caredu

The Intern 2

August 07, 2016

3. PwC Indonesia



Nah ini adalah pengalaman magang terakhir gue, sekaligus yang paling lama magangnya, yaitu 3,5 bulan. Hmmm gimana ya cara menyingkat ceritanya. Karena kalo diceritain secara detil bakal panjaaang banget. Oke mari kita coba.

Seperti yang pernah gue ceritakan sebelumnya, awalnya gue apply di PwC untuk mengisi waktu (dan mengisi tabungan) setelah sidang sembari mencari kerja. Siapa tauu kan setelah magang gue bisa ditarik jadi employee disana hehe. Karena menurut temen, kesempatan untuk ditarik jadi employee itu ada meskipun nggak pasti juga. Dan enaknya kalo ditarik lewat jalur intern, kita nggak perlu ikut tahapan-tahapan seleksi yang katanya sulit itu.

Sama seperti di Sucorinvest, gue tau lowongan intern ini dari jarkom di grup angkatan juga. Spesifiknya dari temen yang mau selesai magang disana, jadi akan gantiin dia gitu. Setelah tanya-tanya dan ternyata kerjaannya menarik, gue pun coba apply. Singkat cerita gue diterima (Proses lengkap seleksinya bisa dibaca disini).

Gue ditempatkan di Plaza 89 bersama sebagian besar HC yang lain, karena ada juga HC yang ditempatkan di The East. Gue ditempatkan di bagian rekrutmen, atau kalau disini disebutnya RISS, spesifiknya bantu di employer branding dan experienced hire.

Di bagian employer branding, tugas gue sangat beragam, dari mulai arrange event seperti seminar, talkshow, dan company visit, membuat materi seminar, desain poster dan merchandise, ikut-ikut job fair dan campus hiring, dll. Selain itu gue juga bantu rekrutmen untuk fresh graduate dan intern yang masih sangat terkait dengan program job fair dan campus hiring roadshow.


Melirik poster-poster buatanku :3
Bersama dedek-dedek UnTar yang bantuin campus hiring. Too bad the picture is blur :(


Gue sesuka itu sih sama kerjaannya. Bener-bener beragam dan nggak monoton. Tiap hari yang dikerjain beda-beda. Kerjaannya nggak terlalu administratif dan banyak menggunakan kreativitas karena banyak ngedesain hehe. Bahkan ada satu hari dimana gue keliling kantor PwC semua lantai untuk take photos untuk materi branding mereka. Mungkin kalo bukan karena kerjaan ini, gue ga akan kelilingin semua lantai untuk lihat fasilitas dan desain kantornya yang keren (Bahkan mereka punya ruang dokter & psikolog in-house). But sorry I can't share it all here :)




Selain itu, banyak jalan-jalan ke kampus-kampus juga untuk ikut job fair, campus hiring, kuliah umum. Beberapa kali ke kantor yang di The East juga. Ketemu banyak orang, kerjasama sama banyak orang juga. Jadi nggak bosen di kantor terus. Terus kalo lagi bosen di ruangan, main-main atau kerja di PwC Lounge. FYI, mereka punya lounge sendiri loh!

Jarang-jarang ruangan sekosong ini





Really love this quote


Gue juga dikasih kesempatan untuk conduct test untuk para kandidat. Mulai dari kelas kecil yang isinya cuma sekitar 6-8 orang sampai kelas besar. Mulai dari yang isinya dedek-dedek mahasiswa, sampe yang senior level. Latihan tampil di depan umum lah hehe.

Sementara itu untuk experienced hire gue bertugas untuk arrange jadwal interview kandidat dengan para user. Belajar gimana cara nelfon kandidat yang proper, karena yang ditelpon ini kan bukan mahasiswa-mahasiswa baru kemaren lulus, tapi orang-orang yang lebih senior dari gue.

Terus awal-awal juga was-was banget ketika harus berhubungan dengan para users yang levelnya minimal Manager. Bahkan sampai Director juga. Takut salah :") Takut salah ngomong, salah bahasa email, bahkan kalo kandidat udah dateng tapi usernya nggak tau kemana gue panik sendiri. Meskipun banyak dari mereka yang santai banget bahasanya ketika ngobrol, tapi tetep aja gue deg-degan takut salah. Maklum namanya juga intern.

