others

Asian Games 2018

August 24, 2018

Siapa kitaaaa? INDONESIA!

Suara tersebut ga henti-hentinya gue denger di TV. Hampir semua stasiun TV lokal ngeliput Asian Games 2018 (AG2018), terutama 2 stasiun TV yang jadi official broadcaster-nya AG2018. Di Indonesia saat ini emang lagi hype banget Asian Games, tentunya karena tahun ini kita jadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Sebagai pengangguran dan banyak menghabiskan waktu di rumah, gue jadi punya banyak waktu untuk nontonin berbagai pertandingan dari berbagai cabang olahraga. Sebenernya gue sama sekali bukan orang yang suka nonton pertandingan olahraga di TV, apalagi live di venue. Dari dulu ga ngerti serunya dimana. Udah coba nonton beberapa menit tapi ga dapet feel-nya.

Tapi kali ini beda. Untuk pertama kalinya gue nonton pertandingan sepak bola, FULL dari awal sampe abis dan SANGAT menikmatinya. Waktu itu Indonesia vs Laos. Sumpah, itu seru banget rasanya. Feel-nya dapet banget, rasa nasionalis memuncak tiba-tiba, plus ngakak-ngakak sendiri karena komentator yang super lawak. Kayaknya faktor komentator ini yang bikin pertandingan jadi seru buat ditonton deh haha (Meskipun abis itu komentatornya dihujat di Twitter :p). Senengnya bukan main pas Indonesia berhasil menang di pertandingan itu.

Berawal pertandingan itu, gue jadi tertarik buat nonton pertandingan-pertandingan lainnya. Alhamdulillah sebagai pengangguran punya banyak waktu buat nonton siaran langsung yang ditayanginnya saat jam kerja :p Mulai dari sepak bola, badminton, panahan, sepak takraw, kabaddi, BMX, voli, berkuda, dll. Jadi sedikit-sedikit tau dan ngerti rules-nya. Ternyata seru banget ya!

Jadi follow akun Kemenpora buat tau update peraihan medali Indonesia, jadi rajin buka web Asian Games buat tau peringkat dan info-info, jadi kepoin IG atlet-atletnya yang ternyata keren, dan ikutan kezel kalo ada komen-komen ngehina atlet yang kalah. No excuse for them, langsung ku report spam akunnya! Daripada berantem di kolom komentar ya kan, mending bareng-bareng report akun tersebut apalagi kalo fake account.

Terus jadi ngikutin banget sepak bola dan badminton. Tapi yang ada Indonesianya aja haha. Rasa suportif dan nasionalis memuncak banget pas nonton pertandingan final badminton beregu putra. Saat ngeliat perjuangan Anthony Ginting yang literally jatuh-bangun berjuang sampe titik penghabisan. Jujur w nangis nontonnya wkwk. Bener-bener definisi kalah terhormat itu. Kalo belom nonton, plis banget nonton streaming.

Ikut deg-degan juga nonton sepak bola Indonesia vs Hong Kong, ikut kesel sampe ngomel pas nonton "drama" pertandingan Indonesia (INA) vs Uni Emirat Arab (UAE). Gue bukan penonton yang ekspresif ya, deg-degan dan excited-nya dalam hati aja. Tapi pas nonton INA vs UAE, gue beneran ampe ngomel loh kesel banget sama pemain-pemain UAE yang super drama. Like, hello gue pengen nonton bola kenapa lu pada berdrama?? Kalo lagi pengen maki-maki nonton deh. Tapi saran gue sih ga usah daripada kesel. Untungnya pemain Indo ngga terpancing drama dan tetep perform maksimal. Another kalah terhormat karena mereka tetep bisa main berkelas melawan drama dan sandiwara lawan.

Dan selalu mau nangis tiap denger lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Jujur jadi pengen nonton langsung. Pengen ngerasain animo di venue, pengen ikut ngasih dukungan langsung, pengen ngerasain euforianya. Tapi sayang diriku lagi menghemat pengeluaran jadi cuma bisa nonton 1 pertandingan aja yaituuuu Gymnastic Rhythmic! Yang ini emang udah lama ngincer buat nonton langsung. Ceritanya bisa dibaca disini.

