caredu

Leave or Stay?

May 10, 2018

Millennial atau Generasi Y dikenal sebagai job hopper alias kutu loncat dalam urusan pekerjaan. Kalo jaman dulu (Generasi X) seseorang bisa stay di perusahaan selama bertahun-tahun (5 tahun ke atas), buat Gen Y 2 tahun aja udah bagus banget. Gue sendiri sebelum masuk ke dunia kerja sempet mikir kayaknya gue pengen loyal ke company deh stay lama gitu, masa sih 2 tahun cabut 2 tahun cabut. Ya, sepertinya gue emang Gen Y yang konservatif.

Setelah masuk ke dunia kerja apalagi berperan sebagai recruiter, gue melihat banyak banget Gen Y yang setahun pindah, setahun pindah, bahkan ada yang dalam hitungan bulan. Di satu sisi gue bingung dan di satu sisi mencoba menerima "Oh mungkin bener ini emang karakteristik Gen Y". Gue pun wondering sebenernya apa sih yang bikin mereka ngga tahan untuk stay di sebuah company?

Sampai akhirnya gue ngerasain sendiri ke-karakteristik-an Gen Y itu. Setelah 1,5 tahun lebih kerja di perusahaan yang sekarang, gue ngerasa pengen pindah. Bukan sekedar kepengen aja, tapi emang ada alasannya. Gue ngerasa udah cukup tahu bidang yang gue kerjain dan gue pengen belajar bidang lain yang ga ada di perusahaan sekarang. Bukan karena gaji, bukan karena jabatan, bukan pula karena orang-orangnya. Bener-bener pengen belajar bidang itu yang rasanya ga bisa gue dapetin di perusahaan sekarang. Apalagi gue rencananya pengen lanjut S-2 dalam waktu dekat, jadi gue ngerasa gue harus dapetin exposure itu sebelum gue lanjut kuliah.

Suatu ketika gue menemukan lowongan kerja yang persis seperti yang gue mau. Spesifik bidang yang gue mau dan ketika gue baca jobdesc-nya, semuanya gue pengen. Saat itu gue ragu mau apply. Setelah menimbang-nimbang dan tanya pendapat orang-orang terdekat, akhirnya gue memutuskan untuk apply. Singkat cerita gue dipanggil untuk tes dan interview. Dengan yakin gue pun dateng untuk menjalani proses seleksi itu. Ternyata gue lolos ke tahap berikutnya.

Di tengah proses rekrutmen yang Alhamdulillah lancar, tiba-tiba gue dikasih tau atasan gue bahwa gue mau dikirim traning ke Singapur. Jujur gue sekaget itu banget sih. Karena di kantor gue biasanya yang dapet kesempatan training keluar negeri itu adalah level manajer ke atas. Itu pun ga semua manajer dapet kesempatan itu. Apalah gue yang masih level staf ini. Plus gue berada di divisi support, bukan core business perusahaan yang generate revenue. Bahkan gue sempet mikir kayaknya orang macem gue ga mungkin deh dapet kesempatan untuk training keluar negri. Paling itu cuma orang-orang yang ada di divisi core business dan yang udah level-level tinggi. Meskipun "hanya" ke SG, gue ga ngeliat negaranya sih, tapi yang gue liat adalah company mau mengirimkan gue untuk training keluar negri. I feel so honored honestly. Akomodasi dan lain-lain ditanggung perusahaan tentunya. Bahkan biaya untuk perpanjang paspor juga dibayarin perusahaan.

Jujur gue saat itu galau banget banget parah. Yang sampe kepikiran berhari-hari, sampe kebawa mimpi segala. Gue se-ga enak itu kalo abis training langsung resign. It doesn't feel right for me. Gue mencoba untuk "ga peduli" dan menjadi "Gen Y pada umumnya" yang egois memikirkan keuntungan pribadi, tapi gue ga bisa. D*mn, the unintended retention retains a conservative me very well.

