life

2016 Review

January 08, 2017

Tulisan ini harusnya otomatis di-post tanggal 1 Januari 2017 jam 00.01. Tapi karena fiturnya ga berfungsi (atau guenya yang gaptek), akhirnya baru bisa post sekarang :(

Ketika tulisan ini dimulai, sekarang masih tanggal 24 Desember. Bener-bener ga berasa 2016 udah mau berakhir. 2016 has been a GREAT year for me, I enjoy it a lot. Bener-bener bersyukur terhadap apa-apa yang terjadi di 2016; Kebahagiaan, kesehatan, good work-life, superb social life. 2016 berhasil jadi tahun rebound yang baik dari 2015 yang sangat melelahkan. Saking menikmati 2016, rasanya ga mau cepet-cepet berakhir karena tahun ini emang wow banget buat gue.

Bingung juga mau cerita apa karena tahun ini gue mulai suka sharing kehidupan pribadi baik di blog atau di Path. Jadi mungkin konten kaleidoscope kali ini banyak mengulang apa yang pernah gue share kali ya.. Maybe with the same photos or story hehe.

Sejak akhir 2015 gue mulai bekerja full-time, jadi 2016 ini adalah tahun pertama gue kerja full-time sepanjang tahun. Pengalaman kerja gue ini bisa dibaca disini. Intinya selama setahun ini gue seneng kerja di Kadence, baik secara kerjaan maupun lingkungannya.




Indian Squad

Selain belajar soal HR di kantor, gue juga coba ikut Industrial/Organizational Club yang didirikan sama dosen kampus dulu. Coba ikut kegiatannya yang bernama SLN: Sharing, Learning, Networking dan ternyata bermanfaat. Memperluas network, kenalan dan belajar dari para expert tentang kasus-kasus nyata berbagai kantor.




Mencoba menyeimbangkan hidup supaya isinya ga kerja melulu, pulang kerja gue sisihkan waktu untuk tetap catch up dengan temen-temen. Sebisa mungkin tetap jalin silaturahmi lah meski kita udah pada lulus sekolah/kuliah (baca ini). Nggak hanya pas weekend, pulang kerja pun juga masih suka ketemu temen-temen.









Selain kumpul-kumpul nongkrong biasa, gue dan sekelompok teman-teman juga mencoba menjadi "orang dewasa" dengan mengadakan.... arisan! Hahah. Meski tujuan awal arisan ini adalah supaya kita rutin ngumpul, ujung-ujungnya susah lengkap juga karena kesibukan masing-masing :( Tapi overall masih berjalan dengan cukup baik kok.


Backgroundnya berasa flying lantern :")



Bahkan arisan disini

Kumpul dan reuni sama temen-temen nggak hanya di pertemuan non-formal kayak gini. Di tahun ini, gue 3x reuni sama temen-temen SMP di 3 pernikahan sahabat-sahabat gue! 3 out of 5 of us were married this year :o Ada yang memang sudah di-plan dari jauh-jauh hari, ada yang prosesnya cepet banget melalui taaruf, bahkan ada yang diem-diem udah prepare tanpa ngasih tau apa-apa, tau-tau ngundang :( Unik dan menyedihkannya, gue belum kenal sama para mempelai prianya secara personal. Belum pernah ketemu, cuma liat foto dan denger cerita-cerita mereka aja. Belum sempet kenalan, sekalinya ketemu langsung di pelaminan :")








Tinggal kita berdua nih Ti

Yang gue suka dari menghadiri pernikahan temen-temen sekolah/kuliah, jadi reunian sama temen-temen juga. Yang udah lamaaaaa banget ga ketemu. Mungkin kalo bukan di acara kayak gitu, kita hampir ga mungkin ketemu lagi.








Sama temen-temen marching band pun juga ga lepas. Bukber, nobar, karaoke dadakan, sampai inep-inep cantik tetep dijabanin meski udah bukan mahasiswa.

Iklan baru Khong Guan
*insert judul sinetron here*
Sekali-kali candid beneran
Foto super effort :"D Hasilnya liat di IG saya aja ya
Comfort zone
Semangat menjalani hidup!

Gue bahkan sempet penampilan lagi sekali. Dan penampilannya itu sesuatu banget :") Udah latihannya H-1, ngafalin gerakan-gerakannya, eh di hari H disuruh bikin koreo baru menggunakan bendera dari kertas yang ga bisa dimainin :"" But the good part was we could take many good pictures :p

Endless selfie

*abis ini diamuk sama fansnya Beto*

Oh ya, ngomongin bukber jadi inget Ramadhan jatuh di bulan Juni, di bulan ulang tahun gue. Alhamdulillah wa syukurillah tahun ini gue bisa menghabiskan momen ulang tahun dengan orang-orang terdekat, yang masih sempet-sempetnya ngasih surprise padahal ga mengharapkan dan ga kepikiran sama sekali. Sebersyukur itu dikelilingin sama orang-orang yang care dan perhatian.



