holiday

The Story of Transportation Problem (2)

September 25, 2013

Hola I'm back! Setelah sekian lama ga nulis karena padatnya jadwal, akhirnya ada kesempatan untuk nulis dan sharing lagi :D Sebelum mereview restoran-restoran lagi, gue akan meneruskan cerita heboh gue dalam liburan kali ini. Haha.

Hari-hari di Lombok berjalan lancar tanpa ada masalah transportasi yang serius, hingga akhirnya kami pulang. Sebuah kesalahan besar ngebooking pesawat Lombok-Bali lalu Bali-Jakarta. Ini semua karena salah perhitungan dan udah keburu booking. Padahal ada pesawat Lombok-Jakarta yang jatohnya lebih murah, lebih cepet, dan tentunya nggak repot pindah-pindah flight. Apalagi pesawatnya bukan pesawat transit, jadi harus check-in, masukin bagasi dst lagi. Supaya praktis, bokap nanya apakah bisa check-in untuk flight Bali-Jkt sekaligus, karena sama-sama Lion Air, ternyata ga bisa.

Meskipun udah ngasih jeda waktu sekitar 2 jam antar-flight, tetep aja rasanya was-was karena tau Lion Air bakal delay. Dari Lombok mau ke Bali, harusnya take-off 18.30, diundur jadi 19.30. Perjalanan ke Bali itu kira-kira setengah jam, masih ada waktu setengah jam untuk check-in dst karena flight Bali-Jkt jam 20.30. Agak optimis kita nggak ketinggalan pesawat Bali-Jkt karena yakin flightnya bakal ngaret juga. Cuma yang dikhawatirin adalah waktu check-in yang biasanya tutup 40 menit sebelum keberangkatan. Setelah tahu didelay dan ada kemungkinan ga sempet check-in di Bali, bokap bilang ke petugas Lion Air yang ada di waiting room apakah bisa tolong check-in disitu, karena kan sama-sama Lion Air dan delay ini adalah tanggung jawab mereka. Akhirnya dibolehin dan dibantuin sama petugasnya. Fiuh udah deh tuh tenangan. Jadi sesampainya di Bali nanti, kami tinggal pindahin bagasi terus masuk pesawat.

Jam menunjukkan pukul 19.30 dan nggak ada tanda-tanda pesawat kami datang. Udah pesimis aja pasti bakal ketinggalan pesawat. Udah mikirin untuk ganti flight dsb. Jadi pelajaran banget supaya lebih hati-hati kalo booking tiket. Tapi bokap ga nyerah gitu aja. Dia terus follow-up ke petugas Lion Air disitu, ngasih tau kondisinya gimana, dan nanya gimana nasib kami. Soalnya ini semua karena delay ga jelas itu kan. Setelah lobi-lobi akhirnya si petugasnya bilang nanti setelah turun dari pesawat, bagasi kami akan langsung dipindahin ke pesawat berikutnya dan kami juga akan diantar langsung ke pesawat. Tenang deh tuh.

Akhirnya pesawat dateng sekitar jam 9 yang mana harusnya pesawat berikutnya udah berangkat kan. Tapi ternyata mereka mengalami delay juga. Kami pun berangkat ke Bali. Rasanya berpacu dengan waktu banget, antara gemes karena masih bisa ngejar pesawat selanjutnya yang delay, dengan yaudahlah flight berikutnya aja.

Sesampainya di Bali, ternyata ada perubahan. Kami tetep harus nunggu dan ambil bagasi sendiri, nggak seperti yang dibilang sebelumnya bahwa bagasinya akan diambilin. Selagi nunggu bagasi, bokap ngurus ke petugas bagian transit dan menceritakan kejadian yang kami alami. Ternyata pesawatnya udah boarding! Akhirnya si petugas ngebantu dengan nyediain bus bandara yang akan nganter kita ke check-in gate. Karena kalau harus keluar dari kedatangan terus pindah ke keberangkatan, ga bakal sempet deh. Kami langsung buru-buru bawa koper dan naikin ke atas bus yang ga ada bagasi di bawahnya. Lagi ribet gitu terus ada petugas yang bacot nanya-nanya ga penting ngeganggu mobilisasi. Kesel banget rasanya sampe akhirnya bokap nyuruh dia diem dan bantu aja.

Baru pertama kali gue naik bus bandara yang pasti belom pernah kalian naikin, dan langsung diantar ke tempat tujuan gitu. Ukurannya ga begitu besar, bentuknya udah ga mulus, memang bukan bus penumpang. 1 bus isinya hanya kami berlima.

