life

Life Harmony

November 28, 2018

Sebulan sudah gue menjalani peran ganda, yaitu sebagai mahasiswa dan juga sebagai pekerja. Well, sebenernya ngga cuma ganda sih tapi majemuk alias lebih dari 2 (ganda). Karena sejatinya di hidup ini banyak peran yang kita jalani, yaitu sebagai anak, sebagai teman, sebagai pasangan, sebagai anggota sebuah komunitas, dan peran-peran lainnya. Tapi karena fokus utamanya mau bahas tentang 2 peran utama yang sedang gue jalani saat ini yaitu kuliah dan kerja, mari kita anggap kalo gue menjalankan peran ganda.

Seperti yang gue ceritakan sebelumnya, setelah menjalani kehidupan S-2 selama sebulan gue udah lebih bisa dapet pola kerjanya dan mengatur waktu, energi, dan pikiran dengan lebih baik. Impact-nya adalah gue jadi punya banyak waktu lowong, bahkan ngga jarang mati gaya bingung mau ngapain lagi. Di satu sisi nggak mau menghabiskan uang dengan banyak jalan-jalan atau nongkrong-nongkrong di waktu senggang, apalagi sekarang udah nggak berpenghasilan kayak pas kerja dulu.

Gue ngerasa waktu lowong ini perlu dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna. Bukan cuma berguna, tapi juga bisa mengembangkan diri gue dan menghasilkan. Meskipun mayoritas orang bilang kalo kuliah S-2 Profesi itu berat banget, gue tetap pada keyakinan bahwa itu balik lagi ke kitanya. Gue pede aja mau sambil kerja, seenggaknya di semester pertama yang (ternyata) cukup lowong ini.

Kepedean (dan kenekatan) gue ini bukan tanpa alasan. Gue punya 2 role model yang membuktikan bahwa bisa kok menjalani kuliah Profesi sambil kerja. 2 orang itu adalah Neysa dan Arnold. Keduanya anak-anak Profesi Psikologi yang udah lebih dulu memulai daripada gue, bahkan keduanya sempet kerja secara full-time. Tulisan di blog-nya Neysa selalu gue inget (dan gue jadikan panutan) bahkan sebelum gue memutuskan untuk daftar S-2. Menumbuhkan keyakinan bahwa semua bisa kalo kita mau. It won't be easy, but it is possible :) Thank you for sharing ya Ney.

Pertanyaannya, gue kerja apa?

Karena jadwal kuliah gue agak ga menentu, suka ada perubahan-perubahan mendadak, artinya gue ga bisa kerja di pekerjaan yang terikat jadwal. Misalnya jadi freelance tester, interviewer, atau yang berbau psikologi rasanya sulit karena biasanya pekerjaan itu berhubungan dengan jadwal ketemu kandidat. Nggak mungkin gue iyain untuk ngetes misalnya, tapi tiba-tiba gue batalin karena ada kelas pengganti.

Sempet ada tawaran jadi freelance researcher juga dari kantor sebelumnya (yang mana ini salah satu pekerjaan impian gue dan pengen banget gue coba), tapi lagi-lagi itu berhubungan sama jadwal ketemu responden.

Lalu apa kerjaan gue?

Masih inget cerita gue tentang Inspigo? Singkat cerita gue sekarang kerja disana sebagai Freelance Content Researcher. Kerjaannya ngapain akan diceritain di post terpisah ya. Selain karena suka produk, bisnis, dan kerjaannya, alasan gue apply kerja disana adalah karena fleksibilitasnya. Gue bisa kerja remote dan ke kantor sebisanya gue. Jadi biasanya gue ke kantor pas lagi libur kuliah. Meskipun begitu, kerjaannya ngga bisa dibilang gampang juga. Apalagi ini bidang baru buat gue.

Selain itu gue juga daftar di Appen (Leapforce), sebuah perusahaan teknologi yang berbasis crowdsourcing. Mungkin tentang Appen ini juga gue jelasin terpisah kali ya di lain waktu. Yang pasti ini bisa dikerjakan secara remote dari mana aja dan tergantung kita maunya kapan. Fleksibel banget lah. Tapi tetep ada minimum hoursnya dari mereka. Yang bikin menarik lagi adalah ini dibayarnya pake USD! Kalo kata Atha, temen gue yang ngenalin Appen ini, ini tuh easy money banget haha. Kenapa easy money? Karena kerjaannya adalah rating dan evaluasi iklan-iklan yang ada di social media, ngerjainnya 1 jam per hari bisa lewat hp pula, tapi hasilnya lumayan buat sampingan. Btw mau ngucapin sebanyak-banyaknya buat Atha yang udah ngenalin Appen ke aku <3

Tapi buat gue ternyata ini nggak se-easy money itu. Kenapa? Karena gue punya segambreng aktivitas yang harus dijalani. Mengalokasikan waktu 1 jam per hari itu jadi berasa banget effort-nya karena dalam 1 hari gue harus kuliah, ngurus basic needs (makan, mandi, dll), ngerjain tugas, ngerjain kerjaan lain, istirahat, sehingga waktu itu bener-bener kerasa berharga. 1 jam aja berasa banget. Beda sama kalo gue gabut, 1 jam tuh kayak yaudah lah, ga banyak effort dan easy money. Tapi karena padatnya aktivitas ini kerjaan Appen jadi terasa nggak mudah. Gue pun biasanya ngerjain sambil makan atau nonton TV.

