financial

Belajar Saham (2)

May 20, 2018

Melanjutkan tulisan soal belajar saham, kali ini gue mau sharing pengalaman belajar saham lewat acara-acara yang gue ikuti. Bukan sharing materi atau ngasih edukasi loh yaa, cuma pengalamannya aja.

Setelah daftar-daftar acara yang berhubungan dengan saham, sejauh ini gue udah ikut semua event yang gue daftar. Pertama ada SPOT Training, kemudian Sekolah Pasar Modal (SPM), Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS), IPOT Training, dan terakhir RF Investment Day.

Training on the SPOT
SPOT Training adalah event yang diselenggarain Sucor Sekuritas dalam rangka pre-event trading competition-nya mereka. SPOT sendiri adalah nama sistem online trading-nya Sucor. Ini pertama kalinya gue dateng ke event tentang saham dan trading. Buat gue yang awam banget, di event ini gue mulai mengenal istilah-istilah yang ada di dunia pasar modal. Pembicaranya ngejelasin dari mulai bentuk-bentuk grafik, kemudian istilah-istilah dasar yang harus kita tau, dan cara analisis terutama secara teknikal karena training ini fokusnya ke trading (Analisis ada 2 cara yaitu secara Fundamental dan Teknikal).

Wah gue nyatet banget ini tuh apa itu tuh apa. Meskipun belom ngerti-ngerti amat, seenggaknya gue jadi kenal lah istilah-istilah umum di dunia pasar modal. Jadi informasi yang gue dapet kayak secuil-secuil tapi gue belom bisa mengintegrasikannya. Bener-bener baru kayak buka jalan aja. Lumayan lah gue pikir buat perkenalan.


SPM
Pertama kali denger tentang SPM sebenernya udah lama yaitu pas kuliah. Waktu itu temen cerita ada yang pernah ikut SPM. Tapi gue baru bener-bener daftar pas emang mau terjun ke dunia saham. SPM ini yang nyelenggarain BEI (Bursa Efek Indonesia) atau sering disebut juga IDX. Acaranya itu seharian dan diselenggarain 3x seminggu. Sayangnya 2 harinya itu di weekdays, jadi bisa dipastikan weekend selalu full. Pas gue mau daftar SPM pun kuotanya udah full sampe 1 bulan ke depan. Padahal gue pengen segera belajar tentang saham. Hmm gue coba liat SPMS. Wah ternyata SPMS ngga se-waiting list SPM. Nunggunya sekitar 2 mingguan aja. Cus lah gue daftar SPMS. Hitung-hitung emang pengen belajar pasar modal syariah juga sih.

Nah sekitar seminggu kemudian gue iseng buka Instagramnya IndoPremier, salah satu perusahaan sekuritas ternama. Ternyata mereka mau ngadain SPM juga! Weekend dan di BEI! Wahh langsung excited banget gue. Kebetulan juga gue baru register account di website IndoPremier tapi belum submit dokumen, jadi sekalian aja gue buka account.

Berhubung gue baru tau H-3 acara, gue langsung kirim DM nanya masih ada kuota atau ngga karena SPM weekend itu selalu full. Ternyata kata adminnya masih ada kuota. Wahh rasanya seneng campur kompetitif kayak ga mau ngelewatin kesempatan emas haha. Soalnya SPM weekend tuh full terus gitu.

Ternyataa belakangan baru tau BEI itu kalo ngadain SPM selalu ngegandeng satu perusahaan sekuritas. Dan perusahaannya itu beda-beda di setiap event. Misalnya minggu ini kerjasama sama perusahaan sekuritas A, minggu depan sama sekuritas B. Gue ga tau sih nama perusahaannya diumumin di jadwal atau engga, tapi gue sih engga nemu waktu itu. Jadi kayaknya untung-untungan juga dapet siapa.

Nah kalo kayak IndoPremier ngadain SPM ini sistemnya dibalik. Kayaknya sih ini perusahaan sekuritasnya yang ngajak BEI kerjasama. Jadi mereka bisa ngadain jadwal SPM di luar jadwal regulernya BEI. Pas gue SPMS, di ruangan sebelah ada MNC Sekuritas juga lagi ngadain kelas, jadi bisa paralel gitu antara yang diselenggarain BEI sama yang diselenggarain perusahaan sekuritasnya langsung.

