life

Panjang Umur

May 12, 2018

Siapa yang udah nonton film Coco? Cung!

Gue bukan mau nge-review filmnya. Kali ini gue mau cerita sesuatu yang masih berhubungan dengan cerita film tersebut. Dari film Coco, insight yang didapet adalah seseorang suatu saat hampir pasti akan dilupakan oleh orang-orang setelah dia meninggal, kecuali kalo dia adalah sosok orang terkenal atau seseorang yang akan selalu dikenang. This movie is not only a kids' movie, it consists of tradition & spiritual things.

Gue jadi inget ceramah dari salah satu ustad ketika lagi tahlilan (alm.) opa gue. Disitu beliau cerita bahwa usia seseorang itu udah ditetapkan dari awal, maka yang dimaksud dengan doa "semoga panjang umur yaa" bukanlah terkait dengan umur dia di dunia karena umurnya dia udah ditentukan dari sejak dia lahir (atau bahkan sebelumnya). Yang dimaksud adalah umur dia dikenang oleh orang-orang yang masih di dunia.

Lalu gimana cara supaya umur panjang a.k.a tetap dikenang setelah kita meninggal? Salah satunya adalah dengan anak keturunan yang tetap menceritakan kisah almarhum ke orang-orang lain; ke anak cucu, ke kerabat-kerabat, dan juga ke orang lain sehingga orang tersebut tetap diingat dan dikenang. Relate ke Coco banget ga sih? Tentunya yang diceritain yang baik-baiknya ya. Makanya penting untuk selalu berbuat baik ke orang lain. Dan dengan cerita tentang kebaikan seseorang, itu akan menginspirasi orang lain untuk berbuat baik juga.

Kali ini gue mau cerita tentang sosok Opa & Oma gue, yang cukup jadi role model gue untuk selalu berbuat baik ke lingkungan sekitar. Opa Oma itu sosok yang caring banget banget menurut gue. Care-nya ngga pilih-pilih, literally baik ke semua orang mau kenal atau engga.

Di kehidupan sehari-hari, mereka itu caring banget sama lingkungan sekitar. Ga hanya sama keluarga, tapi juga sama temen, kerabat, bahkan orang yang ga dikenal. Kalo sama anak cucunya jangan ditanya.

Dari dulu dari mama masih kecil, Opa Oma selalu banget inget orang lain kalo pergi kemanapun. Selalu bawain oleh-oleh untuk keluarga, temen-temen, dan tetangga. Ga harus ke tempat yang jauh-jauh, bahkan ke Bandung atau ke Taman Safari juga bisa beliin oleh-oleh. Lucunya, setiap Opa pulang kampung ke Padang, Opa selalu banget beliin cucu-cucunya kaos gambar Padang meskipun cucu-cucunya ga pernah pake :") Meskipun udah berkali-kali ke Padang, tapi Opa selalu beliin oleh-oleh yang itu lagi :"D

Terus ngga selalu anak cucu yang ngunjungin Opa Oma, Opa Oma juga rajin ngunjungin anak cucu ke rumahnya. Terminimal banget seminggu sekali. Apalagi rumah gue yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Kalo cucu-cucu lagi main ke rumah Opa, Opa suka ajak jalan-jalan ke Indomaret. Setiap orang boleh jajan 3 item. Kalo udah kayak gitu kita senengnya Masha Allah :"D

Ga hanya soal materi, Opa Oma juga show their kindness into action. Kadang jadi wali ortu saat ortu gue lagi ga ada. Mulai dari ngerawat, nginep di rumah saat ortu keluar kota, ngurus adek di rumah sakit pas ortu di luar negri, nganterin gue daftar ulang kuliah, sampe jadi wali orangtua di wisuda kakak. Terus Oma juga suka motongin poni cucunya, suka bikinin cucu-cucu ceweknya seragam :)) Sejak Oma sakit, Opa juga yang setia ngerawat sampe akhirnya Oma meninggal.

Uniformed Granddaughters

Ke orang-orang sekitar juga suka ngasih, baik kenal maupun engga. Makanya setelah Opa udah ga ada, banyak banget orang yang ga kita kenal dateng ke rumah buat minta sumbangan. Ngakunya mereka dulu suka dikasih sama Opa. Jatohnya jadi ada orang-orang yang manfaatin kebaikan Opa aja buat minta uang. Karena Opa engga nagih. Anak-anaknya pun jadi bingung karena engga kenal, ga pernah tau, tau-tau berapa waktu sekali ada aja yang dateng dan minta uang.