Not to mention ada beberapa kerjaan printilan lainnya yang perlu diluangin waktunya juga. Salah satu alasannya adalah karena gue bukan Crazy Rich Asians yang kekayaannya bisa sampe 7 turunan dan ngongkang-ngongkang doang duitnya ga abis-abis. Dengan ga kerja full-time karena kuliah selama 2,5 tahun, sedangkan umur terus bertambah dan hidup terus berjalan gue ga bisa gini-gini aja. Ada masa depan yang harus dipikirin. Ada aset yang harus dibangun. 

Juggling between school, work, and the other things is not easy. Nggak cuma perlu manage waktu, tapi juga perlu manage energi dan terutama pikiran. Manage waktu okelah, manage energi bisa, manage pikiran itu yang PR banget. Berusaha untuk mindful itu yang susah. Bahwa kalo lagi di kelas ya fokus ke dosennya jangan mikirin kerjaan. Kalo lagi ngerjain tugas ya jangan mikirin kerjaan. Kalo lagi di tempat kerja ya jangan kepikiran tugas-tugas. Kalo lagi di jalan ga usah worry kepikiran hal-hal yang mesti dikerjain. Hal ini yang masih gue latih sampe sekarang. Karena dari overlap pikiran ini, berkembang jadi overthinking, dan berujung capek. Jadi energi terkuras bukan karena bener-bener capek beraktivitas tapi capek karena pikiran. Yang seharusnya ga perlu dipikirin segitunya.

Ini mungkin karena gue berprinsip untuk melakukan semaksimal yang gue bisa di segala aktivitas yang gue jalani. Karena gue ngerasa gue ngelakuin itu atas pilihan sendiri, dan gue harus bertanggung jawab atas hal itu. Ga fair kalo user di pekerjaan gue dapet hasil yang ga maksimal atas kerjaan gue. Rugi juga gue kalo kuliah ngga maksimal, karena gue udah mengorbankan banyak hal untuk lanjut sekolah lagi. Kasian juga temen-temen kelompok kalo gue ga berkontribusi secara optimal. Dan nggak enak juga sama organisasi atau komunitas kalo gue ga ngerjain kerjaan dengan bener. Kalo emang setengah-setengah ya mending ga usah. Jadi ini bukan cuma masalah komitmen sama orang lain tapi juga sama diri gue sendiri.

Gue sendiri ga bisa menilai kualitas kerjaan gue gimana. Apakah yang gue rasa maksimal ternyata belum maksimal untuk orang lain. Tapi percayalah gue selalu berusaha ngelakuin semaksimal yang gue bisa. Maaf kalo ternyata belum sesuai ekspektasi. 

Seperti yang gue bilang sebelumnya, aktivitas pun nggak cuma berkisar antara kuliah dan kerja. Tapi ada kegiatan organisasi dan komunitas yang juga dijalani, ada temen-temen dan keluarga yang mesti diluangin waktunya untuk ketemu dan cerita, dan ada waktu untuk merawat diri sendiri.

Gue menemukan satu quote yang bagus banget.


"Although being determined and hardworking is admirable, it's easy to neglect other aspects of your life that are equally as important."


Jangan sampe ngelupain aspek-aspek lain di kehidupan kita yang sebenernya ngga kalah penting. Dengan seabrek aktivitas yang harus dijalani, istilah work-life balance itu rasanya kurang tepat. Gue pernah baca beberapa artikel yang menjelaskan bahwa work-life balance itu nggak lagi relevan dengan kondisi kita saat ini. Sulit (atau mustahil) rasanya untuk bisa menyeimbangkan proporsi waktu yang kita habiskan di pekerjaan dan kehidupan pribadi kita. Ngga bakal bisa 50:50. Yang ada kita malah jadi stres karena berusaha menyeimbangkan/menyamakan proporsinya, yang mana kayaknya sulit tercapai di zaman sekarang ini hehe.

Makanya terus muncul istilah work-life harmony, di mana seharusnya pekerjaan dan kehidupan itu bisa berjalan beriringan tanpa harus sama jumlah waktu yang kita habiskan disana. Coba googling deh artikel-artikel tentang work-life harmony, menarik.

