caredu

Memilih Universitas

March 06, 2018

Wah sekarang lagi masa-masanya penerimaan mahasiswa baru ya? Baik temen-temen SMA yang mau lanjut kuliah ataupun temen-temen yang mau lanjut pascasarjana.

Memilih universitas bukan suatu pilihan mudah. Begitu banyak pilihan perguruan tinggi, jurusan, dan program yang ditawarkan. Seseorang bisa aja minat ke beberapa jurusan dan universitas sekaligus. Terkadang ngga hanya bingung dengan pilihan sendiri, tapi juga bingung dengan pilihan orangtua.

Memilih universitas bukan suatu perkara mudah kayak milih sekolah dulu. Banyak banget pertimbangannya. Mulai akreditasi universitas, mutu pendidikannya, metode belajarnya, kualitas lulusannya, sampai prospek kerjanya. Nggak hanya soal kualitas pendidikannya, tapi juga faktor-faktor di luar itu seperti lokasi kampus yang berimplikasi apakah orang tersebut harus ngekos atau engga, biaya pendidikan dan living cost, dan terkadang keinginan orangtua yang belum tentu sejalan dengan maunya kita. Nggak sedikit orang-orang yang punya pilihan beda dengan orangtuanya.

Memilih Jurusan
Memilih jurusan biasanya akan sangat ngebingungin buat temen-temen SMA. Bingung mau ambil jurusan apa, bingung mau jadi apa, bingung ada jurusan apa aja. Iya ga? Sebenernya nggak hanya temen-temen SMA, tapi juga temen-temen yang mau lanjut kuliah dari D-3 ke S-1, S-1 ke S-2, dan seterusnya. Disini ada beberapa hal nih yang bisa temen-temen pertimbangin.

Pertama, tanya sama diri sendiri, kalian mau jadi apa sih? Apa sih cita-cita kalian? Nah dari situ temen-temen bisa milih jurusan yang bisa mendukung cita-cita kalian itu. Bisa juga evaluasi ke diri sendiri, kalian minatnya apa, selama ini sukanya apa, sukanya ngapain, terus kalian jagonya di bidang apa. Kalo masih bingung, temen-temen bisa coba tes minat bakat.

Dan ternyata semakin kesini pilihan jurusan itu semakin banyak. Jujur banyak juga jurusan yang aku sendiri baru tau adanya. Banyak jurusan baru yang dulu-dulu engga ada dan sekarang ada karena kebutuhan pasar. Sebagai referensi pilihan jurusan, universitas, dan profesi, temen-temen bisa coba eksplor website youthmanual.com. Aku sama sekali ngga ada afiliasinya dengan youthmanual, ngga kerjasama, ngga dibayar juga, tapi jujur menurutku website ini bagus banget sebagai pedoman anak-anak muda dalam menentukan pendidikan dan kariernya. Sayang aku telat tahu tentang web ini. Aku baru tahu jauh setelah aku lulus.

Kemudian bisa juga temen-temen cari tahu profesi apa sih yang sekarang lagi naik daun, yang prospek kariernya akan bagus setidaknya 10 tahun mendatang. 


Diploma vs Sarjana
Pasti mayoritas orang mikir S-1 itu lebih tinggi dibanding D-3. Pasti hampir semua orang mikir kalo lulusan S-1 pasti lebih baik dari D-3. Padahal belum tentu. Di luar negeri, diploma dan sarjana itu bukan masalah mana yang lebih tinggi tapi tentang apa yang dipelajari. Diploma itu lebih belajar skill dan praktik sedangkan S-1 lebih ke teori tapi praktiknya ngga terlalu banyak. Kalo mau bandingin tinggi-tinggian, bandinginnya itu D1-D2-D3 dan S1-S2-S3.

Jadi untuk jurusan-jurusan tertentu, Diploma justru lebih baik karena mahasiswanya udah dibekali skill yang memang dibutuhkan pasar. Udah siap pakai lah istilahnya. Mungkin kalo S-1 itu lebih dibekali knowledge kali yaa. 


