caredu

College Life

March 31, 2019

Ini adalah post yang udah gue rencanakan sejak masuk kuliah S-1. Salah satu post yang gue tunggu-tunggu untuk buat, sekaligus salah satu post yang males bikinnya karena harus mikir keras. Mikir gimana caranya ngerangkum 4 tahun dalam 1 post. Mikir momen apa aja yang perlu diceritain disini, dan foto mana aja yang perlu dimasukin kesini. Dan bingung gimana mau mulai ceritanya. Sampe akhirnya 3,5 tahun setelah lulus baru beneran published :")

Kalo orang-orang bilang high school never ends karena mungkin sebegitu berkesannya, buat gue college life is the best time in my life so far. Bukan berarti high school itu nggak berkesan, tapi dunia kuliah itu jaaaaaaauh lebih seru dan menyenangkan buat gue. It was a wonderful experience.

Ada meme yang bilang bahwa jangan pengen buru-buru masuk kuliah, it's a trap. Itu bener-bener ga berlaku buat gue sih. Kuliah itu seseru itu guys, dengan catatan kalian emang masuk ke jurusan yang bener-bener kalian passion. Gue se-enjoy itu menjalani kehidupan kampus. Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman gue kuliah di Psikologi UI. Nggak hanya seputar akademis, tapi juga tentang kegiatan non-akademis dan yang paling penting social life-nya.



***

Pre
Masuk Psiko UI ini juga ada ceritanya sendiri. Pas SMA kan gue dari jurusan IPA, sedangkan psikologi itu termasuk jurusan IPS kalo di UI. Dapet jatah untuk ikut PMDK UI (Penerimaan tanpa tes) nggak lantas bikin jalan gue langsung mulus karena gue harus memastikan bahwa nggak ada anak IPS dari sekolah gue yang daftar untuk psikologi juga. Kenapa gitu? Singkat cerita, karena gue dibilangin sama guru BK gue kalo sekolah hanya akan mengirimkan 1 anak untuk 1 jurusan, dan berhubung psikologi UI itu jurusan IPS, maka sewajarnya anak IPS-lah yang dapet jatah itu. Kalo ngga ada anak IPS yang maju, baru gue boleh maju.

Setelah wara-wiri deg-degan sana-sini, ternyata ngga ada anak IPS yang daftar PMDK UI untuk jurusan psikologi. Maka sekolah pun mendaftarkan gue :") Pengumumannya dilakukan secara online. Di hari pengumuman seleksi, begitu login, tulisannya PMDK tahun ini ditiadakan dan digabung ke SNMPTN Undangan :))

Sesuatu banget karena gue harus seleksi lagi dan kali ini saingannya lebih banyak, tapi probabilitas dapetnya juga lebih besar karena kapasitasnya lebih besar. Saat itu SNMPTN Undangan bisa milih 2 universitas, masing-masing 3 jurusan. Jadi total bisa pilih 6 jurusan. Dengan nekatnya gue hanya pilih 2 jurusan dengan Psiko UI sebagai pilihan pertama, dan Manajemen UI di pilihan kedua. Di saat orang lain pilih manajemen di pilihan pertama, gue malah kebalik karena gue udah mantep untuk pilih Psiko UI. 

Singkat cerita Alhamdulillah gue diterima. Gue inget banget pas hari pengumuman, saking senengnya diterima, gue yang kurang ekspresif ini langsung lompat-lompat dan meluk ortu :") Saat itu gue masuk tahun 2011 dan angkatan gue dinamakan Psilabus (Psikologi dua ribu sebelas). Sejak awal keterima di jurusan tersebut aja gue udah dipertemukan dengan orang-orang baik. Kalo di UI, masa orientasi mahasiswa baru (maba) itu lumayan panjang dan banyak banget kegiatannya baik di tingkat universitas, fakultas, dan jurusan. Berhubung Psiko UI itu 1 fakultas sendiri dan ngga ada jurusan-jurusan lagi, jadi gue hanya ada 2x masa orientasi yaitu di tingkat universitas dan fakultas.


