wellness

Yoga Effect

April 08, 2018

Sudah lama sekalii ngga nulis tentang perjalanan yogaku. Baru sadar ternyata terakhir nulis itu tahun 2016 (Baca disini). Alhamdulillah sampe sekarang masih rutin yoga, meskipun kadang suka bolong-bolong sih hehe.

Beberapa waktu lalu gue beberapa kali ketemuan sama temen-temen lama. Temen-temen yang udah lamaa banget ngga ketemu kayak udah bertahun-tahun gitu. Ketika ngobrol, banyak dari mereka nanya, "Dyani sekarang gemukan ya? Jadi lebih berisi. Tapi malah jadi bagus." Pertanyaan itu seriing banget gue dapetin sekarang. Ngga hanya dari temen, tapi juga dari keluarga. Karena ya, memang gue naik lumayan sekitar 5-7 kg. Naik sejak gue liburan ke Turki dan gue coba pertahankan supaya engga turun. Karena buat gue sesusah itu buat naikin berat badan 1 kg aja. 

Salah satu cara gue mempertahankan berat badan supaya engga turun adalah dengan menjadikannya otot. Salah satu caranya adalah dengan yoga. Beda dengan olahraga kardio, yoga itu lebih untuk shaping. Gue juga ngga sering-sering kardio karena kalo abis kelas kardio bisa langsung turun 1 kg.

Awalnya gue engga terlalu nyadar perubahannya. Tapi semakin banyak orang yang komentar, gue jadi semakin memperhatikan dan menyadari kalo ternyata badan gue sekarang lebih berisi dan ada bentuknya. Haha. Tadinya kurus banget soalnya.

Lihat betapa cekingnya lenganku dulu. Pake baju S aja sering kegedean

Tapi yang ngga disangka-sangka, ada beberapa temen yang komentar, "He-eh, ada sesuatu yang beda gitu. Auranya jadi lebih keliatan. Apa gara-gara yoga?", "Iya kayak lebih positif gitu auranya". Jujur kaget sih pas ada temen ngomong gitu, karena gue ngerasanya sama-sama aja. "Masa sih?" tanya gue. "He-eh he-eh. Iya beneran kayak beda gitu", temen-temen lainnya pun nyaut mengiyakan dan berlanjut nanyain gue yoga dimana.

Dari situ gue mikir, apa iya aura gue beda jadi terasa lebih positif? Apakah auranya sama seperti pas gue ketemu Mbak Fitri, instruktur yoga gue? Dari awal gue ketemu Mbak Fitri, gue dan temen-temen ngerasa banget kalo Mbak Fitri tuh auranya beda dan positif banget. Bener-bener berasa. Gue belum pernah ketemu orang yang auranya bener-bener keluar sampe berasa ke gue, sampe gue ketemu Mbak Fitri. Apakah itu yang temen-temen rasain ketika ketemu gue setelah sekian lama? Gue ga tau juga. Cuma kalo memang iya, wow, ternyata yoga efeknya bisa segitunya ya :o

Pernah juga saat lagi ngerjain sesuatu bareng temen-temen, kita duduk lesehan selama berjam-jam. Temen-temen ngeluh encok tapi gue ngerasa biasa aja, sampe temen nanya, "Dy kamu pinggangnya pegel ngga? Aku penasaran deh apa karena kamu yoga jadi postur duduknya bener dan jadi ngga pegel." Hmm mungkin. Gue ga tau juga. Kalo memang iya, ternyata efek yoga bisa segitunya ya tanpa kita sadari. Kita yang rutin ngelakuin mungkin ngga sadar, tapi orang lain yang ngeliat ternyata bisa ngeliat perbedaannya.

Jujur sejak ikut fitness keinginan yoga gue menurun hehe karena banyak kelas lain yang seru juga buat diikutin. Tapi gue ingetin ke diri sendiri buat tetep konsisten yoga. Biasanya berasa butuh banget yoga kalo badan udah pegel pengen ditarik dan saat lagi stres dan butuh meditasi.

Gue nemu quotes yang gue setuju banget dan menggambarkan perjalanan yoga gue, bahwa:


Bahwa yoga adalah tentang diri kita. Tentang gimana kita masuk ke dalam diri dan jiwa kita sendiri. Gimana mencari inner peace. Bukan untuk berkompetisi dengan orang lain, bukan untuk jago-jagoan. Karena setiap orang punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Ada yang kuatnya di tangan, ada yang di kaki, ada yang dimana. Ada yang cepet, ada yang perlu banyak latihan. Kalo gue pribadi kuat di tangan (gara-gara MB haha) tapi di kaki masih lemah.






















Jadi kalo ada temen gue yang bilang mereka nyoba yoga tapi ga berasa apa-apa malah ngerasa sakit banget, dari gue sih gini. Pertama, olahraga itu cocok-cocokan. Belum tentu semua jenis olahraga itu cocok sama kita. Coba eksplor olahraga jenis apa yang cocok sama kita. Kedua, ketika yoga kamu sekedar gerak aja ngikutin instruktur atau menghayatinya? Karena yoga itu bukan cuma soal body tapi juga mind & soul. Gimana kita berkomunikasi sama diri sendiri dan masuk ke dalam diri kita sendiri. Gue pun ga selamanya yoga dengan penghayatan. Kalo lagi males kadang suka sekedar gerak aja yang penting bener. Jadinya cuma sehat jasmani. Tapi kalo lagi butuh meditasi atau self-healing, baru menghayati supaya dapet sehat rohani juga.

Tubuh kita, kita yang tau kebutuhannya. Because yoga is the journey of the self, through the self, to the self. Then let's try to write your name using your own body because why not.


You Might Also Like

0 comments