Nggak terbatas pada jobdesc yang gue jelaskan di atas, gue juga belajar soal administrasi tes. Mulai dari skoring tes, rapiin CV dan files lainnya. Dari situ gue liat bahwa orang PwC dan yang mau masuk PwC itu wow-wow banget. Ibaratnya, kalo selama ini ngerasa cukup bangga kuliah di UI, pas ngeliat CV orang-orang itu jadi berasa ga ada apa-apanya. Orang-orang itu kuliah di universitas terbaik di dalam maupun luar negri, IPK-nya tinggi-tinggi, organisasinya macem-macem, prestasinya warbyasah.

Gue juga kan sering dengerin sharing dari orang-orang PwC ketika lagi sesi seminar, talkshow, dan kuliah umum. Kagum sih sama mereka-mereka itu. Willing to work hard (really hard) dan berani ngambil opportunity untuk dikirim, ditempatkan di berbagai negara. But they're humble at the same time. Even jabatannya udah tinggi-tinggi, tapi gayanya tetap kasual dan bahasanya masih nyambung sama anak muda lah.

2 minggu terakhir magang gue udah ga banyak kegiatan roadshow sehingga gue dapet tugas untuk bikin social media research. Jadi disuruh research tentang social media & website PwC dan kompetitor-kompetitornya. Selain itu disuruh bikin summary & recommendation juga. Tujuannya tentu untuk pengembangan socmed & website PwC. Yang bikin tambah challenging adalah penulisan proposalnya pake bahasa Inggris.

Gue pikir research yang gue kerjain nggak akan terlalu impactful atau bahkan belum tentu dibaca karena gue tau supervisor gue banyak kerjaan. Tapiiiiiii months later setelah gue udah ga magang, gue iseng buka webnya PwC bagian career section, gue sekaget dan seterharu itu.

Totally changed dan banyak yang perubahannya seperti rekomendasi yang gue tulis di proposal. Nggak tahu kebetulan aja sama atau memang pengembangannya itu juga didasarkan oleh apa yang gue tulis. Pokoknya gue se-happy itu sih ketika saran dan rekomendasi yang gue ajukan di proposal bener-bener diimplementasiin dan hasilnya bagus banget :") Bahkan jaaaauh lebih bagus dari ide dasar yang gue berikan. Seterharu itu kalo emang beneran dibaca dan dipertimbangkan :"")

3,5 bulan magang disini belajar banyak banget sih gue. Hal ini nggak lepas dari sistem yang rapi banget dan udah well-established, dan juga orang-orang di dalamnya. Orang-orang disini menyenangkan, friendly, dan lawak! Tiap hari paaasti banget ngakak, apalagi geng pojokan. Nggak cuma canda-canda, tapi juga ngepoin orang dan curhat-curhat.

Gue kenalan sama banyak orang baru, orang yang sangat-sangat menyenangkan untuk dijadikan rekan kerja maupun temen, bahkan temen curhat. Sampai sekarang pun gue masih keep in touch dengan mereka, yang setelah dihitung-hitung udah hampir setahun gue selesai magang disana.

The Interns (Minus Kinan)


Yang setiap hari menciptakan tawa
Yang setiap hari menciptakan tawa (2)
My recruiterrr 
BF kuliah, kosan, dan di tempat kerja pun duduknya sebelahan!


Terus disini juga selalu ada makanan :") Adaaa aja yang bawa apa gitu untuk dishare. Dan hampir selalu rebutan. Setiap hari Jumat juga ada Friday Snacks untuk sarapan :9

Photo credits to one HC member (Lupa siapa)
HBD Mbak Wani!


Di akhir magang gue sempet ditawarin untuk kerja disana. Memang sih salah satu tujuan gue magang disana juga supaya ada kesempatan untuk ditarik jadi karyawan permanen, tapi setelah dipikir matang-matang lagi, sepertinya nggak dulu deh untuk saat ini. Meski gue tahu ini perusahaan yang besar dan bagus banget, tapi gue ngerasa gue pribadi akan bisa jauh lebih berkembang kalau di tempat lain. Karena saking besarnya perusahaan ini, setiap pekerjaan disini (di divisi support) udah spesifik banget, sedangkan gue sebagai fresh graduate pengennya ngerjain dan belajar banyak hal yang cakupannya lebih luas.

