review

Kopi Kalyan

January 21, 2017

Another new place yang tinggal jalan kaki dari rumah! Letaknya persis di seberang Sate Padang Ajo Ramon Cikajang. Berhubung lumayan baru, Kopi Kalyan ini belum terlalu terdengar sepertinya. Gue sendiri pertama kali tahu dari kakak. Katanya sih makanan dan tempatnya enak.

Kemarin gue pun coba mampir tanpa cari tahu lebih lanjut. Nggak baca review-review dulu seperti biasanya. Go give a try-lah gue pikir.

Dari luar bangunannya terlihat sangat sederhana. Dengan tema industrial, bangunan ini seperti bangunan belum jadi yang dindingnya warna abu layaknya semen. Parkirannya penuh, yang menandakan bahwa restoran ini lagi ramai.

Begitu masuk, ternyata bener di dalemnya rame banget banget. Hampir full semua tempat duduknya. Saat itu ga ada pelayan yang menyambut, jadi begitu masuk gue celingak-celinguk sendiri nyari tempat duduk. Semuanya full, tinggal sisa meja panjang yang sharing tempat duduk dan kebanyakan isinya orang buka laptop. Beruntung nggak lama ada sekelompok pengunjung yang beranjak mau pergi. Langsung lah gue tempatin, meskipun menurut gue tempat duduknya sama sekali nggak nyaman.


Kursi gue yang kuning biru itu

Disini jenis tempat duduknya macem-macem banget. Ada meja dan kursi tinggi yang untuk sharing tempat duduk, ada juga yang meja kursi biasa yang normal buat makan di restoran, ada yang sofa dengan meja pendek, dan ada kursi seadanya dengan meja super pendek. Ngerti sih temanya industrial, tapi menurut gue banyak tempat duduk dan meja yang sangat ga nyaman. Mungkin kursi besi dan meja super pendek ditujukan buat mereka yang mau ngopi-ngopi ngobrol santai biasa, tapi kalo kasusnya kayak gue yang pengen makan berat tapi ga kebagian tempat duduk buat makan, super ga enak banget makannya sambil bungkuk condong ke depan.

Buat smoking area-nya juga menurut gue agak kayak kandang, dimana ada space kecil tapi isinya banyak kursi dan meja kecil yang kayak cuma buat duduk doang. Gue sih ngeliatnya ga nyaman banget kalo berada disitu. Untuk area semi-outdoor-nya juga rame banget.

Kalo soal interior dan dekorasi, kayaknya cocok sih buat foto ala2 gitu. Tapi gue pribadi bukan yang suka foto ala2 jadi menurut gue yaa typical industrial & minimalis aja. Soal suasana, disini rame dan berisik banget jadi kurang nyaman menurut gue. Ngobrol suaranya harus kenceng, terus kalo mau sambil buka laptop juga engga nyaman.

Disini sistem pemesanannya sama kayak coffee shop kekinian lainnya dimana pesen dan bayar langsung di kasir. Sepertinya sistem ini emang cukup efektif dan efisien buat restoran atau coffee shop yang rame tapi nggak punya banyak pelayan. Disini pelayannya juga nggak banyak, jadi kalo mau minta sesuatu lebih baik samperin langsung daripada manggil. Gue aja minta sambel lama banget dikasihnya padahal udah gue samperin bolak-balik. Terus temen gue minta takeaway juga kayaknya ga akan dikasih kalo ga disamperin, karena mereka sibuk dan lupa.

Untuk pilihan menu disini nggak terlalu banyak tapi menurut gue menarik. Sempet bingung juga mau pesen apa karena rata-rata menarik dan katanya sih enak.

Brick Chicken (79k)


Menu ini terdiri dari roasted chicken yang dilumuri gravy sauce, baby potato, tomat yang ditumis, dan potongan baguette. Rasanya enaak! Ayamnya sendiri udah gurih, ditambah lagi gravy sauce yang asin gurih. Gravy sauce ini beda sama kebanyakan gravy sauce. Kalo biasanya gravy sauce itu kental, yang ini lebih oily tapi enaak gue malah suka. Sayangnya menurut gue kurang banyak gravy sauce-nya :( *Anaknya suka asin*. Baby potato and the baguette just make it perfect. Kehadiran tomat disini kayaknya supaya ada sedikit rasa asam untuk menetralisir rasa asinnya. Love this dish! Untuk gue yang lagi laper banget, porsinya menurut gue sih kurang mengenyangkan hehe.


Banana Lemon Smoothies (38k)


Walaupun ke coffee shop manapun, pasti ga pernah pesen kopi karena emang ga suka hehe. Kali ini gue pesen campuran smoothies yang cukup unik, yaitu pisang dengan lemon. Kayaknya gue belum pernah nemu yang campuran keduanya. Rasanya enak bangeet. Smoothies-nya creamy dan kental, rasa pisangnya kuat dan ada sedikit segarnya lemon.


Pisang Goreng (35k)


Pisang gorengnya gede-gede banget! Makan 1 aja rasanya udah cukup banget. Gue ga tau pisang apa ini tapi rasanya ga begitu manis. Terus tepungnya nggak banyak. Padahal gue pribadi sukanya pisang goreng yang banyak tepung garingnya. Akhirnya karena nggak kuat ngabisin, sisanya dibungkus.


Cafe Latte (30k)


Cafe latte ini datang dengan sepotong kue pandan. Kata Agnes sih lumayan enak kopinya, tapi emang dasarnya ga suka kopi, begitu gue coba gue tetep ga suka karena pahit. Untuk pandan cake-nya gue ga nyobain sih, tapi katanya hambar.

In spite of ngga enaknya suasana dan tempat duduknya menurut gue, tapi makanan dan minuman gue enak-enak! Enak banget sih. Jadi penasaran pengen nyobain makanan lainnya. I guess I'll be back again apalagi tinggal melangkah dari rumah :))


Kopi Kalyan
Jl. Cikajang no. 61
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 7223712
www.kopikalyan.com

You Might Also Like

0 comments