life

Positive Vibes Only

December 02, 2016

Namanya hidup pasti ada masanya di atas ada masanya di bawah. Namanya hidup pasti ketemu sama masalah terus. Tinggal gimana kita menyikapinya. Gue percaya di setiap kejadian pasti ada sisi positif yang bisa diambil, seburuk apapun kejadiannya. Tinggal dari sudut pandang mana kita melihatnya, dan apakah kita mau nyari sisi positifnya atau mau ngeluh aja. Hal inilah salah satu cara paling ampuh buat gue untuk coping dan menerima apa yang terjadi di kehidupan gue.







Cara lain yang mulai sering gue terapkan 2 tahun terakhir adalah baca cheesy quotes yang ada di internet. Googling aja cari di google images, atau follow Facebook page/Instagram akun-akun positive quotes gitu. Tapi bukan akun-akun yang isinya curhat terus di-like buat kode/nyinyir ya. Cari yang isinya quotes positif dan bermakna. Memang kalo baca quote-quote itu sekilas terdengar cheesy, tapi kalo bener-bener diresapi dan direfleksikan, it can give you positive impact loh. Bisa membuat lebih tenang, berpikir lebih logis, dan bisa memberikan sudut pandang baru.


Salah satu jobdesc gue di kantor yang gue suka sekaligus gue ga suka adalah mengirimkan motivational quotes/video setiap minggunya. Ga sukanya adalah karena harus milih quotes atau video yang bagus, sedangkan cari yang bagus dan cocok itu susah. Tapi sukanya karena dengan melakukan tugas ini otomatis gue jadi banyak nonton video dan bacain quotes motivasi yang positif.

Sebenernya gue bukan orang yang suka follow-follow atau share wise quotes gitu, tapi beberapa waktu lalu gue menemukan 2 akun yang menurut gue bagus dan patut di-follow supaya ada daily positive vibes, apalagi timeline Facebook sekarang isinya mostly mengandung politik, SARA, terror, kebencian, ngomel-ngomel, dan hal-hal negatif lainnya. Gue rasa satu-dua akun positif bisa mencerahkan timeline kita.

Gue mau share 2 akun (dari 2 akun) yang gue follow. 2 akun ini adalah akun Xandria Ooi dan Power of Positivity. So far gue masih merasa cukup hanya follow 2 akun ini karena mereka sangat rutin posting foto dan video positif. Kalo kebanyakan follow akun-akun sejenis nanti yang ada malah di-skip aja di timeline dan nggak dibaca. 

Yang gue suka banget dari Xandria Ooi adalah selain karena konten yang cukup related dengan kehidupan sehari-hari, cara penyampaiannya juga komunikatif. Dan part favorit adalah di ending video dia selalu ngomong, "Be happy, always." Suka banget setiap kali dia ngomong gitu.

***

Gue pernah ada di masa galau gloomy-gloomy ga jelas, yang sebenernya ga jelas penyebabnya kenapa. Sampe sulit tidur nyenyak dan biasanya bangun dengan perasaan yang ga enak. Sumpah itu ga nyaman banget tidur berhari-hari kayak gitu. Dan efeknya jadi ga enak beraktivitas sepanjang hari. Sampe akhirnya gue nemu kata-kata ini: "When I wake up, I choose to be happy." Gue pun menyadari bahwa mood kita juga ditentukan oleh sikap kita (Bedakan sikap dengan perilaku ya. Go Google the difference).

Gue pun coba menerapkan quotes tersebut. Every morning, everytime I wake up, I choose to be happy. And surprisingly it works! Sekarang kalo bangun tidur gue selalu inget kata-kata itu. Sayangnya gue lupa gue liat dimana quotes itu. Adanya yang mirip aja:



Dan gue juga mulai belajar untuk tidak memberikan hal-hal negatif ke diri sendiri. Setelah dipikir-pikir kadang kita suka jahat dan melemahkan diri sendiri. Being melancholy, overthinking, living in the past, pessimistic, you named it. Kita berusaha untuk kuat, tapi terkadang tanpa disadari kita melakukan hal-hal tersebut yang sebenernya melemahkan diri kita sendiri. Melalui yoga, gue belajar untuk mencintai diri sendiri dan memutuskan untuk berhenti menjatuhkan dan melemahkan diri sendiri. Percuma kita berusaha kuat tapi ujung-ujungnya malah diri sendiri yang ngejatuhin. Ya, musuh terbesar seseorang adalah dirinya sendiri.

***

Gue juga pernah baca blog orang yang menceritakan masa-masa sulitnya dia, yang ternyata sama seperti yang gue alami. Baca postingannya dia itu bener-bener mencerahkan pikiran gue. Gue waktu itu cukup hopeless kehilangan arah, terus dengan gue baca cerita dia, langsung dapet aha moment lagi. Dari postingan dia, gue menyadari satu yang gue lupakan waktu itu: Tuhan lah jawaban dari semuanya.

Satu hal yang juga ngga boleh dilupakan adalah mendekatkan diri sama Tuhan dan menyerahkan semua pada-Nya. Percaya kalo Tuhan pasti punya rencana baik di balik semua ini. Meski untuk mencapai kesana itu sulit, tapi kalo udah bisa berserah diri gitu rasanya lebih tenang.


Untuk orang-orang di luar sana yang lagi dalam situasi sulit, percayalah semua pasti akan berlalu. Sesulit apapun itu. Yes, time will heal. Tapi kita juga mesti usaha untuk memperbaiki keadaan. Kalo emang udah berusaha semaksimal mungkin dan belum berhasil, biar waktu yang menjawabnya. Karena semua itu proses. Dan jangan lupa berdoa :)

Orang lain bisa dengerin kita, bisa kasih saran, bisa kasih support, tapi menurut gue, our biggest supporter itu ya diri kita sendiri. Gimana cara kita nyemangatin diri sendiri dan berusaha bangkit.

Stay strong, don't give up, be positive.

XOXO,
Dyani

You Might Also Like

0 comments