Nggak nonton langsung bukan berarti ga bisa dateng ngerasain langsung animo AG2018. Beberapa waktu langsung gue berkesempatan merasakan euforia Asian Games langsung dari venue utama yaitu GBK. Gue dateng ke Asian Festival yang diadakan di kawasan GBK. Dari pintu 6 yang di Jl. Jend. Sudirman aja udah berasa banget euforianya. Gue udah lama banget ga lewat Sudirman. Kemarin amazed sendiri karena jadi bagus dan rapi, serta Asian Games banget! Dekorasi, patung-patung Bhin-bhin, Atung, dan Kaka berdiri di sepanjang jalan Sudirman. Orang-orang dengan baju merah-putih seliweran di sepanjang pedestrian. Plus banyak juga orang yang lari sore karena pedestrian Sudirman jadi nyaman banget!

Oke gue mau sedikit promosiin Asian Fest yang gue datengin nih karena kemarin pas mau kesini agak bingung-bingung juga cari infonya. Asian Fest ini adalah festival atau bazaar-bazaar yang disediakan untuk penonton Asian Games dan juga buat masyarakat umum. Disini ada bazaar kuliner, produk seperti baju, souvenir dll, dan juga ada panggung hiburan.

Asian Fest ini gratis untuk penonton pertandingan, tapi untuk umum perlu beli tiket seharga Rp 10.000,- di pintu 7 GBK. Kalo dari mall fX atau halte busway GBK, itu masih lurus terus ke jalan Sudirman. Ga jauh dari situ ada pintu 6. Sekitar 300 m dari pintu 6 ada pintu 7.


Abis beli tiket, akan ada security check. Setelah itu kita bisa naik shuttle bus untuk turun di pemberhentian pertama yaitu Zona Bhin Bhin. Jadi Asian Fest itu terdiri dari 3 zona; Zona Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Zona Bhin Bhin terletak di zona 6 dan isinya kuliner serta panggung hiburan. Zona Atung dan Kaka ada di zona 9 dan letaknya berseberangan. Kalo naik shuttle cuma beda 1 pemberhentian. Sama seperti Zona Bhin Bhin, Zona Atung isinya makanan dan panggung hiburan sedangkan Zona Kaka isinya barang-barang kayak baju, souvenir, sepatu. Kesini enaknya sore-sore karena ga panas, plus bisa liat suasana GBK malam hari. Apalagi ngeliat stadium utama GBK yang sekarang bagus banget kalo malem.


Zona Bhin Bhin




 

Zona Atung




Zona Kaka


Bisa coba mainan tradisional Indonesia disini!



The light is color coordinated with the sky
FYI, warna-warni stadium utama GBK kalo malem itu bagus banget!! I took lots of pict of it and it's all amazing! I mean, warna-warna lampunya bener-bener bagus, apalagi waktu itu pas maghrib dan twilight sky. Ampe bingung mau post foto yang mana karena semua warnanya bagus. Ku pilih yang matching sama langitnya aja ya XD

Di Asian Fest ini hype dan euforia Asian Games-nya bener-bener berasa. Hampir semua orang memakai kostum timnasnya, bawa bendera, banyak ekspatriat dan turis juga jadi berasa event internasionalnya. Oh ya, kalo beruntung bisa ketemu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka jalan-jalan di sekitar sini. Gue sempet ketemu di Zona Kaka tapi nggak sempet foto.

Satu yang disayangkan dari festival ini. Tenant-tenant bazaarnya ngga seperti yang gue bayangkan. Katanya disini akan ada kuliner dari berbagai daerah, bahkan dari negara-negara Asia lainnya. Tapi ternyata tenant-tenant yang ikut kebanyakan restoran yang udah punya nama dan bukan UMKM. Makanan yang dijual pun bukan makanan khas Indonesia yang unik-unik. Makanan common di mall-mall aja gitu. Mungkin mereka cari aman, pilih tenant yang udah jelas rasa, kualitas, dan kebersihannya aja daripada coba-coba ambil dari UMKM yang belum tentu memenuhi standar mereka. Untuk makanan Asia, gue pikir dari kedubes negara-negara atau komunitas negara akan buka booth dan jualan makanan khas mereka. Ternyata itu diisi oleh tenant Indonesia yang juga udah sering ikut bazaar-bazaar -_-

Karena berharap sesuatu yang beda, gue coba beli Grilled Chicken di Warung Turki. Pilihan gue tepattt karena enak dan harganya sangat terjangkau dibanding yang lain-lain! Untuk harga 35k dapet nasi ayam ala Turki, itu worth it banget sih karena makanan Turki mahal-mahal bok. Rasanya pun mirip seperti pas gue makan di Turki langsung!


