life

Haura's Bridal Shower

February 04, 2018

Masih inget sebelumnya gue pernah ngomong tentang makna Bridal Shower yang sebenarnya? Kalo berdasarkan artikel ini, bridal shower itu adalah sebuah pesta yang diadakan untuk calon pengantin dimana para tamu ngasih sesuatu yang dibutuhkan oleh calon pengantinnya. Tapi kalo di Indonesia, bridal shower lebih ke kumpul-kumpul antara bride-to-be dan temen-temen deketnya sebelum dia menikah.

Biasanya diisi ngobrol, foto-foto, games, kadang ngerjain bride-to-be-nya. Biasanya bridal shower itu either "me-ratu-kan" bride-to-be dimana bride-to-be-nya dibikin cantik, happy, dekorasinya cantik, kegiatannya juga "cantik" atau justru yang ngerjain dimana bride-to-be dikasih kostum aneh-aneh, muka dicoret-coret, dikerjain abis-abisan sampe bikin malu. Gue pribadi kurang suka bridal shower yang ngerjain gitu karena we're supposed to make her happy, aren't we? Belom lagi kalo coret-coret muka bisa bikin dia jerawatan padahal mungkin udah H-sekian pernikahannya.

Kali ini, gue bersama geng arisan mencoba merealisasikan makna bridal shower yang sebenarnya untuk Haura alias Awa. Awalnya pengen bikin bridal shower kekinian sama seperti bridal shower Indonesia pada umumnya, tapi setelah diskusi kita mutusin buat ngelakuin sesuatu yang lebih berfaedah, yaitu bantuin Awa dalam mempersiapkan pernikahannya.

Setelah cari tahu kira-kira apa yang lagi dibutuhin Awa, dapetlah jawaban kalo ternyata Awa lagi butuh bantuan tenaga guys. Tenaga untuk masuk-masukin souvenir sejumlah kurang lebih 1000 souvenir.

Akhirnya di suatu Minggu siang yang cerah, secara diam-diam kita dateng ke rumah Awa pas Awa lagi ga di rumah. Biar surprise gitu ceritanya. Alhamdulillah surprise-nya berhasil bikin Awa hampir mewek. Yaa ga 100% surprise sih karena kita baru ngedekor setelah Awa dateng hehe. Jadi biar tetep ada foto-foto gemesnya, kita tetep siapin dekor sederhana. Dan masangnya pun di depan Awa haha.






Setelah haha-hihi, foto-foto, makan, yang kurang lebih menghabiskan waktu hampir 3 jam, kita baru beneran mulai kerja haha. Selain geng arisan, ada juga temen-temen kuliahnya Awa yang ikutan. Total kita ber-10 masuk-masukin souvenir itu dan baru kelar sekitar maghrib. Mulai dari sok-sok-an pake alur pabrik biar efektif dan efisien, sampe ngerjain apa yang bisa dikerjain :") Setelah kerjaan selesai, baru sesi buka kado. Jadi masing-masing dari kita nyiapin kado buat Awa secara anonim.




Disitu gue bener-bener realize kalo setiap bantuan kecil dari setiap orang itu matters. Dan mungkin itulah tugas bridesmaid yang sesungguhnya? Membantu bride dalam mempersiapkan pernikahannya dan juga saat di hari H. Bukan sekedar dapet seragam dan mejeng aja. Semakin berasa keberadaan temen-temen (yang multitalenta) itu bisa membantu banget, karena mostly desain-desain undangan, souvenirnya Awa dibuat oleh temen-temen deketnya sendiri.

Peran temen-temen terdekat juga gue sadari saat pernikahan sahabat gue Lia. Sejak preparation, dia ngga segan minta bantuan temen-temennya mulai dari nyariin kontak temen-temen lama, nyiapin wedding playlist, ngedesain undangan, sampe nyetak dan distribusiin undangannya. Disitu dia cerita bahwa udah cukup pusing ngurusin vendor dan ga sanggup ngurusin semua sendiri. Di hari H pun dia sengaja minta temen-temen deketnya untuk masuk ke kamar rias, nemenin dia dan nenangin dia selama persiapan. Mungkin dia ga minta bantuan apa-apa yang teknis, tapi butuh psychological support untuk mereda kecemasannya.

Jadi kalo kalian punya temen yang lagi nyiapin pernikahannya, jangan segan buat nawarin bantuan ya. Karena sekecil apapun bantuan kalian, pasti itu akan sangat membantu mereka :)

Muka-muka kucel keringetan lepek feat. sampah-sampah dan dekor yang telah lepas tertiup angin

You Might Also Like

0 comments