Sosial

Saat masa orientasi, banyak banget kegiatan yang mengharuskan kita kumpul angkatan, kumpul kelompok. Mulai dari bikin nametag, yel-yel, dan tugas kelompok lainnya. Tentu ini bikin kita saling kenal. Dan disini gue ketemu banyak banget orang dengan latar belakang yang berbeda. Jujur ketika sekolah dulu, lingkungan gue termasuk homogen. Gue 12 tahun (15 tahun malah kalo dihitung TK dan playgroup) sekolah di sekolah swasta daerah Jakarta Selatan yang bisa dikatakan isinya orang-orang kalangan menengah atas, yang kehidupannya mostly (keliatannya) baik-baik aja.

Di UI yang notabene-nya kampus negeri, mata gue dibuka. Bahwa banyak orang yang tidak seberuntung itu. Bahwa banyak yang punya cerita keluarga dan masalah pribadi super beragam, atau bahkan ada masalah kesehatan yang gue-baru-tau. Intinya kadang gue sampe amazed dan mikir sendiri kalo ternyata banyak cerita dan masalah sosial di luar sana, yang gue ga terekspos sama sekali. Dan gue kagum dan salut sama temen-temen yang bisa menghadapi itu. Dan bisa bikin gue lebih bersyukur atas apa yang gue miliki. Ini mungkin ngga akan gue temui kalo gue ngga sekolah di negeri.


Ketemu temen-temen dari berbagai daerah, dengan budaya dan logat mereka masing-masing. Kali ini gue memasuki lingkungan yang lebih heterogen. Seneng sih jadi bisa tau dan kenal berbagai orang. Bisa belajar dari mereka juga.



Gue sangat bersyukur pernah kuliah di dan bisa menjadi bagian dari Psikologi UI. Bukan, bukan hanya karena akreditasi universitas dan jurusannya. Bukan karena sistem pendidikannya, tapi lebih karena lingkungannya. I have to admit that maybe my college years wouldn't be that fun kalau gue bukan di Psiko UI.


Psikologi UI 2011

Sejak pertama kali ketemu, semua orang ramah, baik, dan terbuka. Ngga ngerasa ga enak kalo SKSD karena semua menerima. Bukan yang kayak "Ih siapa lo tiba-tiba JB?" Beda banget sama ketika masa sekolah dulu. Dari kecil gue sekolah di sekolah swasta daerah Jakarta Selatan, yang menurut gue pergaulannya mengkubu-kubu banget. Tiap orang punya geng sendiri dan agak susah untuk main sama geng lain. Agak susah untuk cross-geng. Ketika SMA udah lebih berbaurlah. Nah pas kuliah ini bener-bener berbaur.

Emang sih tetep ada geng/peer masing-masing. Tapi disini ngga kaku dan sangat bisa main sama anak beda peer. Ngga sedikit yang ngerasa kalo Psiko UI itu nge-peer banget, tapi buat gue yang dari kecil ngerasain adanya kubu-kubu pertemanan, ini justru ngga nge-peer banget. Bisa main sama siapa aja. Bisa tiba-tiba di kosan siapa, bisa tiba-tiba nge-mall sama siapa, bisa nebeng sama siapa, yang even ngga terlalu deket sama kita.

Wah ini sesuatu yang baru banget sih buat gue. Kalo dulu pasti suka ngerasa ga enakan atau segan harus minta tolong, berinteraksi sama anak lain yang ga terlalu deket, kalo disini ngga perlu khawatir karena semua akan open. Gue pun lebih nyaman untuk ngga terikat dengan 1 peer aja. Seringkali, gue berdua sama sahabat gue kita menclak-menclok kemana-mana. Ada sih memang beberapa inner circle, tapi kita ngga eksklusif hanya main sama peer itu. Jadi bisa fleksibel kemana aja tanpa harus terlalu terikat sama sekumpulan orang aja. Dan gue ngerasain banget manfaatnya bahkan sampe saat ini. Untuk hal ini nanti gue ceritain terpisah ya.


