caredu

Tips & Trick Perang SIAK

January 12, 2015

Sebagai anak Fakultas Psikologi UI, pasti tau banget gimana rasa tegangnya Perang SIAK a.k.a. SIAK War. SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik - New Generation) adalah sebuah website yang berisi data akademis seluruh mahasiswa dan dosen. Disini kita bisa liat daftar mata kuliah, riwayat nilai, pengumuman fakultas, dll. Nah dengan adanya teknologi SIAK ini, mahasiswa jadi nggak perlu repot-repot dateng ke kampus buat registrasi akademis, dalam hal ini memilih mata kuliah dan kelasnya. Mahasiswa bisa registrasi dari rumah, kafe, dan terutama kampung halamannya (jadi nggak perlu repot-repot ke Depok buat daftar kelas), karena mereka bisa registrasi secara online.

Sayangnya, meski sistem ini sangat memudahkan, di sisi lain juga cukup merepotkan. Kenapa? Karena ribuan mahasiswa, di hari dan waktu yang sama, mengakses website ini sehingga server sering down dan jadi ga bisa diakses. Padahal, mahasiswa berlomba-lomba milih mata kuliah dan kelas yang mereka mau. Nah, berlomba-lomba dafar matkul ini yang biasa disebut dengan SIAK War. Setiap semesternya, mahasiswa harus deg-degan ikut SIAK War ini.

UI terus berusaha meningkatkan kualitas SIAK saat periode registrasi akademis sehingga server ga down. Kadang ada pembagian perfakultas, misalnya fakultas ABC baru bisa mulai regist tanggal sekian, fakultas DEF baru bisa tanggal sekian, dst. Tapi sistem ini merugikan fakultas yang belakangan karena ada matkul yang bisa dipilih 1 UI, yaitu matkul lintas fakultas atau MPKS/O. Jadi saingannya se-UI. Selagi UI masih berusaha meningkatkan kualitas SIAK, ada baiknya kita juga tetep menyesuaikan diri dengan SIAK yang belum sempurna ini. Jangan terlalu berharap SIAK akan bisa cepet sempurna.

Alasan pemilihan kelas biasanya ada 3: Dosen pengajar, janjian mau sekelas sama temen-temen deket, dan jadwal kelas. Nah untuk alasan yang pertama itu nggak berlaku di Psikologi karena nama dosen dirahasiakan, supaya mahasiswa nggak numpuk di kelas dosen yang mereka mau, jadi dibagi rata gitu perkelasnya.

Nah, kalo di Psikologi, tantangannya berlipat ganda nih, karena mahasiswa diharuskan mengambil mata kuliah pilihan, sedangkan jumlah kelas matkul pilihan sangat terbatas. Ya, SANGAT terbatas. Bayangin, sekitar 200 mahasiswa memperebutkan kelas yang hanya berkapasitas 20-30 orang. Coba kau bayangkan.

Kalo di jurusan fakultas lain mungkin nggak seketat ini karena mereka hanya bersaing dengan anak-anak jurusan mereka yang biasanya jumlah mahasiswanya gak sampe 100, atau bahkan di bawah 50. Nah, karena Psikologi itu nggak ada jurusan, jadi kita bersaing sama 1 angkatan, atau bahkan 1 fakultas karena ada angkatan lain yang juga mau ambil matkul tersebut.

Pada akhirnya, banyak mahasiswa yang ngeluh karena nggak dapet kelas yang mereka mau, padahal mereka butuh matkul tersebut untuk memenuhi SKS, atau karena mereka pengen banget masuk kelas itu. Mereka nggak bisa masuk karena overcapacity sehingga mereka harus waiting list.

Selama 7 semester gue kuliah, Alhamdulillah gue selalu dapet kelas yang gue mau hehehe. Bahkan sering berada di urutan 10 teratas pendaftar kelas tersebut *anaknya ambi*. Pernah sekali doang enggak dapet pas semester kemaren, tapi gue ga nyesel karena sebenernya ga pengen-pengen amat, dan ternyata ada kelas lain yang lebih menarik (dan gue dapet :p). Gue bisa dapet itu semua bukan cuma karena keberuntungan, tapi juga pake usaha loh.

