life

Japan Adventure Part 1

July 17, 2018

Banyaknya tiket promo ke Jepang emang bikin ngiler. Sejak Air Asia buka rute direct flight ke Jepang dengan harga murah, gue langsung cari temen buat liburan ke Jepang. Sayangnya, gue ga nemu temen dari sekian banyak orang yang gue ajakin :( Saking niatnya harus liburan tengah tahun ini, gue sempet kepikiran buat join open trip. Tapi masih ragu takut nggak cocok sedangkan biaya untuk liburan ke Jepang itu nggak murah. Sayang aja kalo udah ngeluarin uang banyak tapi nggak enjoy liburannya.

Bulan-bulan berlalu sampe gue mencoret Jepang dari list destinasi liburan saking nggak nemu temen yang mau nemenin kesana. Menjelang lebaran tiba-tiba dapet kabar kalo keluarga om tante mau liburan ke Jepang! Setelah keluarga diskusi, akhirnya sepakat lah kalo gue dan adek gue Irdan nebeng mereka liburan. Ini pertama kalinya gue liburan keluar negeri tanpa orangtua dan juga nebeng keluarga orang.

Disini gue ga akan cerita gue kemana aja dan ngejabarin detil perjalanan seperti post Turkey Trip. Gue cuma pengen cerita pengalaman-pengalaman unik apa yang gue alami selama persiapan dan terutama pas disana.

Post ini sengaja gue namakan Japan Adventure rather than Japan Trip, because the title tells them all. Ini bener-bener petualangan sih asli. This is more than just a vacation. 

And the story begins here..

Preparation
Kayaknya ini liburan terminim preparation karena emang waktunya mepet banget. Gue baru beli tiket 2 minggu sebelum keberangkatan dan belom nyiapin apa-apa, sampe semua orang yang tau kaget waktunya semepet itu. Beberapa orang yang sempet gue ajak ke Jepang mikirnya gue udah prepare ini dari jauh-jauh hari, but no, gue baru nyiapin trip ini 2 minggu sebelum keberangkatan.

Apalagi waktu itu libur lebaran jadi ngga bisa ngurus visa. Untungnya, ngurus visa Jepang itu ngga ribet dan cepet banget! Harusnya 5 hari, tapi 4 hari gue udah jadi. Ini pertama kalinya juga gue ngurus visa sendiri. Sempet deg-degan visa ngga keluar atau selesainya ngaret, tapi Alhamdulillah semuanya lancar.

Gue pun nyicil bikin itinerary dan beli-beli tiket advance kayak JR Pass dan Universal Studios. Nyiapin itinerary ternyata ga semudah yang dibayangkan karena bener-bener ga ngerti daerah sana. Ditambah gue sambil kerja juga jadi baru bisa ngurus-ngurus gitu after office hour. Challenge-nya adalah gue ngurus ini sendiri karena keluarga om tante lagi sibuk ngurusin beberapa hal lain dan bener-bener ga kepegang untuk ngurus ini.

Yang juga bikin deg-degan adalah visa om baru jadi H-1 keberangkatan. Alhasil JR Pass-nya juga baru bisa jadi setelah itu. Untung Alhamdulillah dapet vendor yang responsif dan servisnya bagus, jadi dia mau nungguin dan ngerjainnya cepet. Setelah jadi langsung dikirim pake Gojek. Gue sempet deg-degan sih karena belinya lewat Tokopedia, bukan website resmi gitu. Beli tiket USJ juga lewat Tokopedia. Kalo sampe JR Pass dan USJ ini ga bisa dipake pas disana, mati lah gue, mana beliin punya keluarga orang juga. Tapi ternyata selama disana bisa dipake tanpa masalah sama sekali. So, jangan lupa cari trusted seller & baca review-reviewnya ya!

Hari Keberangkatan
Kami berangkat naik Philippine Airlines dari Soekarno-Hatta. Keluarga om agak lama nyampenya karena ternyata koper jebol! Alhasil barang-barang yang udah dipacking harus dikeluarin dan dipindahin ke koper lain. Plus nyari pinjeman koper.

