life

Turkey Trip Part 1

February 11, 2017

Merhaba!

Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman liburan ke Turki selama kurang lebih 8 hari. Sebenernya gue ga pernah ngepost tentang pengalaman trip karena bukan aliran travel blogger. Pernah coba bikin post tentang Thailand trip tahun 2013, udah hampir jadi tuh udah panjang banget nulisnya, tapi karena mager nyelesaiin, sampe sekarang hanya ngendon di draft.

Kali ini gue mencoba melawan kemageran nulis karena my last Turkey trip was amazing. Banyak pengalaman baru yang sulit ditemui di tempat lain. Terlalu sayang kalo lewat begitu aja. Ditambah Turki ini belum terlalu populer di kalangan anak muda, jadi mau sedikit sharing tentang keindahan Turki. And thanks to Via yang request untuk bikin tulisan ini, karena mungkin gue ga akan tergerak untuk mikir mau nulis atau ngga hehe. Gue akan coba cerita dari mulai objek-objek yang gue kunjungi, makanan, dan juga kebudayaannya.

Gue ga akan cerita terlalu detil sih karena pasti akan paaaanjang banget tulisannya. Apalagi gue dapet banyak info dari tour guide-nya mulai dari info general, sejarah, kebiasaan-kebiasaan orang-orang sana, dll. Enaknya ada tour guide gitu, banyak menambah wawasan nggak hanya ngunjungin objek terus foto-foto doang. Dan bagusnya objek wisata disana, banyak yang nyediain semacam audio tour guide gitu. Jadi kita bisa nyewa earphone beserta rekamannya, nanti tinggal di-play sembari kita ngeliat objeknya.

***

Gue dan keluarga pergi ke Turki pake tour dari ESQ. Iya, ESQ 165 yang suka ngadain training-training itu. Sekarang lini bisnis mereka udah macem-macem, salah satunya tur umum yang bukan haji dan umroh. Tapi yang mereka tawarkan adalah Halal Tour, bukan Muslim Tour loh ya. Bedanya apa? Kalo Halal Tour itu makanan-makanannya halal dan juga memperhatikan waktu shalat, sedangkan kalo Muslim Tour itu objek-objek yang dikunjungi adalah objek islami.

Halal Tour ini berguna banget sih kalo mau ke negara-negara mayoritas non-muslim dan yang susah cari makanan halal. Misalnya ke Jepang, Cina, Korea gitu. Lalu kenapa keluarga gue milih ESQ untuk tur ke Turki? Jadi awalnya ortu pengen perginya Petra Tour yang ke Israel, Yerussalem, Jordan, dll dan salah satu yang punya paketnya itu adalah ESQ. Tapi karena gue dan adek engga mau, jadinya pilih destinasi lain dan yaudah biar gampang tetep pake ESQ aja.

Paket trip ke Turki ini tulisannya 10D Best of Turkey, tapi pada kenyataannya hanya efektif 8 hari karena 2 harinya dipake buat PP Jkt-Turki lewat Doha. Selama 8 hari ini, kami mengelilingi beberapa kota di Turki. Jadi hampir setiap hari check-in check-out hotel yang berbeda. Cuma sekali kami stay 2 malam di 1 tempat. Kurang lebih begini rutenya: Istanbul → Bursa → Uludag → Izmir → Ephesus → Pamukkale → Konya → Cappadocia → Ankara → Bolu → Istanbul.

Setiap hari kami jalan pindah-pindah kota. Jadi pagi di kota mana, siang dimana, malam dimana. Bahkan ada beberapa yang numpang tidur doang kayak di Bursa, Izmir, dan Bolu. Rata-rata dari satu kota ke kota lain itu makan waktu kurang lebih 3 jam kalo naik bus. Untung di bus dan hotel ada wifi gratis hehe.

