caredu

1st Month

October 04, 2018

Hari ini tepat sebulan sejak gue menginjakkan kaki di kampus lagi. Udah sebulan jadi mahasiswa lagi. Kalo ketemu temen-temen pasti ditanya, "Gimana rasanya jadi mahasiswa lagi?" Jawaban gue adalah "Ya gitu deh." Bukan, bukan karena biasa aja, tapi karena paaaanjang banget ceritanya. Yang kalo diceritain bisa berjam-jam (Ya gak Wa, Nes, Bim? :p) Jadi daripada ku menghabiskan waktu kalian berjam-jam, jawaban tercepat adalah ya gitu deh.

Nah untuk sedikit menjawab pertanyaan kalian, gue mau coba cerita disini. Cerita garis besarnya aja karena kalo didetailin bakal panjang banget hehe. Sebelumnya gue udah sedikit spoiler disini tentang hari-hari awal menjalani perkuliahan lagi.

Tahun ini gue lanjut ambil S-2 Magister Profesi Psikologi Industri Organisasi (PIO) di Universitas Indonesia, tempat gue kuliah S-1 dulu. Program ini adalah gabungan dari Program Magister dan Program Profesi, sehingga nanti lulusannya akan dapet 2 gelar, yaitu M.Psi., Psikolog. Di semester pertama baru belajar mata kuliah kemagisteran, yaitu penelitian dan statistik.

Untuk peminatan PIO, satu angkatan gue hanya 16 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya yaitu 21 orang. Background universitasnya pun beragam banget mulai dari universitas yang ada di Jabodetabek, Pulau Jawa, dan juga luar Jawa. Ada yang dari universitas negri dan juga swasta.

Dengan bekal ilmu, wawasan, dan pengalaman yang berbeda-beda, ada plus minusnya. Plusnya adalah kita bisa sharing ilmu yang mungkin ngga kita dapet di universitas sebelumnya, bisa saling belajar. Tapi kita juga mesti adaptasi dengan perbedaan sudut pandang dan pola kerja yang berbeda. Bedanya dengan S-1 adalah pas S-1 kita sama-sama start dari 0 tentang dunia perkuliahan. Masih sama-sama adaptasi untuk tau polanya kayak apa, jadi progress dan ekspektasinya juga kurang lebih sama. Nah kalo S-2 ini, karena masing-masing orang udah bawa pengetahuan dan pengalaman sebelumnya, ibaratnya udah kebentuk lah, harus sedikit "unfreeze" dulu dari pola yang sebelumnya dan mengubah jadi pola yang sesuai dengan universitas sekarang.

Di saat-saat kayak gini jujur tiba-tiba kangen geng flowers dan temen-temen kelompok S-1 dulu yang udah tau ritme dan pola kerjanya. Tapi gue bilang lagi ke diri sendiri, "Ga boleh gitu. Dimanapun lo berada lo akan adaptasi dengan tim dan orang-orang baru. Harus bisa, dulu bisa. Pasti nanti akan seirama. Cuma perlu bersabar aja untuk sama-sama adaptasi."

Buat gue yang dulunya S-1 di universitas yang sama, ada sedikit kemudahan karena udah tau budaya kampus dan ekspektasi dosen-dosen itu seperti apa. Tapi tetep aja gue pribadi pun sangat adaptasi lagi di S-2 ini, bahkan kayaknya adaptasi gue ini lebih dari saat S-1.

Kenapa? Karena itu tadi, somewhat gue udah kebentuk. Saat kuliah gue terbentuk jadi seperti A, saat kerja gue berubah bentuk jadi B, untuk kembali ke A lagi butuh adaptasi lagi. Butuh berubah dari mental karyawan ke mental mahasiswa. Dari cara kerja, cara berperilaku, dan cara berpikir.

Kalo dulu di kantor sempet kaget karena apa-apa serba simpelnya aja, praktisnya aja, prinsip best practice, beda sama kuliah yang segalanya harus logis dan sistematis. Semakin lama gue kerja, lama-lama gue adaptasi ke kesederhanaan dalam berpikir, terus tiba-tiba kuliah harus balik ke pola pikir yang bener-bener sistematis dan ilmiah. Runutan berpikirnya harus jelas dan mikirnya beberapa langkah ke depan.

