caredu

Working at Inspigo

March 02, 2019

Sesuai janji, gue mau cerita soal kerjaan gue di Inspigo. Kalo kalian pernah baca tulisan sebelumnya, tentang sesuka apa gue sama konsep Inspigo, lucky me akhirnya gue bisa jadi bagian dari itu. Kok bisa?

Waktu itu seorang temen ngumumin di grup SM bahwa Inspigo ngundang SM untuk dateng ke acara launching sekaligus press conference Inspigo. Berhubung gue available, dengan senang hati gue mengajukan diri untuk hadir. Waktu itu udah diniatin juga untuk observe dan colek-colek buat nanya lowongan hehe. Saat itu gue emang lagi cari kerja part-time untuk ngisi waktu luang sebagai mahasiswa. Gue cukup optimis mereka punya job yang fleksibel karena masih perusahaan start-up.

Kebetulan disana ada junior gue di kampus, jadi gue tanya lewat dia. Sayangnya waktu itu belom ada lowongan yang cocok buat gue. Gue pun kasih tau skills dan interest gue ke bidang apa, just in case nantinya ada lowongan yang cocok.

Sekitar 3 minggu kemudian, junior gue itu ngehubungin gue untuk ngasih tau bahwa mereka buka lowongan Freelance Content Researcher. Waktu itu dikirimin gambar sama jarkomnya. Gue baca-baca, wah gue banget!


Tulisannya sih 1 bulan tapi sampe sekarang aku masih disini hehe

Kemudian gue diminta untuk kirim CV dan portfolio via email. CV yang gue kirim pun gue bedain dengan CV gue biasanya, karena CV yang biasa gue kirim lebih untuk posisi HR, sementara posisi ini lebih untuk pekerjaan kreatif. Jadi isinya gue sesuaikan supaya lebih relevan. Ini penting ya guys untuk nyesuaiin CV sesuai posisi yang kalian lamar. Not one fits all.

Nah PR-nya adalah portfolio. Karena pekerjaannya akan banyak riset dan nulis, gue diminta submit portfolio tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Gue emang seneng nulis, tapi gue ga pernah bikin portfolio tulisan. Akhirnya saat itu juga gue ubek-ubek semua tulisan gue mulai dari artikel majalah kampus, riset yang pernah gue bikin pas magang, artikel yang published di website SM, blog pribadi, sampai fun survey di IG-nya Indonesian Youth. Waktu itu clueless banget bentuk portfolio tulisan itu kayak apa. Googling pun nggak banyak contoh portfolio tulisan. Sampe akhirnya tau harus masukin apa aja dan gue bikin secepet kilat untuk kejar waktu. Not perfect, but okay.

Singkat cerita, setelah apply, interview, dan dikasih tugas, gue diterima kerja disana. Kesepakatannya gue akan kerja remote dan fleksibel, nggak harus ke kantor, yang penting bisa dikontak. Ke kantor 2x seminggu cukup, atau sebisanya gue pas lagi nggak kuliah. Waktu kerja ini cocok banget buat gue yang sambil kuliah dengan jadwal tak menentu.


Gue ditempatin di tim konten bersama 2 orang lainnya dan 1 orang Head. Sesuai dengan jobdesc yang ada di foto tersebut, jobdesc utamanya adalah riset topik yang mau diangkat jadi podcast, bikin daftar pertanyaan wawancara karena format podcastnya akan kayak talkshow, nyari calon narasumber yang cocok, sampai approach narasumbernya. Nggak selesai sampai situ, ketika udah selesai rekaman gue juga harus bikin prolog podcastnya. Itu kerjaan utamanya, not to mention ada kerjaan-kerjaan lain juga karena namanya start-up pasti cakupan kerjanya akan lebih luas dan beragam. Kayak misalnya develop format podcast baru, sampai develop program magang haha. Alhamdulillah pengalaman jadi HR kemaren masih kepake. Jadi dipercaya untuk ngerekrut dan on-boarding anak magang wkwk.

First time ikut recording
Done interview with Mbak Zoya Amirin! FYI semua yang di foto ini alumni Psikologi loh XD
Recording with Inez Kristanti
Recording Pak Yongky Susilo. Pertama kali ikut interview di luar kantor
Retail team XD feat. Mbak Irma Erinda

Karena ini bidang baru buat gue, pikiran bener-bener harus dibuka. Belajar sebanyak-banyaknya. Belajar sama siapapun. Yang gue suka banget, gue jadi bisa ngerjain macem-macem topik mulai dari psikologi, love & relationship, HR, bisnis, marketing, lifestyle kayak traveling & musik, terus pendidikan, sex education, sampe yang bukan gue banget yaitu politik. Dan tentunya masih banyak lagi.

