college

Serba-serbi Kostan (2)

October 13, 2014

Gue pindah kemana? KE KOSAN SEBELAH. Haha literally sebelah. Jadi walaupun udah pindah, masih suka ketemu penjaganya dan anak-anaknya. Namanya Puri Gracia. Beda dengan Griya Cemerlang, Puri Gracia ini lebih homey dan khusus perempuan. Ruangan dalemnya agak kayak rumah.


Kamarnya sedikit lebih luas dari Cemerlang, tapi kamar mandinya lebih kecil. Fasilitas kamarnya ada kasur, lemari, meja (tanpa rak), kursi, kamar mandi di dalem, dan internet! Dengan biaya 700k ++ dikit, udah dapet internet itu seneng banget hehe. Karena di daerah situ rada susah sinyal kalo pake modem :" Disana juga ada ruang TV, dapur, dan air minum gratis. Tapi disini kamarnya dibersihin sendiri.

Beda dengan di Cemerlang, di Gracia gue jaaaarang banget nonton TV dan ke dapur. Nggak begitu bersosialisasi sama penghuninya juga. Selain karena anak-anak lama, kalo di kosan waktu gue juga lebih banyak digunain untuk istirahat, nugas, dan online, karena sebagian besar waktu gue banyak dihabiskan di MB, jadi begitu di kosan gue tinggal istirahat, nugas, dan refreshing.

Disini nyaman banget juga menurut gue. Kamar gue di paling depan, jendelanya menghadap ke jalanan, jadi gue suka ngintip-ngintip keluar hehe. Bapak ibu penjaganya juga baik, suka masakin gitu hehe. Ibunya juga sering banget curhat dan talkative :")

Minusnya disini adalah binatang! Disini suka ada cicak, atau bahkan tikus yang keluar dari lubang kamar mandi!! Pernah gue masuk kamar, barang-barang gue udah berantakan, lipstick gue kayak digigit, koper bolong, cemilan berantakan, ternyata gara-gara tikus. Keselnya banget banget banget fuuuuuu. Tapi binatang-binatang ini nggak cuma di Gracia sih, tapi di kosan sekitar situ karena banyak kebun-kebun gitu. Di Cemerlang malah lebih parah, mulai dari semut yang banyak di kamar (makanya ga bisa banget naro makanan di kamar walaupun udah ditutup), belalang, kodok, sampe tomcat pernah masuk kamar gue! Katanya kalo lagi ada ujan suka ada uler juga di depan kosan :")

Gue tinggal di Gracia satu semester aja, setengah tahun. Gue pindah karena harganya naik drastis, dari 700k ke 900k, tanpa penambahan fasilitas apapun selain internet gratis (tadinya itu dicharge lagi tapi murah banget). Akhirnya karena menurut gue nggak worth it, jauh juga, gue memutuskan untuk pindah lagi.

Nyari-nyari kosan lagi di Kutek tapi nggak membuahkan hasil. Tahun 2013 akhir itu banyak sih kosan baru, yang minimalis gitu, tapi tetep aja nggak ideal karena jauh, mahal, atau karena lain sebagainya. Biaya kosan disana juga makin mahal, dan kebanyakan tetep bangunan lama. Intinya gue ga menemukan kosan ideal dan yang gue mau. Gue pun SMS ibu pemilik Griya Cemerlang untuk nanya ada kamar kosong atau engga, tapi sayangnya udah penuh.

Akhirnya gue nyari kosan di daerah stasiun UI dan barel (deket Fakultas Hukum). Nyari kosan disini juga ga mudah. Mayoritas kosan saat itu penuh, kalaupun ada yang kosong rata-rata yang bangunan lama, atau kosan baru tapi mahal banget karena belum termasuk ini itu.

