caredu

SIMAK UI Pascasarjana

April 24, 2018

25 Maret 2018

Hari ini gue ikut seleksi ujian masuk (SIMAK) UI untuk Program Pascasarjana. Ini pertama kalinya gue tes masuk PTN karena ketika S-1 Alhamdulillah bisa masuk lewat jalur tanpa tes. Waktu itu namanya masih SNMPTN Undangan.

Sejujurnya sama sekali ngga deg-degan mau tes ini, karena ngerasanya nothing to lose. Paling tanya-tanya sedikit sama temen yang udah pernah ikut SIMAK Pascasarjana. Kata temen, SIMAK ini terdiri dari TPA (Verbal, Numerik, dan Logika) dan Bahasa Inggris. Ketika gue tanya apakah lebih susah dari TPA pada umumnya, mereka bilang "Engga kok sama aja kayak TPA biasa." Baik. Di bayangan gue isinya ada kemampuan verbal, numerik, spasial, figural, dan logika.

Numeriknya sih katanya kayak matematika dasar tapi lebih gampang. Ditambah mereka bilang ga perlu belajar (Ya emang TPA ga perlu belajar sih sebenernya). Gue pun nyantai karena dari jaman sekolah emang seneng ngerjain soal-soal macem TPA. Gue pikir cincay lah paling gitu-gitu aja. Ditambah omongan temen-temen yang bilang "Gampang kook. Dyani pasti bisa." seolah nunjukkin kalo tesnya itu emang ngga susah.

Bahasa Inggrisnya gimana? Kata temen sih mirip-mirip TOEFL. Oke. Kebetulan emang lagi belajar mandiri buat TOEFL jadi gue pikir bisa laah.

Dengan ketidakcemasan dan kesantaian, gue hanya belajar Bahasa Inggrisnya dan malam sebelum hari H coba ngerjain soal TPA IPA SBMPTN adek gue. Entah karena judulnya IPA, kok soal-soalnya susah ya terutama matematikanya?! Alhasil ku hanya ngerjain beberapa soal lalu tidur karena pusing.

***

Hari H tes gue berangkat abis subuh. Kok pagi banget? Iya soalnya mulai jam 7 pagi cyin. Hari itu ternyata UI padat kendaraan karena ada SIMAK. Untung gue naik kereta dan ngojek jadi sampai tepat waktu meskipun dibumbui drama-drama ojol ga penting.

Ga tau kenapa, gue seneng liat kepadatan kendaraan orang yang mau SIMAK. Terus liat orang-orang berjalan mencari ruangan, dianterin keluarga dan kerabat, belajar-belajar depan ruangan.. Aneh ya gue? Haha ga tau seneng aja sama suasananya.

Gue ga tau sih kalo tes masuk S-1 itu suasananya kayak gimana, tapi kalo bandingin dengan ujian/tes jaman sekolah, kali ini suasananya beda. Orang-orang yang tes ngga seumuran. Dari mulai yang masih muda sampe yang udah berumur ada. Bahkan amazing-nya ada beberapa yang masih dianter orangtuanya. Terus orang-orangnya ada yang belajar ada yang santai main hp. Kalo gue? Memilih untuk ga belajar lagi karena semakin banyak baca semakin merasa ga tau apa-apa lalu panik dan insecure :")

Ketika sudah di dalam ruangan dan mulai dibacain tata tertib dan instruksi, rasanya tetep tenang malah dejavu karena dulu pernah dapet kesempatan ngawas SIMAK Pascasarjana. Tes pertama dimulai dengan TPA. Ternyata TPA ini menggunakan sistem minus, dimana benar nilainya +4, salah -1, dan kosong 0. O ow. Sudah lama saya tidak berstrategi seperti ini.

Ternyata soalnya susah cuy! Soal verbalnya banyak istilah yang gue ga tau artinya, kayak "Atma", "Teruna", "Arketipe", apa coba?! LOL kok marah. Kalo kata "Arketipe" gue pernah belajar pas kuliah tapi ga yakin maksudnya sama dengan arti Bahasa Indonesianya. Jadi soal verbal itu mencari hubungan antarkata kayak "Panas : Dingin = Basah : .... " Jadi kadang kalo nemu soal kayak gitu bukan ga nemu hubungannya tapi ga tau artinya.

Waktu bagian verbal abis lanjut ke numerik. Soal numeriknya gimana? Su-sah. Haha. Bukan susah sih sebenernya tapi rumit. Bukan tipe soal yang sekali jalan langsung dapet hasilnya, tapi ada beberapa tahapan ngerjain. Gue berharap ada shortcut buat ngerjain tapi sayangnya tidak. Soalnya tidak sesederhana 2, 4, 8, 16, .... Beberapa bahkan perlu tau rumus matematika kayak pitagoras, akar-akar, xy. 

Sejujurnya gue agak nyesel sih ngga belajar sebelumnya. At least review soal-soal yang biasa keluar untuk TPA PTN. Karena menurut gue TPA-nya agak bisa dipelajari, at least supaya familiar sama jenis soal dan istilah yang keluar. Apalagi kemarin pas baca buku SBMPTN adek gue, di bagian verbalnya ada list istilah apa aja yang biasa keluar di tes verbal. Huf ya sudahlah. Penyeselan selalu datang belakangan, kalo di depan namanya sadar.

