college

Serba-serbi Kostan (1)

October 06, 2014

Sejak kecil, sekolah gue selalu deket rumah. Bisa cuma 20 menit dari rumah, atau bahkan 5 menit. Makanya temen-temen sering main ke rumah, ngerjain apa-apa di rumah gue, tapi gue juga suka berangkat mepet-mepet jam masuk sekolah :p Enaknya adalah ga perlu waktu lama untuk sampe ke sekolah, kalo ada barang ketinggalan bisa dianterin, dan kalo ga dijemput bisa naik taksi/bajaj dengan harga murah haha.

Tiba-tiba pas kuliah, tempat gue kuliah itu jauh banget dari rumah. Sebenernya bisa aja pulang-pergi (PP) tapi takes time banget. Bisa 45 menit sampe 1,5 jam di jalan. Gue yang kebiasaan rumah deket ga mau kalo tiap hari harus menempuh perjalanan panjang itu. Akhirnya gue memilih untuk ngekos.

Gue yang ga ngerti sama sekali daerah UI, langsung ngikut aja kata temen. Temen gue anak teknik bilang dia mau kos di daerah Kutek (Kukusan Teknik), yang dari namanya aja udah jelas lokasinya deket teknik. Dan ternyata Fakultas Teknik itu jauh dari Psikologi. Satunya paling depan, satu lagi paling belakang. Tapi karena nggak tau tempat lain, jadi gue dan bokap memulai pencarian kosan di daerah Kutek dulu.

Kalo gue boleh membagi, Kutek itu terdiri dari 3 bagian. Kutek kiri, Kutek kanan, dan Kutek lurus, karena begitu keluar gerbang UI, langsung ada percabangan jalan, yaitu lurus, kiri, dan kanan. Setelah menelusuri Kutek, kesimpulan yang bisa didapat adalah:
  • Kosan paling banyak di Kutek lurus
  • Kosan paling sedikit di Kutek kanan
  • Kosan di Kutek kiri belum terlalu banyak dan baru-baru
Cari kosan ideal di Kutek itu susah banget. Nggak bisa dapet semua yang kita mau sekaligus, dalam arti harus ada yang dikorbankan antara harga, fasilitas, dan jarak. Misalnya ada kosan deket dan murah, tapi jelek, atau kosan bagus dan fasilitas oke, tapi harganya mahal, atau kosan bagus, fasilitas oke, harga murah, tapi jauh.

Kala itu (tahun 2011), kosan di Kutek rata-rata bangunan lama gitu. Gue yang kurang sreg, terutama dengan bangunan dan fasilitasnya, masih belum bisa mutusin. Ketika gue nelusurin Kutek kiri dan udah jauh ke dalem, tiba-tiba gue nemuin satu kosan baru, baru banget dibangun, bahkan pas gue kesana itu masih finishing. Bangunan minimalis dengan warna abu-merah itu bernama Griya Cemerlang. Setelah liat-liat ke dalem, nanya fasilitas dan harga, gue dan bokap langsung ngerasa cocok sama kosan itu. Untuk itungan kosan baru, harganya lumayan murah, bahkan dibanding kosan lain yang udah lebih lama. Kosan ini awalnya ada 2 gedung, 1 untuk perempuan, 1 untuk laki-laki. Tapi setahun kemudian dibangun 1 gedung lagi yang gede untuk laki-laki. Jadi perbandingan perempuan : laki-laki itu 1 : 3.




Disini kamarnya bisa AC bisa non-AC. Aslinya semua non-AC, tapi kalo mau dipasangin AC bisa. Di kala kosan lain biayanya udah 700k ke atas, kosan ini biayanya 650k untuk non-AC, dan 1,2jt yang AC. Udah dapet kasur + bantal, seprai, lemari, meja, kursi, laci kecil, kamar mandi di dalem, air, dan listrik. Tapi ada charge kalo bawa peralatan elektronik kayak TV, kulkas, setrikaan, dll. Tapi beberapa temen gue bawa peralatan elektronik lain ga kena charge, gue juga bawa setrikaan diem-diem aja :p Di kamar mandi ada WC duduk, shower, wastafel, kaca, dan tempat buat naro peralatan mandi. Cukup lengkap bila dibandingin kosan lain. Terus disini juga kamarnya dibersihin sebulan sekali atau 2 minggu sekali.