Tour guide kami kali ini namanya Erdem. Dia orang lokal Turki tapi udah fasih bahasa Indonesia dan pernah beberapa kali ke Indo juga. And hats off to our driver, mr. Åžaban, yang strong banget nyetir berjam-jam sepanjang hari selama 8 hari *big applause*.

Bursa
Hari pertama, sampai di Istanbul kita langsung menuju Bursa. Jadi nggak jalan-jalan dulu di Istanbul. Di Bursa pun kami baru jalan-jalan di hari kedua karena di hari pertama sampai Bursa udah malem. Tujuan pertama kami adalah masjid Uluçami (bacanya Ulujami).

FYI air mancurnya baru dinyalain sama bapaknya pas gue foto loh haha

Kalo lagi winter, objek wisata terkenal di Bursa itu adalah Uludag, tempat main ski yang ada di atas gunung. Jadi kalo mau kesana harus naik cable car dulu dan lumayan jauh, sekitar 10 menit untuk ke level pertama (buat foto-foto doang), dan kalo mau main ski masih naik lagi. Uniknya, ternyata disini nggak sedingin yang gue bayangin. Gue udah bener-bener full protection karena emang anaknya ga tahan dingin. Eh ternyata bisa lumayan tahan karena nggak ada angin.

Beda kamera beda hasil & tone :")

Ephesus
Ephesus ini adalah situs bersejarah yang dulunya merupakan sebuah kota. Sekarang Ephesus jadi objek wisata yang isinya sisa reruntuhan bangunan-bangunan zaman dulu. Ada yang masih asli, ada juga yang udah direkonstruksi. Pas gue kesini, ya Allah udaranya dingin BANGET! Lebih dingin daripada di Uludag. Itu kan siang-siang ya, silau sih matahari tapi anginnya itu loh. Gue sampe menggigil dan gemeteran (tapi kalo foto tetep behave :p). Jadi gue kalo lagi super kedinginan berusaha menatap matahari supaya kena cahaya panasnya. Karena antara menghadap matahari dan membelakangi matahari, beda dinginnya sesignifikan itu.

Terus ketika rombongan gue disana, ada bapak-bapak yang udah cukup berumur minta izin untuk ikutin rombongan kami untuk ambil foto. Beliau adalah tukang foto keliling. Jadi dia akan foto-fotoin kami, dan di pintu keluar nanti dia akan cetakin foto kami lalu dijual. Harganya cukup mahal sih. Selembar foto seharga TRY 10 yang kalau dikursin sekitar IDR 50rb. Tapi karena kasihan sama bapak-bapaknya, jadi tetep dibeli aja sama mamake.

Pamukkale / Hierapolis
Sama seperti Ephesus, Pamukkale ini juga dulunya sebuah kota. Tapi bedanya dengan Ephesus, disini udah hampir ga ada sisa-sisa bangunannya. Di Pamukkale, kami mengunjungi Cotton Castle yang sekarang jadi salah satu world heritage. Cotton Castle sendiri lebih dikenal untuk sumber mata air panasnya. Letaknya sendiri di atas gunung, ditutupi dengan salju-salju dan mineral. Disini banyak orang yang buka sepatu dan angkat celana untuk ngerendem kaki di air hangatnya, tapi gue engga karena mager hehe.

FYI Cotton Castle ini open gate cuma sampe jam 5 sore kalo ga salah. Dan waktu itu kami bener-bener sampe jam 5. Karena kalo udah malem juga ga ada apa-apa sih disini. Jadi emang bagusnya siang-siang gitu. Pas sore aja udah agak gelap.

Konya
Di Konya kami mengunjungi Mevlana museum. Dari parkiran bus jalan ke museumnya ternyata agak jauh dan itu super dingin kayak jalan di freezer. Di Mevlana museum, ada peninggalan-peninggalan Islam bahkan ada makam juga. Disini kalo mau masuk ke dalem museum, sepatunya harus dilapisin plastik. Plastiknya sendiri disediain kok.