Jujur di 3 hari pertama kuliah gue lamaaa banget buat mulai ngerjain tugas, karena gue baca-bacain dulu tugas dan skripsi waktu S-1. Mencoba cari alur dan runutannya, logika berpikirnya, dan cara berbahasanya. Yes, gue yang biasa nulis blog dengan bahasa lebih kasual, harus nulis dalam bahasa formal dan ilmiah lagi. Ini aja jadi suatu adaptasi sendiri. Belum lagi kalo di Psikologi nulisnya harus menggunakan APA Style, belajar cara ngutip, cara bikin sitasi dan daftar pustaka. Itu harus inget-inget lagi sampe buka buku panduan APA Style. Gue juga ngeraba-raba lagi ekspektasi dosen itu sejauh mana. Mana hal yang perlu dituliskan dan ga perlu dituliskan. Elaborasi sejauh mana yang dibutuhkan.

Terus di 2 minggu pertama kuliah fisik gue drop banget. Ada aja pusing, maag, sakit tenggorokan, sakit-sakit ga pentinglah sampe gue kesel sendiri. Padahal gue udah banyakin minum vitamin. Di 2 minggu pertama itu gue cukup stres beradaptasi dengan tugas. Karena di awal kelas udah dikasih tau dosen dalam 1 semester itu tugasnya akan apa aja, ujiannya akan kayak gimana, ditambah semua orang bilang kalo S-2 Profesi itu akan berat banget, kuliah dan tugasnya padat, harus nyicil apa yang bisa dicicil. Pokoknya semua kata orang (terutama senior dan dosen) bikin kita mikir kalo ini tuh bakal beraaat banget.

Sebagai anak yang overthinking, tentu gue sangat kepikiran dengan ini. Bayangan tugas-tugas di depan mata terus menghantui gue. Saat ngerjain tugas A, gue udah kebayang-bayang dan pusing sendiri sama tugas B, C, D. Gue pun berusaha nerapin nasehat dosen yang bilang "Cicil apa yang bisa dicicil." Maka kerjaan gue tiap hari buka laptop, tidur sampe jam 12, 1, 1.30 malem karena ngerjain tugas. Secara SKS sebenernya ini tuh jauuuh lebih sedikit daripada S-1, tapi kok kayaknya S-2 ini waktu gue buat ngerjain tugas mulu ya? Setiap hari PASTI buka laptop ngerjain sesuatu. Mau pergi-pergi juga insecure rasanya. Kayak harusnya gue tuh ga banyak keluyuran.

Tapi makin kesini gue mulai dapet polanya. Setelah gue refleksi, 2 minggu pertama tuh emang masa transisi dan adaptasi banget. Sangat wajar kalo masih ngeraba-raba pola kerja yang cocok. Apalagi sebagai mahasiswa yang punya banyak waktu dan takut keteteran, rasanya pengen nyelesaiin semua tugas segera.

Tapi abis itu gue mikir. Sebenernya tugas-tugas semester 1 ini ngga segitunya kok. Masih wajar mirip-mirip S-1. Dulu gue bisa kok nyelesaiin dengan baik di tengah kesibukan marching band rasa 50 SKS dan kepanitiaan. Lalu kenapa sekarang gue takut ga bisa nyelesaiin itu dengan baik? Iya tugas-tugas emang menunggu di depan mata, tapi kan semua ga dikumpulin dalam satu waktu. Ada timeline dan deadlinenya masing-masing.

Mungkin kata orang-orang soal beratnya kuliah profesi itu bener, tapi mungkin itu baru berasa banget mulai semester 2. Gue juga mikir itu balik lagi ke kitanya mau nganggep itu sebagai beban atau engga. Balik lagi ke kitanya mau bawa stres atau jalani aja. Balik lagi seberapa yakin kita bisa nyelesaiin itu dengan baik. Dan disitu gue mulai dapet jawaban. Ini semua soal mindset. Seberapa gue mau bawa ini sebagai beban dan seberapa yakin gue sama diri gue sendiri. Dan di titik itu gue tanamin ke diri gue sendiri bahwa gue bisa, gue mampu nyelesaiin ini tanpa perlu stres berlebihan. Gue pernah berhasil di S-1 dan gue yakin gue bisa menjalani S-2 ini juga dengan baik.

Salah satu hal yang bikin gue amazed sama diri sendiri dan ningkatin self-efficacy gue adalah kemampuan gue dalam membaca jurnal! Wkwk. Gue yang udah lamaa banget ngga baca buku apalagi jurnal, bahkan sempet ga demen baca apapun, di awal sempet khawatir harus baca banyak jurnal dan buku. Takutnya ga ada motivasi, males baca berhalaman-halaman, bacaannya berat pula. Ternyata pas dilakuin, kemampuan baca jurnal gue masih sama kayak S-1 dulu. Alhamdulillah ini ngga jadi hambatan yang berarti. Jujur takjub haha karena di awal sempet ngebayangin kalo akan jadi beban banget.

