cafe

Kopi Nalar

April 01, 2018

Udah lamaaaa banget ga ngereview restoran. Kayaknya untuk review makanan dan restoran gue akan pindah ke Zomato aja. Tapi pas mau nulis di Zomato, kok rasanya lebih pengen nulis disini aja ya? Hehe labil. Zomato gue pun sekarang masih kosong isinya cuma buat liat review. 

Gue lagi berada di salah satu coffee shop kekinian, Kopi Nalar. Me and my brother already have had an eye on this coffee shop since a few months ago. Beberapa kali ngga jadi kesini karena mikirnya ini pasti tempat nongkrong banget yang isinya banyak ABG-ABG, rame, ribut, males deh. Sedangkan gue pengen produktif buka laptop.

Ternyata perkiraan gue ngga sepenuhnya benar. Pertama kali dateng kesini itu minggu lalu sore sekitar jam 3an. Kafenya rame banget, yang tersisa hanya shared table yang meja panjang gitu. Disini sistemnya kita cari tempat sendiri, ambil pesenan sendiri, self-service lah seperti kebanyakan kafe kekinian.

Tempat duduknya kebagi beberapa area; Outdoor, semi-outdoor, dan indoor. Outdoor dan semi-outdoor lebih ditujukan untuk yang merokok. Gue kedapetan tempat duduk di meja panjang yang menghadap keluar, menghadap area semi-outdoor yang dinding dan langit-langitnya terbuat dari kaca. Suka banget view-nya, apalagi bisa memandangi hujan turun. Rasanya pengen duduk dan bengong aja ngeliat keluar.



Meskipun orangnya rame banget, tapi gue ngerasa tetep bisa kondusif buat laptopan. Yang gue suka juga adalah disini wifi kenceng, loginnya ngga ribet, dan banyak colokan. Orang-orangnya juga sibuk masing-masing aja ngga ngurusin atau ngeliatin orang lain. Gue pun betah berlama-lama disitu karena view-nya bikin nyaman banget. Untuk yang di semi-outdoor nampaknya lebih nyaman. Disana disediain sofa dan bean bag, jadi banyak orang yang tidur-tiduran, ngobrol, atau sekedar main hp. Andaikan disana ga ada asep rokok gue mau deh disitu.

Satu-satunya yang bikin gue akhirnya pindah duduk ke dalem adalah karena pinggang mulai encok. Di meja panjang itu kursinya ngga ada senderannya, jadi pegel lama-lama. Gue pun pindah ke dalem, ke pojokan yang ada sofanya. 

Sekarang gue berada disini lagi, di hari Minggu jam makan siang. Kali ini ngga terlalu rame, bahkan sempet kosong. 

Ice Chocolate (40k)



Menurut gue Ice Chocolate ini pas. Cokelatnya pekat dan ngga terlalu manis, jadi bitter-sweet gitu. Sesuai ekspektasi banget buat gue yang pengen minum manis tapi ngga terlalu manis, pahit tapi bukan kopi.


Ice Hazelnut Latte (40k)



Ini masih coffee-based. Manisnya hazelnut berasa, tapi ngga menghilangkan rasa kopinya.


Granola Latte (40k)



Ketika denger nama menu ini, menurut gue menunya unik banget karena gue belum pernah nemuin minuman dengan ingredients granola. Di bayangan gue minuman ini bakal dingin, manis, dan sehat. Ternyata kata pelayannya ini cappuccino dan hanya ada yang hot. Sempet ragu mau pesen ini atau engga, akhirnya gue coba pesen dengan ekspektasi rasa kopinya ngga terlalu berasa. Plus kata mbaknya ini manis.

Ternyata pesen ini berujung penyesalan haha. Rasa kopinya masih strong banget buat gue yang ga suka kopi. Di atas cappuccino-nya ada foam yang tebal baru di atasnya ditaburi granola. Rasanya pahiiit ga ada manis-manisnya sama sekali. Gue aduk lah, berharap jadi manis setelah diaduk. Ternyata makin pahit! Pelan-pelan gue minum, rasanya ga sanggup ngabisin. Rasanya pengen gue tumpahin maple syrup gue kesana. Lama kemudian gue baru nyadar kenapa gak gue kasih gula aja.... Akhirnya gue ambil white sugar dan gue tuangkan ke minuman itu. Ternyata setelah dikasih gula rasanya jadi ga sepahit itu. Gemes sendiri kenapa ga dari awal gue kasih gula aja haha. Meskipun masih pahit, tapi buat gue lebih drinkable lah. Gue yang punya maag, ga sanggup ngabisin ini secangkir.


Aglio Olio (45k)



Menu ini terdiri dari spaghetti yang dilumuri oil, ditambah tuna, jamur, tomat, bubuk cabe, dan irisan cabe. Tunanya berasa banget. Rasanya enak tapi pedes banget! Hati-hati buat yang ga suka pedes. Porsinya lumayan, ngga terlalu sedikit tapi ga mengenyangkan banget juga.


Maple Berry Pancake with Cream Cheese (50k)



Disini pake coin pancake, jadi pancake ukuran kecil-kecil gitu. Ditaburi gula bubuk, ditambah irisan berries, dan ditumpuk dengan cream cheese. Ngga lupa dilengkapi dengan maple syrup. Rasanya enak sih, asem-manisnya pas saling mengimbangi. Cuma cream cheese-nya kayaknya dicampur lemon atau sesuatu deh karena berasa asem lemon.

Overall menurut gue makanannya enak. Untuk minumannya gue kurang bisa menilai karena bukan penikmat kopi. Buat gue sih yang coffee-based kurang cocok. Kalo untuk Ice Chocolate-nya enak sih. Harganya juga standar kafe, ngga yang overpriced gitu. Dan harganya sudah nett termasuk tax & service.

Mungkin yang perlu ditingkatkan adalah pelayanannya menurut gue. Disini pelayannya mostly cewek. 2x kesini gue ngerasa semua pelayannya kurang ramah. Jutek sih engga, cuma kurang ramah aja. Pas kita dateng ga ada sapaan sama sekali, pas keluar pun juga ga ada ucapan terima kasih basa-basi. Di kafe lain, meskipun sistemnya self-service tapi gue masih menemukan pelayan-pelayannya menyambut kita dateng. At least bilang selamat datang dan nanya mau pesan apa. Kalo disini jangankan sapaan, saat ngelayanin pun kurang ramah menurut gue. Bahkan pas gue lagi pesen gue denger ada pelayan lain yang dinasehatin dengan cara yang kurang enak didengar. Pas minuman gue lama ga diambil gara-gara ga ngeh, ada kali 10-15 menitan, juga ga ada yang kepikiran buat ngasih tau kalo pesenannya udah jadi. Terlepas dari siapa yang ngelayanin, mau owner kek, karyawan kek, menurut gue be nice to customer is an added value (even a must) for a cafe or restaurant.


Kopi Nalar
Jl. Prof. Joko Sutono SH no. 7
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 27081900

You Might Also Like

0 comments