Sesampainya di tempat check-in, kami masuk lewat pintu belakang yang hanya boleh dimasuki oleh petugas. Langsung buru-buru lari ambil trolley buat bawa koper. Setelah koper semua terangkat, kami lari ke check-in counter Lion Air. Petugas bilang pesawat udah boarding. Setelah bokap cerita (lagi) ke petugasnya tentang kami delay 2 jam, petugasnya bingung harus ngapain. Bokap bilang dia ga mo tau, antara pesawatnya harus nungguin kami atau kami dipindah ke flight selanjutnya, karena kan sama-sama Lion Air jadi ibaratnya mereka harus tanggung jawab. Awalnya gue mikir, ya kali pesawatnya nungguin. Udah, pasti dipindah flightnya.

Karena si petugas bingung, dia manggil temennya, terus yang dateng bukan temennya, tapi temen-temennya. Bahkan petugas di check-in counter sebelah ikut-ikutan. Customer sebelah-sebelahpun jadi ikut ngeliatin karena proses lobinya heboh banget. Gemes banget karena si petugas lama mutusin solusinya, sedangkan waktu terus berjalan kan dan pesawat udah boarding. Andaikan dia ngasih izin dari tadi untuk kita masuk ke pesawat, mungkin kami udah di dalem pesawat saat itu.

Unexpectedly ternyata kami nggak dipindah ke flight selanjutnya tapi justru pesawatnya nungguin kami! Begitu udah ada keputusan, kami langgggsung bergerak. Tapi ternyata mobil pick-up yang nganter bagasi udah jalan dan ga bisa balik lagi, jadi kami harus bawa koper segede-gede gaban melewati waiting room dst. Udah gitu mau masuk ke waiting room ga boleh bawa trolley kan. Jadi kami sekeluarga ditemani 2 orang petugas, bawa koper gede-gede sambil lari-larian (lagi) di bandara. Orang-orang pada bingung ngeliatin gitu karena koper gede harusnya udah masuk bagasi kan, ini masih dibawa-bawa, bahkan 1 orang bawa 2 koper.

Keluar dari waiting room, ternyata bus yang mau nganter ke pesawat nungguin kami. Di dalemnya udah banyak banget orang nunggu dan mereka juga bingung ngapain ini orang bawa koper segede gini kesini. 2 orang petugas yang nemenin kami nggak ikut masuk ke dalam bus, mereka langsung lari ke pesawat buat masukin koper paling besar ke bagasi.

Setelah kami masuk bus dan nunggu agak lama juga, entah nunggu apa lagi, akhirnya bus jalan. Sesampainya di depan pesawat, sebelum masuk kami mastiin lagi bahwa semua koper udah masuk bagasi baru kami naik bersama penumpang-penumpang lainnya.

Fiuh, ga nyangka banget kami masih bisa naik pesawat yang memang seharusnya kami naikin meski udah telat 3 jam-an! Ini semua karena usaha banget dan kaget ternyata pesawatnya mau nungguin kami. Gila. Ditungguin mobil atau motor sih udah biasa, lah ini ditungguin pesawat. Gimana ceritanya coba? Ya itu ceritanya. Haha :"") Cerita gue ini mungkin ga seheboh kejadian aslinya yang fiuh banget. Dag-dig-dug sana-sini. Apalagi gue ngerasa ga enak karena gue yang booking pesawatnya :""

Di dalam pesawat, semua baik-baik aja. Hingga akhirnya di tengah perjalanan ada pengumuman dari captain-nya. Dia minta maaf gitu atas keterlambatan karena alasan teknis (ampe bosen dengernya), dan juga dia bilang karena "ada sekitar 4 orang penumpang yang sudah terdaftar tapi belum masuk ke dalam pesawat sehingga kami harus menunggu mereka masuk. Sesuai dengan peraturan penerbangan xxx bahwa kami harus memastikan semua penumpang telah memasuki pesawat sebelum pesawat diberangkatkan." Baru denger gue pengumuman kayak gitu :') Udah gitu diumumin 2 kali lagi, 1 dalam bahasa Indonesia, 1 lagi dalam bahasa Inggris. Bodo amatlah.. Salah siapa.. Pura-pura gak tau aja.

Ya sekian cerita liburan kali ini yang super sekali dengan segala permasalahan transportasi yang dialami. Dengan segala kejadian-baru-pertama-kali. Semoga ke depannya nggak ada lagi kejadian kayak gini. Ya pengalamanlah :")

You Might Also Like

0 comments