Terus pas ngelewatin X-Ray di bandara, koper pinjeman itu harus dibuka karena ada powerbank di dalemnya. Ternyata powerbank harus ditaro di cabin, ngga boleh masuk bagasi. Sayangnya, kunci kopernya rusak dan susah banget ngebukanya. Setelah 5 menitan berkutat dengan kunci koper, akhirnya koper bisa dibuka.

Day 1
Sesampainya di Haneda Int'l Airport, gue buka koper dong ngambil JR Pass. Pas lagi buka koper, tiba-tiba anjing petugas nyamperin koper si tante sambil ngendus-ngendus. Ternyata dia nyium bau rendang!! Oh God. Dia se-nggak-mau-pergi itu. Alhasil dicek lah koper si tante.

Kopernya koper yang bermasalah lagi, jadi bukanya setengah mati :"") Saking ga bisa dibukanya, akhirnya kuncinya dipatahin pake stang. Nah disitu diambil lah rendangnya. Dengan sangat berat hati, rendang 2 kg itu disita petugas. Anehnya, daging-dagingan lain kayak sosis dan kornet ngga diambil. Emang petugasnya udah ngerti deh mana yang enak dan yang engga. Meanwhile di meja petugas juga ada beberapa orang lain yang bahan-bahan makanannya disita. Mostly daging-dagingan, tapi ada juga cabe entah berapa kilo. Menang banyak ini sih petugasnya. Met mam rendang lezat dari Payakumbuh ya.

Tips buat kalian yang mau bawa rendang atau daging-dagingan berbau tajam, bungkus itu serapet-rapetnya kayak kalian bawa durian supaya baunya ngga terdeteksi anjing pelacak. Kalo perlu di-vacuum deh. Temen si tante ada yang coba praktekin ini dan lolos. Terus ga usah lama-lama di tempat ngambil koper supaya ga disamperin anjing. Abis dapet koper langsung keluar aja. Mungkin kalo kita ngga diem lama di tempat ambil koper, si anjing ga akan nyamperin kita.

Day 2
Hari ini kami keliling Tokyo. Karena ngga pake tur, semua nyari rute sendiri. Naik kereta dan jalan kaki bermodal Google Maps. Tapi yang namanya GMaps kadang suka ngaco ya, dibawalah kami muter-muter pas lagi nyari mesjid. Dari Shibuya yang rame parah, kami jalan menuju perumahan, terus mulai ke pinggir sampe bener-bener ngelewatin jalan antah berantah yang sepi, ngga ada bus atau kereta, pejalan kaki juga jarang banget. Ada kali jalan hampir sejam. Parah sih rutenya, literally capek banget. Tapi jadi liat perumahan dan sisi lain Jepang. Sampe mesjid Tokyo Camii, baru keliatan kalo deket situ ada kereta -_____-

Setelah selesai dari masjid, kami mau cari tempat makan. Sebenernya kami udah bawa bekel, cuma perlu tempat buat makan kayak taman atau bangku kosong gitu. Begitu keluar masjid, ada seorang ibu-ibu berjilbab lewat. Ternyata beliau orang Indonesia! Si tante pun nanya tempat makan deket situ dimana.

Awalnya beliau ngasih tau kalo di deket situ ada restoran halal, makanan Pakistan. Terus setelah berpikir, ibu itu bilang, "Oh, gini aja. Kalian belok kesana, disana ada sekolahan. Disana abis ada acara dan ada banyak makanan. Kalian dateng aja kesana bilang tamunya Bu X."

Kami bengong seketika. "Engga bu kita udah bawa makanan, kita cuma butuh tempat buat makan."

"Engga gapapa. Kalian makan disana aja ada banyak makanan."

Kami bingung sambil menolak tapi si ibu tetep nyuruh kesana, sampai...

