life

Band Horns Up!

July 09, 2013

Alhamdulillah kesampean kuliah di UI. Ketika jadi maba (mahasiswa baru), ada serentetan kegiatan yang diadain baik sama universitas maupun fakultas. Salah satu kegiatannya yaitu PCK (Program Cinta Kampus) yang isinya display dan pengenalan semua UKM yang ada di UI. Acara itu berlangsung sepanjang hari, dari pagi sampe sore. Sebagian anak nggak betah dan balik duluan, tapi gue tetep disana nungguin marching band tampil. Kayaknya sengaja banget marching band ditaro di akhir untuk narik massa supaya orang tetep stay. Bener aja, selesai marching band tampil, orang-orang langsung bubarrr.

Saat gue nonton marching band tampil, gue bener-bener terkesima ngeliatnya. Baik gerakan color guard dan musiknya ekspert banget. Ditambah warna flagnya yang bagus, putih-ungu-pink-emas. Setelah nonton, tanpa ragu gue langsung daftar dan milih section color guard.

Ketika tes penempatan alat, pilihan pertama gue color guard dan pilihan kedua gue pit. Alhamdulillah dapet pilihan pertama. Seneng banget karena emang gue tertarik banget buat nerusin main color guard meskipun udah bertahun-tahun vakum.

Pendaftar UKM marching band ada sekitar 700 orang, yang ikut tes penempatan alat 500 orang. Yang datang hari pertama latihan setelah ada pengumuman hasil tes penempatan alat ada sekitar 200-300 orang. Yang bertahan ikut latihan sampe penampilan perdana (penampilan Basic Training) ada sekitar 100 orang. Angka itu terus menurun hingga kami, jumlah cadets hanya 40an orang.

Di MB, seleksi alamnya kuat banget. Beratnya latihan, baik jadwal maupun kegiatan latihannya itu sendiri, bikin ngga semua orang bisa tahan dengan itu. Hanya orang-orang yang benar-benar suka dan komit yang bertahan. Kebanyakan orang bilang bahwa marching band itu adalah sebuah seni. Tapi bagi gue pribadi, marching band itu adalah sebuah komitmen, tanggung jawab, dan kebersamaan yang dituangkan dalam sebuah seni. Jadi bukan kesenian yang jadi poin utamanya. Kalau lo pernah ikut marching band, lo akan ngerti banget apa yang gue maksud.

Apa yang bikin gue bertahan sampe sejauh ini? Seneng main color guard jelas. Tapi kan berat latihannya? Memang. Latihannya nggak gampang. Tapi ada temen-temen yang seperjuangan yang selalu nemenin apapun kondisi lo. They're so much beyond friends. Rasanya udah seperti keluarga sendiri. Terdengarnya mungkin klise, tapi memang baru kali ini gue punya temen-temen yang bener-bener sedeket itu sampe udah kayak keluarga sendiri. Ketika mereka lagi ada masalah, gue juga jadi ikut sedih. Ketika mereka susah, kami nggak pernah ninggalin mereka di belakang. Kami maju bareng-bareng dan saling bantu. Nggak suka sama sesuatu? Ngomong langsung, selesaiin bareng-bareng sampe nangis-nangisan bahkan.



Pelantikan MBUI 37


Makan-makan cadets setelah penampilan PCK



Cadets goes to Kebun Raya Bogor

Team Building pertama color guard di rumah Ige



Jujur terkadang ada terbesit pikiran untuk keluar dari MB. Pikiran ini hinggap nggak cuma sekali. Hal ini nggak hanya terjadi pada satu dua orang aja, tapi gue rasa hampir semuanya pernah terbesit pikiran itu. Padatnya latihan membuat kami semua mengorbankan banyak hal. Sangat banyak bahkan, mulai dari waktu, tenaga, materi, dll. Tapi temen-temen disinilah yang bikin gue tetep bertahan sampe detik ini. Ketika latihan pengen libur, tapi kalo libur lama, rasanya kangen ketemu mereka semua. Latihan emang menyenangkan, tapi jujur yang bikin latihan itu semakin menyenangkan adalah teman-teman yang ada disana. Note this: Semenyenangkan itu. I can't imagine my life without them. Nggak ada satu haripun yang kami lewatin tanpa ketawa bareng. Hal-hal kayak gitu nggak hanya terjadi di jam latihan, tapi juga di luar latihan. Kami rutin makan bareng tiap selesai latihan, karaoke kadang-kadang, atau nginep-nginep. Gue berani bilang bahwa dibandingkan teman di jurusan, kedeketan sama temen-temen di MB itu jauh lebih kuat. Karena disini kita susah-seneng bareng, mau-nggak-mau harus maju bareng-bareng, nggak boleh ga care sama temennya, dan sangat nggak sedikit waktu yang kamu habiskan bareng-bareng.

Unfortunately, gue masuk di saat proyek TIMBC sedang berjalan. Hal ini bikin kami cadets harus menunggu kurang lebih 2 tahun untuk ikut proyek pertama. Banyak yang keluar karena bosen. Tapi disini gue enjoy aja, menikmati latihan, dan terutama menikmati bersosialisasi sama orang-orang yang ada di dalamnya. Oh ya, disini juga ngga ada yang namanya senioritas. Lo manggil anak yang lebih tua 5 tahun di atas lo juga ngga perlu (ngga boleh bahkan) pake 'kak'. Jadi disini memperluas pergaulan banget baik antarfakultas maupun angkatan. Back to teknis, selama 2 tahun ini progress cadets lama banget dikarenakan sistem yang ada. Tapi nggakpapa, disini soft skill dan hard skill kami terus berkembang, komitmen kami juga sangat diuji sembari menunggu datangnya hal yang kami tunggu-tunggu, proyek pertama.

You Might Also Like

0 comments