Gue pun konsul sama orang-orang terdekat. Beberapa mendukung gue untuk pindah, sebagian lainnya menyarankan untuk tetap stay. Alasannya macem-macem, dan semua alasannya benar. Gue coba pertimbangin dari berbagai aspek semua plus minusnya. Setengah ragu, gue menetapkan akan tetep pindah. Gue tetep jalanin proses rekrutmennya sampai H-1 final step, gue berubah pikiran. Gue ngobrol sama temen yang tau banget kondisi gue dan dia cerita based on her experience. Dari situ ada perspektif lain yang ga gue pikirkan sebelumnya dan setelah dicoba rasionalkan pake logika, gue merasa stay adalah pilihan yang terbaik. Gue pun mengabarkan perusahaan itu kalo gue withdraw.

Sejujurnya bukan sekali ini gue ngerasa bimbang untuk mencoba pindah kerja. Dengan adanya LinkedIn, gue dapet banyak banget tawaran menarik yang super-sayang-untuk-dilewatkan. Dalam kurun waktu 2 tahun, jumlah tawaran pekerjaan yang dateng mungkin lebih dari 10. Mulai dari perusahaan f&b, retail, IT, oil & gas, teknologi kesehatan, social enterprise, start-up digital di bidang kuliner (Which is interest gue banget), consumer goods (Industri idaman gue dari dulu), perusahaan rokok bonafide (Yang pasti gajinya bisa jauuh lebih gede dari gaji gue saat ini), dan yang paling banyak dari perusahaan Head Hunter/Executive Search karena title gue recruiter. Ga hanya dari LinkedIn, dari temen-temen pun juga beberapa kali dapet tawaran menarik.

Untuk perusahaan Head Hunter gue bisa dengan mudah menolak tanpa rasa galau karena emang bukan passion-nya disitu. Tapi kegalauan muncul saat gue dapet tawaran dari perusahaan bagus atau jabatan yang menarik banget. Rasanya susah menolak tawaran dari perusahaan digital start-up tentang kuliner karena gue dari dulu demen bidang kuliner. Value pribadi juga sempet goyah saat ditawarin salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Pastinya gue dari dulu ga mau kerja di perusahaan rokok atau alkohol. Tapi karena gue tau gajinya itu gede banget dan line bisnisnya ga cuma rokok, gue sempet mempertanyakan kembali value pribadi gue... haha. Tapi pada akhirnya gue mencoba kembali berpegang teguh ke prinsip pribadi. Dan yang paling sayang untuk gue lewati adalah tawaran dari perusahaan Consumer Goods ternama dan dengan posisi unik yang super duper gue banget; Engagement & Employer Branding. Wahgelaseh.

Bodoh? Mungkin. Tapi gue punya alasan kenapa gue memilih untuk stay di tempat sekarang. Saat ini gue udah 2,5 tahun kerja di kantor gue. Hebat kalo sama sekali ga tergoda untuk pindah di saat banyak tawaran menarik di luar sana. Bukan mitos juga kalo jadi job hopper gajinya bakal lebih tinggi daripada orang yang loyal karena setiap kali pindah, hampir pasti gaji dia akan naik. But again, for me working is not just about money. It is waaaaay beyond that.

Faktor kurang berani mengambil risiko juga mungkin yang membuat gue memilih untuk tetap stay. Tapi gue happy di tempat gue sekarang. Dan dengan manajemen baru, semakin kesini kantor gue semakin nyaman. Banyak banget kenyamanan yang mungkin ga akan gue dapet di tempat lain.

Kapan lagi ke kantor bebas dateng jam berapa aja dan pake kaos santai? Kapan lagi bisa working from home? Kapan lagi di kantor bisa jalan-jalan tanpa alas kaki? Kapan lagi bisa main board games di kantor? Kapan lagi bisa kerja sambil nyanyi-nyanyi denger lagu sambil naikin kaki ke kursi? Kapan lagi bisa discuss sama Managing Director dengan informal tanpa rasa deg-degan sama sekali? Itu hanya contoh kecil dari kenyaman sehari-hari yang bikin kantor berasa bukan kantor.

Call me stupid, but I'm quite proud to call myself as "A Loyal Millennial". Because at the end, your integrity counts, and above all, happiness is the most important thing, isn't it?

You Might Also Like

0 comments