Love the color & pattern <3

Selesai liat-liat di dalem museum, begitu keluar ternyata turun salju! Ternyata salju kalo lagi turun itu agak seperti hujan. Semakin lama semakin lebat dan angin semakin kenceng, gue pun buru-buru balik ke bus. Jalan semakin kayak di freezer.

Awal turun salju masih seneng & excited

Lagi buru-buru balik ke bus tapi numpang foto bentar. So damn coldddd (but keep smiling to the camera!)

Cappadocia / Kapadokya
Nah! Ini adalah salah satu objek yang paling gue tunggu-tunggu. Sejak pertama kali liat foto Kapadokya di Instagram temen gue, gue sepenasaran itu pengen kesana. Soooo beautiful. Kind of love at the first sight *ceilah*.

Kami sampai di Kapadokya malem. Bus kami ngelewatin jalan yang sempit, kayak muat cuma buat 1 bus. Kanan kirinya seperti bangunan-bangunan tua ga berpenghuni karena gelap, lampunya mati. Terus lagi mikir ini kok kayak kota mati, eh tau-tau sampe di hotel. Hotelnya sendiri dari luar tampak seperti itu. Kayak hotel tua. Ternyataa setelah masuk ke dalam, ini adalah cave hotel yang kayak gue liat-liat di internet! Awalnya gue pikir serem, tapi begitu berada di dalamnya ternyata indah banget.

Di Kapadokya ternyata emang banyak boutique hotel dengan tema cave hotel yang kecil-kecil gitu. Katanya sih cave hotel disini rata-rata dulunya rumah gitu. Jadi bukan kayak hotel bintang 5 dengan bangunan tinggi menjulang ke atas. Nah, tapi ini kasian nih buat pegawai hotelnya karena mereka harus secara manual angkut-angkut koper kami yang berat karena nggak ada lift.

Di hotel tempat gue nginep, tiap kamar ada tema warnanya. Jadi nama kamarnya itu bukan pake nomor tapi kayak Blue, Yellow, Red, dll. Kebetulan gue dapet kamar Blue yang gede banget ada ruang tamunya juga. Ternyata ini emang buat orang honeymoon :") Begitu buka pintu kamar, langsung ada bathtub doong.. haha. Udah insecure aja gue masa harus mandi disitu. Tapi ternyata begitu masuk ke dalem lagi ada kamar mandinya. Di kamar mandinya sendiri ada 2 shower (kan ceritanya buat orang honeymoon). Terus ada yang buat mandi Turki gitu. Jadi nanti orangnya tiduran terus dimandiin gitu.

I love the details of the room. Furniturnya bagus, warnanya biru turquoise. Tapi karena ini cave hotel jadi suka ada serpihan-serpihan batu dari dinding dan langit-langitnya. Kalo kita ngegoresin tangan di dinding, itu bakal ada serpihan-serpihan dari dindingnya. Kalo papa sama kakak dapetnya kamar biasa yang Red, jadi room size-nya kecil.

Sebenernya Kapadokya ini bukan sebuah kota, melainkan taman nasional. Di dalamnya sendiri ada beberapa objek wisata lagi, di antaranya Pigeon Valley, Camel Valley, Pasabag Valley, dan yang paling terkenal dari Kapadokya adalah hot air ballon alias balon udara. Ini belum termasuk toko-toko yang produksinya sendiri seperti toko karpet sutra dan jewelry. Di tempat ini kita bisa liat juga proses pembuatan produknya. Karena objeknya cukup banyak, kami nginep di Kapadokya selama 2 malem, Cuma di tempat ini yang kami nginep 2 malem, karena yang lain pasti semalem-semalem. Selain itu, alesan kenapa 2 malem adalah buat jaga-jaga kalo di hari pertama ga bisa naik balon udara. Karena kalo lagi winter cuaca disana ga menentu. Kalo terlalu kabut atau terlalu kenceng anginnya, nah balon ga bisa terbang tuh.