Mungkin divisi support disini (disebutnya IFS/Internal Firm Services) beda sama divisi-divisi (LoS) lain yang merupakan core business-nya seperti Assurance, Tax, Consulting, dan Advisory. Akan jadi batu loncatan banget sih kalau di LoS lain.

3,5 bulan pun berlalu dan tibalah last day gue disini. Di last day gue disini, gue banyak foto-foto dan tukeran kado sama supervisors gue. Stay di kantor lah sampe malem untuk terakhir kalinya :")

Nyiapin kartu ucapan dulu

With my supervisors


Farewell the interns


Magang di PwC ini adalah salah satu best experience dan sangat worth it menurut gue. Bener-bener one of a lifetime opportunity seperti tagline yang selalu digaungkan mereka :)



You Might Also Like

22 comments

  1. Wah..baru baca blognyaaa...bgs bgt review-nya Dyani...talented pisan..thx uuuu, Dyaniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mbak intaaan.. thank you udah mampir mbaaak :*

      Delete
  2. bagus blognyaaa, oiya mau nanya dong halo work environmentnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang2nya cukup menyenangkan sebenernya menurutkuu. Cuma overall aku ngeliatnya cukup individualis sih

      Delete
  3. Hii kak maaf aku mau nanyaa magang di pwc minimal berapa bulan yaa? Dan itu digaji gak yaaah? Hehehe. Terima kasih sudah mau menjawab ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Kayaknya untuk berapa bulannya itu tergantung kebutuhan, tapi biasanya sih sekitar 3 bulan dan itu paid internship alias digaji hehe

      Delete
    2. Terus kalau sudah 3 bulan gitu, bisa diperpanjang lagi gitu gak kak?

      Delete
    3. Tergantung kebutuhannya.. Waktu itu aku sempet diperpanjang sebentar. Ada juga yang habis itu ditarik jadi karyawan

      Delete
  4. kak mau nanya, klo aku cek di website pwc untuk internship itu kan 4 bulan, nah kalau misalkan di bulan terakhirnya itu masuk kuliah, apakah dibolehin internship sampe 3 bulan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Kayaknya tergantung magangnya di bagian apa dan mereka butuhnya berapa lama. Biasanya pas interview akan ditanya availabilitynya bisa magang berapa lama, dari kapan sampe kapan. Kamu bisa sampein availability kamu pas apply/interview

      Delete
  5. Hallo kak, terima kasih atas sharingnya. Mau tanya, sebelum kaka diterima internship di PwC tahapan interview nya seperti apa ya kak? Dan kira2 pertanyaan nya seputar apa?
    Terima kasih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Waktu itu aku interview by phone 1x. Pertanyaannya seputar diri kita, pengalaman organisasi, pengalaman magang, dan juga knowledge seputar posisi yang dipilih

      Delete
  6. kak mau nanya kan skrg kondisinya lg pandemi ya, klo intern bisa wfh ga yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Masing2 perusahaan punya kebijakannya masing2 selama pandemi ini. Bisa ditanyain langsung ke perusahaannya yaa

      Delete
  7. Hii ka, lamarnya waktu itu melalui website atau email? Dan jangka waktu dr lamar sampai dipanggil tes pertama berapa lama ya? Terimakasih ka sebelumnya🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku apply via email. Kalo ga salah direspon di minggu itu juga, dan interview di minggu itu juga

      Delete
  8. Halo kakk, untuk magang di pwc apakah IPK harus tinggi banget ya? Kalau 3,2 gitu masih ada kesempatan kah kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jaysen, requirement untuk apply magang di PwC itu IPK minimal 3 dari 4. Jadi 3,2 bisa banget apply :)

      Delete
  9. hi kak mau tanya, untuk interview biasanya pake english atau indo yaa? terima kasih sebelumnya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Kalo aku dan intern di HC lainnya diinterview pake Bahasa Indonesia. Kalo bagian lain aku kurang tauu

      Delete
  10. hai ka mau tanya berarti kamu setelah intern kamu ga memilih buat stay jadi karyawan disana atau bagaimana yaa? thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Maaf banget baru bales. Iya aku nggak lanjut jadi karyawan disana

      Delete