Akademis
Mungkin ini bagian paling penting yang ditunggu temen-temen ya? Hehe. Ngomongin college life kok malah banyak ngomongin sosial. Ya karena kehidupan kampus itu ga melulu soal belajar. Tapi juga tentang mengembangkan diri dan menjalin relasi.

Kalo ngomongin sisi akademis, gue akan cerita apa yang gue jalani dulu yaa bukan keadaan yang sekarang. Karena kurikulum yang dipake pas tahun gue dan yang sekarang itu totally beda. Angkatan gue adalah angkatan terakhir yang pake kurikulum lama dan masih ada peminatan. Kalo sekarang udah ga ada peminatan jadi harus belajar semua.

Di tahun pertama kita "belum" belajar psikologi. Masih mata kuliah umum tingkat universitas macem kewarganegaraan, Bahasa Inggris, seni/olahraga, penulisan ilmuah, dll. Mata kuliah psikologinya pun masih yang umum-umum banget kayak sejarah, pengembangan diri. Belum berasa psikologi deh.

Nah terus di semester 3 udah mulai belajar yang psikologi banget; ada psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi perkembangan, dan psikologi industri organisasi. Untuk psikologi klinis atau pas gue dulu nama mata kuliahnya psikologi abnormal, itu baru dipelajari di semester 5. Nah mata kuliah-mata kuliah yang gue sebutin tadi adalah peminatan-peminatan yang ada di psikologi. Psikologi klinis itu yang ada di bayangan orang-orang deh, ngomongin gangguan jiwa, kesehatan mental, stres, konseling, terapi, dan sebagainya. Psikologi perkembangan mirip dengan psikologi klinis, tapi konteksnya lebih ke anak-anak. Jadi membahas hidup seseorang mulai dari dia masih di dalam janin, lahir jadi bayi, balita, anak-anak, remaja, sampe dewasa lalu menua. Disini juga belajar gangguan-gangguan yang mungkin dialami saat anak bertumbuh kembang. Mungkin kalian akan familiar sama anak berkebutuhan khusus, autisme, ADHD, dan sebagainya.

Kalo psikologi pendidikan tentu ngomongin perilaku manusia dalam konteks pendidikan, misalnya ngomongin gangguan belajar, pemilihan jurusan dan karir, pendidikan untuk anak-anak yang gifted atau talented banget, karena anak yang cerdas banget pun perlu treatment yang beda dari anak-anak lainnya. Teruss psikologi sosial membahas manusia dalam kehidupan sosial sehari-hari. Contohnya ngomongin stigma, perilaku menolong, perilaku konsumen, sampe hubungan interpersonal macem cinta. Iya, kita belajar loh tentang cinta, sampe ada mata kuliahnya sendiri dan banyak yang jadiin skripsi. Teruss psikologi. Terakhir, psikologi industri organisasi itu ngomongin perilaku orang di tempat kerja. Misalnya tentang rekrutmen, training, performa orang saat bekerja, perubahan organisasi, dan lain sebagainya. Jadi relate banget sama jurusan manajemen.

Seru ya? Seru banget. Emang seseru itu sih buat gue. Pas zaman gue dulu, di semester 5 kita pilih 2 dari 5 peminatan itu. Tapi mulai angkatan di bawah gue udah ga ada peminatan lagi jadi belajar semua. Plus minus sih. Kalo ada peminatan belajarnya lebih terfokus sesuai minat kita, tapi kalo ga ada peminatan jadi bisa belajar banyak banget dan lebih luas pengetahuannya. Tapi tentu bebannya jadi lebih berat daripada kalo ada peminatan.