"Nak, sini! (Manggil anak kecil yang ada disana) Tolong anterin mereka ke sekolah. Bilang aja tamunya Bu X." Seusai ngomong gitu si ibu pun berjalan menjauh sambil seraya berkata, "Saya kepala sekolahnya."

Belum selesai mencerna apa yang baru aja terjadi, kami pun jalan ngikutin anak kecil itu sambil bengong kebingungan.

Jalannya deket, ga sampe 5 menit udah sampe. Sekolahnya kecil ternyata, dan suasananya sepi seperti ngga ada orang. Ini pertama kalinya (dan mungkin terakhir kalinya) gue masuk ke sekolahan di luar negeri. Kami pun langsung diajak naik ke lantai 2. Si anak ngetok pintu sebuah ruangan, lalu keluar lah ibu-ibu berhijab yang juga orang Indonesia. Sambil anak itu jelasin, gue ngintip ke dalem dan ternyata di dalem rame banget! Segan banget sumpahh.

Seusai anak itu menjelaskan, si ibu-ibu itu langsung dengan semangatnya ngajak kami masuk. Tentu aja kami nolak, kami jelasin kalo kami cuma butuh tempat buat duduk dan makan. Tapi si ibu ngajak-ngajak terus, bilang di dalem ada banyak makanan, ada tekwan, nasi kuning, dll. Bahkan si ibu bilang sekalian silaturahmi. Padahal siapa lah kami :")

Karena kami ngga masuk-masuk, ibu-ibu yang di dalem mulai manggil-manggil juga ngajak masuk. Setelah adegan menolak-ngga-enak dan memaksa-ngajak-masuk-buat-makan-bareng, akhirnya masuk lah kami ke ruangan itu dengan malu-malu. Masha Allah, dalemnya rame ibu-ibu berhijab dan anak-anaknya. Ternyata itu adalah sekolah internasional untuk muslim, dan abis ada pengajian untuk ibu-ibu Indonesia yang merupakan orangtua murid disana.

Kami pun mulai ngambil makanan yang berlimpah disana. Parah, enak-enak banget makanannyaa. Dan itu dimasak sendiri sama ibu-ibunya. Seneng banget sih bisa nyoba masakan "tangan" orang sana, enak, halal, dan gratis lagi. Awalnya malu-malu, ujungnya nambah :"D

Porsi pertama formalitas ambil secuil aja dulu

Seusai dari situ juga kami sempet dianter ke stasiun sama salah satu ibu-ibu. Beliau juga langsung nawarin diri buat dikontak kalo ada yang mau ke Jepang atau misalnya kami mengalami kesulitan disana. Gue pun tukeran LINE sama beliau. Masha Allah. Kejadian ini super duper langka dan kayaknya ga akan terjadi 2x deh di hidup gue.




Day 3
Nah ini nih, kejadian paling heboh selama di Jepang. Sore-sore sehabis dari masjid di Kyoto, pas lagi pake sepatu di luar masjid ada seorang laki-laki bersepeda dateng ke arah kami. Ternyata dia mau ke toko yang ada di sebelah masjid. Sayangnya, toko itu udah tutup dari kami dateng. Sambil pake sepatu, basa-basi lah kami sama cowok itu. Sekalian kami nanya rute buat ke Gion.

Setelah dia jelasin, dia menawarkan diri buat nganterin ke halte bus terdekat disitu. Padahal kami udah ada Google Maps dan jalannya gampang banget sebenernya. Tapi karena dia keliatan niat banget mau nolong, yaudah kami jalan bareng dengan dia nuntun sepedanya.

Sepanjang jalan kami ngobrol macem-macem. Ternyata dia seorang muslim berkebangsaan Bangladesh yang udah lama menetap di Jepang. Psst, doi PhD bok. Padahal keliatannya masih muda.