Nah, berhubung sebentar lagi periode registasi akademis akan dimulai dan mulai semester depan gue nggak perlu ikut SIAK War lagi karena tinggal skripsi, sekarang gue akan membeberkan tips n trick cara menang SIAK War ala gue. Simak baik-baik ya :p


1. Tentuin Mau Kelas yang Mana Aja
Biasanya jadwal kuliah itu udah ada beberapa hari sebelum masa registrasi online. Tentuin mau kelas yang mana aja, jangan sampe baru milih pas registrasi dimulai. Ini penting supaya ngga terjadi konflik jadwal atau jadwal bentrok, dan mungkin bisa buat janjian sama temen juga. Terus kalo udah, hafalin kelasnya sesuai urutan posisi di halaman jadwal kuliah. Misalnya Metpen A, Kuali C, Psidik B.

2. Gunakan Page Down
Ada beberapa alternatif dalam scroll page, bisa pencet tanda panah bawah, bisa pencet page down, bisa pake trackpad, bisa juga pake mouse. Nah kalo gue, memilih pake page down. Coba deh liat keyboardmu, banyak orang yang nggak tau fungsi tombol page down. Fungsinya itu buat pindah 1 halaman ke bawah, jadi jauh lebih cepet daripada tombol panah bawah. Biasanya gue memperhatikan posisi kelas tersebut di daftar kelas, dan menghafal gue harus berapa kali klik page down. Gue nggak milih mouse karena kalo mouse, kita harus tetep cari-cari posisi kelas tersebut sedangkan kalo page down udah jelas posisi page itu akan berada dimana. Misalnya Metpen kelas A itu ada di page ketiga, berarti gue harus 2x klik page down, dan posisi kelasnya ada di paling atas halaman misalnya. 

3. Latihan Ngisi
Setelah tau posisi kelas tersebut ada di page keberapa, penting banget untuk latihan ngescroll supaya jadi terbiasa, hafal, dan ga kagok nyari pas ngisi IRS. Buat ngelatih mata juga untuk langsung cepet nemu kelasnya. Gunakan kedua tangan lo, biasanya tangan kiri gue buat pencet scroll down, tangan kanan buat klik kelasnya menggunakan mouse (pastikan juga posisi kursor ada di bagian kiri, di bagian tombol klik kelas). Kedengerannya ambi banget, tapi percayalah trik poin 2 dan 3 ini kunci sukses gue banget haha. Biasanya gue mulai latihan sehari sebelumnya.

4. Selesaikan Urusan Lo Sebelum Mulai Perang
Mau sarapan, mandi, buang air, atau apapun, lakukanlah sebelum mulai perang! Jadi ga harus ninggalin komputer buat urusan tersebut. Karena kalo away sebentar aja, bisa langsung kalah perang.

5. Koneksi Internet Hi-Speed
Koneksi yang kenceng itu wajib hukumnya. Yah namanya juga daftar matkul cepet-cepetan, maka siapa cepat dia dapat lah ya pasti. Kalo di rumahmu koneksi internetnya lambreta, cari tempat lain! Temen-temen gue banyak yang ke rumah/kosan temen, ke kampus buat pake wifi, atau kemanapun yang penting dapet internet kenceng.

6. Standby 1 Jam Sebelumnya
Biasanya mahasiswa baru bisa isi IRS itu jam 09.00 pagi waktu server SIAK, yang mana ga ada yang tau zona waktu server SIAK. Hanya Tuhan dan adminnya yang tau. Ada yang bilang waktu server SIAK itu bisa dilihat di jam Scele, tapi gue pernah coba dan ternyata nggak pas juga. Mungkin dari kalian ada yang tau? Jadi biasanya gue standby depan laptop dari jam 8 pagi, sambil internetan sambil coba refresh-refresh halaman SIAK. Semakin mendekati jam 09.00 WIB, F5 kudu dipencet lebih sering. Karena kadang antara jam 08.55-09.00 WIB, IRS udah bisa diisi.

7. Jangan Males Buat Refresh Page
Karena ribuan mahasiswa mengakses di waktu yang sama, dan pada ambi juga, server sering down dan ga bisa diakses. Coba refresh terus, pencet F5 setiap detik, karena kalo beruntung tiba-tiba halaman itu bisa diakses. Telat 1 menit aja, tau-tau bisa udah overcapacity. Ini terkait dengan poin nomor 5. 