Di hari pertama kami disuruh kumpul pagi banget sekitar 6.45 supaya bisa naik balon udara pagi-pagi. Karena kalo agak siangan anginnya keburu kenceng. Ternyataa pagi itu cuaca tidak bersahabat. Kabut dan awan menyelimuti langit sehingga sangat sayang pagi itu kami ga bisa naik balon udara. Akhirnya kami jalan-jalan dulu ke objek lain.

Luar biasa ada unta di tengah salju gini

Habis makan siang, kami dikabarin kalo cuaca udah mendingan jadinya bisa naik balon udara. Kami pun langsung bergegas kesana. Sebenernya awalnya gue ga pengen naik balon udara, karena gue pikir cuma gitu doang terus lagi winter juga jadi pemandangannya ga terlalu bagus menurut gue. Udah gitu bayarnya mahal lagi, yaitu USD 250/orang. Gue pikir sayang bayar mahal tapi pemandangan yang didapet ga maksimal. Tapi karena hampir semua orang di rombongan berangkat, dan takut nyesel belakangan (karena kapan lagi kan), akhirnya gue ikut.

1 basket itu isinya 4 kotak yang masing-masing diisi 5 orang. Jadi totalnya 1 basket 20 orang plus pilotnya. Nah kita masuk ke dalam basket ketika balonnya udah mengembang. Gimana cara ngembangin balonnya? Pake tabung gas! Ada sekitar 4-6 tabung gas gede sebagai bahan bakar untuk nerbangin balonnya. Suara gasnya serem banget sumpah. Kenceng gitu. Takut tiba-tiba kebakar >.<

Begitu balonnya terbang, ngeliat ke bawah itu sensasinya sesuatu banget. Feels like surreal. Kalo liat sekeliling, banyak balon-balon lainnya yang juga udah mulai terbang. Ada juga yang masih persiapan. Hampir semua balon terbangnya barengan, karena ngejar cuaca yang mumpung bisa terbang. Pemandangannya indah, tapi sayang cuacanya nggak terlalu cerah jadi agak berkabut :( Akan jaaauh lebih bagus kalo pas lagi summer.

Balon naik, naik, dan naik sampai kita berada di kabut sampe ga bisa liat apa-apa. Ternyata itu bukan kabut, tapi awan. Semakin naik semakin naik, menembus awan, dan tibalah kami di langit biru cerah yang indah banget. Bisa ngeliat puncak gunung juga. Sumpah itu keren banget, apalagi kalo ada balon-balon lainnya. Tapi konsekuensinya udara jadi super dingin. Kaki bener-bener kerasa beku, ditambah angin yang lumayan menusuk.

Kami cukup lama di atas awan, menunggu balon-balon lainnya naik. Tapi ditunggu lama kok cuma ada 4 balon ya di atas. Ternyata oh ternyata, karena cuaca kurang bersahabat, pilot pada ga berani naik karena cukup berisiko. Yang berani naik itu yang pilotnya ada 2. Dan kebetulan kami beruntung dapet 2 pilot jadi bisa naik ke atas.

With our pilots

Ga berasa udah hampir 1 jam kami terbang, tibalah waktunya mendarat. Pilotnya jago! Mendarat smoothly tepat di bagian belakang mobil yang emang buat tempat mendarat. Setelah mendarat, kami disuguhi berbagai macam minuman panas dan juga kue. Sambil kami minum, pilotnya nawarin copy video dokumentasi kami tadi. Harganya TRY 50 untuk 1 CD. Bisa juga pake USB kalo bawa. Setelah itu kami dapet sertifikat yang menyatakan bahwa kami pernah naik balon udara haha.

Landed perfectly on point!