Nggak hanya sama temen-temen, momen-momen sama keluarga juga jadi penting banget di tahun ini. Salah satunya karena opa, satu-satunya grandparent yang masih ada, tiba-tiba sakit parah dan kondisinya bener-bener drop dalam waktu singkat. Semua keluarga baik keluarga deket sampai keluarga jauh, silih berganti untuk jenguk dan nungguin. Seterharu itu banyak banget yang sayang dan peduli sama opa. Gantian nginep dan nungguin, sampai-sampai ruang tunggu ICU yang seharusnya tenang, selalu diisi ramai sama kami. Disini gue belajar banget sih bahwa good people will receive good things in return. Dan bahwa keluarga sangat berperan penting di situasi sulit. Meskipun pada akhirnya opa harus meninggalkan kami semua, tapi opa left us for good. Sure he would be in a better place there *hold tears*.



Dengan kejadian sakitnya opa dan banyak orang sekitar yang meninggal, itu semakin menyadarkan pentingnya jaga makanan dan jaga kesehatan dengan rutin berolahraga. Ga sering jajan sembarangan, perbanyak makanan berserat, menghindari pedas dan asam berlebih, dll. Btw gue juga udah jarang makan gorengan loh! Dengan rutin olahraga, nafsu makan gorengan otomatis berkurang drastis.

Selain rutin yoga seminggu sekali, gue juga mulai eksplor berbagai macam olahraga. Selain sebagai variasi supaya ga bosen, biar tau juga olahraga apa yang cocok buat kita. Apalagi sekarang semakin banyak jenis-jenis olahraga baru. Sejauh ini sih yang paling cocok buat gue masih yoga hehe. Yoga pun yang gue coba juga macem-macem. Selain yoga biasa, pernah juga nyoba strala yoga, hip-hop yoga. Tapi balik lagi yang paling cocok buat gue masih tetep yoga biasa hehe.

Yoga Healing @ Breast Cancer Awareness event
Girls to Go Day: Hip-Hop Yoga
Strong by Zumba @ Jakarta Fit Fest
Power Swing



InLine Skate, mainan jaman SD

2017 wajib coba olahraga-olahraga lainnya sih. Mumpung masih punya voucher-voucher free trial hehe.

Di luar kegiatan-kegiatan yang gue sebutkan barusan, sebenernya gue masih ngerasa kurang aktivitas banget sih. Masih banyak gabutnya. Pulang kerja di rumah cuma scroll-scroll timeline, browsing ga jelas, ga produktif lah. Sepengen dan sebutuh itu kegiatan lain, tapi bingung apa. Temen-temen nyaranin ikut komunitas apa gitu kek, tapi gue sendiri bingung mau ikut komunitas apa karena ga ada satu hobi yang bener-bener disukai dan diseriusin.

Ngerasa sebutuh itu tapi ga tau mau ngelakuin apa, akhirnya suatu waktu dapet info lagi ada open recruitment for research volunteer di Sinergi Muda (SM). Karena emang pengen banget ngisi waktu dengan kegiatan positif, tertarik research juga dari dulu, dan udah lumayan banyak denger tentang SM dari lingkungan sekitar, akhirnya gue coba daftar. Dan setelah melewati beberapa tahap seleksi, surprisingly gue diterima. Sejujurnya ga nyangka sih bakal diterima :") Sekarang sih kegiatannya belum mulai, baru akan mulai di 2017, but I'm sure and hope it will be a good thing. Apalagi kemarin setelah meeting perdana Research Division, semakin yakin kalo ini bakal seru dan exciting banget.

SM 4th Anniversary

Sekian cerita tentang tahun 2016 gue. Gue baru sempet post ini sekarang karena kemarin-kemarin lagi liburan. Iya, tahun ini baru sempet liburan di akhir tahun karena di tengah tahun sedang masa-masa berkabung dan ga memungkinkan untuk liburan.

Sejak bulan lalu ditentukan mau tahun baruan ke Turki, se-excited itu banget sampe udah ga fokus kerja. Udah ngebayangin bakal seseru apa nanti, karena emang kebetulan tahun ini lagi pengen banget kesana. Dari destinasi-destinasi pilihan gue, ortu, dan adik (kakak mah ngikut aja), melalui diskusi yang alot, Alhamdulillah dipilihlah Turki, destinasi pilihan gue :))

2016 diakhiri dan 2017 diawali dengan hal baik, semoga 2017 menjadi tahun yang tidak kalah baik dibanding 2016. Bahkan kalo bisa lebih baik. Kalo sebelum memasuki 2016 gue udah memprediksi dan meyakini bahwa 2016 akan jadi tahun yang baik buat gue, sekarang gue belom kebayang sih 2017 bakal kayak apa. Tapi satu yang banyak dikatakan akun-akun positive quotes, baik atau tidaknya suatu tahun itu juga ditentukan oleh keyakinan dan sikap kita. Kita bisa memilih ingin menjadikan tahun itu jadi tahun yang apa. So they advised us to choose 2017 to be great.

Bismillah.

You Might Also Like

0 comments