life

Meminimalisasi Ongkos Pertemanan

March 31, 2018

Barusan gue baca artikel menarik tentang "ongkos pertemanan". Di artikel tersebut intinya ditulis bahwa zaman sekarang banyak biaya-biaya yang harus dikeluarkan demi menjaga sebuah pertemanan, seperti patungan bridal shower, jahit seragam bridesmaid, atau sekedar traktiran ulang tahun. Kalo dihitung-hitung, seseorang bisa ngabisin ratusan ribu untuk sebuah event. Baru satu event loh. Padahal temen kita ngga cuma 1 yang artinya akan banyak event terjadi di circle pertemanan kita.

Temen gue juga pernah bilang, berdasarkan riset yang pernah dia baca, kalo biaya lifestyle itu meningkat banget sejak hadirnya Instagram. Orang-orang jadi punya patokan pernikahan impian, dekorasi bridal shower mewah, atau sekedar ngopi cantik yang sebenernya buat foto-foto. Nggak sedikit gue liat cewek-cewek yang dateng ke coffee shop bawa kamera bagus dan foto-foto di berbagai sudut. Jujur gue yang introvert ini salut sih sama orang yang PD diliatin gitu haha.

Anyway, gue pengen share pengalaman gue pribadi dalam mengatasi yang namanya ongkos pertemanan ini. Gue akui memang ada biaya-biaya yang kadang gue keluarkan untuk sebuah pertemanan. TAPI, untungnya temen-temen gue, meskipun dari circle yang berbeda, masih rasional. Gue dan temen-temen menyadari bahwa kita punya limit dan prioritas keuangan masing-masing dan ngga memaksakan untuk mengeluarkan uang berlebihan demi sebuah konsep ideal. Buat kami, ngga perlu ideal yang penting layak.

Biasanya dalam ngadain sesuatu, either itu surprise ulang tahun, surprise bridal shower, patungan kado atau lain-lainnya, kita bikin grup untuk diskusi. Mulai dari konsep, budget, sampai teknis seprintilan-printilannya. Biasanya kita berangkat dari budget dulu. Kalo lagi jadi PIC dekorasi, biasanya gue tanya dulu mau budget berapa per orang, baru cari barang-barang yang sesuai sama budget. Sejujurnya gue yang perfeksionis ini kalo jadi PIC dekorasi biasanya punya bayangan tersendiri pengen bikin ini itu ini itu. Pengen semaksimal mungkinlah. Tapi gue harus inget kalo ini bukan acara gue sendiri dan kita semua punya keterbatasan biaya. Jadi supaya pengeluaran ga bengkak, berangkatnya dari budget bukan konsep.

Nah untuk dekorasinya, selama ini gue ga pernah pake jasa party planner. Selalu kerjain sendiri, DIY bareng temen-temen. Terkadang juga kita bawa barang yang kita punya jadi ga harus beli semua. Temen gue ada yang pernah bawa gelas dari rumahnya buat dijadiin vas bunga, ada yang bawa pajangan dari ruang tamunya, ada yang bawa bridal veil dan slempang bekas dia bridal shower, bahkan beberapa tahun lalu sebelum ngetren dekorasi macem gini, gue pernah bikin dekorasi se-DIY itu gunting karton dan nulis pake tip-ex LOL. Paling yang PR itu adalah custom table placemat, karena biasanya di placemat ditulis itu event apa. Ini biasanya gue desain sendiri pake Photoshop lalu nyetak ke tempat printing atau fotokopi. Kalopun di antara temen-temen kalian ga ada yang bisa desain, ada kok website gratis yang nyediain template desain.