Basic Room Facilities







Bathroom





My Room Before Arrangement





Kamar gue nggak terlalu banyak barang dan dekorasi karena males rapiinnya kalo kebanyakan barang dan bisa jadi banyak debu kalo nggak rajin dibersihin. Karena gue ngerasa agak susah mobilisasi dan kamar terasa sempit, jadi gue atur ulang perabotan di kamar.


My Room After Arrangement






Selain fasilitas kamar yang telah gue sebutin, disini ada juga ruang TV yang ada meja panjangnya, jadi bisa buat belajar bareng atau ngobrol-ngobrol, dapur, ruang tamu, air minum GRATIS, bahkan gazebo! Di dalemnya juga ada kolam ikan dan taman yang rapi. Gue pun milih kamar di lantai 1 yang deket ruang TV dan dapur. Awalnya gue nyari kosan yang AC, tapi ternyata disini cukup hijau dan kalo malem agak dingin juga, jadi rasanya nggak perlu AC.









Karena kosan 3 lantai ini baru banget dibangun, gue jadi penghuni pertama disini, jadi kamarnya belum pernah ditempatin orang lain. Terus mayoritas isinya sama-sama maba (mahasiswa baru) jadi enak. Banyak yang dari daerah juga, jadi mau ga mau kita semua harus bersosialisasi biar nyaman hehe. Seru sih anak-anaknya dan asik, jadinya kita lumayan deket satu sama lain.

Nah, semester-semester berikutnya biaya kosan ini naik. Dari 650k, ke 700k, dan terakhir gue tau itu 800k, jadi sama aja kayak kosan lain. Tapi tetep sih menurut gue fasilitas kosan ini udah paling oke dan nyaman, meskipun jaraknya cukup jauh ke gerbang Kutek. Kalo jalan kaki 5 menitlah, dan di sekitarnya nggak banyak kosan, warteg, warung, fotokopi, dll. Walaupun jauh, gue tetep milih untuk tinggal disini karena udah enak banget. Untungnya kenaikan harga tersebut diiringi dengan penambahan fasilitas juga, yah meskipun bagi gue pribadi dampaknya ga begitu signifikan, kayak dikasih rak, gazebo (jadi ada 2 gazebo), lahan parkir, CCTV, dan terakhir gue tau itu fingerprint. Kalo dikasih internet nah itu baru signifikan hehe. Ada sih internet, tapi bayar lagi. Tapi semahal-mahalnya kosan ini tetep worth it sih menurut gue karena sebanding dengan fasilitasnya.

 

Gue tinggal disana kurang lebih 2 tahun. Pewe banget, baik secara fasilitas, temen-temen, bahkan pemilik dan penjaga kosannya. Ibu pemilik kosnya sering banget mampir, dan ibunya baik banget. Pas pergantian semester, dia ngasih makanan dan surat semangat gitu buat semua anak kosannya :")


Tapi akhirnya memutuskan pindah karena harganya naik terus, dan mumpung ada tempat yang gue incar juga hehe. Selain itu, beberapa temen kosan gue juga pindah satu persatu dengan berbagai alasan, jadi diganti orang-orang baru dan jadi nggak senyaman dulu lagi, meskipun itungannya masih tetep nyaman.

Walaupun gue udah pindah, ibu kosnya pernah beberapa kali ngehubungin lewat SMS. Bahkan pas gue wisuda, which is 2 tahun setelah gue pindah dari GC, ibunya SMS ngasih selamat gitu. Bener-bener baik banget ibunya.