Sebagai orang yang minatnya banyak, ini memfasilitasi interest gue banget sih. Dulu gue segalau itu mau kerja di bidang HR, marketing, bisnis, atau apa. Tapi disini gue bisa ngerjain hal-hal yang berkaitan dengan bidang tersebut tanpa perlu terjun langsung untuk kerja di bidang itu. Terus juga dulu gue sesuka itu kuliah di psikologi, tapi sedih karena harus memilih peminatan dan jadi nggak bisa terjun ke bidang psikologi secara umum. Nah disini gue bisa "kembali". Bisa banget bahas topik-topik seputar psikologi kayak interpersonal relationship, self-discovery, interviewing, dll.

Ngerjain topik-topik yang berkaitan sama bisnis dan marketing juga challenging banget! Gue harus banyak baca, research, untuk paham seluk-beluk dunianya. Hal ini berlaku setiap kali mau ngangkat topik. Sebelum membuat pertanyaan, kita harus riset dulu tentang topik dan narasumbernya. Apa aja yang menarik untuk digali, apa yang belum diketahui banyak orang, pembicaranya udah pernah ngomongin apa aja. Challenge-nya adalah sebisa mungkin kita nggak nanyain hal yang udah pernah ditanya di interview lain. Jadi biasanya kita bacain artikel-artikel interview narsum tersebut, atau nonton video-video interview dan talks-nya di YouTube. Prinsipnya adalah, pertanyaan-pertanyaan di Inspigo bukan sesuatu yang sekali Googling gampang langsung dapet jawabannya, sehingga jawabannya menarik, personal,  berdasarkan pengalaman nyata, dan practical. Gue juga jadi tahu tentang histori dan kehidupan narasumbernya. Karena banyak pertanyaan yang berdasarkan pengalaman narasumbernya.

Dengan banyak baca, banyak nonton, gue jadi belajar banget bidang-bidang tersebut. Gue yang ngga tau proses pembuatan film, jadi tau sedikit-sedikit. Gue yang ngga ngerti budaya tertentu jadi tau nilai-nilai budaya tersebut. Gue yang cuma penikmat lagu, jadi tau  histori penyanyinya. Gue yang ngga tau program pemerintah jadi tau dan terbuka banget bahwa ternyata banyak loh program yang bagus, terlaksana, dan bikin jadi optimis sama negara ini.

Riset tentang topik-topik tersebut jadi ngebuka wawasan banget. Dan what's better than being paid to learn? Lo bisa belajar banyak, belajar hal-hal yang lo suka, tapi dibayar! Kadang gue nggak ngerasa kayak lagi kerja, ngerasanya kayak belajar tapi dibayar. Yaiyalah, baca artikel, dengerin podcast, nambah ilmu, terus dibayar. Kepo, dibayar. Haha, kenapa gue bilang kepo dibayar? Karena sebagai orang yang kepo dan punya curiosity tinggi, gue jadi bisa nelusurin macem-macem hal, dan kalo gue ga nemu jawabannya tentu itu bisa banget dijadiin pertanyaan interview. Jadi selain emang harus bahas suatu topik, nggak sedikit pertanyaan interview yang berangkat dari pertanyaan pribadi. Lo nanya sesuatu, dijawab oleh seorang expert, tapi lo dibayar. Wkwk. Gimana nggak enak?? Gimana ga cinta??

Dan semakin cinta, seneng, dan bangga ketika apa yang kita kerjain beneran memiliki dampak positif buat orang lain. Kalo kalian perhatiin, Inspigo sering banget repost IG story orang-orang yang ngereview dan ngetag Inspigo tentang perasaan mereka dengerin Inspigo, tentang gimana mereka mendapat insight dan inspirasi dari podcast yang kita bikin. Ketika ngeliat konten kita disukai oleh orang lain tuh......... 

Belakangan ini gue suka screenshot review-review tersebut sebagai penyemangat. Jujur itu suntikan semangat banget sih... Gue dari dulu selalu seneng sharing, seneng kalo orang dapet insight dan manfaat dari apa yang gue tau, dan menurut gue ini adalah cara lain dimana gue bisa sharing ilmu dan manfaat, lewat orang lain. Karena kalo gue yang ngomong siapalah gue, apa juga kredibilitas gue. Jadi kali ini gue bantu di belakang layar aja. Semoga apa yang dibikin pake hati, sampe juga ke hati kalian :)



 





Dan masih banyak lagi apresiasi semacam ini, baik yang gue screenshot maupun engga. Ada yang share kalo dia suka, ada juga yang nulis kesan-kesan pas denger itu, ada juga yang niat banget nulis insight dan rekomendasinya :")

Selain itu, compliment dari narasumber juga bikin happy banget. Ketika ada narasumber yang bilang, "Pertanyaannya bagus! Terakhir aku ditanya pertanyaan macem gini kayaknya di *** deh udah lama banget." Bahkan ada narasumber yang salut sekaligus ngeri karena kita tahu banyak banget tentang mereka, yang mungkin orang-orang sekitarnya nggak tahu akan hal itu haha. Ketika denger compliment macem gitu, rasanya semua terbayar. Apresiasi dari pendengar adalah satu hal, tapi apresiasi dari narasumber itu lain hal lagi, karena mereka pasti terbiasa di wawancara, dan ketika kita bisa kasih pertanyaan yang menarik dan nggak itu-itu aja bagi mereka, itu seneng banget sih.

