life

Reconnecting

June 30, 2020

The past few weeks have been very tough for me. Difficult time it is. Terlalu banyak emosi yang dirasain, terlalu banyak hal yang dipikirin, terlalu banyak ruminasi yang ga perlu. Penyakitnya orang overthinking emang. Sejujurnya udah lamaaa banget ga berada di titik ini. The past years were great, no significant low point. Jadi ketika akhirnya berada di titik ini lagi, berat rasanya.

Lalu gue coba inget-inget lagi kondisi beberapa tahun lalu saat gue berada di titik terendah gue, apa yang membantu gue untuk bangkit. Ternyata di saat-saat sulit kayak gini, biasanya hal yang bisa membantu gue untuk bangkit dan lupa adalah padatnya kegiatan dan kehadiran orang-orang sekitar. Selama ini, sehari-harinya gue selalu ketemu orang selain keluarga mulai dari temen kuliah, temen kantor, temen organisasi, atau temen main lainnya. Going out, going to some places, doing some activities, alone or with anyone, always help to cure me.

Tapi sialnya, sekarang lagi pandemi. Sulit untuk pergi dan ketemu orang-orang. Meskipun sekarang PSBB udah dilonggarin, tapi situasi sebenernya juga belum baik untuk pergi ke luar. Kadang ada pikiran untuk sesekali keluar, atau mungkin ke rumah orang gitu jadi tetep bisa ketemu di tempat yang lebih aman, tapi hati dan pikiran masih lebih mengutamakan kesehatan dan keamanan diri. Masih lebih kuat dorongan untuk di rumah aja. Jadi pergi keluar bukanlah pilihan utama. Tapi kalo ada yang ngajak ketemu, hmm mungkin bisa dipertimbangkan.

Lalu gue berpikir, gimana caranya gue bisa berinteraksi sama orang-orang walau di situasi kayak gini. Lalu muncul lah jawabannya, it's time to reconnect with friends. Sebelum PSBB ini, terutama pas jaman-jamannya masih kerja, kerjanya ketemu sama temen-temen. Weekend, after office hour,  selalu ada waktu untuk meet up. We make time for each other, for a better social life and mental health. Kita sering banget ketemu, tapi dengan situasi kayak gini kita belom tentu tau kabar masing-masing. Selama PSBB pasti utamanya interaksi kita sama itu-itu lagi.

Lalu gue coba mulai kontak temen satu persatu. DM, chat, telp, video call, anything just to know what they're up to now. Gimana kondisi mereka, lagi pada sibuk apa, how's life, what updates I haven't heard, and vice versa. Biasanya sekali telp atau vicall minimal 2 jam :) 3 jam, 4 jam, durasinya bahkan bisa sama dengan atau lebih panjang dibanding kalo kita ketemu langsung.

Antara emang banyak banget yang diupdate dan diobrolin, atau karena ga kepotong dan kedistrak apa-apa (kalo ke kafe kan kepotong order, makan, cek-cek hp, udah jam tutup, dll). Dan karena biasanya telponan cuma berdua, ngobrolnya bisa jauh lebih dalem. Gue lebih suka ngobrol berdua doang sih emang dibanding rame-rame, karena kalo ngobrol berdua tuh bisa ngobrol dalem sampe puas.

Dan gue merasa sangat beruntung berada di lingkungan yang mayoritas anak psikologi. Kalaupun bukan anak psikologi, Alhamdulillahnya temen-temen gue itu paham konsep psikologi atau punya kemampuan interpersonal yang okelah, bisa act as a good friend. Paham gimana cara mendengar aktif atau ngedengerin dengan baik, paham gimana harus merespon, bisa kasih insight-insight dan pendapat yang nggak judging.

Awalnya gue pikir di usia kita sekarang, cara mendengar dan merespon orang lain itu udah jadi hal yang biasa banget yang semua orang bisa lah ngelakuin. Tapi ternyata engga juga. Ternyata gue menemui juga orang yang kurang bisa mendengarkan, yang membuat gue ga merasa didengar. Jadi inget pas kuliah bahkan ada materi tersendiri dengan topik Listening. Karena dari kecil kita diajarin untuk bicara, public speaking, bangun confidence, tapi ngga pernah diajarin untuk mendengar. Padahal mendengar itu sebuah skill yang perlu diasah juga, sama pentingnya dengan skill bicara.

Jadi ketika sadar bahwa ga semua orang bisa mendengarkan dengan baik, gue jadi merasa sangat beruntung berada di antara orang-orang yang bisa mendengarkan dengan baik, bisa kasih support, tau kapan harus kasih saran atau engga, bisa menenangkan. Ga semua orang punya privilege tersebut.

Jujur kadang gue ngerasa sepi, but when try to reconnect akan sadar bahwa kita ga sendiri dan banyak yang care sama kita. Sometimes it's just a click away.

Jadi kalo salah satu dari kalian temen gue baca postingan ini, need someone to talk to, I'm just a click away ya guys. Mau temen deket, temen biasa, temen yang dulu deket tapi sekarang engga, temen yang udah lama ga kontakan, atau temen apapun, let me know when you need help, or just some ears. Mau ngobrol-ngobrol aja juga monggo banget. Ga usah ga enak kalo udah lama ga kontakan.

Kadang gue suka denger ada orang yang ga suka dikontak cuma kalo ada butuhnya doang. Udah lama ga kontakan, dateng-dateng minta tolong. Tapi, bukannya emang cara kerja dunia kayak gitu ya? Dengan segudang aktivitas, kita pasti punya prioritas siapa yang mau kita hubungi on daily basis. Kalo ga ada kebutuhan, ga deket-deket amat, terus tiba-tiba ngontak cuma nanya kabar malah aneh ga sih? Haha. Ga mungkin juga kalo kita punya 200 temen semuanya harus rajin-rajin kita kontak semua. Jadi amat sangat wajar kalo temen (terutama yang ga deket-deket amat) tiba-tiba ngontak buat minta tolong ketika mereka lagi butuh. Apa yang salah dengan itu? What do you expect ga sih?

Ya itu pandangan gue sih tentang adult friendship. We don't need to talk everyday but when we do, nothing changes. Silakan aja kalo ga setuju. Tapi kalo buat gue, amat sangat gapapa ketika ada orang ngontak ketika lagi butuh sesuatu, walau udah lama ga kontakan.

Intinya, ketika berada di saat-saat sulit, reconnect with friends bisa banget jadi cara kita untuk melewati ini dan bangkit lagi. Dan sangat gapapa ketika ditanya "Apa kabar?" jawabannya bukan "Baik", tapi "Lagi kurang baik nih", "Lagi kurang sehat nih", or anything that you really experience.

Terakhir, kemaren nemu satu quotes yang menyuarakan gue banget wkwk.


So, don't forget to check on your friends!

You Might Also Like

0 comments