8. Nongkrong Depan Layar
Tongkrongin terus itu SIAK sampe berhasil registrasi. Refresh terus. Kadang baru bisa satu jam kemudian, kadang baru bisa pas Dzuhur. Jangan sampe kayak temen-temen gue yang nyerah, ditinggal pergi, entah off, makan, atau sekedar ke toilet, terus balik-balik udah kalah perang. Yaa sambil refresh sambil browsing aja.

9. Langsung Cek IRS Setelah Berhasil Isi IRS
Kadang kalo udah bisa isi IRS, pas klik simpan eh tau-tau gak kesimpen. Kalo nggak kesimpen, langsung isi IRS lagi. Penting untuk cek kembali IRS, karena bisa aja pas lo nyantai-nyantai udah isi IRS, eh tau-tau IRS ga tersimpan, atau salah pilih kelas, atau ada kelas yang belum ke-klik. Terus telat nyadar. Terus pas mau daftar udah overcapacity. Nah loh.

10. Rajin-rajin Buka SIAK
Jangan seneng dulu setelah berhasil menang SIAK War. Selama masih periode registrasi akademis, masih mungkin banget dibuka kelas baru dan terjadi perubahan kelas, entah ruangannya, jadwalnya, atau jumlah kapasitas yang tiba-tiba berubah (bisa nambah bisa kurang). Rajin-rajinlah buka SIAK supaya bisa langsung daftar pas ada kelas yang baru dibuka. Biasanya kelas baru ini adalah kelas matkul pilihan

11. Setia Menunggu WL
Kalo kamu kalah perang, masuk WL (waiting list), dan ga mau pindah dari kelas tersebut, tunggu aja sampe hari terakhir periode registrasi, jangan didrop. Karena biasanya posisi kamu akan naik, entah ada yang drop kelas tersebut, atau pindah ke kelas lain. Banyak mahasiswa (termasuk gue hehehe) yang "dapet dulu baru drop belakangan", dalam arti mereka dapet banyak kelas, bahkan melebihi SKS mereka, terus abis itu baru meninjau kembali apakah mereka beneran akan ambil kelas tersebut atau ngedrop. Banyak yang akhirnya drop, terus posisi wl jadi naik hingga akhirnya bisa masuk ke kelas tersebut, atau bisa juga tiba-tiba kapasitasnya ditambah jadi yang tadinya di luar kapasitas, jadi masuk kapasitas. Kalo kamu di urutan 5 teratas WL, kemungkinan besar kamu akan dapet kelasnya. Jangan sampe kamu langsung hopeless karena WL, terus drop, tau-tau nyesel karena kapasitas bertambah atau posisi naik terus jadi temen yang posisinya di bawah kamu malah dapet.

12. Berdoa
Last but not least, yang perlu dilakukan adalah berdoa! Berdoalah dari sebelum mulai sampe masa-masa menunggu WL. Ingat, manusia bisa berencana dan berusaha tapi tetap Tuhan-lah yang menentukan 0:) Kalo udah dapet sesuai yang diinginkan, jangan lupa bersyukur. Kalo belum dapet, sabar aja, mungkin ada sesuatu yang lebih baik menanti hehe.

Ya sekian tips n trick sukses menang SIAK War ala gue hehe. Mungkin ada yang punya cara lain yang lebih efektif, it's up to you cocoknya gimana. Selamat mencoba dan mempraktikannya! Semoga sukses ya ;D

You Might Also Like

7 comments

  1. Wahaha, thanks! Sebagai maba, ini bakal sangat membantu :") Doakan gue di Siak-War perdana nanti :""

    ReplyDelete
  2. Gue maba 2016 dan belum begitu paham sama sistem SIAK. Tapi asli mungkin ini bakal membantu banget.. thanks banget kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa sama-sama :) Good luck ya untuk "perang"nya nanti!

      Delete
  3. kak kalo mau latihan ngisi irs itu musti buka apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih buka tab jadwal kuliah.. Tampilannya kurang lebih sama kayak jadwal kuliah

      Delete