Singkat cerita, karena udah jalan cukup jauh dan dia udah mau repot-repot bantu nyariin rute bus, gue bilang ke dia gapapa kalo dia mau duluan, siapa tau ada urusan lain (Karena kan awalnya dia mau beli sesuatu di toko). Nah sebelum pergi dia ngasih kartu nama, bahkan ngasih LINE-nya karena di kartu nama itu cuma ada nomor kantor (Yang ternyata Kyoto University). Dia bilang kalo ada apa-apa hubungin dia aja. Kyoto itu kota kecil, jadi mungkin dia bisa samperin kalo ada apa-apa.

IG Story by my cousin

Well, thanks banget loh atas niat baiknya. Tapi kayaknya kita hanya akan sampai tukeran LINE dan kartu nama aja karena gue cuma sehari di Kyoto dan malemnya langsung cabut ke Osaka. What would happen sih dalam beberapa jam?

But I was totally wrong.. Kami pun ngelanjutin perjalanan dan sekitar sejam kemudian dia nge-LINE nanya apakah kami berhasil sampe ke Gion tanpa ada masalah. Karena masih jalan-jalan dan lagi agak ribet, gue diemin dulu tuh LINE-nya, belum gue read.

Nah pas lagi jalan itu, baru inget kalo penitipan koper di stasiun Kyoto ngga buka 24 jam. Seinget gue cuma sampe jam 21.00 dan itu udah jam setengah 8an. Yaudah setelah buru-buru, mempercepat jalan, kami pun sampe di stasiun Kyoto jam 20.40 buat ngambil semua koper. But you know what? TEMPAT PENITIPAN KOPERNYA UDAH TUTUP. Pintu besi udah diturunin, dan disitu ditulis 9.00-20.00. Mati.

Kami coba ngetok-ngetok pintu besinya, tapi ngga ada jawaban. Di karcis penitipan yang berbahasa Jepang itu ada nomor teleponnya, tapi kami ngga punya simcard Jepang untuk hubungin. Gue sempet bilang coba aja telp (Gapapa roaming), siapa tau bisa. Tapi takutnya itu nomor kantor dan ga ada yang angkat karena udah lewat jam operasionalnya. Sempet kepikiran ide gila juga buat pinjem HP orang yang lewat, tapi langsung berpikir sape elu pinjem-pinjem??

Kemudian tercetuslah si tante bilang, "Coba hubungin cowok tadi aja."

Kemudian gue inget kalo ada LINE dari cowok itu yang belum dibales. Dengan rada ga tau malunya, gue langsung bales dengan sedikit basa-basi dan langsung bilang, "Sorry to disturb you. We got some trouble." Gue ceritain apa yang terjadi dan gue fotoin karcis serta pintu besi yang berbahasa Jepang itu, gue kirim fotonya ke dia sambil nanya, "Do you have any idea how we could get our baggage tonight? Or we have to come back tomorrow?", Dia bales, "Sadly yes, you have to come back tomorrow to pick them up."

"Or if you want I can give them a call."

Dengan sopan gue pun bilang boleh kalo ga ngerepotin. Jujur ngga enak tapi kayak mau gimana lagi :"

Menurut gue masih bisa diusahakan untuk dapetin koper malem itu. Tapi juga ada sedikit rasa pesimis karena orang Jepang strict soal waktu. Gue mikirnya jam 8 teng itu petugas-petugasnya langsung balik.

Saat itu keadaan udah ga kondusif. Semua panik dan capek. Masalahnya itu udah jam 9 malem, kita belom check in hotel di Osaka, dan besok paginya jadwal ke USJ. Kalo besoknya city tour Osaka sih gapapa kita bisa balik lagi besok pagi. Tapi ke USJ harus dari pagi jadi susah kalo balik ambil koper besok pagi. Plus tiket USJ ada di koper :"" Hotel Osaka juga harus segera dikonfirmasi supaya bookingannya ga dicancel.

Di situasi yang udah serba panik dan rush banget, kami mencapai keputusan kalo malem itu kita check in aja di hotel Osaka dan besok pagi-pagi banget sebelum counter buka, kita udah sampe di tempat itu untuk ambil koper, balik ke hotel Osaka, baru ke USJ.