Dengan kebaikan-kebaikan itu, ga heran banyakkk banget yang sayang sama Opa Oma. Keluarga pasti. Apalagi sejak Oma ngga ada, intensitas ngunjungin Opa atau ngajak Opa nginep di rumah jadi meningkat. Adek gue, bestfriend-nya Opa, setiap hari tidur di rumah Opa. Terus pulang abis subuh buat siap-siap sekolah :)) Lucunya siang beraktivitas di rumah, malem tidurnya di rumah Opa. Tapi disuruh tinggal sama Opa ga mau dia, maunya nginep aja. Mama Papa sama sekali ga keberatan dengan kebiasaan dia selama bertahun-tahun itu. Itung-itung nemenin Opa supaya ga kesepian. Malah kalo dia lagi pengen tidur di rumah, Opa yang nanyain dia terus kenapa ga mau nginep dan ortu malah nyuruh-nyuruh dia nginep buat temenin Opa :"D

Seperti yang sebelumnya gue bilang, kepedulian Opa Oma ga terbatas hanya sama keluarga dan orang terdekat. Mungkin salah satu bentuk terbesar dari kepedulian terhadap lingkungan sekitar adalah pengembangan salah satu kampung di Ciawi. Dulu Opa Oma sempet nemu satu kampung yang banyak sawahnya di daerah Ciawi. Entah gimana ceritanya, Opa Oma mulai memupuk kebaikan disitu. Yang gue tau adalah Opa ngebangun beberapa fasilitas dan lapangan pekerjaan untuk orang-orang sana. Mulai dari rumah, sawah, kolam ikan, sampai toilet umum dan mushala.

Rumah yang dibangun ada yang untuk jadi villa pribadi ada yang disewain. Menjadi lapangan pekerjaan untuk orang sana yang diminta urus rumahnya, dan mereka boleh tinggal disitu. Beberapa petak sawah Opa beli dan minta orang sana untuk kelola dengan sistem bagi hasil. Hasil sawahnya itu juga Opa bagiin ke anak-anaknya, sehingga kami ga pernah beli beras. Sampe sekarang beras di rumah gue selalu dari hasil panen di Ciawi. Untuk kolam ikan juga ada yang ngurus. Kalo ada kerjaan-kerjaan tukang, yang dipake orang sana. Simbiosis mutualisme bukan?

Oma ga kalah baiknya. Anak-anak sekitar sana disekolahin, sehingga Oma punya banyak banget anak asuh dari pada masih kecil sampe udah pada nikah. Oma rajin mantau nilai rapor sekolah anak-anak itu. Dan untuk ibu-ibunya, bener-bener udah kayak temennya Oma. Oma sama sekali ga nganggap mereka beda kelas ekonomi, beda status atau apapun itu. Oma bener-bener ngobrol, nonton TV, masak, main kartu, beraktivitas sama mereka layaknya temen.

Kalo Idul Adha juga kita selalu kesana karena Opa akan memfasilitasi orang-orang yang mau qurban disana. Mulai dari nyari hewannya, ngurusin kupon dan jatah pembagian daging qurban, itu Opa Oma juga ikut ngurusin walaupun udah ada orang-orang sana.

Selama berpuluh tahun Opa Oma rutin mengembangkan dan menyejahterakan daerah sana. Minimal seminggu sekali ada lah kesana, suka ngajak keluarga dan kerabat juga kesana. Ga heran kalo di daerah sana hampir semua orang kenal dan sangat menghormati Opa Oma. Mulai dari pembangunan, nyekolahin anak-anaknya, juga nyiptain lapangan pekerjaan untuk mereka. Dari yang dulu masih terbelakang sampe sekarang rumah-rumahnya udah terbuat dari bangunan kokoh, yang mereka lebih sejahtera, yang anaknya bisa sekolah sampe lulus sarjana. Gue rasa ini juga merupakan amal jariyah Opa Oma yang ga akan putus walau mereka udah ga ada. Jujur pengen banget banget bisa kayak gitu. Gue sendiri ga ngerti kok bisa Opa Oma nemuin satu daerah dan ngembangin segitunya sampe akhirnya dikenal orang-orang sana.

Loyalitas orang-orang sana terhadap Opa Oma ga usah diragukan lagi. Kalo ke Jakarta mereka pasti ngunjungin Opa Oma dan anak-anaknya, kalo butuh bantuan apa mereka selalu siap sedia, dan sampe Opa Oma meninggal, mereka adalah salah satu yang paling sedih dan ngerasa kehilangan. Yang langsung nangis di rumah sakit saat Opa Oma masuk ICU.

I wish I could be as kind as them, and be loved as much as they are. Even after not exist in this world.

Huah, selesai juga tulisan ini. Selesai dengan linangan air mata. Kayaknya gue ga pernah nulis sambil nangis bercucuran air mata gini :") Padahal pas mulai nulis moodnya baik-baik aja. Pas nulis ternyata sedih juga ya inget Opa Oma :""" But I AM 1000% sure that now they are resting in peace. Because they are really, really good persons.
Definition of True Love

The aim of this post is to spread their kindness, so people know and remember them. Maybe they could be an inspiration & motivation (For me of course they are). And this post is a reminder for me to always do and be good to others. Because at the end, what we do will return to us in so many ways.

You Might Also Like

0 comments