life

Throwback to Japan

November 18, 2018

Sekali lagi, saya butuh katarsis. Saya butuh liburan sejenak :") Pengen jalan-jalan, melepas semua tugas dan tanggung jawab dan menikmati waktu aja. Salah satu liburan yang masih ngebekas banget adalah liburan terakhir ke Jepang. Negaranya ngangenin. Ngga cukup banget cuma sekali kesana. Apalagi temen-temen banyak yang lagi liburan ke Jepang. Ditambah acara TV juga lagi banyak yang jalan-jalan ke Jepang. Dan nggak tau kenapa gue suka nontoninnya. Suka ngeliat orang-orang ke Jepang juga. Rasanya flashback waktu lagi disana. Alhasil dengan nontonin instastory dan TV itu gue semakin rindu :")

Setelah sebelumnya cerita tentang adventure gue disana, sekarang mau throwback sedikit foto-foto aja ah~

Touchdown Tokyo!
Sampe bandara tuker JR Pass dulu. Instruksinya ada dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Petugasnya pun kebetulan bisa Bahasa Indonesia dan sangat helpful membantu turis yang clueless
Jalan kaki menuju hotel. Kebanyakan perjalanan akan jalan kaki, but it was fun! Karena ga bosen sepanjang jalan banyak yang bisa dilihat, kotanya bagus rapi dan bersih <3 Disana jarang ada tong sampah tapi jalanannya bersih BANGET, ngga ada sampah di tengah jalanan. Jadi orang biasanya ngantongin sampah masing-masing dan buang di rumah atau pas ketemu tong sampah. Salah satu alasannya adalah supaya orang ga makan sambil jalan. And it works loh. Gue sendiri jadi mikir mending makan di family mart dulu aja baru jalan lagi karena males bawa-bawa tissue bekas makan.
Fun Fact: Sebelum kesana gue nanya temen dulu kira-kira gapapa ga kalo gue pake sepatu putih, takutnya kotor karena disana musim hujan. Dia bilang harusnya aman karena jalanannya nggak becek kotor gitu. Kalopun basah ngga akan kotor. Dan ternyata bener! Pulang-pulang sepatu gue tetep putih :o
Kamar hotel-hotel disana mini banget. Kamarnya sempit dan packed banget. Padahal ini bukan hotel yang low budget banget gitu.

Kamar mandinya pun super mini tapi sangat proper

Amenities-nya lengkap banget

Ini dia tombol toilet Jepang yang terkenal. Toilet disana tombolnya banyak mulai dari yang airnya kecil, besar, angin. Suhu dan volume airnya juga bisa diatur. Ini kayaknya tombol basic aja yang sederhana. Gue pernah liat tombol yang lebih banyak dan complicated haha. Untung ada gambarnya jadi ga clueless banget masing-masing tombol buat apa

Disana complimentary drinking water-nya terbatas banget, bahkan suka ngga dikasih gitu. TAPI air kerannya bisa diminum. Jadi bisa refill sesuka hati. Plus, shampoo sabun dan conditionernya pake Shiseido sebotol gede gitu :)) Jujur rambut gue enak banget keramas pake itu. Lembut walaupun ga pake conditioner

Kesimpulannya walau hotelnya mini, tapi proper banget dan amenities lengkap dan generous! Not to mention ada hair dryer juga jadi ku ga perlu berat-berat bawa hair dryer <3 Daan ini pertama kalinya gue traveling ga bawa handuk! Selama ini kemana-mana selalu bawa handuk sendiri. Ini pertama kali nyoba full pake handuk hotel. Ternyata enak sih karena ngga perlu repot masukin handuk lembab kalo harus pindah-pindah hotel dan ga perlu berat-berat bawa hair dryer yang makan tempat. Jadi sebelum berangkat, cek dulu ya fasilitas hotelnya nyediain apa aja.

Mari mulai jalan-jalannya


Sekali-kali foto ala ala

Halal Ice Cream di Asakusa Temple! 1 toko jualan macem-macem snack halal. Emang perlu hati-hati karena makanan di Jepang mostly mengandung ingredients non-halal (Bukan cuma babi aja). Even untuk cemilan-cemilan dan sweets yang lucu-lucu

Becak manusia. Kalo disana orangnya lari dan narik kursi penumpangnya :")

Foto latar ini just because warna-warnanya cute

Trying the famous Marion Crepes. Oh ya, di belakang gue itu ada tulisan "Bargain". Waktu disana banyak banget toko yang nempel tulisan Bargain gede-gede. Itu artinya Sale dengan fixed price ya, bukan beneran bisa ditawar kayak di ITC :")

