wellness

Perawatan Gigi di OMDC

April 06, 2018

Dari pertama liat liputan klinik OMDC di TV, gue langsung penasaran sama klinik gigi ini. Klinik gigi ini didominasi warna putih dan magenta mulai dari desain interior, peralatan dokter, sampai stationaries-nya. Bahkaan ngga cuma seragam petugasnya aja yang ikutan magenta, heels dan lipstick-nya pun juga warna magenta! Selain lucu, klinik ini terlihatnya fun.

OMDC adalah kepanjangan dari Oktri Manessa Dental Clinic. Sesuai namanya, OMDC ini didirikan oleh drg. Oktri Manessa. Bukan sekedar klinik komersil, klinik ini mengandung misi sosial dimana mereka ingin menyediakan layanan perawatan gigi berkualitas dengan harga terjangkau.
  
Sebenernya gue ga tau standar biaya perawatan gigi itu berapa, karena sejak kecil gue selalu ke dokter gigi yang sama dan kebetulan orangtua yang bayar. Terakhir ke dokter gigi pun udah lamaaa banget sebelum gue punya penghasilan sendiri. Jadi gue ga bisa bilang OMDC ini murah, mahal, atau standard. Cuma kata orang-orang sih OMDC ini termasuk murah.

Berhubung asuransi kantor mau habis masa berlakunya, gue pun memanfaatkan benefit dentalnya dengan dateng ke OMDC Mampang. Sebelum dateng gue cari infonya dulu mengenai jenis perawatan dan tarif, serta melakukan online booking via LINE.

Cari info dan proses online booking-nya ternyata mudah banget. Kalian bisa cek instagram dan website-nya OMDC (Gaul ya klinik punya socmed sendiri). Yang gue suka adalah mereka langsung ngasih tau biayanya di socmed. Biasanya klinik apapun itu agak jarang langsung nampilin daftar biayanya. 

Waktu itu gue dateng di hari Jumat sore pas tanggal merah. Kliniknya lumayan rame sih. Di lantai 1, begitu masuk langsung ditanya sama petugasnya udah booking atau belom. Setelah itu gue disuruh naik ke lantai 2. Kalo lantai 1 isinya kasir, ruang tunggu pembayaran, dan mini cafe! Iya mereka punya kafe kecil sendiri gitu. Dan pastinya kafe ini juga gemes.







Mini Cafe

Sesampainya di lantai 2, di depan tangga langsung disambut petugas yang ada di meja pendaftaran. Karena gue pasien baru, jadi diminta isi data diri dulu dan dikasih Patient Kit. Gemes banget dikasih Patient Kit yang lucu dan informatif.




Setelah registrasi, gue sempet antre walaupun udah booking sebelumnya. Antrenya juga lumayan lama lebih dari 15 menit. Agak bingungnya orang-orang yang dateng setelah gue ada yang dipanggil duluan. Kayaknya sih tergantung kita mau perawatan apa dan ditangani dokter siapa deh.

Ruang tunggunya lengkap banget. Ada TV yang menggunakan TV kabel, air minum, teh, gula, minuman rasa-rasa berbayar, dan colokan! Colokannya banyak serius deh. Jarang tempat umum yang mau nyediain colokan banyak.



Sambil nunggu juga gue sambil liat-liat dekorasi dan fasilitasnya. Di lantai 2 ini ada banyak ruang perawatannya, dengan desain interior yang beda-beda. Kemudian dindingnya dipenuhi dengan hiasan-hiasan informatif dan juga spot foto. Kalo kita foto di spot fotonya, kita bisa dapet diskon 10 ribu untuk biaya registrasi. Di spot foto juga disediain properti dan aksesoris.





Tibalah waktunya gue masuk ke ruangan. Kali itu gue ambil perawatan scaling (Pembersihan karang gigi) dan mau tambal gigi yang bolong. Seumur-umur gue ga pernah scaling. Tau tentang scaling juga dari temen. Gue mikir gigi gue kan ga item yaa ga ada karang gigi, jadi ga perlu scaling kayaknya?

