life

Jogja Trip

April 15, 2018

6 bulan berlalu sejak Jogja Trip bareng temen-temen Color Guard. Sampe sekarang masih sukaa banget liatin foto-fotonya dan jujur ngga nge-post di Instagram karena bingung milihnya. Bagus-bagus dan sesuka itu sama semuanya :") Facebook udah paling bener lah buat upload ratusan foto wkwk.

Gue udah lama ngidam ke Jogja dan bareng temen-temen. Sebelumnya gue udah pernah 2x ke Jogja bareng keluarga dan sekolah, tapi beberapa tahun terakhir banyak banget objek baru di Jogja yang menarik-menarik. Setelah ngidam sekian lama, gue ajak lah anak-anak di grup.

Alhamdulillah responnya cukup positifff. Nggak sedikit yang bilang mau ikutan. Sumpah seneng dan excited banget. Anak-anaknya lumayan responsif buat nentuin itinerary, beli tiket, pesen penginapan, dan persiapan lainnya. Meskipun ngga semua tempat yang gue mau bisa dikunjungin, tapi lumayan lah ada beberapa yang bisa dikunjungin. Dan yang terpenting, bukan kemana tujuannya tapi dengan siapa kita pergi :)

Kami berangkat naik kereta Ekonomi AC. Sengaja pilih kereta supaya berasa "jalan-jalan barengnya". Perjalanan menempuh waktu kurang lebih 9 jam sekali jalan. Mulai dari excited banget, ngobrol, main game, tidur, sampe bangun, sampe bosen kagak nyampe-nyampe haha.




Di Jogja kami nginep di penginapan murah gitu, bukan di hotel. Terus kami sewa mobil supaya bisa bebas jalan-jalan. Beberapa kali naik taksi online juga. Banyak kok taksi online disini. Lalu kemana aja kami?

Ulen Sentalu
Ini museum BAGUS BANGET! Museum favorit. Desain arsitektur dan interiornya juara. Sayang ngga boleh foto-foto di dalem, padahal banyak banget spot yang instagrammable. Sengaja kali ya supaya orang ga terlalu lama di dalem soalnya banyak yang mau masuk dan masuknya per kloter gitu. Tempat ini cocok didatengin siang-siang karena dalemnya pake AC.







Candi Ratu Boko
Candi Borobudur dan Prambanan udah biasa banget. Nah kali ini kita coba ke Candi Ratu Boko, salah satu tempat syuting AADC2. Kita kesini sore-sore jadi ngga panas. Kebetulan saat itu lagi ada festival tari jadi rame banget.


  




Bukan pacar.

Alun-alun
Naah kalo kesini enak malem-malem. Karena rame banyak ini itu. Mulai dari mainan, komunitas, sampai jajanan lesehan pinggir jalan.


 
Pertama kali nyobain egrang. Susah banget sumpah

Kebun Buah Mangunan
Kami berangkat ke KBM dini hari sebelum subuh. Kenapa? Karena mo ngejar sunrise. Alhasil cuma tidur sejam 2 jam, masih ngantuk, males make-up, berangkat lah kami. Unfortunately, sampai sana mendung jadi sunrise-nya ketutup awan :( Jadi kita ngga lama-lama disana, dan ngga ke kebun buahnya haha. 


 


Sempet sarapan di salah satu warung. Disini gue nyobain Wedang Uwuh! Sok ide banget nyobain minuman ini. Pas tegukan-tegukan awal rasanya nyesel banget mesen ini. Minuman yang aneh banget rasanya tapi lama-lama kok enak yha?!



Hutan Pinus
Ternyata di Jogja ada beberapa hutan pinus. Kita datengin yang terdekat dari KBM aja. Mirip-mirip kok dalemnya. Foto disini mesti pinter-pinter cari spot karena rame.

 




Ngeteh disini enak nih

Upside Down World
Ini jadi salah satu tempat ngadem di tengah panasnya cuaca saat Equinox. Hari itu Jogja PANAS BANGET BANGET sampe AC mobil ga berasa. Ternyata hari itu lagi ada Equinox dimana suhu emang lagi panas ngga normal. Kami pun ga mau banget pergi ke tempat outdoor. Akhirnya, Taman Sari kita coret dan googling cari penggantinya. Dipilih lah Upside Down World ini. Gue kesini bersama orang-orang yang tepat. Orang-orang yang ekspresif, mau bergaya aneh-aneh untuk foto, ga jaim, dan banci foto. Haha. Karena menurut gue foto di tempat semacam ini atau trick art gitu ga cocok foto jaim senyum manis.







Raminten Cabaret Show
Gue dikasih tau kabaret ini oleh nyokap. Katanya lucu, ada bencong nari-nari dan nyanyi-nyanyi gitu. Gue pikir ini bakal kayak atraksi biasa aja. Ternyata kabaret ini beyond expectation. BAGUS BANGET GUYS. Seenggaknya buat gue dan temen-temen yang emang kita seneng (dan pelakon) performing arts. Disini gue bukan melihat mereka sebagai waria yang nari-nari atau nyanyi-nyanyi doang, gue melihat mereka sebagai orang-orang yang totalitas, profesional, dan niat banget banget. Energinya, aktingnya, ekspresinya, kostumnya, special effect-nya. They put extra effort in every little details.