Daritadi ngomongin enak-enaknya aja.. Ngga enaknya ada ngga? Pasti ada dong. Namanya kerja pasti ada enak dan ga enaknya. Terutama karena gue sambil kuliah. Seringkali gue melewatkan kesempatan menarik karena gue harus kuliah. Misalnya interview dengan seseorang, apalagi kalo topiknya gue yang bikin. Kapan lagi bisa duduk bareng dan dapet insight langsung dari CEO perusahaan ternama? Kalo bisa ketemu aja udah Alhamdulillah. Kapan lagi ngobrol langsung sama orang, tokoh, atau artis yang dikagumin? Banyak konten-konten yang gue bikin tapi nggak bisa ikut pas eksekusi wawancaranya tuh... </3 Tapi ya mau gimana.

Oh ya beberapa kali juga gue diminta bantu offline event mereka kayak learning session berupa talkshow di perusahaan apa.. Atau learning fair apa.. Tapi bentrok sama jadwal kuliah :" Inspigo emang banyak kerjasama sama perusahaan karena sekarang Inspigo sering dianggap sebagai learning portal, dan dijadikan learning partner atau vendor untuk bikin learning event perusahaan. Ini menarik sih buat gue yang berkecimpung di bidang HR, jadi tau metode learning perusahaan zaman sekarang yang bukan cuma training di kelas.

Banyak kesempatan yang harus gue lewati karena nggak bisa hadir, karena ya itu tadi, gue harus kuliah. Kadang terbesit pikiran ngaco kayak "Apa gue bolos kuliah aja ya? Sekali ini". Tapi terus gue harus inget lagi bahwa pekerjaan utama gue adalah pelajar. I'm a full-time student, a part-time worker. Inget bahwa pekerjaan ini adalah pengisi waktu luang di luar kuliah, inget bahwa kewajiban utama gue adalah kuliah, inget berapa banyak hal yang udah dikorbankan untuk lanjut S-2. Dengan inget-inget hal tersebut, kembali fokus ke tanggung jawab utama, cukup berhasil ngelurusin pikiran yang mulai ngaco sih haha.

Tapi Alhamdulillah sempet ikut salah satu event yang keren banget, yaitu TrendWatching! Aslinya tiketnya mahal book.. Dan waktu itu aku dapet kesempatan untuk ikut itu secara gratis berkat Inspigo. Seseneng itu sih bisa ikut. Bagus BANGET acaranya. Sempet ditawarin tiket gratis Resonation dan Jakarta Sneakers Day juga tapi those aren't my thing.. Hehe.





Challenge yang kadang bikin pusing adalah gimana bikin konten bener-bener dari scratch. Kadang kita bisa berangkat dari topik, bisa juga berangkat dari narasumber. Ketika mau bahas topik tertentu kadang kita bingung pembahasannya mau difokusin kemana, angle-nya apa, karena bahasannya luas banget. Misalnya kita mau bahas tentang branding. Branding apanya?? Kan branding luas. Atau misalnya mau bahas tentang relationship. Kan kemaren udah bikin tentang relationship, terus untuk yang kali ini mau bahas apanya? Apa yang ngebedain dari podcast sebelumnya?

Sering juga kita berangkat dari narasumbernya, mau interview orang tertentu. Disitu sering banget bingung apa yang mau dibahas dari dia. Kita harus cari tau expertise-nya dia apa.

Challenge lain adalah beberapa konten merupakan konten kerjasama dengan pihak eksternal. Bisa perusahaan, bisa brand, bisa komunitas, dan tentu kita harus nyesuaiin dengan kebutuhan mereka. Misalnya bikin branded content, gimana caranya bikin soft-selling itu se-soft mungkin, kalo bisa ngga kerasa kayak lagi promosi. Dan disini kita berperan mirip seperti agensi lah, agensi yang punya klien. Anak agensi pasti ngerti banget dinamikanya saat ngerjain project klien.

