others

Nonton Langsung Asian Games!

September 01, 2018

Setelah merasakan euforia Asian Games di Asian Fest yang diadakan di kawasan GBK, selanjutnya gue pengen cerita pengalaman nonton pertandingan Asian Games langsung dari venue pertandingan! Salah satu cabang olahraga yang gue incar sedari awal adalah Gymnastic. Gymnastic sendiri kebagi 3 cabang yaitu Artistic, Rhythmic, dan Trampoline. Kalo bisa nonton tiga-tiganya mau banget deh. Dan kalo bisa nonton pertandingan lain-lainnya juga mau bangeettt. Tapi karena keterbatasan dana, saya cuma bisa nonton 1 pertandingan ini aja. Di satu sisi mikir yaudah sih ini kan acara langka dan belum tentu ada di Indonesia lagi, gapapa lah spend lebih untuk nonton banyak pertandingan. Tapi di satu sisi mesti inget self-control dan prioritas keuangan.

Nah untuk Gymnastic Rhythmic sendiri diselenggarain 2 hari, yaitu tanggal 27-28 Agustus. Gue nonton yang tanggal 27 karena semua atlet tampil di hari ini sedangkan untuk tanggal 28 itu final jadi ngga semuanya tampil.

Untuk venue-nya sendiri diadain di Hall D JIExpo Kemayoran. Suasananya beeeda banget sama di GBK yang super rame. Meskipun tiket sold out, JIExpo-nya sendiri nggak rame, cuma ada penonton-penonton aja. Bazaarnya pun cuma dikiiit banget. Terus gue pikir disini jualan merchandise juga ternyata engga sama sekali :( Hanya ada stand sponsor dan makanan. Makanan pun terbatas banget pilihannya. FYI makanan di stand bazaar tergolong mahal, mending makan di Hall E aja karena disana ada semacam food court.






Gue sampe Hall D itu sekitar jam 11.30 AM. Saat itu tempat duduk penonton udah rame banget hampir full. Untung udah ditag-in tempat sama temen jadi bener-bener dapet best view. Penontonnya banyak family gitu yang bawa anak-anak. Mungkin karena gymnastic lagi naik daun banget sih di kalangan anak-anak.


 


Suasananya seru bangett dan venue-nya bagus. Gue baru pertama kali nonton pertandingan Gymnastic. Wah, asli bagus banget sih. Jadi Gymnastic Rhythmic ini adalah gabungan dari gymnastic, ballet, nari, dan menggunakan 4 macam alat yaitu Hoop, Ball, Clubs, dan Ribbon. Penilaiannya sendiri ada yang tim ada yang individual.

Sumpah, keren-keren banget. Ga henti-hentinya terpukau sama para atlet yang super lentur dan lincah. Ga ngerti banget gimana bisa ngelempar tinggi dan nangkep ga pake tangan tapi pake paha, pake punggung, pake kaki. Apalagi ngeliat pada jago banget meliuk-liuk. Hadeh cuma bisa geleng-geleng.

Hoop

Clubs & Ball

Ribbon

Favorit gue itu yang dari Uzbekistan, Jepang, dan Lebanon. Tapi ngga ngerti kenapa yang Lebanon nilainya jelek. Padahal menurut gue baguss.

Kostum dan alatnya pun juga bagus bangeet. Meskipun kostumnya super duper mini macem baju renang, tapi colorful, sparkling, dan elegan. Gue pun ga banyak foto dan ngerekam karena fokus nonton. Se-menikmati itu setiap pertunjukannya.

Satu hal yang gue ngga suka adalah respon penonton ketika ada atlet yang melakukan kesalahan. Biar gimanapun, mau latihan sekeras apapun, shit happens. Nggak sedikit yang gagal nangkep alat yang dilempar, ada juga alat yang kelepas saat dipegang, dan banyak yang ribbon-nya kelilit dan nyangkut. Di saat ada kejadian itu, penonton tuh bener-bener langsung heboh gitu. Hebohnya yang menurunkan mental pula kayak sorakan semacam "Wuuu!" "Aah!" dan lain sebagainya. Semakin lama atlet tersebut recovery, semakin ribut penonton.

Gue sebel banget sih dengernya. Plis lah. Buat tampil aja udah jadi beban tersendiri buat mereka. Ketika shit happens, kita tau kok kalo itu seharusnya ngga kayak gitu. Dan pasti ada sedikit rasa panik. Gue sebagai orang yang pernah mengalami kegagalan saat tampil, ngerti banget gimana rasanya jadi atlet tersebut. Ga perlu lah ditambahin sorakan-sorakan yang menjatuhkan mental kayak gitu. Sorakan-sorakan kayak gitu hanya bikin seseorang makin panik, ngga fokus, dan bisa makin turun performanya.

Penontonnya beda sama pertunjukan-pertunjukan lain yang pernah gue tonton, dimana kalo di pertunjukan lain itu penontonnya suportif. Mereka akan nyemangatin dan akan bersorak atau tepuk tangan ketika orang tersebut berhasil recovery. Support kayak gini lah yang dibutuhin. Bukan sorakan-sorakan reaktif yang bikin atletnya merasa gagal. Bereaksi boleh, tapi reaksinya mohon dikontrol juga. So if you ever happen to be an audience, please be a supportive one.

You Might Also Like

0 comments