Ceritanya disini mereka lipsync menjadi artis-artis papan atas. Sebut aja Beyonce, Agnes Monica, Rihanna, Anggun, Jessie J, sampai penyanyi dangdut dan tari tradisional. Dari lokal sampai internasional. Dari lagu legendaris sampai lagu kekinian. Dandanannya mirip banget, cara nyanyinya mirip banget, gerak-geriknya mirip ba-nget. Mereka bener-bener memperhatikan gerak-gerik, aksi panggung, sampai gimmick-gimmick artis yang mereka perankan. Gue se-amazed itu sama mereka. Dan ternyata artis yang ditampilkan itu bisa beda-beda di setiap pertunjukannya.

Sayangnya gue dateng super mepet acara mau mulai jadi dapet tempat duduknya ga strategis. Disini free seating jadi dulu-duluan. Penontonnya macem-macem dan dari berbagai usia. Lagi-lagi gue dateng bersama orang-orang yang tepat banget. Orang-orang yang mengerti dan menghargai performing arts, orang-orang yang tau lagu jadul sampai lagu kekinian, orang-orang yang juga demen ngeparodiin segala macem. Jadi buat ngomentarin dan buat muji-muji, kita sefrekuensi haha. Bahkaan kita heboh sendiri teriak-teriak sendiri, ngakak-ngakak, di saat sebagian besar penonton diem aja. Ada juga beberapa penonton yang ngga tau lagu yang dibawain karena "bukan jamannya". Kalo bukan sama mereka yang se-minat dan sefrekuensi, mungkin gue juga akan diem aja kayak penonton lain.

Habis nonton, kita foto-foto sama beberapa pemerannya. Ke-amazed-an kita ngga berhenti sampai situ. Kita googling tentang kabaret ini, bahkan kabaret ini pernah masuk artikel Vogue. Kita juga nemu Instagram salah satu pemainnya yang ternyata adalah mahasiswa S2 kesenian. Wah, ternyata pemainnya memang bener-bener pelaku seni, bukan sekedar waria asal-asalan yang modal joget doang. Ngga heran kalo pertunjukannya sebagus itu.


Postur dan cara berdirinya mirip banget sama Anggun
Ada Jay-Z nya juga dan super kewl!
Ada yang bisa tebak ini ceritanya siapa?
Mbak Rihanna. Abaikan muka berminyak keringetan saya
MIRIP MBAK ANGGUN BANGET KAN?
Gue ngga tau apakah kabaret ini kontroversial apa engga. But all I can say is it is totally worth every penny.


Malioboro
Kesini cuma buat jalan ke Raminten Cabaret dan beli bakpia. Sebenernya males banget kesini apalagi buat makan. Terpaksa makan di daerah sini karena udah kelaperan. Hati-hati ya guys makan di warung makan daerah sini karena harganya bisa harga tembak. Lebih baik tanya dulu, jangan sampe kayak gue yang menghabiskan 50 ribu buat segelas teh manis dan sepiring burung dara yang keras banget dan ga enak. Jujur gue ampe ngomel sendiri dan sekesel itu saking ga worth it-nya makan disini.



Gudeg Yu Djum
Belom afdol kalo ke Jogja ga makan gudeg. Begitu sampe di Jogja, keluar stasiun kami langsung makan di gudeg yang terkenal ini. Enak banget sih asli. Dan walaupun udah terkenal, harganya disini masih wajar.




The Waroeng of Raminten
Tadinya kami mau ke House of Raminten, tapi karena katanya rame, kita ke Warung Raminten yang kebetulan lebih deket juga jaraknya. Ini masih satu kepemilikan dengan House of Raminten, jadi kita pikir gapapalah makan disini. Tempatnya cozy bangeet semi outdoor gitu. Kita pilih tempat duduk lesehan yang tingkat kemiringan kursinya pas banget buat tiduran. Bingung ya? Lesehan tapi pake kursi dan tiduran. Haha. Jadi kita duduk basically lesehan, tapi di atas kursi tanpa kaki, dan senderannya itu miring sekitar 45 derajat jadi perfect banget buat senderan setengah tiduran gitu. Disini harganya tergolong murah dan rasanya oke. Minumannya unik-unik dan enak-enak sih.




Jejamuran
Ini salah satu tempat makan yang direkomendasiin orang-orang. Sesuai namanya, restoran ini menjual segala macem jenis jamur! Jamurnya diolah sedemikian rupa, ada yang dikasih bumbu rendang, di-sate, digoreng, dan SEMUANYA ENAK! Bingung gue. Juara sih, kita bisa berasa makan lengkap 4 sehat 5 sempurna padahal ga pake daging-dagingan.



Tempo Gelato
Kalo ini kayaknya tempat makan es krim yang wajib dikunjungin kalo ke Jogja ya. Dalemnya emang rame banget sih. Enak tapi menurut gue rasanya ga segitunya sih. Jujur kesini cuma pengen tau seenak apa sih gelato paling terkenal seantero Jogja ini.





Itulah tempat-tempat yang gue kunjungi selama di Jogja kemarin. Emang ga terlalu banyak sih. Kita sengaja bikin yang ga terlalu padet supaya bisa santai dan ga in a rush. Seenggaknya udah bisa memenuhi ngidam gue ke Jogja :3

Disini juga gue dapet kenalan baru, yaitu orang Jepang temennya Kirana yang lagi student exchange di Indonesia. Dia kesini untuk belajar Bahasa Indonesia. Anaknya baik banget dan menyenangkan. 


Ini pertama kalinya gue pergi liburan jauh sama temen-temen. Bener-bener memorable banget sampe saat ini. Go for another trip? Definitely yes!!

You Might Also Like

0 comments