Pulang naik balon udara kami jalan-jalan lagi ke beberapa valley lalu kembali ke hotel untuk siap-siap dinner sambil nonton pertunjukkan seni tradisional Turki. Kami dinner di cave restaurant yang menampilkan pertunjukkan tari dan musik tradisional Turki. Mulai dari tarian sufi, sampai tarian ga tau apa yang muter-muter pake LED lights. Ada beberapa jenis tarian dan musik waktu itu. Dan semuanya bagus menurut gue. Tariannya, pakaiannya. Jadi pengen belajar nari gitu. Terakhir pertunjukkan ditutup dengan belly dance, sayangnya gue nggak nonton karena udah super ngantuk dan pusing jadi balik ke hotel duluan.

Selesai day 1 di Kapadokya. Keesokan harinya ketika kami bangun pagi dan keluar kamar, oh my God the sky was so clear. Langitnya cerah banget ga ada awan dan kabut sama sekali. Matahari mulai siap-siap terbit. Kami bisa liat sunrise. Yang gue rasain saat itu adalah nyesek banget sih. Kenapa cuaca cerah kayak gini ga kemaren aja pas pagi mau naik balon udara???? Hiks. Langsung kebayang betapa indahnya pasti kalo terbang pas langit lagi cerah gini. Tapi semakin dipikirin semakin nyesek. Jadi yaudah lah mo diapain lagi :"

Kami pun melanjutkan perjalanan ke Underground city of Saratli. Jadi kami masuk ke goa-goa tempat tinggal orang jaman dulu. Literally goa, bukan kayak cave hotel yang udah dipercantik.

Ankara
Buat yang belum tau, Ankara ini adalah ibu kotanya Turki. Jadi bukan Istanbul loh ibu kotanya. Meskipun demikian, Ankara ini biasa aja. Nggak rame kayak Jakarta. Karena emang biasa aja, Ankara ini bukan termasuk tujuan utama para turis. Jalanannya juga nggak ramai. Di Ankara, kami mengunjungi Ataturk museum. Ataturk itu adalah presiden pertama Turki dan sangat dihormati disana. Jadi museumnya ini memang seputar Ataturk, dari mulai pakaiannya, barang-barangnya, tapi ada juga rekan-rekannya Ataturk. Museumnya bagus dan sangat informatif, tapi karena keterbatasan waktu kami ga bisa lama-lama disana.

Nah pas kami kesana, pas banget lagi ada pergantian prajurit penjaga. Disana penjaganya kayak di London yang ga boleh gerak. Dan lucunya ada yang dimasukkin ke kotak kaca supaya ga kedinginan. Momen pergantian penjaga tersebut jadi pertunjukan tersendiri buat pengunjung, karena terjadi 1 jam sekali dan prosesinya ala militer gitu.

Rasanya pengen gangguin masnya

Istanbul
Akhirnya tiba juga kami di Istanbul, tujuan utama para turis kalo ke Turki. Menurut perkiraan cuaca, di Istanbul akan turun hujan jadi gue prepare pake raincoat dan juga bawa payung. Ternyata bener, di Istanbul ujan ketika kami sampai. Sayangnya bokap sama kakak ga bawa payung jadi payung gue pun dipinjemin ke mereka dan gue payungan berdua sama nyokap. Karena kami harus jalan cukup jauh dan ga begitu tercover, gue pun agak kebasahan dan lepek ga karuan.

Hujan waktu itu cukup merepotkan sih karena kami jalannya cukup jauh dan outdoor. Pertama kami ke Topkapi Palace, tapi ga lama karena ngejar waktu. Topkapi ini bagus banget. Pemandangannya, arsitekturnya, terus banyak peninggalan Islam kayak janggut nabi, pedang-pedang nabi dan sahabatnya, baju, Qur'an, dll. Sayangnya di dalem nggak boleh foto. Kami juga ga ngunjungin semua ruangan karena keterbatasan waktu.

