rasanya. But I made the right decision!

And of course I bought 2 days ticket!

Jatuh cinta pada pendengaran pertama. Waktu itu milih stage ini karena mikir kayaknya kecil kemungkinan nonton doi lagi. Eh taunya abis itu kayak tiap bulan :)

Aku mah Tim Nyaman. Nonton konser duduk aja. Ga capek, ga pegel, dan bisa dapet view yang oke tanpa kehalangan kepala dan badan orang

  


Dari situ gue mulai rajin dateng ke acara musik karena mulai dapet feelnya, udah bisa ngerasa enjoy denger lagu secara live, udah menikmati sing-along bersama crowd. Feel yang beda dibanding hanya denger rekaman lagu atau lewat TV. Lalu tipe penonton seperti apa kah gue saat nonton? Tipe yang hobi rekam di part-part tertentu, lalu sisanya enjoy the song. Kenapa gue rajin ngerekam adalah karena saat nonton ulang, I can still feel the vibe, I can feel the joy.

Gue pribadi juga ngga yang sing along mulu, karena kalo mau nyanyi mah karaokean aja ya ga sih. Dateng ke acara musik tentu buat ngedengerin artis yang kita suka perform dan memainkan lagu yang nyaman di telinga kita. Gue pribadi ngerasa untuk memaksimalkan dan merasakan indera pendengaran kita, maka tutup mulut kita dan fokus mendengarkan. Yaa tiap orang beda-beda sih tapi kalo gue ngerasanya gitu.

Sejak saat itu, gue pun jadi suka dateng ke music show. Nggak harus music festival, music show yang diadain di mall atau tempat-tempat lain pun, selama gue suka artisnya gue datengin. Alasan utamanya sih karena gabut aja haha.

Ardhito Pramono x Mocca

Cute Arina!

Jarang banget atau bahkan ga pernah kepengen foto sama musisi.
But his performance was THAT GOOD apalagi pas di event Traveloka Epic Sale, sampe ku ingin foto rasanya.

Diliat-liat kok jadi semacam monthly routine ya :)


Mantra Mantra Live always gives me goosebumps and almost-teary eyes.
Livenya Kunto Aji sebagus itu, apalagi pas di Meranoia jujur sampe nahan nangis saking perfect shownya


Itu untuk acara musik lokal. Konser musisi luar negeri masih hanya Maxim, kecuali artis-artis yang diundang ke pensi. Sampai akhirnya, suatu hari dapet info kalo HONNE mau ke Jakarta lagi!! Satu-satunya artis luar negeri yang gue tunggu-tunggu kehadirannya di Jakarta. Ga pake mikir lama, langsung beli tiketnya dan Alhamdulillah dapet :") Untuk konser HONNE akan gue ceritain terpisah ya. It deserves its own post.

Dari situ gue juga mulai terpikir untuk nonton konser artis-artis luar negeri yang gue suka. I have an eye on Boy Pablo's upcoming concert. Suka sih.. tapi... belum sesuka itu banget sampe rela ngeluarin ratusan ribu untuk nonton. Tinggal menunggu Rex Orange County dateng ke Jakarta aja nih, sama mungkin kalo Daniel Caesar mau solo concert. Again, when I go to music concert, festival, or show, it has to be worth every penny.

You Might Also Like

0 comments