Teruss yang perlu kalian tau adalah psikologi itu banyak banget mata kuliah penelitian dan statistik! Jadi anak-anak IPS yang pengen kabur dari matematika dan hitungan, well this is not for you :) Kamu akan ketemu banyak angka. Tapi tenang, boleh pake kalkulator dan software kok, yang penting kita ngerti baca data ga harus ngitung manual. Bahkan kita belajar biologi juga loh. Jadi emang psikologi ini tuh irisan IPA dan IPS.

Hal yang harus gue sampein di awal adalah di S-1 kita ga belajar alat tes atau yang biasa disebut psikotes. Dulu salah satu alasan gue pengen masuk psikologi tuh karena pengen bisa interpretasi alat tes. Kayaknya keren dan seru banget gitu bisa tau orang dari tulisan tangan, gambar, dan psikotes lainnya. But ow ow ternyata itu ga dipelajarin di S-1 tapi di S-2 profesi. Ini pun juga baru gue tau pas semester 4, saat dosen gue nyampein itu di salah satu mata kuliah. 

Ngomongin tugas dan ujian, disini macem-macem sih bentuknya. Ada yang bentuknya pilihan ganda, isian, esai, sampe bikin makalah. Tugas-tugasnya juga ada yang bikin esai, makalah, dan presentasi. Di psikologi banyak banget tugas presentasi. Bagus sih jadi melatih public speaking kita, melatih confident untuk tampil di depan umum. Yang unik, beberapa kali kita dikasih tugas analisis film. Jadi misalnya nobar di kelas, terus tugasnya bikin analisis film itu. Seru kan? Hehe. Terus banyak banget juga tugas kelompok. Kelompoknya ada yang milih ada yang ditentuin. Ini juga mengasah kemampuan kerjasama dan toleransi kita nih karena akan kerja sama berbagai macam orang.

Beban tugasnya menurut gue pribadi masih manageable sih. Nggak sedikit orang-orang yang bilang psikologi banyak tugas, bikinnya sampe begadang-begadang, and so on. Tapi menurut gue itu balik lagi ke time management sih. Buktinya gue masih bisa sambil ikut kepanitiaan dan marching band kok yang setara 25 sks per semesternya :)) Dan ga keteteran. Ya emang mesti bener-bener manfaatin waktu sih, misalnya ngerjain tugas di jeda antar kelas. Tapi menurut gue nggak sesibuk itu banget sih. Tugasnya emang nggak sedikit, tapi ga sebanyak itu juga sih.

Soal penilaian, menurut gue challenging sih karena psikologi itu kan ilmu sosial, nggak ada yang absolut bener/salah. Nggak kayak matematika atau ilmu eksak yang jawabannya pasti. Semua itu tergantung. Bisa gue bilang, psikologi itu adalah ilmu tergantung :)) Kalo nanya sama dosen atau anak psikologi, pasti jawabnya "Tergantung.. Ininya gini atau gitu?" Kita nggak main item-putih bener-salah, tapi kita main di grey area. Bisa iya bisa engga, tergantung. Nah karena segalanya serba tergantung, penilaiannya pun banyak yang sifatnya subyektif (karena bukan eksak atau bentuk pilihan ganda), maka untuk dapet nilai sempurna itu jaaaarang banget bisa kejadian. Karena kan dosen dengan pandangan masing-masing punya penilaian tersendiri, penilaiannya ke lebih kualitatif. Tapi dosen-dosen psiko itu ga pelit nilai kok.

Bisa dibilang, kuliah psikologi itu kayak berobat jalan. Seiring bertambahnya ilmu kita, kita jadi lebih paham tentang apa yang terjadi di sekitar kita, dan juga apa yang terjadi dengan diri kita. Tau kenapa kita jadi diri kita yang sekarang. Tau kenapa temen yang nyebelin berperilaku demikian. Dan dengan pemahaman-pemahaman itu kita jadi bisa lebih nerima diri kita. Bisa belajar berdamai dengan masa lalu kita. Bisa lebih pengertian dan toleransi sama lingkungan kita. Dan kadang, jadi ga bisa marah karena kita tau kenapa orang itu berperilaku seperti itu.


