life

Japan Adventure Part 2

July 17, 2018

Setelah 3 hari penuh momen tak terduga di Jepang, Alhamdulillah di hari-hari berikutnya bisa liburan dengan tenang dan normal. Hari ke-4 sempet kesiangan ke USJ tapi ngga apa-apa, lebih penting istirahat dan bangun agak siangan setelah melewati tragedi Kyoto daripada tepar di USJ ya kan.

Day 6
Hari ini drama dimulai kembali.. Si adek dari semalem udah ribut pengen beli sepatu di salah satu toko. Sayangnya waktu kita bener-bener mepet. Hari ini full ke Tokyo DisneySea dan besok pagi abis check out hotel langsung ke bandara. No time for strolling around.

Bukan adek gue namanya kalo ngga maksa. Masalahnya adalah toko-toko disana sebentar banget bukanya. Buka jam 11, jam 9 udah tutup. Kalo disini kan 10 sampe 10 ya. Dengan segala cara dia berusaha mendapatkan sepatu itu, sampe tercetus 2 opsi:

Opsi 1: Besok pagi dateng ke toko sebelum toko buka, beli, langsung cus ke bandara. Risikonya telat sampe bandara karena waktunya mepet banget
Opsi 2: Pergi sore ini sendirian, beli, balik lagi ke DisneySea. Risikonya ngga nonton closing show dan risikonya terbesarnya adalah dia pergi sendiri. Karena kami semua pengen nonton closing show-nya DisneySea.

Setelah debat dan ngomel-ngomel, dengan kesel kami sepakat untuk ke toko itu besok pagi sebelum ke bandara. Tapi kami sambil googling juga siapa tau ada toko yang buka lebih pagi atau tutup lebih malem supaya kami bisa kesana malem ini.

Sayangnya, jam 11 itu adalah jam buka paling pagi. Malahan ada yang baru buka jam 12. Mayoritas toko juga tutup jam 9, bahkan ngga sedikit yang tutup jam 8. Cuma ada 1 toko di Shinjuku yang buka sampe jam 10 malem. Tapi kami ngga yakin juga bisa kesana karena closing show DisneySea baru mulai jam 8 dan pergi kesana butuh waktu kurang lebih 1 jam. Yaudah deh tuh nonton closing show jam 8.

Ternyata jam 8.27 udah selesai! Dengan impulsif si tante langsung ngajak ke toko sepatu itu. Optimis banget masih keburu. Mending kejar malem itu daripada besok rush ke bandara.

Akhirnya dari DisneySea kami langsung lari ke stasiun, melewati padatnya rombongan pengunjung yang berbondong-bondong keluar DisneySea. Alhamdulillah dapet kereta pertama, karena kalo sampe telat bisa lama dapet kereta lagi. As usual sepanjang jalan gue cari rute supaya begitu keluar kereta langsung tau harus kemana naik apa.

Dari DisneySea menuju Shinjuku cuma 1x transit kereta JR. Tapi siapa sangka "cuma"nya itu panjangnya melebihi jembatan busway Semanggi yang ga kelar-kelar. Dari 1 peron ke peron berikutnya butuh waktu 10 menit lebih kali. Itu kita bener-bener jalan cepet setengah lari, naik turun eskalator. Kalo kalian tau, di Tokyo itu orang-orang berdiri di sisi sebelah kiri eskalator dan sisi sebelah kanan dipake buat mereka yang mau jalan mendahului. Nah ini semua eskalator baik lurus maupun naik kita jabanin lewat sebelah kanan. Kebayang ga sih ngos-ngosannya kayak apa. Udah setengah lari terus nanjak tangga eskalator pula.

Kalo orang-orang Jepang jalannya itu cepet, nah kita lebih cepet lagi. Sampe udah capek, akhirnya di eskalator terakhir kita berdiri di sisi sebelah kiri karena udah ga kuat nanjak eskalator yang tinggi banget. Parah dah jauh banget itu transitnya. Ga kebayang deh kalo si adek pergi sendiri kesana dan harus balik lagi ke DisneySea. Belom kalo nyasar-nyasar.

Pintu keluar stasiun serasa cahaya di ujung lorong gelap. Seneng banget ketika akhirnya keluar stasiun dan melihat dunia luar. Dari stasiun udah tinggal jalan 7 menit. Saat itu udah jam 9.30. Optimis keburu dong. Tapi as usual perjalanan dibumbui nyasar -_- Mayan sih memakan waktu 5 menitan.