Tapi buat gue pribadi, work-life harmony juga rasanya masih kurang cocok, karena work itu bagian dari kehidupan kita bukan? Jadi work itu ada di dalam life, sama seperti aktivitas lain kayak family, friends, community, hang-out, workout, spirituality, dst. Jadi kenapa work aja yang dipisahin? Kenapa nggak community-life harmony? Kenapa nggak spirituality-life harmony? Kenapa harus work-life harmony?

Jadi menurut gue pribadi term yang lebih tepat adalah life harmony, di mana semua aktivitas yang kita jalani bisa berjalan beriringan tanpa berusaha menyeimbangkan/menyamakan (secara proporsi dan kuantitas) semuanya. Kalo punya 10 aktivitas ya ga perlu 10:10:10:10:10 gitu. Yang penting semuanya bisa kita jalani dengan baik.

Dengan menambahkan aktivitas-aktivitas baru tentu ada trade off-nya sendiri buat gue. Yang jelas berasa banget adalah waktu buat ketemu temen-temen. Kalo di tahun-tahun sebelumnya gue sering banget ketemu dan nongkrong sama temen-temen, sekarang hmmmm jarang banget :) Coba tanya kapan terakhir kali gue ketemu sama si A, B, C. Kalo dulu bisa cerita, eh kemaren gue ketemu si A... Sekarang ngga kayak gitu lagi. Sebagai orang yang cukup jadi inisiator dalam kumpul-kumpul, dengan gue ga ngajak orang ketemuan otomatis frekuensi ketemuan juga jadi berkurang banget. Biasanya ngajak ketemu kalo udah bener-bener butuh cerita dan refreshing.

Waktu istirahat pun juga cukup berkurang. Sekarang kalo punya waktu lowong lebih dipake buat istirahat dan self-care, quality time dengan diri gue sendiri. Gue jadi sangat menikmati waktu dengan diri sendiri, nonton sendiri, pergi sendiri. Sebagai anak yang introvert ini energy-charging banget ketika akhirnya ga perlu banyak berinteraksi dengan orang-orang haha.

Dan sekarang gue selalu keep in mind to make time for yourself. Jangan lupa luangin waktu buat olahraga, buat blogging, buat browsing ga penting, buat nonton TV atau Netflix (Sumpah udah jarang banget banget nonton Netflix :" ), atau hal-hal lain yang disuka. Jangan semua waktu kita abis buat orang lain dan kita malah stres. Luangkan lah waktu untuk merawat diri sendiri.

Anyway, don't get me wrong. Gue bukan merasa terbebani dengan ini semua. Kalo katanya mbak Aline, yang kayak gini tuh happy stress, blessing in disguise. Gue sangat bersyukur atas semua aktivitas yang ada di hidup gue sekarang. Walaupun need much effort, it is totally worth it. Ini jadi tempat aktualisasi diri. Melakukan hal yang gue bisa, mengoptimalkan kemampuan diri, belajar banyak hal, itu bikin bahagia :) I found myself back. Karena jujur, udah lama gue ga ngelakuin hal-hal ini. Dan salah satu hal yang diingat dan dijadiin panutan adalah "Make the most of your 20s." Mumpung masih single, mumpung punya banyak waktu, mumpung punya energi, mumpung belum banyak risiko dan tanggungan, mumpung ada kesempatan, dan mumpung-mumpung lainnya.

Terus sekarang apa?

Sekarang masih belajar kok untuk menyeimbangkan aspek-aspek lain di kehidupan gue, yang ga banyak di-mention disini. Masih banyak hal yang harus ditingkatin supaya ngga tenggelam dengan aspek-aspek lainnya. Self-care menjadi aspek penting yang jangan sampe lupa dilakuin. Ngga cuma soal duniawi tapi juga tentang spiritualitas yang harus ditingkatkan lagi. Doain semuanya berjalan lancar ya :")

Akhirnya Dyani bisa nulis dengan sepenuh hati lagi. Akhirnya bisa mencurahkan pikiran dan perasaan yang selama ini dipendam-pendam. Akhirnya bisa luangin waktu buat nulis dengan proper. Walaupun sekarang udah jamnya tidur, tapi ku rela untuk hal yang satu ini, mumpung ada semangat dan energi buat nulis. Sungguh gue seneng banget bisa nulis kayak gini lagi :") Makasih juga loh udah baca curhatanku sampe abis :") 

Satu mantra yang selalu berhasil menenangkan gue, bikin merasa cukup, mengurangi worry, dan stop untuk bekerja terlalu berlebihan adalah

"You've done well today. It's enough. Let's try again tomorrow."

Hopefully it works for you too.


All the best,

Dyani

You Might Also Like

0 comments