Soo truue
Kadang pas lagi belajar buat ujian, gue bisa baca 1 halaman tuh lamaa gitu. Bukan karena ga ngerti, tapi karena jadi refleksi. Belajar psikologi itu tuh reflektif banget. Jadi mikirin segala yang terjadi di kehidupan kita, jadi mikir gue gini karena dulu kayak gini.. Kalo dulu ga gini maka gue akan jadi gini.. Oh keluarga gue tuh begini karena ini.. dst. Dan proses-proses itulah yang akhirnya bikin kita jadi paham, menerima, dan akhirnya berdamai dengan masa lalu dan diri sendiri, dengan kekurangan-kekurangan kita. Dan inilah proses yang akhirnya disebut berobat jalan. Harapannya, setelah lulus ya kita udah "sembuh" dari luka-luka dan trauma kita.

Belajar psikologi itu juga eye-opening banget. Jadi mengevaluasi lagi rencana-rencana kita ke depannya. Jadi mengevaluasi lagi hubungan-hubungan yang kita miliki sama orang lain. Misalnya, ketika punya pacar, apakah bener dia itu orang yang tepat untuk kita? Apakah mau menjalani hidup yang seperti itu kalo akhirnya menikah sama dia? Dalam hubungan pertemanan juga, apakah benar teman-teman kita itu adalah teman yang baik untuk kita? Atau jangan-jangan itu adalah lingkungan yang toxic? Pikiran-pikiran semacam itu bakal ada banget karena kita ga hanya belajar masa lalu, tapi juga belajar memprediksi masa depan. Bukan cenayang membaca masa depan yaa kita ga belajar ilmu hitam kok haha. Kita cuma belajar memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan berdasarkan pola perilaku orang tersebut. Dan tentunya prediksi ini bisa dibuat berdasarkan pengalaman-pengalaman atau riset. Inilah enaknya punya dosen psikolog, jadi mereka banyak cerita tentang kasus-kasus yang mereka hadapi dan bisa jadi bahan pembelajaran banget buat kita.


Dosen

Dosen-dosen di psiko itu tergolong cukup approachable. Kalo di social media kayaknya dosen-dosen itu kok digambarkan kayaknya gitu banget, kalo di Psiko UI engga sih menurut gue. Ada yang senior-senior, banyak juga yang muda. Biasanya kita manggil itu dengan Mbak atau Mas. Jarang banget yang dipanggilnya Bu. Bisa gue bilang, dosen-dosen psiko itu beneran ngajar. Karena kalo ngobrol sama temen-temen dari fakultas lain, banyak yang dosennya nggak ngajar, ngasih tugas doang, ga masuk kelas, dll, sedangkan hampir semua dosen psiko itu bener-bener ngajar. Mereka masuk kelas sesuai jadwal, ngajarnya enak, dan pengertian sama mahasiswanya. Gue bersyukur banget sih akan hal ini. Mungkin karena mayoritas juga psikolog, jadi mereka tau gimana memperlakukan orang dengan semestinya, gimana proses belajar yang baik.

Komunikasi yang diterapkan juga komunikasi 2 arah yang memfasilitasi terjadinya diskusi banget. Di kelas kita sangat sangat boleh, bahkan didorong untuk aktif bertanya dan berpendapat. Ga peduli mau bener atau salah, yang penting berani aja dulu. Kalo salah juga kan namanya belajar. Jadi emang dilatih untuk berani bersuara sih.


Kalo ada kesulitan juga mereka mau bantu. Plusss karena mereka psikolog, mereka juga bersedia untuk bantu kita kalo kita ada masalah psikologis, butuh curhat. Kalo nggak enak sama mereka, kita bisa pergi ke Klinik Terpadu.


Klinik Terpadu itu adalah biro psikologi milik Psiko UI. Pelayanannya bisa untuk umum (berbayar) tapi kalo untuk mahasiswa gratis! Ini privilege banget sih buat anak-anak Psiko UI. Beberapa temen gue ada yang pernah kesana untuk konseling, terapi. Gue pribadi belum pernah kesana sih.



