caredu

S-2, Perlu Nggak Sih?

August 26, 2018

"Nanti pas zamannya kamu sama kakak, S-2 udah kayak kewajiban. Semua orang S-2."

Ucapan itu beberapa kali diucapkan bokap gue sejak gue masih di bangku sekolah. Kata bokap, zaman dulu semua orang "wajib" S-1 dan S-2 itu dianggap sesuatu yang wow, sementara kalo zamannya gue nanti akan banyak banget orang yang S-2 sehingga S-2 udah jadi sesuatu yang common, bahkan "kewajiban".

Dan benar terbukti. Ga hanya teman-teman di sekeliling gue, di luar sana baaaaanyak banget orang yang ngambil S-2 zaman sekarang. Udah bukan sesuatu yang wow. Tapi pertanyaannya, buat apa sih S-2?

Typically, ada beberapa alasan common seseorang ngambil S-2:
1. Ingin atau butuh memperdalam ilmu.
2. Gengsi, ikut-ikutan, pembuktian, pengen punya gelar master.
3. Pelarian. Pelarian karena ngga dapet kerja atau pengen berhenti dari pekerjaan yang sekarang.

Not to mention ada juga yang disuruh orangtua. Tapi kebanyakan karena 3 di atas sih.

Dari ketiga alasan di atas, idealnya seseorang menggunakan alasan nomor 1 sebagai dasar keputusan mengambil S-2. Mungkin ilmu S-1nya belum cukup untuk menunjang pekerjaannya. Mungkin ada gap ilmu yang perlu ditutupi. Nyatanya, banyak yang menggunakan alasan nomor 2 dan 3 atau alasan pengen aja. Nggak salah sih, tapi hati-hati terjebak sama ego pribadi dan ekspektasi orang lain.

Nggak sedikit temen-temen gue yang resah ngeliat orang sekelilingnya pada ngambil S-2. Rasa insecure, rasa kompetitif, rasa iri, pengen juga, bikin mereka merasa tertinggal. Dan itu somehow menurunkan self-esteem mereka. Apalagi ngeliat temen-temen yang kuliah di luar negeri, dapet beasiswa, wah makin-makin deh.

Gue pun seriiiiing banget dapet pertanyaan dari orang-orang, temen, keluarga, temennya ortu, "Kamu ngga lanjut S-2?" Dan itu semakin mengukuhkan pendapat bahwa S-2 itu udah kayak kewajiban.

Oke, jadi begini teman-teman. Gue mau cerita pandangan gue pribadi. Ketika orang nanya gitu ke gue, atau gue ngeliat temen-temen banyak banget yang ngambil S-2 di dalam maupun luar negeri, gue bisa dengan santainya menjawab tanpa merasa tertekan untuk mencapai hal yang sama. Jawaban gue adalah, "Iya, nanti."

Saat ngomong gitu, gue juga belum tau pasti kapan gue akan S-2 dan apakah gue akan benar-benar ngambil S-2 atau ngga, meskipun kemungkinan besar akan iya. In my humble opinion, S-2 itu BUKAN sebuah kewajiban. Perlu tau dulu tujuannya apa, kita mau jadi apa nantinya, apakah ilmu tersebut diperlukan untuk menunjang cita-cita kita? Apakah S-2 itu sebuah kebutuhan, atau hanya keinginan?

Coba tanya ke diri sendiri, emang buat apa ilmu dan gelar S-2nya? Karena kalo ngomongin percepatan karier, nggak harus dengan S-2 kok. Oke S-2 bisa mempercepat karier, tapi pengalaman lebih berharga. Dengan punya gelar master, ngga serta merta "harga" kita di market itu lebih tinggi daripada lulusan S-1. Nggak sedikit lulusan S-2 yang merasa harus dihargai lebih mahal padahal pengetahuannya dia kalah sama S-1 yang punya pengalaman.