SPM yang diadain IndoPremier ini menurut gue BAGUS BANGET. Sesi kebagi 2, pertama diisi oleh orang BEI yang namanya Mas Fadly, dan sesi kedua diisi oleh orang IndoPremier (Cowok, lupa namanya siapa). Mereka ngejelasinnya detil dan sistematis, bahasa dan analogi yang digunakan pun sederhana. Ngga lupa di sela-sela penjelasan diisi jokes yang mencairkan suasana. Keliatan bahwa setiap pemateri bener-bener nguasain materi yang mereka bawain. Jadi buat pemula bakal banyak banget insight yang didapet. Di luar kelas SPM ini mereka juga rutin ngadain kelas-kelas untuk nasabahnya. Ada yang bentuknya kelas offline, webinar, terus IG live, dan mereka suka ngasih update di grup Telegram dan Whatsapp.

Tapi ternyata ngga semua kelas SPM sebagus yang dibawain IndoPremier. Kelas SPMS yang gue ikuti cukup berbeda jauh kualitasnya. Menurut gue kualitas konten dan penyelenggaraan SPM itu tergantung perusahaan sekuritasnya juga sih. Waktu SPMS gue dapet perusahaan sekuritas yang kurang ok menurut gue.. Namanya pun juga kurang terdengar.


SPMS
Di kelas SPMS yang gue ikutin, dari awal dateng aja udah kurang enak. Petugas yang standby kurang ramah dan helpful menurut gue. Ketika ada peserta nanya juga jawabannya kurang ramah menurut gue. Beda banget sama IndoPremier yang sedari awal peserta dateng mereka bener-bener ramah datengin peserta satu-satu untuk bantu ngisi formulir dan ngecek kelengkapan berkas.

Secara materi dan delivery-nya juga beda banget. Sesi diawali sama orang BEI, kemudian orang DSN MUI, dan terakhir oleh perusahaan sekuritasnya. Semua nggak se-pro SPM IndoPremier yang gue ikuti. Orang BEI-nya ngejelasin super lompat-lompat, ngga sistematis, dan bahasa yang digunakan kurang awam. Ini bikin peserta jadi banyak banget nanya karena materi ngga disampaikan dengan sistematis dan jelas. Jadi pembicara nyampein materinya lebih reaktif aja berdasarkan pertanyaan peserta. Dia juga ga bisa ngebatesin pertanyaan peserta sehingga waktunya keburu habis sebelum semua materi bener-bener disampein. Untung materinya kurang lebih sama dengan yang Mas Fadly jelasin jadi gue udah tau penjelasan selanjutnya (Malah lengkapan Mas Fadly sebenernya).

Peserta SPMS ini juga orangnya lebih beragam secara usia, background, dan level pengetahuan. Tapi kebanyakan dari yang 0 banget bener-bener buta pasar modal, jadi pertanyaannya bener-bener basic.  0 pengetahuan + unstructured explanation = tanya-jawab ngalor-ngidul buang waktu. Jujur gue super bosen ampe pengen pulang. Kalo pas SPM IndoPremier, peserta yang dateng udah bawa bekal pengetahuan jadi ga 0 banget. Pertanyaan yang diajukan juga sedikit lebih advance.

Ngga cuma orang BEI yang kurang pro menurut gue, pembicara dari perusahaan sekuritasnya pun jauh dari kata pro. Keliatan masih junior. Kayaknya sih orangnya pinter, tapi ga bisa nyampein materi dengan baik. Kalo ditanya sih dia bisa jawab dengan cukup baik, keliatan cukup menguasai, tapi untuk nyampein materi seminar dia keliatan banget awkward untuk ngomong di depan. Gerak-gerik tubuhnya, tangan dan kaki ga bisa diem. Materi yang dibawain juga bener-bener kulitnya doang. Jauh banget sama IndoPremier. Dia alesannya emang mau nyampein kulit-kulitnya doang, kalo mau dapet penjelasan lebih detil dateng aja ke training rutin di kantornya. Dalam hati gue sih males banget dateng ke kantornya, orang ini aja ngga jelas.