Setelah itu kami ke Hagia Sophia (Aya Sofya) yang wajib dikunjungi kalo ke Istanbul. Hagia Sophia ini dulunya gereja, kemudian jadi masjid, kemudian jadi museum. Jadi uniknya di bagian depan itu ada lafadz Allah, Muhammad, dan di tengahnya ada lukisan bunda Maria. Waktu gue kesana, Hagia Sophia ini lagi dalam renovasi jadi agak terganggu ketika mau foto :(

Keluar dari Hagia Sophia ternyata ujan udah berenti. Alhamdulillah. Kami pun lanjut ke Blue Mosque yang letaknya di seberang Hagia Sophia. Blue mosque ini terbuka untuk visitors, tapi di jam-jam tertentu ditutup untuk visitors karena mau dipake untuk shalat jamaah. Waktu gue kesana mau shalat dzuhur, sempet ditanya apakah gue visitor atau mau shalat karena gue engga pake hijab. Mostly yang mau shalat disitu pada pake hijab. Mereka pun ngasih kain ke gue untuk nutupin rambut gitu, tapi gue bilang gue bawa mukena kok.

Setelah dari Blue Mosque, kami makan di atas kapal layar sambil melintasi Selat Bosphorus, selat yang membatasi antara benua Asia dan Eropa. Awalnya kami mau makan disini malem, tapi di-switch ke siang, dan ternyata emang enakan siang supaya bisa liat pemandangan sekelilingnya. Kalo malem paling lampu-lampu doang. Dan disini kami makan makanan Indonesia! Karena chef-nya adalah orang Indonesia yang udah lama tinggal di Turki.

Setelah itu kami ke museum Panorama 360 yang menyajikan cerita tentang jatuhnya Konstantinopel. Setelah diceritain sama Erdem, kami turun ke lantai bawah di mana ada lukisan 360 derajat yang menggambarkan suasana perang saat itu. Keren banget sih lukisannya detil dan kayak real ditambah ada suara-suaranya juga. Gue merinding sendiri ngebayangin suasana perang jaman dulu. Dimana secara manual tanpa alat-alat canggih, orang-orang itu menghancurkan benteng lawan, ngebunuh lawan menggunakan pedang dalam jarak dekat, kemudian orang luka-luka dan meninggal bertebaran dimana-mana. Merinding sekaligus salut dengan orang-orang jaman dulu yang berani maju ke medan perang.

Disini pun juga cuma sebentar karena ngejar waktu ke Grand Bazaar. Di Istanbul serba terbatas deh waktunya karena cuma sehari sedangkan objeknya banyak. Kalo Grand Bazaar, sesuai namanya ini adalah tempat shopping indoor yang cukup besar. Disini barangnya relatif lebih murah dan juga bisa nawar. Agak kayak di asemka lah tapi versi lebih luas dan bagusnya. Terus gue baru tau dari penjual kalo ternyata yang seneng shopping itu orang dari Indonesia, Malaysia, Arab, dan Timur Tengah, sedangkan dari Eropa gitu engga. Jadi mereka coba mempelajari bahasa-bahasa itu untuk sekedar bisa nyapa pengunjung. Sayang foto di Grand Bazaar kehapus kayaknya :(

Malam harinya kami makan di bawah jembatan Bosphorus. Pas Erdem berkali-kali ngomong kita mau makan ikan di bawah jembatan, gue rada bingung dan mikir kita akan makan makanan pinggiran dan ngemper gitu. Ternyata di bawah jembatan itu ada restoran-restoran dan pemandangannya langsung ke Selat Bosphorus. Lucunya, di atas jembatan, di pinggir jalan ada banyak orang mancing. Bahkan mereka sampe pake jas ujan karena gerimis. Lucu banget mancingnya dari ketinggian gitu. Karena kalo dari bawah jembatan nggak boleh, udah jadi wilayahnya restoran-restoran itu.

Selesai makan kami pun kembali ke hotel. Untuk menginap di malam terakhir kami di Turki.

***

(continue to the next post)