Setelah dapet rute yang bener, kami buru-buru jalan cepet lagi menuju toko tersebut dan akhirnya nyampe 15 menit sebelum toko tutup! Fiuhhhh lega banget toko masih buka dan terima customer. Karena pernah gue ke sebuah toko di Shibuya, jam 8 pas waktunya tutup mereka bener-bener langsung nutup tokonya dan menolak customer yang mau masuk. Makanya begitu nyampe dan masih ada sedikit waktu, leganya pake banget.

Ini aja udah rada kecepatan maksimal ga pake santai-santai. Kalo santai-santai fix ga keburu deh. Tapi biar gimanapun juga, mendingan lari-lari malem itu daripada lari-lari besok pagi plus bawa koper.

***

Liburan di Jepang kali ini lebih tepat disebut petualangan sih menurut gue. Banyak hal ga terduga terjadi, yang mungkin ga akan gue alami 2x. Pergi sama keluarga orang itu ada beberapa hal yang sama, banyak bedanya. Kalo pergi sama keluarga gue, mungkin hal-hal tersebut ngga akan terjadi karena semua bener-bener well-planned. Nah perjalanan kali ini bisa dibilang minim preparation karena kami semua sama-sama sibuk dan cuma punya waktu sedikit untuk nyiapin.

Tapi pengalaman ini seru sih, sesuatu yang memorable banget. Maybe this is the art of traveling without tour. Lewatin gang-gang kecil, ke tempat ngga populer atau antah berantah, lewatin rumah warga, dan kenalan-kenalan sama penduduk lokal sampe tukeran kontak, jadi salah satu highlight yang mungkin ga akan gue temui kalo pergi sama keluarga sendiri. Kenalan mulai dari ibu-ibu orangtua murid yang jadi penyelamat lapar, si mas Bangladesh yang jadi penyelamat koper, pelayan restoran muslim yang ganteng, sampe pelayan restoran yang ternyata anak Labschool.

Dan somehow liburan kali ini juga agak-agak perjalanan spiritual yang bikin berefleksi dan merasakan nikmat Tuhan. Ketika dapet kemudahan dan dibantu disana, bener-bener dalem otak terngiang "Maka nikmat Tuhan mana kah yang kamu dustakan?"

Selain pertolongan manusia, pertolongan Tuhan juga berasa banget disana. Selama gue liburan, kondisi dan cuaca Jepang itu lagi ngga baik. Gempa, typhoon, hujan besar, badai, sampai banjir bandang yang menewaskan banyak orang terjadi disana. Meskipun judulnya summer, hujan justru lagi banyak terjadi di berbagai daerah.

Pas ketemu ibu-ibu muslim di sekolahan, mereka ngasih tau kondisi banjir dan typhoon di sekitar Kyoto. Terus pas di salah satu toko ketemu keluarga Indonesia, mereka cerita kalo pas mereka ke Kyoto hujan besar ga bisa ngapa-ngapain dan akhirnya mereka balik ke Osaka. Pas mereka ke USJ Osaka pun disana ujan sampe mereka basah kuyup.

Gue coba googling lah berita soal hujan dan banjir itu. Di TV juga disiarin berita-berita soal banjir itu. Sumpah, serem banget banjirnya sampe menewaskan banyak orang. Gara-gara denger berita-berita itu dari berbagai sumber, kami sempet hampir ngga jadi ke Kyoto untuk menghindari hal-hal yang ga diinginkan.

Tapi pencarian informasi ga hanya sampe situ. Biar gimanapun gue belum denger langsung dari orang yang bener-bener ada di Kyoto. Hanya dari orang-orang yang kemarin ada disana atau yang sekarang lagi berada di kota deket Kyoto. Dengan super ngidenya gue keluarkan kemampuan riset yang gue banggakan haha. Yang bikin semua orang kaget dan geleng-geleng atas keniatan mencari informasi.

Gue buka Instagram, gue search location Arashiyama Bamboo Grove, terus gue liat IG story orang-orang yang lagi disana. Nampak cerah, hanya aja pas sore sempet gerimis dan terlihat orang-orang payungan plus pake jas ujan. Keliatannya sih ujan ringan aja. Penasaran, ide liar semakin menjadi. Gue DM orang-orang yang nge-post IG story itu dan gue tanya kondisi disana gimana. Gue ga tau dan ga kenal sama sekali dengan orang-orang itu, random aja nge-DM-nya. Abis itu baru buka profile mereka. Ada yang dari Thailand, Korea, dan Indonesia ternyata. Gue DM aja 3 orang wkwk karena kan belum tentu dibaca sama mereka.

