life

Bahasa Isyarat

June 14, 2018

Isu kesetaraan disabilitas kian hari kian terdengar. Masyarakat diajak untuk lebih "melek" tentang kebutuhan temen-temen difabel (Sebutan untuk temen-temen penyandang disabilitas) dan bagaimana mereka seharusnya layak mendapatkan fasilitas yang sama dengan orang-orang lainnya. Walaupun memiliki keterbatasan, banyak temen-temen difabel yang sebenernya tetap bisa berkarya bahkan berprestasi melebihi orang pada umumnya.

Salah satu kemajuan pesat yang gue liat konkret bentuknya adalah kemajuan fasilitas untuk temen-temen Tuli. Iya, gue nggak nyebut tuna rungu karena buat mereka, Tuli adalah sebuah identitas. Mereka prefer istilah Tuli dibanding tuna rungu.

Kemajuan fasilitas ini konkretnya bisa diliat di acara-acara berita di TV, yang mana biasanya di pojok kanan bawah ada kotak kecil yang isinya interpreter menyampaikan berita dengan bahasa isyarat. Awalnya gue cuma liat di TVRI, tapi makin kesini makin banyak acara berita di berbagai channel menampilkan hal tersebut. Jujur seneng banget liatnya.

Untuk film-film Indonesia juga mulai digaungkan untuk ngasih subtitle. Walaupun film Indonesia, tetep perlu subtitle Bahasa Indonesia supaya temen-temen Tuli bisa nikmatin filmnya. Pernah juga gue liat acara Bioskop Bisik, dimana temen-temen "normal" mendeskripsikan isi cerita film ke temen-temen tuna netra. Apresiasi banget untuk penggagasnya.

Selain ada interpreter di acara berita, salah satu fasilitas yang lagi dikembangin untuk temen-temen Tuli adalah belajar agama lewat bahasa isyarat. Hal ini digagas oleh @quranidproject lewat #CahayaDalamSunyi. Jujur gue engga pernah kepikiran gimana caranya temen-temen Tuli belajar ngaji, belajar ngafalin surat-surat, belajar agama. Dengan adanya campaign ini gue jadi mikir, "Iya ya, gimana ya temen-temen Tuli belajar agama selama ini?"

Di Instagram juga gue semakin sering liat temen-temen Tuli dilibatkan di berbagai kegiatan. Meski ga tau detil acara dan bentuk keterlibatannya, tapi gue rasa temen-temen Tuli dilibatkan untuk menggagas bentuk-bentuk fasilitas untuk penyetaraan hak temen-temen Tuli.

Jujur gue pribadi seneng banget liat kemajuan ini dan meningkatnya awareness masyarakat terhadap temen-temen Tuli atau difabel lainnya. Mungkin ini semua berawal dari kelas bahasa isyarat yang pernah gue ambil semasa kuliah.

Saat kuliah di UI, kita diperbolehkan ngambil mata kuliah lintas fakultas (Linfak), yang mana kita bisa ambil mata kuliah dari fakultas lain. Biasanya matkul linfak ini diambil sama temen-temen yang kalah perang SIAK dan ga dapet mata kuliah pilihan di jurusannya. Banyak temen-temen angkatan gue yang ngambil matkul linfak yang super ga nyambung sama jurusannya, kayak Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, sejarah negara mana, sampe orchidology :") Tujuannya cuma sekedar menuhin jumlah SKS. Paling banyak sih ngambil matkul bahasa dari FIB.

Selama gue kuliah, gue ga pernah tertarik buat ambil matkul linfak karena ngerasa ga relate dengan kebutuhan gue. Dan Alhamdulillah selalu dapet matkul pilihan di fakultas sendiri. Sampe suatu ketika ada info kalo mau dibuka kelas bahasa isyarat di Psiko, itu pertama kalinya gue tertarik ikutan kelas linfak. Kapan lagi ya kan belajar bahasa isyarat?

