life

Sisi Positif Pandemi

June 24, 2020

Wah udah 2 bulan ngga nulis disini. Rencana pengen tiap bulan ada postingan, tapi kemaren-kemaren belom ada dorongan nulis hehe. Jadinya bulan Mei kosong postingan deh, padahal udah ada sederet ide tulisan. Di saat sekarang harusnya ku ngerjain laporan-laporan, eh malah muncul banget dorongan buat nulis hehe, biasa.

Sampe detik ini hari-hari gue masih banyak dihabiskan di rumah aja. Sekeluarga termasuk yang taat untuk physical distancing dan di rumah aja. Ngeliat PSBB dilonggarin sempet muncul keinginan untuk keluar sesekali sih, tapi abis itu mengurungkan niat lagi begitu ngeliat orang-orang kayak baru keluar dari goa. Serem.

Banyak yang mengeluh tentang pandemi, PSBB, dan segala efek negatifnya baik terhadap perekonomian, aktivitas sosial, maupun kesehatan mental. Ya, memang pandemi ini banyak dampak negatifnya, tapi bukan berarti ngga ada sisi positifnya. Sejujurnya gue banyak ngeliat sisi positif dari adanya pandemi ini, at least buat diri gue sendiri. Dan menurut gue penting untuk mengimbangi sisi negatif ini dengan sisi positif supaya kita tetep bersyukur, tetap waras, dan ngga terlalu membenci kondisi yang terjadi sekarang ini. Ngga pernah menghitung banyakan mana sisi positif atau negatif, karena ga bertujuan untuk menentukan apakah pandemi ini sebenernya baik atau engga, cuma berusaha melihat situasi ini dari kedua sisi.

Untuk sisi negatif ga usah gue jabarin lah ya karena pasti semua orang dan media udah ngomongin ini, dan mungkin temen-temen juga ngerasain sendiri. Nah gue mau berbagi pandangan aja sisi positif yang gue liat dan rasain dari adanya pandemi ini. Setidaknya yang terjadi di diri gue sendiri. Bahkan ada beberapa sisi positif yang bener-bener personal banget buat gue tapi ga bisa gue share disini, yang membuat gue bersyukur dan mungkin kalo ga pandemi akan beda ceritanya. Akan berdampak negatif mungkin.

1. Hemat Pengeluaran
Dengan di rumah aja, tentu jadi ga perlu ngeluarin ongkos perjalanan, makan siang di luar, jajan-jajan ga penting, yang otomatis mengurangi pengeluaran. Dan hemat make-up dan skincare juga ga siih cewek-cewek?? Yaa meskipun jadi suka jajan Go-Food, GrabFood, atau jualan-jualan temen, kalo ditotal mungkin jatohnya sama aja kayak pengeluaran operasional sehari-hari atau bahkan kurang. Dan selama berbulan-bulan ini gue ga beli pulsa atau paket data doong haha karena masih cukup ngandelin wifi rumah. Tapi, di satu sisi pemasukanku juga berkurang :(

2. Fleksibilitas Waktu
Back to my roots! Sebagai orang yang terbiasa WFH dan ngapa-ngapain di rumah, terbiasa banget untuk ngatur jadwal sesuka hati sesuai pola kerja dan pola aktivitas pribadi. Nah selama bulan Februari sampe awal Maret kemaren gue magang dan harus mengikuti jam kerja tertentu. Jadi yang tadinya ngatur jadwal sesuka hati, selama kurang lebih 1,5 bulan harus adjust lagi mulai dari bangun jam berapa, siap-siap jam berapa, kerja jam berapa, sampe istirahat jam berapa. Ga bisa sesuka hati kayak sebelumnya. Nah dengan adanya pandemi ini, selama 2 bulan berikutnya gue full WFH dan lebih bisa ngatur jadwal sendiri lagi. Ga harus bangun pagi-pagi banget, ga harus mandi pagi, ga perlu pusing milih baju dan menghabiskan waktu buat dandan wkwk. Anaknya mager. Dan bisa beraktivitas pake baju apa aja (ini penting! wkwk). Bisa nentuin kapan mau break, kapan mau Netflix-an, kapan mau masak-masak. I love this flexibility.

