life

Berkunjung

June 24, 2018

Lebaran kali ini beda lagi dengan lebaran tahun sebelumnya. Semenjak ga punya kakek nenek, keluarga besar nggak lagi dengan mudahnya ngumpul. Kalo dulu-dulu keluarga besar kumpul di rumah opa, sekarang hari pertama kita ngga lagi kumpul bareng. Kumpul-kumpul keluarga mama baru diadain di hari ketiga di rumah adeknya opa yang kebetulan bertepatan dengan jadwal keluarga gue ke luar kota jadi ga bisa ikutan.

Dari sisi papa pun juga gitu. Udah lama ga ada kakek nenek dari pihak papa, kumpul-kumpul pun biasanya dilakuin di hari ke-sekian lebaran. Kalo tahun lalu kita keliling ke rumah keluarga yang di Jakarta dan Bogor, kali ini untuk pertama kalinya kita keliling rumah keluarga yang di Bandung.

Ini juga pertama kalinya lebaran tanpa baju baru. Biasanya tiap lebaran pasti bikin atau beli baju seragaman. Tapi karena tahun ini pada sibuk dan ga ada momen kumpul keluarga besar juga, jadi punya baju baru rasanya ngga penting buat kami. Kalo dipikir-pikir, baju baru pas lebaran ternyata ngga sepenting itu. Pake aja baju yang udah ada.

Sehari setelah lebaran, keluarga gue langsung cuss ke Bandung buat mengunjungi keluarga di Bandung sekalian liburan. Sehari kita ngunjungin 1-3 keluarga disana. Keluarga yang dikunjungin pun yang emang jaraaaaang banget ketemu karena udah keluarga jauh gitu. Jujur nggak semuanya gue kenal bahkan gue ngerasa ada beberapa yang ga pernah ketemu. Karena emang keluarga ortu dua-duanya keluarga besar banget yang tiap kali kumpul rasanya ada aja orang yang ga gue kenal, saking banyaknya.

Nah, yang dikunjungin kali ini pun jujur banyak yang gue ga kenal. Tapi, silaturahmi kali ini terasa berbeda.

Biasanya kalo keluarga besar baik dari pihak mama atau papa itu kumpul di acara halal bihalal atau arisan. Di acara besar lah pokoknya. Jadi mayoritas ngumpul sama keluarga inti atau keluarga deketnya aja. Ngobrol sama anggota keluarga yang ga begitu deket pun jadi cuma kayak basa-basi aja.

Nah dengan berkunjung ke rumah sodara ini, atmosfernya jadi jauh lebih intim. Kita bisa ngobrol macem-macem hal secara deep, gue pribadi pun jadi lebih kenal sodara-sodara lain yang mungkin kalo di acara besar ga akan terjadi. Gue jadi tahu kalo salah satu nenek dari pihak bokap suka ngadain Taichi di rumahnya (Padahal selama ini gue nyari-nyari tempat Taichi), ada juga yang rutin buka majelis di rumahnya, jadi tahu kalo ada sodara yang pernah kerja di perusahaan kompetitor (Ehem), jadi tahu kalo ada sodara cowok yang jago masak, jadi tahu kalo masih ada nenek yang mau ulangtahun ke-93 tahun ini, dan jadi tahu banyak hal yang ga pernah gue tau sebelumnya.

Obrolan lainnya pun juga seru-seru banget. Beberapa keluarga ternyata kerja di pemerintahan dan banyak kerjasama sama menteri, walikota, ada juga yang jadi dosen di universitas terkemuka, jadi komisioner perusahaan, alhasil topik obrolannya pun super beragam dari mulai politik, gosip-gosip perusahaan dan pemerintahan, agama, kesehatan, sampe dunia asuransi. Gue yang anaknya not into politics banget justru enjoy banget dengan percakapan-percakapan kemarin.

Kesan hangat dan intim bener-bener terasa ketika berkunjung itu. Kita bener-bener disambut dengan baik, disediain makanan super berlimpah dan di setiap rumah pasti makan, plus obrolan yang seru di setiap rumahnya. Ini pertama kalinya gue intens berkunjung ke rumah-rumah keluarga dan dapet atmosfer seintim itu. Jujur ketagihan sih.

Selain keluarga, bonus ketemu sama sahabat yang tinggal di Australia dan lagi mudik ke Indonesia. Super kebetulan, gue dan Lia sama-sama berada di Bandung di tanggal yang sama. Jadi nyempetin waktu buat ketemu dia plus si baby Fiya yang semakin aktif.

Si baby kebangun pas lagi tidur

Ga cuma sama Lia, ketemuan waktu itu ada keluarganya juga bahkan temen-temen bokapnya. I thought it would be very awkward but no, semuanya masih berjiwa muda sehingga obrolannya nyambung.




Pas balik ke Jakarta keluarga gue juga ngunjungin rumah sodara deket and it was fun too. Saking menikmati momen-momen tersebut, beberapa kali lupa mengabadikannya dengan kamera ponsel. Jadi hanya segini yang sempet tertangkap kamera. However, the memories stay in my heart 



You Might Also Like

0 comments