Dari dulu nyokap ngajarin gue kalo lebih baik ribet dikit untuk meminimalkan cost daripada bayar mahal untuk sesuatu yang sebenernya bisa kita kerjain sendiri. Dulu sempet kesel ketika gue mau nyebarin undangan ulang tahun, nyokap suruh bikin amplop sendiri dari kertas kalkir biar bagus (karena ga ada yang jual amplop semi transparan). Gue mikir kok ribet banget sih bikin sendiri satu-satu. Tapi setelah udah gede dan harus ngatur keuangan, gue jadi merasa termudahkan karena udah terbiasa dengan prinsip DIY seperti itu. Kita jadi bisa bikin yang kita mau tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Gue beberapa kali pernah cari tahu dan nanya-nanya biaya jasa dekorasi party planner. Semurah-murahnya yang pernah gue temui itu sekitar 100 ribuan per orang. Ribunya pake an loh ya jadi ada yang 125, 150, bahkan di atas 200 ribu per orang. Sedangkan kalo bikin sendiri bisa di bawah 50 ribu per orang (Proven by me). Dan percaya deh, bikin dekorasi bareng temen itu seru banget! Kerjasama, saling bantu, becanda-canda. Kalian mesti coba at least sekalii aja seumur hidup.

Ini ada beberapa contoh DIY yang pernah gue bikin. Ada yang bikin sendiri, ada yang bareng temen. Biasanya gue bikin simple dan minimalis sih ngga yang heboh-heboh banget (Gimana mau heboh, kadang baru prepare H-beberapa jam). Justru kadang gatel kalo ngeliat yang terlalu heboh hiasan di meja karena hiasannya malah jadi penghalang buat ngobrol sama orang depannya :))


My very first DIY invitation. Masih ga ngerti keselarasan font haha

My very first (literally) Do-It-YOURSELF decoration. Even mompa dan nempel balonnya sendiri ampe naik-naik kursi

Nulisnya pake Tip-ex XD
Tabung item itu juga ga sengaja bikin pas ada sisa karton

Topi ulang tahun, tongkat balon, mahkota sterofoam, backdrop pake screen proyektor :p

Vas bunga pake gelas, segala pajangan di rumah dibawa XP

Botol Equilnya baru beli di resto situ. Topi, veil, slempang? Bawa dong

Awalnya iseng bikin nama buat dekorasi. Tapi ternyata bermanfaat banget buat advance order! Jadi makanan bisa ditaro sesuai nama yang pesen sebelum orangnya dateng

Termasuk milih foto, guntingin foto & tali, nempelin foto di tali, sampe motong sterofoam buru-buru makanya ga rapi. Oobaamaaseeelf

Kalo ini ngedekor di depan bride-to-be-nya haha. Biar sederhana yang penting layak

Itu untuk dekorasi. Kemudian untuk seragam kawinan, kita ngga pernah memaksakan temen untuk ngasih seragam. Bahkan nanyain aja ga pernah. Karena kalo emang dia mau ngasih ya dia akan ngasih. Itu hak dia mau ngasih atau engga, karena pasti dia punya alokasi budget sendiri untuk acara nikahannya. Untuk mengakali supaya tetep bagus pas foto-foto, kita sebagai temen tinggal janjian aja mau pake baju warna apa. Dengan begitu kita bisa pake baju yang kita udah punya, ga perlu keluar ongkos jahit baju baru, atau kalopun harus beli kita bisa beli yang sesuai budget kita sendiri.

Disini sekali lagi gue ga memungkiri bahwa memang ada ongkos-ongkos pertemanan, tapi kita masih bisa ngakalin kok supaya pengeluarannya ga bengkak dan malah membebani kita. Dan inget, kita juga punya hak untuk ga ikutan kok kalo memang itu membebani kita. Selama ini gue ikutan karena emang pilihan gue untuk ikut, karena anaknya emang demen begini-beginian hehehe. Alternatif lain kalo keberatan dengan angka patungannya, kita juga bisa propose angka yang kita mampu bayar. Meskipun mungkin ga enak banget, tapi kalo memang mereka temen yang baik harusnya mereka ngerti kondisi kita dan ga akan musuhin kita untuk hal tersebut kok :)

Gue merasa beruntung ada di lingkaran pertemanan yang masih mikirin keuangan temennya, masih demokratis dengan konsep yang diajukan, dan terima kalo temennya ada yang ga setuju dengan budget yang disebutkan. It would be good if all friendship could be like that. So, be a wise friend!

You Might Also Like

0 comments