Setelah muter-muter nyari kosan di sekitar barel dan stasiun UI, akhirnya gue menemukan pencerahan. Ada 1 kosan yang baru banget dibangun, namanya Graha Libra, tapi kata mbaknya udah penuh :'( Bahkan gue mau liat bagian dalem kosannya aja mbaknya kayak ga ngizinin gitu. Yaudah akhirnya gue ninggalin nomor telp dengan pesen kalo ada kamar yang kosong kabarin gue.


Daripada menggantungkan harapan di kosan itu mending gue nyari kosan lagi. Nah pas udah dapet lagi dan mau tag, entah kenapa gue penasaran nanya ke Libra. Gue telp deh tuh mbak-mbak Libra. Eh taunya dia bilang banyak yang kosong karena yang tadinya mau isi pada ga jadi! Langsung deh gue ngetag, tapi sama mbaknya disuruh langsung dateng. Dia ga mau kalo ditag gitu. Rada susah sih emang si mbak yang satu ini. Mesti kitanya yang ngejar-ngejar banget.

Akhirnya keesokan harinya gue langsung meluncur kesana, liat-liat bagian dalemnya, dan langsung tag. Udah gitu, mbaknya ga mau ngetagin kalo belom bayar -_- Padahal udah fix banget gue akan ambil kamar itu. Ya sudah langsung saat itu juga bayar.

Keberuntungan gue, lagi-lagi gue dapet kosan yang baru banget dibangun, bahkan masih finishing. Jadi (lagi-lagi) gue jadi penghuni pertama kamar kosan tersebut. Kali ini kamar gue berada di lantai 3, karena lantai 1 dan 2 nya untuk kamar yang AC semua. Nah, karena gue kesini pas masih banyak yang kosong, gue jadi bisa milih kamarnya.

Kamar disini interiornya agak beda-beda. Ada yang ada balkon tapi kamarnya lebih sempit, ada yang tanpa balkon tapi kamarnya lebih luas, ada yang wastafelnya di dalem kamar mandi, ada yang wastafelnya di luar kamar mandi, ada yang ventilasi kamar mandinya di langit-langit, ada yang di dinding, dll.

Fasilitas kamarnya kurang lebih sama kayak kosan sebelumnya: kasur, meja, kursi, lemari, kamar mandi di dalem. Dengan biaya 800k, udah dapet wifi dan bebas listrik ga kena charge kecuali bawa dispenser. Tapi disini wifi-nya suka ga bisa gitu dan suka labil. Udah dibenerin sama ISP-nya tetep suka ga bisa. Disini juga ada ruang TV, ruang belajar, dan dapur. Tapi disini nggak dapet air minum gratis. Kalo dibandingkan dengan GC, kualitas bangunan GC masih lebih bagus. Kualitas dalam arti cat dindingnya, posisi lampu, jenis lampu, wastafel, dll.

Kamarnya berbentuk L karena kamar mandinya motong dalem ruangan







Nah berhubung kosan ini ada di balik rel kereta api, jadi suka berisik suara kereta tuh kalo dibuka jendelanya. Tapi kalo jendelanya ditutup panas. Karena kosan ini deket jalan Margonda, jadi udara dan cuacanya panaas ga kayak di Kutek yang deket perkampungan jadi masih lumayan hijau. Gue kalo tidur suka keringetan. Saran gue sih mending kamar yang AC aja kalo disini.

Beda dengan 2 kosan sebelumnya, gue kurang memiliki sense of belonging terhadap kosan ini. Kalo dua kosan sebelumnya gue lumayan ngerasa itu tempat tinggal gue dan senyaman itu di kosan, di kosan ini gue ngerasa cuma jadi "tempat nginep". Nggak semenjaga atau senyaman itu. Relasi dengan penghuni kosannya juga kurang sih menurut gue. Salah satu faktor yang mungkin bikin gue ga berusaha untuk nyaman disini adalah karena gue mikir gue ga akan lama disini hehe. Dan bener, mulai semester 7 ini, gue berhenti ngekos karena mata kuliahnya udah sedikit jadi bisa pulang-pergi ke rumah. Dengan demikian, terhitung sejak bulan Oktober kemarin gue jadi anak PP hehe.