Lalu soal logikanya gimana? Nah ini bagian yang paling bisa dikerjain meskipun ada beberapa yang kok kayaknya ini bener itu juga bener? Haha. Tapi lumayanlah, bagian ini meningkatkan self-confidence-ku kembali :") Di tes logika ini, kalimatnya agak lebih panjang dan kompleks. Premis-premisnya ada 2-3 untuk setiap soal. Contohnya:

Kalau stok beras di gudang kurang dari 10 ton, maka Pak Toni merasa jatuh miskin
Kalau Pak Toni merasa jatuh miskin, ia tidak membeli barang apapun
Pak Toni membeli mobil

Gue bingung jawabannya antara "Pak Toni tidak jatuh miskin" atau "Stok beras di gudang lebih dari 10 ton". Karena di kata-kata Pak Toni tidak jatuh miskin, ngga ada kata merasa.

Waktu sudah habis dan ketika gue liat lembar jawaban gue.. Ha-ha. Gue merasa bodoh. Banyak BANGET bolongnya. Soalnya gue berprinsip kalo pake sistem minus gitu, jawab yang gue yakin aja. Mending isi dikit tapi bener daripada banyak tapi salah. Tapi ngeliat bolong sebanyak itu tuh rasanya..... Jujur merasa bodoh sih karena ngerasa bisa ngerjain dengan jauh lebih baik. Ya sudah lah yaa...

Setelah break 45 menit, gue kembali ke ruangan yang super dingin untuk lanjut tes Bahasa Inggris. Ruangannya dingin banget dan gue duduk pas kena angin AC! Gue liat orang depan minta matiin AC depan. Gue pun minta matiin yang bagian gue, eh terus di belakang ada peserta bapak-bapak minta jangan dimatiin tapi dimatiin aja swing mode-nya. Berhubung pengawasnya rada gaptek, dia ga ngerti caranya akhirnya AC yang udah dimatiin itu malah dia nyalain lagi dengan suhu yang sama plus swing-nya. Dingin lah tangan dan kaki gue. Lalu gue sebel sama bapak-bapak tadi, coba sini pak tukeran tempat. Huf. Pengen gue debat rasanya tu pengawas biar dia matiin atau naikin suhunya. Tapi tahan.. tahan.. ga boleh ngeluarin negativity di saat mau tes gitu. Yang ada ngerugiin diri sendiri. Gue masih beruntung bisa pake sweater. Peserta lain yang pake jaket diminta lepas jaket. Jujur kasihan sih karena kedinginan itu sedikit banyak akan ngaruh ke performa. Saran gue kalo kalian dapet tempat yang dingin banget, proaktif aja sedari awal buat minta naikin suhu.

Lanjut ke tes Bahasa Inggris. Ternyata bener tes English-nya mirip TOEFL dimana ada structure & written expression, serta reading. Bedanya, lebih kompleks aja terutama di bacaannya. Udah topiknya agak berat (Mostly tentang sains), bacaannya panjang, pertanyaan dan pilihan jawabannya pun juga susah. Jawabannya mostly ngga secara eksplisit tertulis disitu, tapi kayak di-parafrase-in. 

Kalo biasanya di tes Bahasa Inggris gue lumayan bisa cepet nemu jawabannya tanpa harus baca full passage dan skimming aja cukup, di tes kali ini gue perlu baca satu kalimat atau satu paragraf literally berkali-kali bolak-balik buat nemu jawabannya. Yha ada faktor kurang fokus juga sih gue. Tapi beneran bacaannya susah!! Untungnya kali ini ngga pake sistem minus. Jadi di 1 menit terakhir gue isi aja buru-buru tanpa ngeliat soalnya lagi.

Kali ini kelar ngga madesu-madesu amat. Lumayan lah. Meskipun tetep ada perasaan "I could've done better". Hasilnya kita serahkan saja ke Tuhan YME lah yaa....

Jadi kalo ditanya SIMAK UI itu gimana? Jawaban gue akan, SUSAH!! Gue ketemu temen yang abis selesai SIMAK juga, dia juga bilang susah. Mana yang bilang gampang cincay ga perlu belajar?? Kalo gampang mah semua orang masuk UI. Yaa ga tau sih kalo emang tipe soalnya beda sama tahun-tahun sebelumnya. Ku salut sama temen-temen yang bisa masuk UI lewat jalur tes. Apalagi kalo S-1 yang pasti jaaaaauh lebih ketat saingannya dan pelajarannya juga susah-susah. You should be proud of yourself fellas.

Btw gue nulis ini bukan untuk nakut-nakutin temen-temen yang mau SIMAK loh. Pure pengen cerita pengalaman pribadi aja (Ya karena ini blog saya) dan supaya yang baca bisa lebih well-prepared dibanding diriku yang kurang prepare ini. Yang penting usaha dulu aja, hasilnya biar Tuhan yang menentukan.

You Might Also Like

4 comments