3. Ibadah Berjamaah dan Tepat Waktu
Nah, karena sekeluarga di rumah aja, cowok-cowok yang tadinya kalo shalat ke masjid, sekarang jadi shalat di rumah aja. Dan setiap kali adzan, pintu kamar gue pasti diketok buat shalat jamaah. Jujur aslinya gue bukan tipe yang shalat di awal waktu dan mengutamakan jamaah, tapi karena kondisi ini jadi ada dorongan untuk kayak gitu. Termasuk selama bulan puasa kemaren juga full buka puasa, sahur, dan tarawih di rumah. Kalo tahun-tahun sebelumnya pasti ada kaan bukber-bukber, atau buka di kantor, atau waktu tempuh perjalanan, yang mungkin bikin waktu ibadah kita berkurang. Nah karena ini di rumah aja, banyak waktu yang bisa dipake buat fokus beribadah dengan lebih baik. Ini salah satu hikmah positif pandemi yang gue sadarin banget sih.

Dan buat bapak-bapak, jadi ngerasain kan jadi imam dan khatib Shalat Ied :) Bisa jadi pengalaman sekali seumur hidup yang belum tentu dateng lagi.

4. Sering Masak
Yang follow IG gue pasti tau banget nih akhir-akhir ini kerjaan gue masak-masak mulu wkwk. Aslinya gue tipe yang jaraang banget masak karena emang ga ada dorongannya. Mau makan udah ada yang masak. Ga ada, tinggal beli. Semua serba ada dan mudah, jadi ga merasa ada kebutuhan masak, tapi bukan berarti ga suka. Nah selama PSBB ini gue jadi sering masak atau baking. Bukan yang gimana-gimana banget, cuma buat kesenangan aja. Gue juga baru belajar dan masih jauh dari kata jago. Pilih makanannya pun yang simpel, estetik atau visually pleasing wkwk. Maklum anaknya visual banget. Dan masak ini gue buat memenuhi BM pribadi, bukan buat orang lain. Jadi bukan masak full yang buat sekeluarga banget gitu. I find joy in creating dishes. Sekarang tiap BM sesuatu mikirnya pengen coba bikin sendiri daripada beli. Kalo engga PSBB mungkin sekarang oven yang udah dibeli dari 2018 belom dipake juga :-)

Anyway, buat dokumentasi pribadi ku mau taro beberapa foto kreasiku hihi. Tenang, ga semuanya kok hehe.

Mozzarella Sticks

Apple Tart with Vanilla Ice Cream

Chicken Katsu Curry. Kurang wortel sama kentangnya nih


Sambal Matah yang pas banget! Resep dari William Gozali, micinnya diganti kaldu jamur

GyuBean Rolls. Enak banget terharu :")

Baked Cheesy Chicken

Chicken Mentai Ala-ala

Bakso Pedas Manis

Milk Pudding ala GyuKaku

Umm Ali

Mexican Coffee Bun a.k.a Roti Boy ala-ala

Almond Puff tapi gosong :(
Tres Leches Cake for my birthday cake!

Korean Strawberry Milk

Mille Crepes yang pas makan literally mau nangis terharu karena bikinnya penuh perjuangan :")

Apple French Toast


5. Langit Cerah
Jakartanssss, siapa yang lelah banget sama polusi?? This is the time when the sky is clear, blue, and bright! Beberapa bulan lalu sempet heboh kan aplikasi buat tau kadar polusi di kota-kota gitu, dan Jakarta adalah salah satu kota yang tingkat polusinya udah bener-bener ga sehat. Tanpa aplikasi itu pun keliatan langit warnanya butek, abu-abu atau kuning, liat gedung-gedung tinggi pun kayak tertutup kabut yang tidak lain sebenernya adalah polusi. Dengan orang-orang ga keluar rumah, kendaraan di jalanan juga berkurang drastis, the world has time to heal. Langit biru dan cerah, awan-awan putih terlihat jelas, dan ini adalah pemandangan gue setiap pagi saat buka jendela. Seneng liatnya. Ditambah suara burung-burung tetangga haha.

Awannya bold banget kayak cotton candy
Dikasih filter lucu jugaa
Bagus banget kayak lukisan
Kapan lagi langit Jakarta sebiru ini??
Jelas banget
Even mendung pun awannya terlihat jelas, ga butek kayak sekarang
Lucu banget awan yang disini gelap mendung disana cerah dan terang banget

Sekarang PSBB dilonggarin, rasanya kadang langit udah ga secerah 3 bulan kemarin :( Jadi 3 bulan kemarin adalah fenomena langka buat Jakarta. Semoga bisa segera pulih lagi ya bumi, tapi tanpa situasi pandemi kayak gini.