Kemahasiswaan

Soal kegiatan kemahasiswaan, disini banyak banget! Banyak banget organisasi dan kepanitiaan sampe-sampe berebut SDM buat jadi panitia atau pengurusnya haha. Sekarang ga tau sih gimana, cuma dulu isunya emang kebanyakan acara. Disini ada UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) tingkat fakultas, seperti UKM futsal, tari, teater, sampe riset. Ada banyak deh, dan makin kesini makin banyak. Ada juga organisasi kayak BEM, MPM (Kayak MPK-nya OSIS), organisasi keagamaan juga ada. Tinggal pilih aja yang sesuai minat. Kalo gue sendiri dulu lebih aktifnya di UKM tingkat universitas yaitu marching band. Paling kalo di fakultas ikut kepanitiaan-kepanitiaan acara aja. Cuma pas tahun ketiga, habis off marching band baru ikut BEM fakultas. Jadi kadang kalo lagi liburan kuliah itu sebenernya ga libur-libur amat karena banyak bolak-balik kampus juga buat ngurusin acara kampus. Kalo ada yang bilang liburnya kayak ga libur, ya itu liburan ala gue. Gue seneng kok ngejalaninnya. That's how I spent my holiday in my way.

Dan juga, dengan ikut berbagai kegiatan itu kita jadi kenalan sama banyak orang, lintas angkatan juga. Bisa gue bilang di Psiko UI itu nggak senioritas sih. Hubungan senior-junior itu sangat baik, sahabatan, bahkan sampe lulus pun masih berhubungan baik. Banyak juga yang akhirnya jadi rekan kerja. Sekali lagi, lingkungan sosial di Psiko UI itu sangat sangat hangat dan suportif.



Others

Selain yang udah dijelasin di atas, ada hal penting lain nih yang perlu gue sampein. Bisa dibilang, psikologi itu ramah difabel. Selama gue kuliah dan sampai saat ini gue balik S-2 disana, beberapa kali gue temuin mahasiswa berkebutuhan khusus kuliah disana, dari berbagai angkatan. Kebutuhan khususnya apa, macem-macem. Ada yang di kaki, di tangan, di penglihatan. Di angkatan gue sendiri ada 2 temen berkebutuhan khusus jadi gue ngeliat langsung proses belajar dan aktivitas mereka selama di kampus.

Jujur gue salut banget sama mereka semua. Mereka semangat buat menimba ilmu, dan sama aja kok sama kita yang lain. Tugas dan ujiannya juga ga dibedain. Yang gue amazed bagaimana temen-temen yang nggak punya tangan bisa menulis dan mengoperasikan laptop, bagaimana temen yang tuna netra bisa baca e-book dan mengoperasikan laptop. Wah.. salut banget sih. Dan mereka juga bisa tetep aktif di kegiatan kemahasiswaan.


Tentunya temen-temen dan pihak fakultas yang suportif juga sangat diperlukan. Fakultas pun memfasilitasi ini. Mereka berusaha nyediain buku e-book supaya bisa dibaca pake aplikasi, terus pas ujian juga dibacain untuk temen yang tuna netra. Untuk temen-temen yang pake tongkat atau kursi roda, sekarang dibuat slope atau jalanan tanjakan untuk memudahkan naik tangga. Dan gue yakin mereka akan semakin memperhatikan dan meningkatkan fasilitas untuk temen-temen berkebutuhan khusus.



***

Sekian dulu tulisan super panjang tentang pengalaman S-1 ini. Semoga cukup merangkum dan informatif untuk temen-temen yang tertarik masuk ke Psikologi UI. Untuk pengalaman S-2nya ditunggu dulu yaa. Doakan aja aku lulus tepat waktu supaya bisa segera sharing lagi 

You Might Also Like

0 comments