Aplikasi yang digunakan pun juga belum secanggih itu. Berdasarkan overall experience gue ikut SPMS itu, gue sih langsung mikir ga bakal mau trading/investasi lewat perusahaan itu. Gue udah berniat dalam hati buat langsung withdraw uang 100 ribunya begitu akunnya jadi. Tapi niat itu gue urungkan karena ternyata mereka sering kasih update market lewat email dan Whatsapp group yang berguna banget menurut gue. Mereka rajin ngirimin info perusahaan yang mau IPO dan bagi dividen, meanwhile 2 perusahaan sekuritas lain yang gue pake engga sesering itu untuk infoin. Jadi gue pikir tetep punya account disitu cuma buat dapet info-info aja.


IPOT Training
Training ini diselenggarakan IndoPremier khusus untuk nasabah-nasabahnya. Sebenernya mereka ngadain kelas rutin di kantornya dengan topik beda-beda (dan gratis), cuma gue belom pernah ikut. Pas mereka ngadain di BEI, gue langsung daftar hehe. Selain deket rumah, di otak gue juga banyak pertanyaan yang harus dijawab setelah ngerasain praktik langsung.

Gue ikut kelas yang Intermediate, ngebahas analisis teknikal dan fundamental tapi lebih dominan teknikal. Wah informatif banget sih kelasnya menurut gue. Walaupun judulnya Intermediate, tapi pembicaranya ga sungkan untuk bahas dari hal-hal basic kalo ada yang nanya atau ga ngerti. Jadi selain nambah ilmu baru, nge-refresh dan memperkuat pemahaman yang udah gue dapet sebelumnya juga. Penjelasannya dia juga luas ga terbatas analisis teknikal dan fundamental tapi juga bahas makro ekonomi, kondisi perekonomian nasional dan global saat ini.

Dari cara ngebawainnya juga keliatan kalo orangnya ini emang ahli di bidangnya. Dia emang trainer kelas teknikal sih jadi wajar kalo cara deliver training-nya smooth. 2x ikut event IndoPremier, sejauh ini belum pernah dikecewain (selain sama ngaretnya hehe). Selalu berhasil ngejawab pertanyaan-pertanyaan di otak gue.


RF Investment Day
Acara ini diselenggarakan oleh timnya Ryan Filbert (RF), salah seorang praktisi dan inspirator investasi terkemuka di Indonesia. Mereka kerjasama sama Phillip Sekuritas. Kebetulan acara ini diadain di BEI lagi hehe. Dengan bayar 300 ribu, kita udah bisa ikut seminar dari beberapa pembicara dan ikut kelas. Tenang aja, uang ini akan dibalikin ke kita lewat RDI yang dibuat melalui Phillip.

Di seminar ada 3 pembicara; 1 orang perwakilan BEI, Pak Wan Al, dan Ryan Filbert sendiri. Meskipun katanya event ini ditujukan untuk mereka yang bener-bener 100% pemula, ternyata materinya ngga se-basic itu. Untuk pemula bener-bener deh mending ikut SPM dulu. Kalo materi yang dibawain Pak Wan Al dan RF kali ini menurut gue butuh pemikiran lebih.

Pak Wan Al ngebahas tentang basic Bandarmology. Gue baru pertama kali sih belajar materi ini, karena selama ini cuma sering denger istilah bandar dan apa yang bandar lakukan. Gue kira oh ya Bandarmology tuh udah gitu aja. Tapi di seminar ini dikasih perspektif lain bahwa ngga selamanya bandar itu "jahat". Dijelasin bandar itu ada siapa aja, ciri-ciri mereka, apa yang mereka lakuin dan kenapanya. Yang dijelasin sih kulit-kulitnya aja karena untuk materi lebih dalemnya bisa didapetin di online course-nya RF. Menurut gue pribadi topik ini dibawain somewhat sebagai media promosi materi online course-nya RF yang akan rilis sebentar lagi.