Gue juga tanamin ke diri gue bahwa gue ga perlu menghabiskan 90% waktu gue untuk akademis. Di satu sisi gue mikir, sekarang kan pekerjaan gue adalah mahasiswa, ya gue harus totalitas disini. Udah bukan waktunya nyambi main-main kayak S-1. Gue udah mengorbankan banyak hal untuk ini, jangan sampe ngga totalitas. Tapi abis itu gue mikir, gue juga punya kehidupan lain. Hidup gue perlu balance. Jangan sampe 90% waktu gue dihabiskan disini, lalu gue jadi kurang main, kurang piknik, akhirnya malah stres dan burnout. Jangan sampe.

Dan dari situ gue ngomong ke diri gue sendiri bahwa tetep harus ada waktu main. Tetep harus luangin waktu untuk bersosialisasi, ketemu temen-temen, olahraga, jalan-jalan. Tujuannya ngga lain dan ga bukan adalah menjaga kesehatan mental diri supaya tetep waras. Daaan saat melakukan hal-hal itu gue harus present disana, ga boleh pikiran gue mikirin tugas-tugas dan kuliah. Ketika mulai kepikiran tugas, gue ilangin pikiran itu dan fokus terhadap apa yang lagi gue lakukan. Buat apa jauh-jauh ketemu temen kalo pikirannya di tugas? Mending di rumah aja ngerjain tugas.

Belajar untuk ga mikirin tugas itu juga susah ternyata. Saat ada waktu luang mau nonton Netflix, mikir ini salah ga sih gue malah nonton gini? Ada tugas yang belum dikerjain ga sih? Ada yang seharusnya dicicil ga sih? Kok kayaknya aneh ya ada waktu lowong? Tapi lagi-lagi, gue ngomong ke diri sendiri kalo harus tetep punya waktu untuk melakukan hal-hal lain. Dan toh di tugas kelompok ini gue masih harus nunggu temen gue ngisi bagiannya baru gue bisa lanjut kerjain. Jadi buat apa juga gue worry berlebihan padahal kontrolnya ada di luar gue? Sabar aja, dan sambil nunggu bisa ngelakuin hal-hal lain.

Makin kesini udah makin ketemu polanya, udah makin bisa manage waktu dan pikiran. Stres dan worry pun jauh berkurang, kondisi kesehatan pun membaik ga sering nge-drop, terus tau kapan perlu buka laptop dan kapan ngga usah. Pola kerjasama sama temen kelompok juga udah mulai dapet. Alhamdulillah gue dimudahkan dalam banyak hal soal tugas kelompok ini. Mulai dari pemilihan topik, ketersediaan literatur yang jelas dan memadai, plus temen kelompok yang kooperatif dan sefrekuensi. Kombinasi ini jadi meringankan beban banget. Gue ga bilang semuanya jadi mudah, tapi gue pribadi jadi termudahkan, bebannya jadi berkurang banget.

Gue jadi ngga stres berlebihan untuk sesuatu yang ga perlu, jadi punya banyak waktu luang bahkan sampe bingung mau ngapain. Padahal di awal-awal gue mikir, "Gila gila gue ga punya waktu. Waktu gue bakal abis buat ngerjain tugas. Ga ada waktu buat main-main". Lalu sekarang kerjaan gue main Candy Crush dan nonton Netflix wkwk. Yah, kata temen-temen nikmatin dulu aja semester 1 yang lowong ini, sebelum nanti semester-semester berikutnya bakal super hectic. Oh ya sama gue lagi cari-cari kerjaan part-time, terutama yang bisa dikerjain remote, karena setelah mengevaluasi kayaknya bisa nih sambil nyambi. Kalo ada yang punya info kerjaan kabar-kabarin yah!

Bismillah. Yang penting tetep positif, jalani dengan baik, dan yakin sama Tuhan dan diri sendiri :-)

Teman-teman seperjuangan selama 2,5 tahun ke depan


Gathering PIO 23 & PIO 24

Batik Day

1st Birthday 

Tepat sebulan jadi mahasiswa. Kalo kata ABG, "Monthversary"

Di Mie Aceh 89 Taman Jajan CBD Bintaro ya guys!


You Might Also Like

0 comments