Negeri vs Swasta
Bukan rahasia umum kalo PTN (Perguruan Tinggi Negeri) hampir selalu dianggap lebih unggul daripada PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kesannya hebat banget gitu kalo bisa masuk PTN, bahkan terkadang malu kalo akhirnya harus masuk PTS. Memang kebanyakan universitas unggulan di Indonesia itu adalah PTN, banyak banget orang-orang yang memilih PTN hanya karena dia statusnya negeri dengan anggapan pasti lebih bagus, tanpa cari tahu lebih lanjut tentang PTN tersebut. Nggak sedikit juga orang-orang yang pengen masuk sebuah PTN hanya karena prestige. Bodo amat mau masuk jurusan apa, yang penting gue pengen masuk universitas X.

Padahal sekarang itu banyak banget loh PTS yang bagus, bahkan dengan kurikulum dan fasilitasnya bisa lebih bagus daripada PTN. Kalo menurutku, dalam milih jurusan dan universitas, kamu tentuin dulu mau jurusan apa. Lalu cari tahu jurusan yang kamu mau itu paling bagus ada di universitas mana sih. Karena bisa aja secara universitas, universitas A lebih bagus dari universitas B, tapi jurusan X di universitas B itu lebih bagus dari universitas A. Jadi jangan terpaku hanya dengan nama besar universitas, karena belum tentu semua jurusan yang ada disana itu adalah yang terbaik.

Bisa juga lulusan universitas-universitas A itu bagus bukan karena kualitas pendidikan disana tapi emang karena anaknya udah pinter aja dari sananya. Jadi mau dikasih metode belajar kayak apapun nih anak tetep bisa survive dan pinter.


Dalam vs Luar Negeri
Nah, memilih dalam dan luar negeri juga mirip-mirip dengan negeri vs swasta. Karena ngga semua jurusan dan universitas di luar negeri itu lebih bagus dari yang dalam negeri lho. Sama kayak di Indonesia, di luar negeri itu ada universitas bagus dan ada juga yang kurang bagus. Kalo aku ngobrol sama temen-temen yang pernah kuliah di luar negeri, mereka justru lebih menekankan pengalaman hidup mandiri di negeri orang sebagai added value-nya dibanding kualitas pendidikannya itu sendiri. Gimana mereka berkembang jadi lebih dewasa dengan mencoba hidup mandiri dengan uang pas-pasan jauh dari orangtua, gimana mereka komunikasi pake bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, gimana mereka berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara, dan gimana mempelajari cara pikir dan etos kerja orang-orang sana.

Beberapa bahkan bilang, kalo mau ngejar ilmu itu lebih baik di Indonesia karena dosen-dosen di Indonesia lebih "ngajarin". Kalo di luar negeri seseorang justru dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Tapi beda cerita ya kalo jurusan yang kamu mau emang ga ada di Indonesia. Jadi coba pikirin lagi alasan kamu memilih kuliah di luar negeri, jangan hanya karena "keren".


Cari Referensi
Lalu gimana cara cari tahu kualitas jurusan dan universitas itu? Satu, kamu bisa googling dan baca blog orang. Dua, kamu cari tahu dari orang-orang yang pernah kuliah disana. Misalnya sodara kamu, kakak kelas, temennya kakak kamu, atau bahkan orang yang belum kamu kenal! Sekarang dengan adanya social media ini udah membantu banget.

Ketika aku mau lanjut S-2 di sebuah universitas, aku ngga punya kenalan yang kuliah disana. Akhirnya melalui LinkedIn, aku cari mahasiswa dan alumni yang kuliah disana dan aku add mereka. Aku ajak ngobrol baik di chat bahkan sampai ketemuan. Ini aku lakuin karena aku ga mau sampe salah pilih apalagi untuk S-2.

Kalo kamu nemu blog orang yang kuliah di tempat yang kamu pengen, kamu juga bisa tinggalin comment atau cari social media mereka. Dari situ kamu bisa kenalan, tanya-tanya, dan ngobrol lebih jauh.