2 dari 3 orang itu bales dan ngasih tau kalo cuaca disana aman, cuma sempet gerimis aja jadi paling jalannya licin. That's it. They said that it's very safe there. Fiuh aku lega. Gue pun juga tetep cari tau ramalan cuaca Kyoto dan Osaka. Di ramalan itu dibilang bahwa hari itu Kyoto ujan tapi besok akan cerah. Setelah lumayan yakin kalo besok Kyoto aman, rencana ke Kyoto pun tetap sesuai rencana awal.

Besokannya di Kyoto, hari bener-bener secerah itu bahkan panas ba-nget yang baru keluar bentar aja langsung keringetan. Tapi Alhamdulillah banget sih dikasih cerah. Mending panas terik daripada kehujanan.

Pas di USJ Osaka pun juga diberkahi cuaca yang cerah (dan panas banget). Padahal di ramalan cuaca sorenya itu akan hujan ringan. Ternyata sampe malem sama sekali ga ujan. Berkah banget sih jujur. Sayang banget kalo ke theme park terus ujan. Karena katanya beberapa permainan di USJ akan tutup kalo ujan.

Terus pas di DisneySea, prediksinya siang cerah tapi jam 8 malem ujan. Dan kalo malem ujan, closing show ditiadakan. Sampe paginya ramalan cuaca masih begitu. Eh pas sore-sore cek, malem ngga jadi ujan dan bener loh malem ga ujan. Alhasil jadi bisa nonton closing show-nya. Ini another keberuntungan karena dari beberapa orang yang kami temui, mereka kehujanan ketika lagi di DisneySea beberapa hari yang lalu.

Temen yang di Tokyo juga cerita kalo beberapa hari belakangan, Tokyo itu sering ujan bahkan ujan seharian. Tapi selama kami disana, ujan cuma pas malem kami dateng dan malem sebelum kami pulang. Waktu dimana kami emang ngga kemana-mana. Suka heran sendiri sih sama keberuntungan ini. Instead of basah karena ujan, kami tiap hari basah karena keringat sampe-sampe gue harus keramas setiap malem saking lepeknya.

Semua keberkahan cuaca ini jujur bikin gue semakin ngerasa "Maka nikmat Tuhan mana kah yang kamu dustakan?" Bener-bener ngerasa dikasih nikmat yang luar biasa sama Allah. Kondisi cuaca pas traveling itu matter banget loh.

Liburan kali ini rasanya both blessing & apa ya? I don't wanna say blessing & curse. Karena ngga curse juga sih. Blessing & tricky? Challenging? Haha you know what I mean lah ya. Banyak challenge yang bikin harus cepet muter otak dan mengerahkan seluruh tenaga, tapi justru hal-hal itu yang bikin seru dan jadi cerita tersendiri sih yang mungkin ga akan terjadi 2 kali :))

You Might Also Like

2 comments

  1. Haloo, mbak Dyani 😊
    Apa kabar?

    Alhamdulillah, aku udah lulus & insyaAllah besok wisuda & sumpah psikolog. Makasih buat doa & dukungan nya mbak Dyani 😃. Semoga 2-3 tahun lagi, mbak Dyani bisa ngerasain euforia wisuda S2 & sumpah psikolog 🙏

    Kali ini, aku tertarik & dapet insight dari blog mbak Dyani tentang "japan adventure part 2". Aku dapet insight tentang seni & keseruan dari petualangan yg sebenarnya. Di mana hal2 yg gak terduga itulah yg nantinya akan jadi pengalaman berharga yg gak terlupakan 😊.

    Pengalaman mbak Dyani ke Jepang mengingatkan aku seperti sama film "New York Minute" dari Mary Kate & Ashley yang aku tonton jaman SMA. Keseruan dari film itu, terletak di hal2 tak terduga yg dialami sama Mary Kate & Ashley sesuai tujuan masing-masing. Hingga akhirnya, mereka dapet kenalan orang baru, yg bisa membantu mereka mencapai tujuan masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Alhamdulillah ikut seneng dengernyaa. Selamat ya mbaak. Kebayang deh euforianya semengharukan apa :") Makasih juga doanyaa, semoga aku bisa segera ngerasain juga :")

      Btw kaget loh aku postingan cem gini bisa ngasih insight.. 😂 Padahal pure pengalaman ajaib aja. Tapi setuju sihh pengalaman yang gini-gini justru yg ga terlupakan.

      Dan jadi pengen nonton New York Minute lagi.. Jujur udah lupa ceritanya soalnya nonton pas SD 😆 Fix nonton lagi ah

      Delete