Kalo RF sendiri ngebahas tentang Gambling. Perilaku seperti apa yang dikatakan gambling dan yang tidak. Prolognya cukup panjang ngebahas konsep probabilitas di kasino, sedangkan insight tentang stock market-nya sendiri ngga terlalu banyak. Jadi untuk orang yang ngga begitu ngerti stock market, ngga begitu ngerti konsep permainan di kasino, kayaknya akan susah ngehubunginnya. Dari cara penyampaiannya, RF berusaha deliver insight besar yang dia dapet. Tapi dari sudut pandang audiens, insight yang kami dapet ngga sebesar itu. Mungkin karena kami belum se-expert beliau, jadi kami lebih butuh ilmu yang praktis aja ngga yang terlalu filosofis.

Setelah kelas seminar, kita bisa pilih untuk ikut kelas teknikal atau fundamental. Kali itu gue pilih kelas teknikal yang dibawain oleh Pak Budi Hartono. Beda dengan RF, Pak Budi ini membawakannya dengan lebih kalem. Pak Budi ngejelasin konsep dan teknik dari analisis teknikal.

Setelah itu baru kemudian RF me-review dan menambahkan beberapa hal. Dengan gaya bahasanya, menurut gue penjelasan RF kali ini jelas banget. Keliatan banget dia mahir ngejelasin teknikal. Beda dengan pas seminar yang ngebahas konseptual, kali ini jauh lebih clear. Sebagian besar penjelasannya dia pernah gue baca di salah satu bukunya, tapi banyak juga ilmu baru yang gue dapet.

Secara teknis pelaksanaan, menurut gue acara ini masih banyak room for improvement. Banyak yang bingungin mulai dari prosedur pendaftaran. Walaupun udah daftar, di awal-awal ga ada notif kalo kita bener-bener udah terdaftar atau masih harus regis. Terus dikirimin newsletter tentang update event itu dengan kata-kata yang seolah kita tuh belom dafar. Jadi bingung sebenernya gue udah terdaftar apa belom. Beda sama SPM yang langsung dapet email konfirmasi dan bukti registrasi. Terus ga ada email reminder juga beberapa hari sebelumnya. Email baru gue terima jam 1 pagi dan baru gue baca sorenya abis acara -_-

Terus di hari H ternyata di BEI lagi ada Capital Market Internship Program juga. Disana ga ada petunjuk RF Investment Day itu kemana, adanya petunjuk acara CMIP itu. Agak nyasar dikit gue. Ternyata kedua acara ini disatuin.

Pas registrasi gue udah bawa form tapi belum bawa materai. Ternyata pihak Phillip nyediain materai tapi bayar. Kalo di 3 event sebelumnya gue dikasih materai gratis setiap buka akun. Ya gapapa juga sih kalo bayar, just comparing to my previous experience aja. Bukan sesuatu hal yang besar.

Terus abis seminar kan dibagi kelas. Kita bisa pilih satu di antara kelas teknikal dan kelas fundamental. Ini juga ga ada petunjuknya kelasnya di ruangan mana. Orang-orang pun jadi pada bingung karena sama sekali ga ada penunjuk dan petugas yang standby di sekitar situ.

Terus sebelum kelas kan ada break antara seminar dan kelas, di semua event yang gue ikuti terutama kelas seharian gini kita dikasih makan siang dan snack. Pas training SPOT dan IPOT yang cuma beberapa jam aja dikasih snack. Kali ini ga dikasih snack ataupun minum samsek! Tau sih lagi bulan puasa, tapi kan ga semua orang puasa. Gue yang lagi ga puasa agak ribet cari makanan disana. Gue pikir di registrasi bakal ditanya kita puasa apa engga, atau dikasih minimal snack, ternyata engga sama sekali. Padahal biaya registrasinya lebih mahal daripada SPM gitu. Again, kualitas suatu event tergantung penyelenggaranya juga sih.

***

Semua event ini gue ikuti dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan. Jadi hampir tiap 2 minggu sekali gue ke BEI karena semua event-nya disana kecuali SPOT Training haha. Setiap kali training ada aja ilmu baru yang didapet. Untuk sekarang gue udahan dulu ikut event-nya. At least udah dapet knowledge dan udah berani bertransaksi. Ke depannya mungkin akan ikut lagi buat refresh dan dapetin ilmu yang lebih advance.

You Might Also Like

0 comments