Beasiswa
Kalo bisa gratis, kenapa harus bayar? Setelah aku kuliah, aku baru tahu kalo beasiswa itu ada banyak banget. Ada beasiswa dari pemerintah ada juga dari swasta. Dan ternyata beasiswa itu nggak hanya untuk orang-orang yang kurang mampu tapi juga buat temen-temen yang berprestasi. Prestasinya pun ngga harus super wow kayak menang olimpiade apa tingkat nasional, internasional. Liat aja dulu persyaratannya. Kalo memang memenuhi ngga ada salahnya coba apply. Sayang banget kalo temen-temen ngga lanjut kuliah karena ngga ada biaya. Soalnya di luar sana banyak banget beasiswa yang bisa dicoba, beneran deh.

Menurutku temen-temen coba aja sih apply beasiswa. Bisa ngeringanin beban orangtua, kalopun orangtuanya mampu membiayai kalian, anggap aja beasiswa itu tambahan buat uang tabungan kalian, buat beli-beli buku, nge-print, fotokopi, atau sekedar sebagai apresiasi atas prestasi kalian.


Oke, sekian dulu sharing tentang pendidikan kali ini. Next post aku mau bahas tentang S-2. Nantikan post-nya ya!

You Might Also Like

6 comments

  1. Haloo mbak Dyani 😊
    Aku Anin, yg dulu pernah comment di blog Mbak yg judulnya "Unofficially Graduated"..

    Membaca tulisan mbak Dyani yg ini, aku jadi inget pas jaman2 mau daftar profesi. Sempat galau antara PIO sama pendidikan. Punya passion di pendidikan karena suka ngajar & ngasih bimbingan karir, tapi juga pengen belajar tentang pengembangan SDM organisasi. Galau nya sampe agak lama, sampe akhirnya aku mutusin milih PIO, tapi mata kuliah minor nya ambil pendidikan.

    Kebetulan, aku punya ponakan yg mau lulus SMA. Aku izin share tulisan mbak Dyani yaa 😊. Siapa tahu bisa menginspirasi ponakanku atau anak-anak SMA yg lain 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Anin, apa kabaar? Sudah selesai kah program profesinya?

      Wah boleh banget mba dishare, siapa tau bisa membuka pikiran temen-temen yang mau lanjut kuliah. Jujur aku nulis ini juga berangkat dari kegalauanku lanjut S2 mba hihi. Plus adekku sekarang juga baru mau masuk kuliah kayak keponakannya mba, jadi dia mengalami kegalauan yang sama. Kayaknya kegalauan buat lanjut pendidikan dirasain hampir semua usia ya hehe

      Delete
  2. Alhamdulillah baik, mbak Dyani :)
    Ujian proposal tesis ku udah lewat & sekarang lagi dalam proses ambil data, semoga bisa segera daftar seminar hasil & ujian tesis nya (di kampus ku, ujian tesis ada 3 tahap). Semoga bisa selesai sebelum 31 Juli krn di kampusku, masa studi maksimal cuma 6 semester

    Iya mba,mungkin semua usia mengalami kegalauan krn takut salah jurusan yg ngaruhnya ke masa depan & karir seumur hidup. Kalo nggak sesuai passion kan, ngejalanin nya juga bakal gak maksimal.

    Btw, sukses yaa buat adeknya mbak Dyani yg tahun ini mau lanjut kuliah. Semoga bisa diterima di kampus impian 😊. Sukses juga dengan karir & rencana mbak Dyani untuk lanjut S2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin2 untuk doanya..

      Waah Alhamdulillah aku seneng dengernya. Semoga lancar terus ya mbaa semua proses studinya. Semangat!

      Delete
  3. Wah Sangat Membantu mbak Tulisannya...
    Kunjungi juga disini https://www.uma.ac.id/ yang merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Sumatera Utara...
    Suasana Kampus dan Fasilitas yang sangat mendukung para mahasiswa untuk belajar, berinovasi dan mandiri...

    ReplyDelete
  4. Wah sangat Membantu Sekali mbak..
    Cek juga Disini https://www.uma.ac.id/ banyak pilihan jurusan dan juga salah satu Universitas Terbaik di Sumatera Utara...
    kampus Bestari...

    ReplyDelete