life

Self-Pamper

March 22, 2019

Padatnya aktivitas sehari-hari, harus dealing dengan berbagai orang dan masalah, mobilisasi dari sana ke sini, seringkali bikin kita capek. Dulu gue tipe orang yang yaudah jalanin aja semua. Hajar troos. Tapi sekarang makin bertambahnya usia, makin ngerasa butuh rehat sejenak dan kasih sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri setiap harinya.

Sejak belajar tentang mindfulness, gue belajar banget untuk self-love, self-care, rehat, dan juga recharge diri sendiri secara harian. Ibaratnya kayak HP, badan itu juga punya batre yang perlu dicharge beberapa waktu sekali. Ga cuma badan, tapi juga pikiran. Ini perlu kita lakukan secara rutin sebelum kitanya meledak. Kadang kita ga sadar kalo batre itu semakin menurun, sampe-sampe udah drop banget atau abis. Tau-tau rasanya mau meledak aja. Jangan sampe kita meledak dulu baru sadar kalo butuh dicharge. Jadi charge lah secara rutin, dengan hal-hal simpel aja.

Untuk gue sendiri, recharge itu ternyata bisa dari hal-hal simpel. Pulang kuliah biasanya main HP bentar, ngecek apa aja sih yang terjadi di luar sana. Terus mandi. Daaann sekarang jadi semangat mandi sepulangnya dari mana-mana karena pake sabun yang wanginya kusuka banget! Jujur nih yaa jujurr.. Gue anaknya males bersih-bersih abis pulang dari mana-mana. Tapi setelah nemu sabun yang wanginya gue banget, itu jadi sarana buat ngerileksin diri sih karen wanginya bikin nyaman. Apalagi kalo mandinya air anget. Ini dia wangi sabun favoritku sekarang:


Habis mandi, waktunya makan. Lupakan tugas dan kerjaan dulu, perut harus diutamakan. Gue juga sebahagia itu sih kalo sampe rumah nemu makanan enak. Buka tudung saji ada makanan, buka kulkas penuh, buka lemari ada cemilan. Kebahagiaanku sesimpel tersedianya makanan yang memadai :") Alhamdulillah banget, sebersyukur itu nyokap rajin nyetok makanan jadi tinggal milih apa yang bisa menimbulkan indulgence.

Gue sendiri sebenernya bukan tipe yang suka minum macem-macem. Aku tim air putih. Tapi entah kenapa, sejak masuk semester 2 ini jadi suka konsumsi yang ga sehat :"" Sugar intake-nya lumayan, MSG intake-nya lumayan. Jadi rada loose soal makanan ga sehat. Apalagi nyokap nyediain segala macem minuman sachet macem thai tea, coklat, kopi ina itu, dan minuman tidak sehat tinggi gula lainnya. Ya aku kan jadi mudah mengakses minuman manis itu :( Tapi di satu sisi lumayan sih, jadi menghemat pengeluaran jajan-jajan chatime atau minuman manis lainnya. Disyukurin aja yah.

Untuk makanan dan minuman ga sehat ini emang gue sekarang jadi lebih loose, alasannya ya itu, buat pampering myself. Jangan terlalu sadis lah sama diri sendiri, sekali-kali kasih yang bisa bikin happy. Denger apa yang lagi dibutuhin tubuh. Tapii tetep mesti inget udah konsumsi seberapa banyak perharinya. Kalo ngerasa udah kebanyakan gula atau MSG, harus tahan-tahan diri, atau harus dibayar sama olahraga.

Nah.. Sambil makan kadang sambil nonton Netflix juga. Sebentar aja, setengah jam cukup. Atau sambil nonton TV. Kadang emang ngerasa kayak ga punya waktu buat nonton. Tapi kadang gue sadar udah lama loh gue ga nonton TV, padahal kadang nonton TV itu bisa sparks joy haha. Jadi yaa sekali-kali tetep disempetin nonton lah.

Dan tentunya, meluangkan waktu untuk refreshing dengan nulis disini :)

You Might Also Like

0 comments