Japan Squad ku. Difotoin sama bule cakep

The famous Hachiko Statue. Disana rame banget orang ngantri mau foto. Jadi 1 orang cuma foto 3 detik terus langsung gantian. Ga bisa tuh gonta-ganti pose. Tapi salutnya disana ngantri rapi dan sopan, ga pake rebutan rusuh. Bahkan kayak saling mempersilakan gitu. Dan orang-orang sengaja minggir jadi ga ada photobomb
Perjalanan panjang mencari masjid. Ini udah di antah berantah semacam sub-urban. Jalanan bener-bener sepi banget dan ngga ngeliat ada kendaraan umum

Sampai! Masjid Tokyo Camii Turkey Cultural Center. Jadi ini masjid dengan nuansa Turki. Kayaknya emang dikelola sama lembaga Turki gitu karena dia memuat berbagai informasi tentang Turki dan jual macem-macem pernak-pernik. Buat yang non muslim tetep bisa masuk kok. Karena interiornya emang bagus banget!

All the blue interior <3

Sekolah legendaris :") Sekolah yang menyumbang banyak cerita dan pengalaman super berkesan. Baca disini untuk tau ceritanya.

Mirror mirror on the wall (and ceiling)

Jalan-jalan sore @Harajuku. Just love the color ambiance

Nggak ngerti kenapa orang mau antre panjang-panjang, bisa sejam, untuk belanja disini. Bahkan ini bukan di pusat keramaian. Ini udah masuk ke gang-gang gitu. Dan ini nggak hanya terjadi di 1 toko, tapi di hampir semua toko Bape. Begitu gue coba masuk, makin ga paham kenapa orang rela ngabisin duit berjuta-juta buat barang itu. Mungkin gue yang ga ngerti fashion, but sorry it makes no sense to me. Gue ngeliatnya ini tren dan prinsip scarcity aja sih yang bikin orang-orang jadi pada gila sama Bape, CDG, Supreme dan semacamnya.


Jam 8 teng toko tutup dan semua orang bubar. Disini kebanyakan toko emang tutup jam 8. Jarang banget ada yang buka sampe jam 10 kayak di Jakarta. Dan orang-orang udah tertib aja dibilang tutup ga ada yang maksa-maksa masuk.
Shinkansen! Naik ini bisa kapan aja kalo pake JR Pass. Ga perlu takut ketinggalan kereta karena bisa naik yang berikutnya. Jangan lupa reserve seat juga ya supaya dapet tempat duduk dan buruan masuk supaya bisa naro koper di atas. Apalagi kalo kopernya gede. Kebetulan beberapa kali naik Shinkansen gerbong gue selalu lowong, ngga ada yang sampe full apalagi berdiri

Pemandangan luar Shinkansen <3

Strolling around Kyoto. Kotanya tenang dan tentram banget. Jauh dari hiruk-pikuk kota. Di sepanjang jalan banyak banget toko dan jajanan menarik. Bawaannya pengen mampirin semua. Di beberapa spot rasanya kayak lagi jalan-jalan di Bali. I like this more than Tokyo. Kalo boleh gue mau stay lebih lama disini :")

The famous Arashiyama Bamboo Grove. Mesti sabar kalo mau foto tanpa photobomb. Dan kalo mau foto bagus, jalan lebih masuk ke dalem ya. Kebanyakan orang (dan termasuk saya) langsung foto-foto begitu ketemu bambu-bambu lucu ini. Padahal rame banget dan kurang bagus buat foto. Jalan lebih ke dalem and you'll find what you're looking for. Sayangnya ku cuma bisa sebentar disini huhu

Lepek! Selama disini literally setiap hari harus keramas karena lepek banget. Jalan kaki seharian, cuaca panas, udara lengket, bikin tiap sampe hotel harus berendem air panas untuk ngilangin pegel kaki dan keramas walaupun udah jam 12 malem. Kalo di Jakarta bisa keramas 2 hari sekali, disini ga bisa banget deh pas lagi summer. Btw, yang gue minum (atau makan?) itu Pocari Sweat Jelly

Kurang lebih begini lah tampilan turis di atas jam 2 siang. Muka keringetan kayak abis olahraga, rambut lepek, plus touristy stuff yaitu kacamata item dan kamera

Super unique and yummy ice cream! Es krim rasa cherry blossom dan BAMBU. Iya bambu. Dan surprisingly enak banget banget aku mau lagi