Dari kacamata perusahaan, kebanyakan itu mending pilih S-1 yang berpengalaman kerja daripada S-2 fresh graduate tanpa pengalaman kerja. Karena perusahaan cari yang punya pengalaman sehingga tau kondisi lapangan seperti apa dan juga siap kerja. Nggak sedikit perusahaan yang akhirnya "males" hire fresh graduate S-2 karena harganya kemahalan sedangkan belum terbukti kualitas kerjanya. Tipsnya, walaupun lagi menjalani S-2 sebaiknya tetep ambil proyek-proyek yang sekiranya relate dengan pekerjaan impian atau kerja dulu baru S-2. Pada akhirnya, tanpa pengalaman kerja banyak gaji fresh grad S-2 yang ngga jauh beda sama lulusan S-1.

Kedua, perlu tau kapan kita siap S-2. Dengan punya time frame sendiri, itu bikin kita ngga insecure dan ga perlu iri sama temen-temen yang mulai lebih dulu. Dulu begitu lulus gue udah tau bahwa gue ngga mau langsung lanjut S-2. Gue butuh break belajar. Gue pengen kerja dan butuh melakukan hal lain selain belajar. Biar gimanapun juga, ga gue pungkiri bahwa sesekali ada perasaan "kalah" ketika temen-temen udah memulai lebih dulu. Ditambah nyokap juga nyuruh-nyuruh langsung S-2. Tapi kembali gue inget kondisi diri gue. Gue sadar kalo mental gue belum siap untuk kuliah dan jadi mahasiswa lagi. So, gue jalani dan nikmati dulu aja kerjaan gue sampe gue ngerasa butuh dan siap untuk S-2. Karena S-2 itu ngga murah dan ngga mudah. Butuh komitmen dan kemauan yang kuat untuk bisa menyelesaikan dengan baik. Jangan sampe ngejalaninnya setengah-setengah.

Ada seorang temen yang insecure banget setiap kali ngeliat temennya S-2. Karena dia pengen segera S-2 tapi masih ngga tau mau ambil jurusan apa dan dimana. Pokoknya dia pengen banget S-2. Entah karena merasa itu sebuah target yang harus segera dicapai atau ada gengsi, tapi hal itu bikin dia jadi cemas ketika ngeliat orang lain lebih dulu S-2. Itu karena di dalam diri dia ada desakan keinginan untuk S-2 sekaligus kebingungan tentang apa yang sebenernya dia butuhin.

Kalo gue ngga insecure karena gue tau gue belum siap dan kebetulan saat itu gue juga masih bingung mau ambil jurusan apa. Ada beberapa jurusan yang gue minati, jadi gue harus bener-bener berpikir dan menimbang mana yang sebenernya paling gue butuhin. Jadi gue mikir-mikir dulu aja sembari menunggu siap.

Setelah akhirnya mengambil keputusan untuk lanjut S-2, menetapkan kapan dan jurusan apa yang mau gue ambil, pertanyaan berikutnya dari (hampir) semua orang adalah, "Kenapa ngga di luar negeri?" "Nggak ambil LPDP (luar negeri)?" Lagi-lagi gue ga merasa insecure karena gue punya jawaban mantap untuk itu. Bukan itu yang gue perluin.
.
Untuk jurusan yang mau gue ambil, akan lebih baik ngambil di Indonesia karena kalo ambil di luar negeri, saat balik ke Indonesia perlu ada penyetaraan lagi. Perlu bikin tesis dan ujian lagi. Lebih ribet lah. Gue pun juga ga ada keinginan untuk kuliah di luar negeri. Sempet sih kepikiran pengen nyobain rasanya tinggal dan belajar di luar negeri, tapi itu bisa didapet lewat jalan lain seperti ikut exchange atau ambil course. Nggak perlu S-2. Dengan ambil program-program tersebut, rasanya cukup untuk memenuhi keingintahuan gue mengenai rasanya tinggal dan belajar di luar negeri. Ngga perlu tinggal terlalu lama di luar negeri dan juga tanggung jawabnya ngga sebesar S-2. Karena jujur meskipun seneng liburan ke luar negeri, dalam beberapa hari gue akan kangen Jakarta dan untuk tinggal gue tetap memilih untuk tinggal di Indonesia.