Yaudah deh kami jalan menuju Shinkansen ke Osaka. Begitu naik Shinkansen dan pintu ketutup, gue buka hp. Ternyata ada LINE dari cowok itu. Dia bilang dia udah nelepon AND THEY WILL MAKE AN EXCEPTION FOR US. Mereka mau nungguin kami, dan KAMI DISURUH AMBIL KOPER SAAT ITU JUGA.

Unfortunately, there's no way going back karena begitu pintu ditutup Shinkansen langsung jalan.

Sepanjang jalan, kami ngga mengacuhkan norma bahwa di Shinkansen ngga boleh berisik dan harus jaga ketenangan. Kami cuma punya waktu 15 menit untuk diskusi dan memutuskan apa yang harus dilakukan.

Opsi 1 (Optimis, mereka pasti nungguin kita): Semua balik ke Kyoto buat ambil koper
Opsi 2 (Realistis, 50:50 antara dapet dan ngga): Bagi 2, satunya check in hotel satunya balik ambil koper
Opsi 3 (Pesimis, mereka ga akan sabar nungguin kita): Semua check in ke hotel aja ambil kopernya besok pagi

Ini pilihan sulit karena sepanjang jalan si cowok itu terus nanya kami udah dimana dan jam berapa bisa balik, karena petugas penitipan kopernya udah mulai kesel. Ini gambling banget karena orang Jepang itu strict sama waktu, takutnya kita udah capek-capek ngejar balik tapi karena kelamaan, keburu petugasnya pulang.

Setelah diskusi rada heboh di Shinkansen, kami memutuskan untuk semua balik ke Kyoto buat ambil koper. Apapun hasilnya nanti, bisa atau engga, yang penting kita udah usaha maksimal. Lebih baik usaha tapi gagal daripada engga nyoba sesuatu yang masih bisa diusahain.

Begitu Shinkansen sampe di Shin Osaka, kami langsung buru-buru turun. Berhubung kita ngga tau kereta balik ke Kyoto itu ada di peron berapa, begitu liat orang berseragam (yang gue asumsikan petugas kereta) gue langsung lari ngejar dia dan nanya. Thank God dia bisa Bahasa Inggris! Gue sebersyukur itu dia bisa Bahasa Inggris dan bawa jadwal kereta. Karena banyak juga petugas di stasiun yang ga bisa Bahasa Inggris. Beberapa kali kami ditolak secara ngga enak begitu nanya pake Bahasa Inggris. Untungnya yang ini bisa.

Kami pun langsung lari ke peron yang disebutkan. Begitu masuk ke kereta, diumumkan bahwa kereta itu tujuannya ke Nagoya. Sempet panik juga tuh takut salah jurusan. Maka inisiatif bertanya pun harus dikeluarkan. Gue nanya ke 2 penumpang yang berbeda, memastikan bahwa kereta itu berenti di Kyoto.

Setelah yakin, gue duduk dan berharap kereta itu cepetan jalan. Ibarat printer yang error pas kita lagi buru-buru ngeprint, nah Shinkansen ini juga lama banget kagak jalan-jalan. Gue googling lah jadwalnya, ternyata ada significant delay. Rasanya itu 10 menit terlama dalam hidup gue nunggu kereta jalan.

Begitu kereta jalan, gue langsung ngabarin si cowok Bangladesh itu dan minta tolong dia sampein ke petugas bahwa kami udah otw balik. Tapi LINE gue ga di-read. Di perjalanan itu juga si om coba hubungin pihak hotel Osaka untuk konfirmasi bahwa kami jadi dateng malem itu, but a bit late. Thankfully pihak hotel mau nunggu sampe jam 12 malem.