6. Technology Advancement
Dengan pembatasan interaksi sosial secara langsung, orang-orang dari segala usia dipaksa untuk menggunakan teknologi untuk berkomunikasi. Semuanya jadi go digital. Orang-orang berumur yang tadinya enggan atau kurang mahir menggunakan teknologi, mau ga mau harus belajar teknologi terkini untuk bisa tetep beraktivitas, baik untuk kerja, arisan, atau bahkan pengajian. Harus bisa video call, harus bisa share screen, harus bisa menggunakan tools lain yang sebelumya ga pernah dipake. 

Perusahaan pun juga dipaksa berubah. Kalo sebelumnya masih banyak perusahaan yang skeptis dengan WFH, teknologi, atau hal-hal berbau online, sekarang mau ga mau harus ngubah proses manual jadi digital. Harus menyiapkan infrastruktur supaya orang-orang bisa efektif kerja dimana aja dan kapan aja. Perusahaan-perusahaan yang ada sekarang sebenernya udah banyak yang menyadari adanya disrupsi yang mengubah segala aspek kehidupan kita dan perlu untuk adaptasi dengan itu, tapi banyak yang baru sampe level awareness, belom bener-bener tau cara berubah, cara implementasi teknologi, cara menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Dengan adanya kondisi kayak sekarang, mau ga mau perusahaan HARUS adjust, belajar, dan cari cara terbaik untuk bisa survive. Jadi udah sampe praktek dan implementasi lah bukan cuma aware dan tau. Kalo ga dipaksa kayak gini, mungkin selamanya perusahaan ga akan siap menyambut disrupsi. 

Ga cuma soal kerjaan formal di perusahaan, kayak orang tua gue pun juga jadi belajar main socmed untuk kebutuhan bisnis. Belajar ngelola online shop, bikin konten, bahkan jadi adminnya sendiri. Belajar juga sistem Facebook dan Instagram ads, belajar sistem Go-Food dan GrabFood. Bahkan belajar webinar dan sekarang banyak juga training atau seminar online. So I think this is an important positive effect of PSBB.

7. Bisnis
Ngeliat banyak orang dan temen yang tiba-tiba jadi jualan apapun, muncul lah pikiran iseng buat jualan juga. Waktu itu awalnya gue jajan kroket gitu beli di online shop, terus gatau muncul ide dari mana tiba-tiba ngide aja nanya kesempatan jadi reseller haha. Soalnya ngeliat temen-temen sebanyak itu yang jualan makanan terutama frozen food, jadi gue ga melihat berbisnis itu sebagai suatu yang sulit atau serius banget.

Ga pake pikir panjang, iseng aja nanya gitu modal nekat. Setelah ngobrol, diskusi, dan menimbang-nimbang, akhirnya memutuskan untuk beneran jualan. Apalagi kuliah juga tinggal tesis dan semuanya dilakukan secara online, jadi punya cukup waktu luang untuk ngelakuin aktivitas lain. Dan bisnis bisa banget jadi alternatif buat ngisi waktu secara produktif.

Jangan lupa mampir yaah dan dibeli dagangankuu hehehe. Namanya Happy Kroket. Ada kroket ayam keju dan kroket mozzarella. Ini kroketnya beda dari yang lain karena ga pake kentang dan sayur, tapi pake saus bechamel :9 Bisa juga liat highlight Instagramku. Wajib coba pokoknya. *lah malah jualan* *gapapa, namanya juga usaha* *kan lapak sendiri*

Kroket Ayam Keju

Kroket Mozzarella. Look at those cheezeee


Di luar ini masih banyak sisi positif pandemi kayak orang-orang lebih sadar untuk jaga kesehatan dan kebersihan, ga niup lilin ulang tahun karena kan kotor sebenernya, ga bersentuhan dengan yang bukan muhrim (well basically dengan semua orang sih jadinya), dan lain-lain. Kalo kamu, ada ngga sih dampak positif yang kamu liat atau rasain dengan adanya pandemi ini?

You Might Also Like

0 comments