middleeast

Abunawas

October 23, 2014

Another #superlatepost karena baru mood nulis hehe. Gue beserta keluarga besar ngadain buka bersama saat bulan puasa kemarin di salah satu resto bernama Abunawas di kawasan Kemang. Sebelumnya kami udah booking tempat dan minta dikirimin menunya lewat email, supaya bisa dipesen sebelum hari H dan pas kami sampe sana makanannya udah pada ready. Ternyata menunya pake bahasa Arab dan kami kurang paham, jadinya telepon kesana untuk nanya-nanya sekalian minta rekomendasi.

Sesampainya kami disana, tempat ini rame banget! Mungkin full. Rata-rata untuk bukber juga dan satu rombongan itu juga rata-rata lebih dari 5 orang. Ada beberapa yang keluarga besar juga. Resto ini terdiri dari 3 lantai, Lantai pertama kayak resto biasa, ada meja dan bangku. Kemudian di lantai 2 tempat duduknya lesehan dan ada beberapa ruangan private yang juga lesehan. Lantai 3 berupa ruangan besar dan tempat duduknya lesehan juga. Nah di lantai ini ada mushala juga. Keluarga gue pun booking tempat di private room. Ruangannya cukup luas dan bisa menampung kami yang berjumlah 19 orang. Di ruangan ini juga ada wastafelnya sendiri, jadi enak nggak usah bolak-balik ke luar.



Sebelum adzan berkumandang, makanan udah siap di ruangan kami. Menu yang dipesan emang yang untuk rame-rame. Nah karena waktu itu nyokap yang pesen, gue kurang tau untuk nama-nama menu dan harganya. Jadi gue coba googling aja untuk memperkirakan menu ini yang mana. Pokoknya bayarnya dipukul rata, 1 orang jatohnya sekitar 160k, itu udah termasuk minuman. Emang lumayan mahal sih, tapi kalo ngeliat harga menunya, resto ini emang tergolong cukup mahal. Tapi emang resto Timur Tengah rata-rata harganya segituan sih. Selain menu yang kami pesan, kami juga dikasih free tajil berupa es buah dan juga kurma.


Sambosa (21k)


Buat yang belum tau, sambosa itu cemilan yang agak mirip pastel, tapi bentuknya segitiga. Nah bedanya sama pastel, kalo pastel kan biasanya isinya campur-campur, ada sayur, telor, bihun, dll, nah kalo sambosa ini biasanya isinya 1 macem aja. Sambosa yang ini berisi keju atau kambing, tapi kami lebih banyak dikasih yang keju. Rasanya enak-enak aja, kulitnya garing dan tebal, isinya pun banyak. Kata sodara gue yang nyobain sih lebih enak yang daging kambing daripada yang keju.



Fresh Fruits (30k)
Potongan buah-buahan ini terdiri dari buah apel, melon, jeruk sunkist, serta satu buah ceri. Semuanya rasanya seger, sunkistnya juga nggak asem.

Sorbath Lahm (55k)
Sorbath Lahm ini dalam bahasa Inggris disebut juga Lamb Soup, atau dalam bahasa Indonesia-nya sup kambing. Gue yang nggak suka kambing awalnya makan kuahnya aja, tapi ternyata dagingnya menyerupai daging sapi banget! Enggak ada hawa kambingnya sama sekali. Rasanya eeeenak banget! Dagingnya banyak, empuk, mudah dipotong. Kuahnya juga gurih dan berbumbu banget. Rasanya pengen ngabisin semangkuk sendiri :")

Terus ada semacam salad tanpa dressing, yang gue ga tau nama menunya apa. Isinya tomat, kol, wortel, timun seinget gue. Rasanya sih ya plain aja tapi fresh.


Main Course


 

Nah ini main coursenya, Nasi briyani sepertinya, dengan kacang dan kismis di dalamnya. Rasanya gurih, enak, dan unik karena ada kacang dan kismis yang cukup banyak. Nasinya juga nasi pera, jadi berbutir-butir dan nggak lengket. Nah di gambar yang atas, lauknya itu daging kambing, sedangkan yang bawah itu ayam. Potongan daging kambing dan ayamnya besar-besar banget, 1 potong bisa untuk berdua sebenernya. Rasa ayam dan kambingnya enak. Kematangannya pas dan daging kambingnya nggak bau sama sekali.


Strawberry Smoothies (32k)


Rasa strawberry smoothies ini lumayan enak. Nggak terlalu asem karena dicampur susu juga. Selain itu, ada tambahan whipped cream di atasnya, jadi kalo masih ngerasa asem, whipped cream-nya diaduk aja biar lebih manis dan creamy. Kayaknya dari semua minuman yang dipesen, paling enak dan paling mending itu minuman ini.

Secara keseluruhan, makanan disini enak-enak menurut gue, bahkan enak banget karena bumbunya kuat terasa. Tapi sayang minumannya enggak enak banget :( Keluarga gue mesen minuman yang beda-beda dan semuanya nggak enak, rata-rata asem parah sampe ada yang bener-bener bikin nanya, "Ini minuman nih?". Orange juice-nya asem banget, green tea smoothie-nya pun rasanya nggak kayak green tea. Aneh. Saran gue mending pesen yang pasti-pasti aja, yang standard aja biar jelas.


Abunawas
Jl. Kemang Utara no. 15
Kemang, Jakarta
(021) 71794691
(021) 71794692

You Might Also Like

0 comments