life

Physical but Not Social Distancing

April 12, 2020

Sekarang udah memasuki minggu keempat #dirumahaja. Dan selama periode self-quarantine ini gue bener-bener ngga kemana-mana sama sekali. Saaama sekali. Di saat mungkin orang ada sekali dua kali pergi, gue sama sekali ga melangkahkan kaki keluar rumah bahkan untuk ke Indomaret pun. Kadang pengen ke Indomaret yang jaraknya cuma berapa langkah dari rumah buat beli keperluan (atau keinginan), tapi itu aja mikiiiiirrrr banget. Mikirnya seribu kali. Do I really have to?

Seorang temen bilang go-mart aja sih. But no, bukan itu yang gue cari. Sensasinya beda kalo belanja sendiri, nelusurin setiap lorong, liat-liat barang di display, terus milih, dan antre di kasir. Tapi gue berpikir ulang, berpikir ulang, dan berpikir ulang, apakah sepenting itu untuk keluar rumah? Apakah masih bisa ditahan? Apakah apa yang ada di rumah ngga cukup? Dan disitu kembali gue urungkan niat untuk pergi. Kalo butuh sesuatu, nitip orang yang keluar rumah buat beliin sekalian.

So yea, udah 4 minggu bener-bener di rumah aja. Sampe beberapa temen heran kok bisa gue betah dan ga bosen sama sekali selama 4 minggu ini, bahkan mungkin bisa dibilang enjoy. Jawabannya mungkin karena gue udah terbiasa di rumah aja, ngelakuin apapun di rumah, udah nyaman juga, di rumah rame juga jadi ngga kesepian, dan yang paling penting ada sesuatu yang dikerjain. Inget, ini namanya working from home, artinya kerja bukan liburan.

Sejujurnya gue ngerasa waktu berjalan cepet banget loh. Di saat orang-orang bosen banget dan ngerasa waktu berjalan sangat lama, justru gue ngerasa waktu berjalan cepet banget selama periode WFH ini.

Yang juga paling penting adalah I have some people that I can talk to. Mungkin akan beda banget sama orang yang tinggal sendirian, kayak di kostan misalnya, yang kanan kiri depan belakang tembok semua. Kehadiran orang-orang yang bisa kita ajak ngobrol in daily basis jadi penting banget buat menjaga kewarasan. Kalo emang secara fisik ngga ada orang yang bisa diajak ngobrol, coba lewat jalur virtual.

Periode self-quarantine ini biasanya disebut-sebut sebagai social distancing. Tapi menurut gue, yang lebih tepat itu physical distancing bukan social distancing. Berjauhan secara fisik aja but not necessarily berjauhan secara sosial. Thanks to technology yang memungkinkan kita untuk tetap in touch dengan orang-orang terdekat di luar sana, baik melalui telepon, social media, video conference platform, dan lain-lain. Kayak lagunya RAN, "Aku disini dan kau disana, hanya berjumpa via suara, namun ku selalu menunggu saat kita berjumpa~" wkwk.

Gue pun juga sangat memanfaatkan teknologi untuk komunikasi sama orang-orang, baik untuk kerjaan, untuk hangout dan life updates, apapun supaya kehidupan berjalan seperti biasa dan tetep sehat secara mental. Semua dilakukan secara online, mulai dari kerja pastinya, meeting, interview, bimbingan, catch up dan curhat sama temen, olahraga, pengajian, main game, jamming night, nonton konser online, dan juga nobar! Wkwk. Atau ya ngobrol-ngobrol santai aja. Semua udah, yang belom tinggal karaoke online nih haha. Distance should not be a boundary.

Semua mostly dilakukan via Zoom. Zoom ini mendadak booming banget sih dipake semua orang di seluruh dunia, padahal sebenernya ada banyak platform lain yang serupa. I've tried Zoom, Google Hangout, Whereby, Skype, dan tentunya Whatsapp call/video call. Kalo untuk record dan screen share emang paling enak Zoom sih, tapi emang untuk free account waktunya dibatasi 40 menit per call. But luckily ga tau kenapa gue sering dapet unlimited call gitu. 1,5 jam, 2 jam, 2,5 jam pernah. Nah karena untuk screen share di Zoom itu enak dan gede gambarnya, ini bisa banget dipake buat nobar dan karaoke bareng.

Kalo untuk main game ada Gartic.io dan aplikasi di HP namanya House Party. Kalo Gartic.io waktu itu gue cuma nyoba sekali, nah kalo House Party seru juga karena ada beberapa pilihan game. Tapi semakin banyak orang yang join di room House Party kita, aplikasinya jadi berat gitu. Waktu itu gue main berdua bertiga doang lancar dan enak banget. Tapi begitu empat orang, apalagi enam orang, wah udah deh. Hang dan disconnect terus. Ga kuat banget.

Paling permasalahan utama gue selama bersosialisasi secara online ini adalah di koneksi internet. Sebelnya wifi rumah gue kurang stabil jadi sering ada masalah koneksi. Mulai dari freeze lah, delay lah, suaranya putus-putus dan kayak transformer lah. Kadang painful dan bikin istighfar banget tapi ya sabar sabar aja mau gimana lagi :")

Anyway, this may not happen twice, so let's document some of my quarantine routine memories here!

Meeting online
Hangout online



Life update! Belom mandi udah curhat session
Yang biasanya ketemu setiap hari sekarang jadi concall terus
Live yoga via Zoom. Enaknya dari laptop diconnect ke TV jadi gede
Kajian online
Nobar video jenis-jenis burung cantik
Another curhat session
Main game online

Nonton konser online dari jam 13.30-22.00 non stop





Yang konser online-nya tak pernah kulewati di IG Live

Yah ginilah problemku sehari-hari kalo lagi video call atau audio call yang pake wifi.
Tiba-tiba nge-freeze atau suaranya jadi transformer aja huft
We don't know when this will end. Let's keep praying and spreading positivity during this difficult time. Let's help and support each other. Also don't forget to check on your family, friends, and your closed ones!

You Might Also Like

0 comments