Biasanya kalo matkul linfak itu kita yang dateng ke fakultas terkait, tapi kalo banyak peminatnya, kelas bisa dibuka di fakultas sendiri dan dosennya yang dateng ke fakultas kita. Nah waktu itu didata dulu siapa aja yang tertarik ambil kelas bahasa isyarat untuk nentuin apakah mau dibuka di Psiko atau di FIB. Ternyata banyak banget yang minat! Akhirnya di Psiko dibuka 2 kelas bahasa isyarat untuk angkatan gue dan gue ikut di salah satu kelasnya.

Pengajar kelas ini bukan dosen, tapi teman-teman Tuli dari Gerkatin, organisasi yang bergerak di bidang penyetaraan hak Tuli. Jadi pengajarnya memang bener-bener Tuli. Cuma 1 orang yang bukan Tuli, namanya Pinky. Kadang Pinky dampingin buat bantu translate-in terutama di awal-awal. Temen-temen dari Gerkatin ini udah biasa ngajar Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia). 

Di kelas gue, pengajarnya sendiri ganti-ganti. Kadang perempuan, kadang laki-laki. Ada yang bener-bener Tuli, ada yang bisa sedikit dengar. Biasanya di awal mereka akan perkenalan nama aslinya dan nama Bisindo-nya, kemudian sedikit cerita latar belakang mereka terutama tentang tulinya. Ada yang memang tuli sejak lahir, tapi ternyata banyak juga yang tuli karena kecelakaan. Jadi awalnya mereka normal. Biasanya yang awalnya normal lebih bisa bicara karena mereka pernah bisa mendengar. Gue bener-bener salut sih mereka bisa bangkit lagi dan justru aktif di berbagai kegiatan.

Pernah juga Surya Sahetapy, anaknya Dewi Yull dan Ray Sahetapy, dateng ke kelas dan langsung heboh deh cewek-cewek wkwk. Orangnya baik dan cakep, alhasil banyak lah temen-temen yang minta foto di akhir kelas.

Belajarnya sendiri juga terstruktur banget menurut gue. Terlihat bahwa mereka udah biasa ngajar. Di awal setiap orang bikin nama Bisindo-nya dulu, terus diajarin alfabet dalam bahasa isyarat. Di pertemuan-pertemuan berikutnya baru diajarin kosakata dan struktur kalimat. Menariknya, dalam Bisindo ekspresi wajah itu penting banget karena satu gerakan isyarat bisa beda makna kalo ekspresi wajahnya beda. Jadi harus latihan ekspresi juga. Jujur ini challenging banget buat gue yang ga ekspresif :"")

Metode belajarnya juga macem-macem, ada games semacem komunikata pake Bisindo, tebak-tebakan, terus latihan dialog berdua atau bertiga. Ada PR juga, yaitu suruh translate cerita gurunya. Jadi gurunya akan cerita di depan kelas dan direkam, terus kita disuruh tulis cerita itu. Nah ujiannya itu kebalikannya. Kita disuruh nulis cerita dan kita ceritain pake bahasa Isyarat.

Ga sengaja nemu foto ini di https://www.gerkatin.org/ Can u spot me?

Jujur gue termasuk orang yang cukup cepet belajar bahasa. Dulu pas jaman sekolah pernah belajar Bahasa Inggris, Jepang, dan Arab. Semua bisa dipelajari dengan cukup baik. Tapi belajar Bisindo ini punya tantangan tersendiri karena hafalannya bukan sekedar hafalan kognitif tapi juga kinestetik (Gerakan), gimana memperlancar gerakan tangan dan belajar ekspresif. Untung gurunya baik ngasih nilainya :")

Pengalaman ikut kelas ini berharga banget buat gue pribadi. Jadi jauhh lebih melek dan empati sama temen-temen Tuli dan difabel lainnya. Jadi tau juga sedikit tentang kehidupan Tuli, misalnya cara mereka menikmati lagu. FYI, mereka menikmati lagu dengan ngerasain dentuman/getaran suaranya. 

Kalo ada kesempatan belajar Bisindo, cobain deh. It's very worth to try :)

You Might Also Like

0 comments