You Might Also Like

14 comments

  1. Hi Arvid kayanya postingan gue belum masuk deh hehehe
    Gue cuman mau bilang kalo kosan lo yang minimalis itu ekren banget, bedan banget di Bali kosan yang kaya gitu 1.5juta loh. Jadi lo beruntung banget dapet kosan 800k gt dan emang keren banget dalemnya hehehe. Gue juga ngekos di Bali hrganya 1000k daerah Tamn Baruna Jimbaran. Kamar gue sendiri sih ada sekat pintu masuk ke dapur dan kamar mandi jadi kalo gue masak asep"nya ga bakal masuk kekam. Dan gue orangnya suka bagnet masak walaupun yang ngerasain gue sendiri bagi gue sih lumayan enak hehehee anyway ada parkir mobilnya juga kalo keluar jalanan gt ada J.CO,ACE Hardware, Alfa mart juga. Dibawah kosan ada tukang bubur ayam sama sate madura jadi kalo laper malem" ga bakal susah deh nayrinya. Gue suka blog lo, emang kehidupan anak kosannya yang sebenarnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) Iya betul, beruntung banget bisa nemu kosan bagus dengan harga terjangkau hehe. Sebenernya dengan postingan ini cuma pengen share terutama ke maba2 sih info seputar kosan di daerah UI. Karena pengalaman pribadi agak sulit cari info soal kosan, jadi emang harus survey sendiri. Kalo kehidupan jadi anak kos sendiri rasanya belum tercover semua dalam postingan ini hehe. Mungkin next post :)

      Delete
  2. halo, boleh minta kontak mba di libra ? lg cari kosan juga nih, thaankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai maaf baru baca commentnya. ada email? biar nomornya kukirim lewat email :)

      Delete
    2. kak aku juga dong, minta kontak person Graha Libra. gal.agasela@gmail.com :)

      Delete
    3. Hai Agnes! Kindly check your email ya :) Maaf baru sempet baca hehe

      Delete
  3. Kak, bole minta kontak yang puri gracia ga? Dan apa benran letaknya persis di samping gc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kontak Puri Gracia aku udah ngga adaa. Nanti kalo temenku masih punya aku kabarin yaa. Iya letaknya persis sebelahan sama GC

      Delete
  4. Y ampuun ini kost anku dlu pas kuliah di psiko ui 2010-2012. Dulu libra ga sekeren ini gedungnya, masi jadul dan rads spookyyy hahaha. Ahhh seneng nemu blog ini.. Jd skrg tiap kamar udh ada kamar mandi dalem semua ya? Mba kost annya masih ibu2 yg pny 2 anak kah? Aku lupa namanya haha.. Kangeenn ama libra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa sekarang ada gedung baru tapi gedung lamanya masih ada kok.. Kalo di gedung baru semua kamar ada kamar mandi dalemnya. Kapan2 main ke libra :D

      Delete
  5. Sore! Aku lagu cari2 kosan mampir ke blog ini, hehe. Aku boleh minta contact person Graha Libra? Terima kasih!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ARVIDYANI ANINDITA29 March 2019 at 10:32

      Hai, boleh minta emailnya? Nanti aku kirim via email. Atau boleh DM aku ke Instagram juga nanti aku kirim via DM

      Delete
  6. Hai kak,sy lagi cari2 kosan terus mampir ke blog ini,boleh minta no kosan graha libra ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, nomor terakhir yg kupunya itu tahun 2015, kurang tau apakah masih sama atau udah ganti. Tapi mungkin bisa dicoba aja

      Pemilik: 0811172866
      Penjaga: 081388342705 (Mbak Ratih)

      Sebagai referensi bisa juga coba cek ke:
      https://mamikos.com/room/kost-depok-kost-putri-eksklusif-kost-wisma-libra-beji-depok-1#/

      https://www.infokost.id/detail/kost-putri-graha-libra-margonda-depok

      Delete