Ternyata gue salah. Jadi sebelum perawatan, dokternya ngasih liat kondisi gigi kita menggunakan kamera yang connect ke TV gitu. Wow gue baru tau teknologi begini. Disitu keliatan karang gigi dan "calon lubang" yang harus segera dibersihkan supaya ngga jadi lubang. Dan ternyata di gigi gue ada beberapa bagian yang harus dibersihkan. Disitu gue langsung sadar pentingnya sikat gigi 2x sehari dan periksa gigi 6 bulan sekali haha.

Sambil ngeliat TV-nya, dokternya ngejelasin kondisi gigi kita dan tindakan apa aja yang harus dilakukan. Setelah selesai ngejelasin, TV tadi dikembaliin masang channel TV kabel. TV disediain pas di depan kita supaya bisa sambil nonton juga pasiennya. Wah canggih banget gue pikir. Gue ga tau sih standar di dokter lain gimana, tapi di dokter gue dulu ngga begini haha jadi gue rada-rada norak sama teknologi dan fasilitas yang ada disana.




Perawatan pun dimulai. Pertamanya scaling dulu buat bersihin gigi. Rasanya? Ngilu-ngilu ashoy guys! Haha gue baru paham kenapa di film orang-orang ceritanya takut ke dokter gigi. Selama ini gue ga pernah takut ke dokter gigi karena saat perawatan ga pernah ngerasa sakit. Ya cuma cabut gigi sama tambal sih pernahnya. Kalopun sakit udah lupa juga rasa sakitnya kayak gimana karena udah bertahun-tahun banget ga pernah ke dokter gigi.

Ternyata scaling ini ngilu-ngilu gitu dan banyak kena gusi juga cekit-cekit gitu. Tapi ngilunya masih bisa ditahan sih. Gue langsung ngebayangin perawatan lain yang lebih sakit sampe bisa bikin orang teriak-teriak.

Ternyata bener, pas kumur-kumur darahnya banyak banget karena banyak kena gusi. Dokternya bilang ada peradangan di gusi. Itu yang menyebabkan kalo gue gosok gigi suka berdarah walaupun udah pake sikat gigi yang lembut. Kata dokternya, dengan dibersihin ini harapannya bisa ngurangin pendarahan waktu sikat gigi.

Selesai scaling, lanjut tambal gigi bolong sebelah kanan. Di awal dokternya ngejelasin dulu tindakan apa yang akan diambil. Gue sih iya-iya aja karena ga ngerti haha. Pake asuransi kantor ini, yang penting ngga excess.

Selama ditambal ini ga sakit sih. Ada rasa ngilu wajar, tapi dikit kok. Bahkan gue sempet ngantuk pengen tidur karena TV-nya masang acara semacem High School Musical haha. Berhubung kacamata dilepas kan gue ga bisa nonton ya, mau ga mau jadi dengerin lagunya aja dan jadi ngantuk. Tapi kalo gue tidur gue ga bisa nganga dong, jadinya gue paksa melek.

Selesai ditambal, dokternya ngasih liat gigi kita lagi lewat kamera tadi. Setelah itu baru dokternya nulis-nulis. Total perawatannya kurang lebih 1 jam. Setelah itu baru bayar di kasir lantai 1. Lucunya, selesai bayar di kasir kita dikasih Teh Botol. Seperti mau nunjukkin kalo makan manis itu engga apa-apa. Ini diperkuat dengan lukisan-lukisan cupcake, terus ada kafenya juga. Mungkin makan manis gapapa yang penting tetep jaga kebersihan gigi kali yaa..

Oh iya terakhir setelah bayar kita juga akan dikasih kartu pasien. Terus kita bisa milih desain kartunya mau yang mana. Ada banyak pilihan mulai dari yang standar sampai ada gambar orang. Gambar orangnya pun juga macem-macem ada cowok, cewek, cewek berhijab.



