life

Ngabuburit Bareng Menteri

May 27, 2018

Setelah cukup lama vakum dari kegiatan Sinergi Muda, akhirnya aku berkegiatan lagi! Kangen banget sumpahh terlibat di event-event empowering gini. Di bulan Ramadhan tahun ini, SM kerjasama dengan We The Youth dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) nyelanggarain acara yang namanya NGANTRI: Ngabuburit Bareng Menteri. Siapa menterinya? Jelas Pak Imam Nahrawi selaku Menpora RI saat ini.

Gue baru daftar untuk ikut acara ini beberapa hari sebelum hari H, jadi ngga terlibat dalam persiapannya. But I know for sure, we will be in charge on the day. Sebagai anggota SM, kalo daftar acara SM berarti menawarkan diri jadi panitia, bukan peserta. Apapun yang bisa dibantu pasti kita lakuin.

Sebelum bareng-bareng ke kediaman Pak Imam, kita kumpul dulu di kantor SM. Disitu briefing daaan tepat sesuai dugaan gue pasti kebagian jobdesc. Ku sudah prepare untuk something unexpected. Mungkin yang agak unexpected, gue kebagian role penting yang cukup ekstrovert yaitu sebagai moderator diskusi :"") Ok untung masih ada waktu beberapa jam untuk switch Introvert mode to Extrovert mode.


Lalu ngapain aja sih isi acara NGANTRI ini? Tujuan utama acara ini adalah mempertemukan komunitas-komunitas anak muda dengan Kemenpora, untuk menyampaikan aspirasi, bertanya, berdiskusi, dan mungkin mencari solusi. Harapannya aspirasi anak muda ini bisa ditampung dan dijadiin dasar program-program Kemenpora ke depannya. Juga ngenalin komunitas-komunitas ke Kemenpora supaya bisa kolaborasi ke depannya.

Dari 120 komunitas yang daftar, terpilih lah 15 komunitas untuk ikut acara ini. Ke-15 komunitas tersebut dibagi ke dalam 4 topik besar yaitu Jejaring Kepemudaan, Lingkungan, Pendidikan, serta Sosial dan HAM. Pas ditanya gue mau jadi moderator topik yang mana, of course gue pilih Jejaring Kepemudaan haha.

Di topik tersebut, ada 6 komunitas yaitu SabangMerauke, #ForChangeID, Turun Tangan, Youth Corps Indonesia, Indorelawan, dan Nusantara Muda. Jejaring Kepemudaan ini topik dengan komunitas terbanyak. Dalam waktu singkat, gue pelajarin dulu masing-masing komunitas itu bergerak di bidang apa, apa aja aktivitasnya. Big thanks to Instagram for making my task easier.

Sesi diskusi pertama itu diskusi komunitas, dimana masing-masing komunitas dengan topik yang sama menceritakan isu-isu yang jadi concern mereka dan kalo punya gagasan bisa diungkapkan disitu. Di setiap forum juga ada satu perwakilan Kemenpora yang mendengarkan dan menanggapi.

Dari pas briefing udah diwanti-wanti kalo moderator itu bertugas ngehidupin suasana supaya diskusinya ga krik-krik. Ternyataaa diskusi forum gue sama sekali ga krik-krik! Karena emang orangnya paling banyak, kebetulan juga mereka udah saling kenalan dan ngobrol sebelumnya jadi malah paling heboh. Terus kedapetan anggota Kemenpora yang juga asik dan satu bidang sama topik kita. Kemarin ada Bu Anggia, Staf Khusus Bidang Kepemudaan, jadi beliau ngerti topik kita dan nyambung banget ngobrolnya. Pesertanya juga semuanya aktif tanpa perlu didorong-dorong untuk berpendapat. Setengah jam pun ngga berasa, rasanya baru ngobrol sedikit udah abis aja waktunya.

Gue udah lama banget ngga terlibat dalam diskusi kepemudaan kayak gini. Diskusi untuk mencapai anak muda Indonesia yang lebih baik. Dengan energi dan semangat mereka, gue sempet malu sama diri sendiri karena udah agak lama meninggalkan dunia ini. Udah lama ga mikirin negara, kondisi dan masa depan anak muda, dan kebanyakan fokus sama diri sendiri. Bahkan ada peserta yang sesemangat itu jauh-jauh dateng dari Semarang. Dengan ikut dalam forum ini, tombol Start gue kayak dipencet lagi and I feel empowered.

Forum Jejaring Kepemudaan bersama Bu Anggia

Sesi kedua, perwakilan masing-masing forum menyampaikan hasil diskusinya ke pihak Kemenpora, utamanya tentu Pak Imam Nahrawi. Gue itu sangat sangat not into politics, ga ngikutin berita politik, dan ga terlalu tau profil masing-masing tokoh/menteri. Jadi jujur gue ga tau Pak Imam ini orangnya kayak gimana, cuma tau nama aja. Ternyataaa beliau orangnya inspiring banget. Beliau bener-bener dengerin pendapat kita, omongan-omongan beliau inspiring, orangnya ramah dan santai ngga kaku sama sekali, berasa banget kharismanya. Instant fans.

Dari pihak Kemenpora ada juga Pak Asrorun Ni'am yang sering wara-wiri di media karena sebelumnya beliau kerja di KPAI. Dan di akhir diskusi dateng juga Gloria, salah satu anggota Paskibraka yang sempet viral karena ngga dibolehin ikut ngibarin bendera di Istana Presiden pas 17an.


Setelah diskusi selesai, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan makan lesehan, shalat Maghrib, dan acara bebas. Acara bebas dipake buat mingle, kenalan, ngobrol-ngobrol, dan olahraga! Haha iya olahraga. Jadi di kediaman Pak Imam itu ada macem-macem peralatan olahraga, salah satunya Headis. Bentuknya kayak voli meja tapi disundul pake kepala gitu. Gue baru liat olahraga macem gini.


Pak Imam pun ikutan main dan ngajak anak-anak untuk coba. Gue sempet disuruh coba tapi gue engga mau, takut mempermalukan diri sendiri haha. Abis nontonin orang-orang gue lebih milih ngadem di dalem rumah dan meneguk Buavita yang bebas diambil di kulkas. Jadi disana ada kulkas full isi macem-macem minuman dan boleh diambil bebas.




Oh ya, sempet pas lagi duduk santai tiba-tiba gue diajak ngobrol sama seorang perempuan yang ternyata adalah staf Komunikasinya Pak Imam. Yang ngelakuin riset suatu topik, nyiapin materi-materi speech, konten sosmed, dan bahan komunikasi lainnya. Jadi sedikit tau role beliau, the process behind communication material. Siapa yang nyangka gue ketemu orang ini? Jujur merasa beruntung bisa ngobrol seru sama mbak ini.

Gue seneng banget bisa terlibat di acara ini. Ngabuburit dengan sesuatu yang produktif dan bermanfaat, ketemu temen-temen SM lagi, ikut acara berfaedah, dan kenalan sama temen-temen komunitas lain yang super keren (Ga boong mereka keren-keren banget). Ini pertama kalinya juga buat gue ikut acara diskusi antara pemerintah dan pemuda gini. Dan kebahagiaannya dobel ketika ngeliat para peserta juga puas dan seneng dengan acara ini :)


Sinergi Muda x We The Youth

Moderators feat. Pak Imam Nahrawi

Tim Hore aja.

You Might Also Like

0 comments