Mungkin kalo gue kompetitif dan pengen ngebuktiin ke orang-orang bahwa gue juga bisa dapet beasiswa, gue akan jadi insecure dan stres sendiri. Ketika motivasinya itu memenuhi ekspektasi orang lain, hati ngga akan tenang dan ngga sepenuh hati ngejalaninnya. Tapi kalo emang karena diri sendiri, pasti akan terasa lebih tenang.

Contoh lain kakak gue. Dia sedang meniti karier dan menikmati pekerjaannya sekarang. Ketika ditanya orang mengenai rencana S-2, dia dengan mantap bilang untuk saat ini belum. Karena belum merasa perlu. Kebetulan di tempat kerjanya cukup banyak training, plus kakak gue rajin self-learning dengan baca buku, dateng seminar dan diskusi. Dan dia merasa saat ini ilmu-ilmu tersebut masih cukup untuk menunjang pekerjaannya.

Alternatif lain ada temen gue ambil course dan sertifikasi. Dia ngerasa itu cukup untuk memenuhi gap ilmu sekaligus memperdalam ilmu di bidang profesi dia.

Jadi kuncinya kita tau apa yang kita butuhin. Apakah kita bener-bener perlu itu atau hanya sekedar keinginan untuk memenuhi ego kita? Dengan kita bener-bener mengenali diri sendiri, itu akan mempermudah kita untuk nentuin rencana kita ke depannya, dan juga menurunkan rasa insecure terhadap diri sendiri.

You Might Also Like

3 comments

  1. Haai. Iya betul, perkara S2 atau kerja dulu emang butuh perenungan hehe. Btw, sama kok aku juga masih mahasiswa. Semangat untuk kitaa :D

    ReplyDelete
  2. hahaha ya ampun berawal di kantor temen gue ngomong puyo, terus cari di google dan salah satunya blog mbak pernah bahas, gue jadi explore yang lain haha. out of curiosity i clicked home, karena tadi si puyo tahun 2014. terus mikir, sampai sekarang masih suka nulis ga ya. makanya kaget banget pas tulisan terakhir sep 2019. dan gatau kenapa jadi klik career hahaha. setuju sama pandangan tentang s2 nya. alasan no 2 & 3 itu relatable banget, di umur 20an memang beban nya terasa banget, ya rasa kompetitif, jenuh di tempat kerja. bahkan ada temen gue yang bilang mau sekolah lagi biar bisa cari jodoh and me like whaattt -_- saya pribadi bukan yang tipe seneng belajar. tapi saya juga butuh perdalam ilmu. pas ditanya s2 sama orangtua terus mikir, kayaknya secara mental belum siap deh. daripada udah keluar uang malah ga serius belajarnya. akhirnya sekarang saya ambil course di bidang yang saya butuh dan emang setelah dijalani, ini yang paling tepat sih. dari durasi waktu dan materinya langsung ke sasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ya ampuun dari Puyo nyampe kesini yaa. Semoga eksplorasinya di blog ini bermanfaat :D

      Setujuu, kalo lanjut S2 emang butuh kesiapan mental dan tujuan yang jelas. Karena sekarang buat dapet ilmu bisa banyak banget cara nggak harus lewat S2. Akupun dulu sempet kepikir ikut course atau ambil sertifikasi aja, tapi ternyata pekerjaannya yang mau ditekuni butuh license psikolog, jadi mau nggak mau harus S2. Kuncinya kenali diri dan tujuan hidup.. haha.

      Anyway, good luck untuk course dan kariermu!

      Delete