Masih di Kyoto. Coba semua jalanan di Jakarta kayak gini :") Luv banget apalagi jalan sore-sore. FYI di sebelahnya itu ada sungai besar dan di pinggirannya ada rerumputan buat orang beraktivitas kayak di Doraemon gitu. Asik banget deh buat duduk-duduk baca buku, cari inspirasi, atau jogging

Peaceful Kyoto

Mampir masjid underground di Kyoto. Lumayan buat istirahat dan ngadem sebentar. Sesaat sebelum dipertemukan dengan Mr. N, penyelamat hidup di Kyoto. Baca ceritanya disini. Oh ya disini juga beberapa tulisan ditulis dalam Bahasa Indonesia karena mungkin banyak turis muslim dari Indonesia. Disini juga ada toko yang jual berbagai keperluan muslim

Hayo ini dimana coba?

Finally! Kesampean juga nyobain the so-called Butterbeer. Tenang, ini nggak beralkohol sama sekali kok. Rasanya kayak rootbeer tapi di atasnya ada krim yang enak banget. Ada yang dingin biasa ada yang frozen. Rasanya agak beda dan gue lebih suka yang biasa sih

The most beautiful show in USJ!!! Ga sengaja nonton ini dan langsung ambil posisi paling depan sebelum orang-orang dateng. Mau nangis sendiri liat Beauxbatons girls nari dengan segitu indahnya :") Walaupun angin lagi kenceng tapi mereka bisa nari pake ribbon dan heels dengan cantik dan ribbon-nya ngga kelilit sama sekali. Upload videonya ke YouTube ga ya?

Minions Park! Another the most happiest place in USJ besides Wizarding World of Harry Potter. Meskipun bukan big fan of Minions, tapi area ini fun banget buat semua umur

Do You Know? Di USJ kita bisa numpang shalat loh. Secara ga sengaja, gue ketemu ruangan ini di Flying Dinosaur. Jadi ceritanya sepupu gue kan berhijab, terus sama petugasnya disuruh pake ponco untuk ngelindungin hijabnya supaya nggak terbang. Nah kami ber-4 (bukan sepupu gue doang), diajak ke office-nya gitu untuk makein ponco ke sepupu gue. Abis dipakein, kami langsung diajak naik lift ke Flying Dinosaur dan lumayan motong antrian yang super duper panjang :")
Terus di depan management office situ ada lounge atau waiting room buat orang nunggu juga ternyata. Tempat nunggunya adem pake AC, ada sofa-sofa, cocok buat orangtua yang nungguin anaknya main. Ini tempatnya tersembunyi banget sih di bawah tangga keluar Flying Dinosaur, deket pintu keluar. Nah karena sebelumnya gue nemu tempat tersembunyi ini dan kebetulan ada wastafel juga, gue sekalian tanya boleh numpang shalat atau ngga. Susah banget komunikasi sama mereka karena mereka ngga ngerti konsep Moslem Prayer, even Pray itself. Karena emang di Jepang banyak penduduknya yang ga beragama. Tapi mereka tetep responsif banget ngebantu dengan cari orang yang ngerti kami ngomong apa. Setelah mereka nangkep maksud gue, kami pun langsung diperbolehkan untuk shalat disini. Jujur nyaman banget karena tempatnya sepi, proper, dan ngga perlu jauh-jauh ke toilet. Yang penting wudhunya jangan becek aja. Karena orang-orang Jepang anti banget sama lantai basah


Finally makan makanan Jepang dengan proper!! Halal pula. Dan langsung kalapp haha. Baca ceritanya disini. FYI selama disana kebanyakan gue makan bekel yang disiapin tante. Pertama kalinya nih gue jalan-jalan ke luar negeri bawa bekel dari Indonesia. Meski repot dan penasaran pengen nyobain makanan lokal sana, tapi lumayan save budget banget jadi uangnya bisa dialokasiin buat yang lain. Bahkan uangnya cukup buat beli tiket Disney dadakan dan belanja oleh-oleh :)

Halal Taiyaki. Bestttt <3

Trying to look nice under the sunny and very hot weather. FYI ini hidden gem di Osaka Castle. Kalo mau ke Osaka Castle saran gue lewat jalan belakang aja karena sepi dan pemandangannya bagus banget! Sepanjang jalan rasanya kayak menemukan hidden gem gitu. Pas balik dari Osaka Castle gue lewat jalan depan, ternyata jauh banget, panas, rame, dan pemandangannya ga sebagus di belakang. Untung udah sempet foto-foto

Namba Dotonburi. Gue akan dengan senang hati kalo disuruh seharian disini aja. Buat gue yang ga terlalu suka belanja aja happy banget disini. Gue mau deh seharian kelilingin ini, liat-liat toko, dan belanja-belanja disini. Saran gue, kalian kalo mau shopping atau jastip langsung sekaligus disini aja, jadi di tempat lain bisa fokus jalan-jalan tanpa perlu bawa tentengan belanjaan.