Kalo untuk souvenir, souvenir yang dijual pun bukan yang khas Indonesia banget. Oh ya kalo official merchandise AG2018 hanya dijual di super store INASGOC yang ada di Zona Bhin Bhin. Tapi masuknya ngantre panjang bookk.. Jadi gue males. Untungnya udah sempet belanja di Pop-up Store AG2018 yang tersebar di beberapa mall besar di Jakarta.


Jujur rasanya pengen borong karena merchandise-nya lucu-lucu banget!!! So colorful dan gemash. Harganya pun masih terjangkau dan wajar menurut gue, nggak yang overpriced banget gitu. Cuma karena keterbatasan dana yaa jadi saya beli kalung ID dan pulpen aja yang emang bakal kepake. Pengen beli boneka dan bantal juga sihh. Awalnya mikir kayak ngapain gitu beli merchandise-nya. Tapi abis itu mikir, kalo ini terjadi di luar negeri PASTI kita kepengen beli kan sebagai cinderamata khas. Terus apa bedanya sama negara sendiri?? Kenapa kalo di negara sendiri engga beli? Ini seharusnya jadi satu momen yang perlu dan layak, sangat layak dikenang. Bahwa kita pernah jadi tuan rumah acara sebesar dan se-bergengsi ini. Apalagi merchandise-nya lucu-lucu banget sooo boleh lah punya satu dua. Eh abis liat-liat jadi pengen borong! Haha.

Oke balik lagi ke Asian Fest. Disini gue ngerasa panitianya profesional banget. Rapi, profesional, dan semuanya sigap ngebantu. Mereka ngerti kalo ditanya, bahkan kalo kita mulai celingak-celinguk akan ditanya perlu bantuan atau ngga. Agak beda sama pas gue beli tiket di Pop-up Store. Daaan yang bikin senyum-senyum sendiri adalah warga yang juga jadi rapi! Tanpa pengawasan ketat petugas, mau naik shuttle bus antre. Mau ina itu, antre rapi ga pake rusuh. Berasa lagi di luar negeri haha. Kombinasi antara sistem yang dibentuk panitia rapi jadi masyarakatnya ikutan rapi, plus malu kali sama turis-turis mancanegara :p Coba kesadaran kayak gini bisa dilakuin dimana aja kapan aja.

Infrastrukturnya juga oke. Shuttle bus-nya bagus dan nyaman banget. Coba sehari-harinya ada shuttle bus juga di dalem kawasan GBK. Venue-venue pertandingan juga jadi bagus banget! Gue cuma berharap kalo semua fasilitas dan infrastruktur ini bisa dirawat dan dipertahankan seperti ini setelah AG2018 berakhir. Jangan sampe triliunan dana yang udah dikeluarkan untuk membangun dan memperbaiki fasilitas, rusak gitu aja dalam hitungan bulan. Satu yang mungkin miss adalah kebersihan toilet! Gue sempet masuk ke salah satu toilet di GBK, di tempat yang sepi, kotor bangeet. Harusnya walaupun itu daerah sepi, at least ada 1 petugas kebersihan di setiap toilet.

Sepulangnya dari Asian Fest, gue lanjut ke Monas buat nonton Laser Show yang diadakan selama Asian Games berlangsung. FYI di Monas kalo weekdays ada Laser Show dan Air Mancur Menari, sedangkan kalo weekend ada Air Mancur Menari dan Video Mapping. FYI lagi, sekarang di Lapangan Benteng lagi ada Flona (Flora Fauna). Jadi boleh lah, sebagai warga Jakarta, sekali-kali wisata di kota sendiri :)


Dan satu hal lagi yang gue seneng dari hadirnya AG2018 di Indonesia ini. Akhirnya Indonesia bisa bersatu di tengah kisruh politik, SARA, dan isu-isu memecah belah lainnya. Untuk sejenak, Indonesia bisa bersatu, saling dukung, positif, dan semangat bersama. Sesuatu yang Indonesia butuhin untuk break sejenak dan mengingat bahwa kita ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada harapan untuk setiap orang bisa merasakan dan mengingat betapa indahnya saat kita bersatu, bukan saling melawan dan menjatuhkan.

You Might Also Like

0 comments