Begitu sampe di Kyoto, waktu udah menunjukkan pukul 9.37. Kami langsung laaaari. Dari awalnya jalan cepet, setengah lari, sampe lari sekenceng-kencengnya sampe ngos-ngosan dan ga kuat lari lagi. Untungnya kali ini ga pake nyasar (Karena kami sering banget nyasar) dan udah tau harus keluar di gate mana. Karena kalo salah gate, hm babay muternya jauh bet.

Di tengah lari-larian itu, gue coba ngabarin si cowok itu siapa tau dia bisa ngabarin petugas. Typo bodo amat deh. Dan di saat lari-lari, sepupu gue juga sempet-sempetnya ngevideoin coba haha. Kalo kalian pernah nonton Uang Kaget, nah lari-larinya persis kayak gitu. Lari sambil celingak-celinguk.

Dan di tengah lari-lari pikiran gue juga sambil berefleksi. Disitu gue merasa bersyukur banget dengan kemampuan berbahasa Inggris, dengan kaki yang mampu berlari kencang, dengan tenaga dan stamina yang kuat, dan keberanian untuk bertanya. Jujur bener-bener merasa bersyukur dikasih itu semua sama Allah. Karena tanpa salah satunya, ini semua ga akan terjadi.

Full videonya bisa diliat lewat laptop/PC


Sampe di depan counter penitipan kopernya, pintu besi masih tertutup rapat. Si cowok itu bales kalo petugas udah ga ngangkat telpnya lagi. Apakah ini pertanda kalo mereka udah pulang....?

Kami coba ngetok-ngetok sampe agak gedor, sampe diliatin orang-orang yang lewat, tapi ngga ada jawaban. Tapi di salah satu jendela atas, secara kabur keliatan kalo lampunya itu nyala. Sementara anak-anak terus ngetok pintu besi itu, gue dan tante pun coba masuk ke dalem stasiun, nyari siapa tau ada pintu khusus staf. Sayangnya kami ga menemukan.

Gue dan tante pun keluar lagi dan anggota keluarga lain udah ga ada di depan pintu. Secercah harapan bahwa mereka udah nemuin pintu lain. DAN TERNYATA BENERRRR. Gue dan tante jalan sedikit ke belakang dan menemukan mereka disitu udah dengan koper-koper kami :"""")

Ternyata di belakang counter ini ada pintu khusus petugas dan masih nyala terang-benderang dong. Petugasnya pun masih banyak. Kayaknya sih untuk customer emang cuma sampe jam 8 tapi mereka sendiri masih beroperasi sampe jam 10. Yang kami ga nyangkanya, mau kami ketok-ketok dan gedor-gedor kayak gimana, mereka sama sekali ga mau bukain. Tutup untuk customer ya tutup.

Petugas pun ngomel ngasih tau bahwa harusnya cuma sampe jam 8. Mereka langsung ngasih koper kami tanpa mau peduli alesan kita apa. No need to explain, just take the baggage.

Itu yang namanya lega, lega bangeet ya Allah. Gue dan tante bener-bener langsung pelukan, heboh sendiri sampe diliatin orang-orang, dan langsung beli minum di vending machine. Belom makan, belom minum, yang penting koper balik.

Sepanjang jalan ke Osaka kami cuma bisa ketawa, ngetawain kejadian itu, sambil masih berusaha mencerna apa yang barusan terjadi. Semua terjadi begitu cepet tanpa sempet kami cerna.

Ngga lupa ucapan terima kasih bertubi-tubi kami sampein ke cowok Bangladesh itu. Ngga ngerti kalo ga ada dia nasib kami gimana. Mungkin dalam hati dia cuma bisa geleng-geleng ngeliat tingkah laku kami yang clumsy. Dibilang mau ditelponin petugasnya malah naik Shinkansen ke Osaka. Wkwk.

Ini baru hari ketiga dan setiap harinya ada aja kejadian heboh. Gue cuma bisa berharap hari-hari berikutnya ngga ada kejadian aneh.. Gue cuma berharap bisa liburan dengan normal.....

(To be continued on the next post)

You Might Also Like

0 comments