Berikut rincian biayanya:

  • Scaling kelas 3: 229.000,-
  • Indirect pulp capping: 169.000,- 
  • Penambalan laser (Composit besar): 349.000,-
  • Penambalan laser (Composit kecil): 299.000,-
  • Registrasi (Non-diskon): 35.000,-
Total: 1.081.000,-


Beberapa hari kemudian gue dateng lagi pagi-pagi untuk tambal gigi sebelah kiri. Ini sengaja dipending karena pas perawatan pertama pendarahannya lumayan banyak. Jadi dikasih jeda dulu. Janjian jam 10, gue udah sampe dari setengah 10 kurang. Ternyata kliniknya belom buka. Alhasil gue nunggu dulu di luar. Untungnya ada bangku sama payung gede gitu buat duduk-duduk di luar.



Sepertinya gue pasien pertama yang dateng. 15 menit kemudian klinik mulai dibuka tapi baru beroperasi jam 10. Nah saat itu ada beberapa pasien lain yang juga dateng, tapi ngga serame sebelumnya.

Gue ditangani oleh dokter yang sama, tapi di ruangan yang beda. Kali ini ruangannya lebih kecil dan kebetulan angin AC tepat mengenai kaki gue. Dengan sigap, pas gue duduk dokternya langsung nawarin untuk pake selimut supaya ngga dingin. Selimutnya gemes banget! Motif chevron warna putih magenta gituu. Tapi engga gue foto karena hpnya di tas. Selain selimut, mereka ada bantal juga. Astaga why so gemes.




Proses bongkar tambalan dan menambal baru memakan waktu kurang lebih 1 jam juga. Kali ini gue ngerasa mukanya jauh lebih pegel. Nganga terus dan pegel banget banget. But itsoke. Selesai perawatan gue langsung ke kasir bawah. Tapi kali ini ngga dikasih Teh Botol. Kayaknya buat first visit aja sih haha.

Berikut rincian biayanya:

  • Administrasi: 15.000,-
  • Bongkar tambalan: 119.000,-
  • Penambalan laser (Composit besar): 349.000,-
Total: 483.000,-


Overall gue suka banget perawatan di OMDC ini. Ngga cuma jualan lucunya aja, tapi servisnya juga oke banget. Petugasnya bener-bener ramah dan sigap ngelayanin. Dokter dan asistennya pun juga gerak cepet. Menurut gue OMDC ini ngejual customer experience banget dengan segala dekorasi, fasilitas, dan pelayanan mereka. Jadi ga sabar buat balik lagi kesini (Tapi ngga mau sakit).



OMDC Mampang
Jl. Buncit Raya no. 6
Jakarta Selatan
(021) 79196767

You Might Also Like

10 comments

  1. Ka itu jumlah gigi yg harus ditambal dokter yg nentuin ya? apa kita yg bilang gigi ini aja yg ditambal? thankyou kaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kalo waktu itu aku pas dateng emang udah tau gigi mana aja yang mau ditambal dan aku bilang ke dokternya. Tapi dokter pasti periksa lagi mana aja yg perlu ditambal dan nanti diinfoin ke kita

      Delete
    2. Mau nanya dong pas nambal laser composit besar itu kmrn di suntik dulu apa gimana? :)

      Delete
    3. Hai, aku nggak disuntik sama sekali deh seingetku

      Delete
  2. Kak mau nanya.. apa bisa kesana cuma tambal laser composit besar.. tanpa scaling atau inderect pulp.. apa itu emang rekomendasi dari dokternya??.. apa emang kakak dari boking mau nya seperti itu?.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kalo aku waktu itu emang minta untuk scaling, tambal ulang, dan tambal baru. Selebihnya kalo menurut dokter perlu ada tindakan lain, dokternya akan bilang dan nanya dulu kok ke kita sebelum ngelakuin tindakan :)

      Delete
  3. waktu itu sama dokter siapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ARVIDYANI ANINDITA17 February 2019 at 11:01

      Wah aku nggak inget namanya.. Sedapetnya aja waktu itu

      Delete
  4. Kak mau nanya juga dong, untuk penamabalan kamu cukup 1x sudah paten apa harus perawatan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku waktu itu sekali dateng aja langsung beres kook

      Delete