Mandatory photo with the famous Glicoman

LUSH! Di toko ini, semua karyawannya responsif banget. Sangat-sangat melayani dan product knowledge-nya bagus banget. Mereka ngga segan kasih tester sebanyak gitu, generous banget (dan somewhat bikin ga enak kalo ga beli). Ini ceritanya gue dikasih coba salah satu masker. Mereka olesin maskernya, terus masker itu didiemin 10 menit sambil kita keliling-keliling. Abis itu mereka cuciin tangan kita pake air hangat terus dilapin sampe kering. Bahkan mereka nawarin untuk coba masker jenis lain juga. Kita bisa coba bath bomb juga loh. Gue sampe mikir mereka ga rugi apa kalo setiap customer dikasih coba segitu banyak?? Intinya mereka nyediain experience sih buat pelanggan

Reunited with Disney :") I come back home. Dulu pernah dioleh-olehin mama souvenir-souvenir 25th Anniversary Disney Jepang, dan pas gue kesana lagi 35th Anniversary :") Tapi kok gue ga kepikiran beli souvenir sama sekali ya.... Fokusnya jalan-jalan aja. Pas udah pulang baru kepikiran kenapa ga beli Disney stuff sama sekali :")

PETA! Yap, disini ada peta dalam Bahasa Indonesia juga. Oh ya, di depan Disney Sea ini, di management office deket globe kita bisa numpang shalat loh. Agak jauh sih emang harus keluar Disney Sea dulu tapi tempatnya nyaman banget! Begitu masuk management office mereka langsung tau kalo kita mau shalat dan langsung ngajak masuk ke salah satu ruang meeting yang luas. Mereka mempersilakan kita untuk shalat disana. Gue seneng banget sih sama servisnya mereka. Meskipun bukan negara muslim tapi mereka nggak segan nyediain tempat untuk beribadah. Would be great kalo suatu saat mereka nyediain tempat shalat atau tempat ibadah juga :)

Happiest place under the sea

Every corner & details are too cute

Jalan-jalan malam di Shibuya. Mencari apapun yang masih buka, karena udah jam 10 malem. Dan disini pertama kalinya ketemu pengemis yang nyamperin minta-minta

Sebuah foto bocah setelah mendapatkan apa yang diincar. Setelah perjuangan lari-lari dari Disney Sea demi ngejar toko yang mau tutup. Baca ceritanya disini.

Hasil perburuan snack Jepang. My very own First Aid kit. Hanya dikeluarkan di kondisi darurat, penyelamat di saat stres dan mager beli cemilan keluar kantor.

Sekian dulu photo story kali ini. Ok, nice word photo story. I found myself enjoy writing this. Instead of travel blog yang cerita detail itinerary, tips and trick, ternyata cerita kayak gini lebih effortless, fun, dan relieving buat gue. Berhasil jadi medium katarsis sekaligus nostalgia. Semoga ga hanya menyenangkan untuk gue yang nulis, tapi juga untuk kalian yang baca ya :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Haloo, mbak Dyani 😃
    Apa kabar? Semoga lancar terus kuliahnya

    Aku Anin, yang dulu pernah comment di artikel mbak Dyani yg japan adventure bag 1.

    Lama gak baca blog mbak Dyani, eh ternyata pas aku baca artikel pertama, isinya tentang throwback liburan ke Jepang. Menyenangkan sekali isinya 😀❤. Rasanya, aku jadi pengen

    Memang bener, berkunjung ke Jepang gak pernah bikin bosen. Rasanya pengen ke sana lagi. Dari orang sana, bener2 belajar ttg gimana mempertahankan nilai2 tradisi di tengah modernisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Aniin. Kabar baik Alhamdulillah. Mbak Anin sendiri gimana? Lagi sibuk apa kah?

      Hihi iya niih lagi butuh escape sebentar dari rutinitas, terus kangen Jepang jadilah tulisan ini :D Makasih banyak ya mbaak udah rajin mampir kesini ❤

      Delete
  2. Maaf nih baru bales, dari kemarin2 belum sempat buka.. alhamdulillah baik juga 😊. Aku sekarang lagi sibuk cari pekerjaan sama proyek2 assesmen sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh semangat mbak cari kerjanyaa! Insya Allah dapet yang terbaik di waktu yang tepat juga

      Delete