Dan gue cukup kaget ketika pas masuk gue di-assign untuk handle 1 klien besar. Besar banget. Untuk handle project mereka start from scratch. Padahal background gue bukan bidang itu. Ada sedikit knowledge dan interest, tapi masih harus sangat-sangat belajar. Dan abis itu ketika ada kerjasama atau ada project untuk klien, sering dikasih ke gue. Kadang gue bingung sendiri mereka bisa mempercayakan itu ke gue, padahal kan gue baru banget banget di bidang ini. Tapi disitu gue ngerasa, mereka udah percaya sama gue, mereka percaya bahwa gue bisa. Dan gue juga coba percaya sama diri gue. Kadang gue coba berpikir bahwa gue bukan anak kemaren sore kok. Gue punya pengalaman kerja, gue punya knowledge, dan segala hal itu learnable. Semua bisa dipelajarin, jadi pasti bisa.

Habis itu beberapa kali ada klien juga project-nya dikasih ke gue. Di satu sisi challenging banget tapi di satu sisi seneng karena dikasih kepercayaan untuk handle itu. Terus juga beberapa kali pernah diminta bikin prototype atau ngerancang suatu produk baru yang belum pernah dibuat. Like.. How do I do it?? Tapi sekali lagi, semua bisa dipelajarin kok, jadi pasti bisa. Pelan-pelan.. Tenang.. Cari referensi.. Coba kerjain.

Melihat challenge-challenge tersebut, ketika question list atau project-nya akhirnya kelar, udah tau mau bahas apa, berasa banget bukti dari kalimat "It seems impossible until it's done." Kayak, akhirnya bisa juga dikerjain. Tuh kan, bisa :")

Ngomongin lingkungan kerja, disini gue kayak kembali ke kehidupan lama gue! Haha. 1,5 tahun terakhir gue kebanyakan kerja dan main sama orang-orang yang secara umur lebih tua dari gue.  Lebih tuanya ada yang udah pada punya anak. Kayak gue selalu paling bontot. Udah lama banget nggak kerja bareng dan sehari-harinya berada di lingkungan yang seumuran. Ngomongin hal-hal receh, ngomongin fenomena dan tren yang ada di lingkungan kita, ngomongin interest yang sama, rasanya kayak balik ke jaman kuliah. Disini mostly karyawannya masih muda, dan semakin kesini semakin banyak yang muda-muda masuk.. haha. Yang awalnya anak-anak seumuran makan siang bertigaan, sekarang udah serombongan. Yang udah lebih senior pun masih sangat sangat berjiwa muda.


Dan disini gue juga diingatkan kembali betapa luasnya dunia ini. Ngobrol sama mereka yang tau banyak hal, bikin gue sadar bahwa banyak banget hal-hal yang gue ga tau. Kadang gue ngerasa kudet gitu kalo mereka ngomongin nama orang. Sebagai perusahaan yang kerjasama sama banyak narasumber, kita jadi tau kehidupan dan update orang-orang tersebut. Kadang kalo lagi ngomongin mereka, gue suka ga tau ini tuh siapa sih. Dan ketika gue nanya, ini siapa sih? Jawaban mereka selalu sama: Coba googling deh. Dan ketika gue Googling kayak.... what. Pendiri ini toh. Pemilik ini toh. Dan mereka ngomongin kayak biasa aja gitu kayak lagi ngomongin temen. Tapi ngomonginnya in a positive way loh, bukan yang gosip-gosip ga jelas gitu. Kayak, "Eh si ini kemaren abis ngisi ini.. Eh si ini kemaren baru launching ini.." Kadang aku suka merasa apalah aku.

Tapi, di satu sisi itu motivating banget jujur. Kalo kalian pernah baca tulisan gue yang judulnya Being Average, disitu gue bilang kalo gue orangnya nggak neko-neko. Bukan yang ambisius bercita-cita tinggi atau mengejar karier. Tapi dengan belajar dari orang-orang hebat, baik internal Inspigo maupun narasumber-narasumber yang kita wawancara, jadi ngerasa banget bahwa we can do something big, something impactful. Kita bisa kasih impact positif yang bermanfaat buat banyak orang, yang mungkin bisa meningkatkan kesejahteraan orang-orang, baik kesejahteraan fisik, mental, finansial, atau apalah. Bahwa kita hidup bukan untuk diri kita sendiri, kita bisa memberikan manfaat loh untuk orang lain, negara, dan dunia ini.

Oh ya FYI sekarang Inspigo lagi ada lowongan untuk beberapa posisi loh. Salah satunya Freelance Content Researcher kayak gue. Ada juga Account Manager dan Account Executive. If you are interested, you can submit your CV to admin@inspigo.id. If you are interested for internship or another position, don't hesitate to drop us an email.

Buat yang belum pernah denger Inspigo, wah... parah sih. Buruan download deh di App Store / Google Play Store. Supaya dapet akses premium, silakan masukkan kode 1kghs pas sign up. Inget, pas sign up ya karena nggak bisa masukin pas udah daftar. Selamat belajar!

You Might Also Like

0 comments