You Might Also Like

18 comments

  1. Gue maba yang lagi nyari kosan di internet dan gue nemu posting ini yey /.\ dan dari posting ini, akhirnya gue survey ke GC dan jatuh cinta sama kosan ini. Mulai agustus gue bakal ngekos disini ^^ thanks a lot for sharing your experience in GC :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haai. Ciee maba nih yaa. Semoga betah yaa disana :)

      Delete
  2. Halo kakk, di griya cemerlang ini cowok sabi gak?? kalau bisa, kirimin kontak ibu"nya ke gue dong wkwkwk, lagi pengen pindah kosan nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rocardo. Buat cowok bisa bangett, bahkan terakhir buat cowoknya ada 2 gedung sendiri. Ini no ibu pemiliknya: 0821 2345 2895 (Bu Yusra)

      Delete
  3. Mbak terima kasih infonya sangat lengkap, reviewnya cukup profesional dan logic. Saya lagi nunggu pengumuman talent scouting UI 2 Mei ini, jika anak saya keterima kami hari itu juga terbang ke depok cari kosan. Btw, sejauh apa ke warung makan, copy, dan menuju gerbang ui. Apakah sekitarnya tidak sepi kalo malem? Dan aman? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Kutek (Kukusan Teknik), bisa saya bilang hampir selalu ramai pak. Bahkan malem2 juga masih ada yang beraktivitas, karena kan deket ke teknik dan anak teknik suka masih ada kegiatan sampai malem. Di sepanjang jalan kutek sih menurut saya aman pak, nggak ada orang iseng gitu. Saya sering juga balik ke kostan di atas jam 10 malem dan Alhamdulillah ga pernah ada kejadian aneh2. Cuma kalau keamanan kostan relatif. Ada yang aman ada juga yang beberapa kali suka ada kejadian kemalingan.

      Kalo warung makan, fotokopi, laundry itu ada banyak banget pak di kutek jadi nggak perlu khawatir. Banyak juga kok tempat makan disana yang bisa delivery

      Delete
  4. Alhamdulillah....terimakasih banyak mbak infonya. Rianto.

    ReplyDelete
  5. Halo mba, saya maba nih, dan kebetulan nemu blog ini waktu nyari kostan. Kira kira dr GC ke fakultas hukum itu deket atau jauh ya mba? Kalau jalan kaki, bs sampe berapa lama? Atau kalau emg jauh bgt, kita bisa naik apa mba selain jalan kaki? Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dari GC ke hukum jauh banget kalo jalan kaki pasti gempor. karena GC kan di Kutek, belakang UI sedangkan hukum di bagian depan. kalo biasanya aku naik bis kuning (bikun) dari teknik, nanti turunnya di halte tujuan. bikun itu free kok. atau bisa juga naik ojek karena di lingkungan UI banyak banget ojek.

      kalo mau deket ke hukum, mending ngekosnya daerah Barel.

      Delete
  6. Mba maaf mau tanya kalo disini kost nya bebas gak? Buat ajak main ke kamar, soalnya rata2 tmn gw kebanyakan cewe hehe

    ReplyDelete
  7. Disini ga boleh bawa temen lawan jenis ke kamar. Bolehnya di gazebo atau di ruang tamu depan

    ReplyDelete
  8. Kalau misalnya nyuci sendiri ada tempat buat jemur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar diliatin dong sama yg cowok2?

      Delete
    2. Di dapurnya ada kulkas ga ya kak? Hehe maaf banyak nanya

      Delete
    3. Engga keliatan kok karena cewek cowok beda gedung. Jadi depan kamar ngga langsung tempat umum atau tempat cowok gitu.

      Ada kulkas kook buat bersama.

      Delete
  9. Halo Kak, kalau boleh tau, akhirnya Kakak pindah ke kos mana ya (apa namanya) setelah Griya Cemerlang? Terima Kasih, Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, waktu itu aku pindah ke Puri Gracia. Posisinya persisss sebelah Griya Cemerlang

      Delete