life

Happy Birthday, World!

January 01, 2015

2014 merupakan tahun yang nggak begitu dinamis buat gue. Less drama, less ups and downs, less challenge, and less hurry & rush than 2013. Jadi 2014 bisa dibilang tahun yang tergolong santai buat gue. Beda dengan 2012 dan 2013 kaleidoscope yang hanya berisi foto dokumentasi, kali ini gue mau sedikit bercerita tentang tahun 2014 hehe. Sorry for the long post.

Tahun ini gue lebih "menikmati" hidup karena banyak banget waktu lowong. Gue bisa menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas yang lebih variatif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kuliah semester 6 gue emang padat banget, tapi pas semester 7 super lowong karena cuma tinggal 14 sks which means kuliah tinggal 3 hari, dan gue memutuskan untuk nggak ambil skripsi semester ini, alesannya 1: Pengen menikmati hidup sebelum akhirnya gue terikat di pekerjaan yang pasti akan sangat membatasi leisure time gue.

Meski demikian, gue tetep ambil aktivitas yang bisa menyibukkan gue, jadi ya gue ga gabut-gabut banget selepasnya gue dari MB hehe. Alhamdulillah tahun ini dapet tawaran kesempatan untuk jadi bagian dari BEM Fakultas Psikologi 2014. Setelah menimbang 2 jabatan yang sama-sama menarik buat gue, akhirnya gue mengambil tawaran menjabat sebagai Kepala Biro Media. Alesannya masih sama: Karena gue pengen menikmati hidup haha. Nggak mau terlalu sibuk dan pusing karena jabatan yang satu lagi sepertinya lebih membutuhkan effort, time, & energy :p Meskipun gue yakin di jabatan tersebut gue akan belajar banget hal yang gue suka dan berguna buat gue nanti di pekerjaan. Selain itu, alasan gue bergabung di BEM itu adalah gue pengen lebih mengenal fakultas gue sendiri, baik fakultas maupun orang-orangnya, karena 2,5 tahun belakangan gue lebih aktif di luar fakultas jadi nggak terlalu aware dan peduli sama apa yang terjadi di fakultas gue sendiri. Dan ternyata pilihan gue tepat, karena gue jadi kenal banyak banget orang dari berbagai angkatan, jadi tau seluk-beluk fakultas, isu-isu yang ada di fakultas, UI, dan masyarakat, serta ketemu sahabat-sahabat baru yang asik diajak ngobrol mendalam soal berbagai hal.

Grand Opening BEM FPsi UI 2014
Ngedanus di IGT
Bukber PI-BPH
Kunjungan ke Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya
Kelompok Berencana: Kelompok terbaik PDKM
Acara puncak PDKM
Rapibep (Rapat PI-BPH) terakhir

Anyway, Biro Media itu sendiri berfungsi untuk membangun pencitraan BEM secara visual melalui tulisan, poster, dan spanduk, serta menyebarkan informasi seluas-luasnya ke sivitas psikologi, UI, dan masyarakat melalui kanal-kanal informasi BEM seperti social media (Twitter, Fb, Path), instant messaging (Whatsapp dan Line), website, dan publikasi cetak. Jadi lebih mengatur kebijakan dan regulasi informasi yang ada di Fakultas Psikologi UI. Nah di Biro Media ini gue dibantu sama 5 rekan lain yang bertalenta banget, yaitu Jewe, Sarah, Gio, Anin, dan Fitri. Yaa meski kita semua introvert dan ga suka tampil depan umum, bukan berarti kita ga suka tampil di depan kamera :p

Pertemuan perdana
Pleno BEM. Kostum Scooby Doo Friends & Popeye-Olive
Salah satu pemenang foto terkreatif Jungleland Treasure Hunt :p
Jewe & Sarah birthday suprise
Kominfo di Open House BEM
Team building di Empang Nenek Gio
Grand Closing BEM

Dalam hal akademis, tahun ini gue melewati 2 ujian komprehensif, yaitu ujian lisan secara berkelompok, yang mana dosen menguji pemahaman mahasiswa mengenai makalah yang dibuat kelompok, dan menguji pemahaman mahasiswa seputar materi perkuliahan. Detil mengenai kehidupan akademis gue akan gue ceritain nanti ya di post yang berbeda. Kelas Psikodiagnostik Anak kemarin juga resmi menjadi kelas terakhir gue selama kuliah di S-1 Fakultas Psikologi UI :") Both happy and sad.

Kelompok KAUP Cerdas
Kelas terakhir
Super fun kompre Pelatihan II bersama Mas Bobby & Bu Miranda
Kelompok B5 Trust: Success!

Tahun ini gue juga sangat sedikit terlibat di MB, baik di kegiatan teknis maupun nonteknisnya. Sempet bantu ngelatih anak-anak baru selama sebulan, kemudian ilang lagi, baru balik lagi bulan Desember menjelang GPMB. Ketika kembali itu, gue baru sadar gue segitu kangennya sama MB, baik dari aktivitasnya dan yang utama adalah orang-orangnya. Gue ketinggalan banyak banget cerita dan momen bareng mereka.

Mahasiswa Berprestasi - Bidang Seni
Malam Apresiasi Mahasiswa Berprestasi 2015

Ige's Graduation
Nobar 12 Menit & Meet n greet pemain + tim produksinya
w/ Guards di Pelepasan Pasukan MBUI Goes To GPMB XXX
Pelepasan Pasukan MBUI Goes To GPMB XXX
Helper MBUI di Closing GPMB XXX
Color Guard MBUI lintas generasi di Final GPMB XXX

Lalu kemana waktu gue dihabiskan? Kali ini seimbang antara akademis, BEM, dan leisure time bareng orang-orang terdekat. Mulai dari makan dan nonton bareng as usual, perjalanan panjang kayak Puncak, Cilegon, Tanjung Pasir, dan PIK (Iya, buat gue PIK itu jauh banget), sampe short meet up sekedar saling nengokin ke domisili masing-masing.

Watch at Satin Class
Cilegon Trip

Selain itu, seperti yang pernah gue ceritain di post sebelumnya, gue juga sempet magang di SHL, konsultan dalam bidang human resource, dan masih aktif ngelatih color guard di SDI Al-Azhar Pusat, yang juga akan gue ceritakan nanti di post berikutnya hehe. Just wait cause it's gonna be exciting :3

Finally, happy 1st January dear world! Today is your 2015th birthday. Semoga tahun ini menjadi tahun yang baik bagi kita semua, terutama buat gue yang akan menghadapi banyak tantangan dan hal baru, seperti skripsi, sidang skripsi, wisuda, bekerja/S2 (Insya Allah!). Mungkin challenge-nya juga akan nambah karena gue akan lebih banyak berjuang sendiri mungkin :) Sesuatu yang mungkin akan berbeda di tahun 2015 setelah 7 tahun belakangan.

Just hope for the best, and wish that I can go through it all with tough body and mind. Oh ya dan semoga gue juga rajin update blog lagi setelah 2 bulan males banget nulis hehe. More restaurant reviews await!


-1/365-

You Might Also Like

2 comments

  1. wiih dyani seru banget perjalanannya.. semoga 2015 makin seru yaa. SEMANGAT SKRIPSINYA! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAMIIN! Semangat juga nenesh :* Mari berjuang bersama

      Delete