color guard

Becoming A Coach: Al-Azhar Kemang Pratama

April 05, 2014

Setelah 1,5 tahun jadi pemain color guard, akhirnya gue dapet tawaran pertama untuk ngelatih color guard anak SD. Waktu itu gue ditawarin ngelatih di Al-Azhar Kemang Pratama, Bekasi. Saat dapet tawaran itu, gue langsung ngeiyain aja karena emang pengen nyoba, dan kebetulan ada temen gue Agnes juga yang ngelatih disana. Padahal sebenernya itu jaaauh banget dari domisili gue.

Gue ngelatih disana setiap hari Selasa, dan hari Jumatnya Ige karena Jumat gue nggak bisa. Perjalanan kesana biasanya ditempuh selama 1,5 jam naik motor sama Agnes. Kalo ngebut banget bisa sejam. Kebayang kan sejauh apa tempatnya? :") Apalagi gue jarang banget naik motor. Kalopun naik motor paling sekitaran UI. Jadi berasa banget perjalanan itu. Meskipun udah berkali-kali bolak-balik, tetep aja deg-degan naik motor di jalan raya karena motor-motor lainnya nyelap-nyelip seenak jidat dan nyeremin.

Belum lagi kalo ujan, beuhh ribet banget. Harus minggir dulu make jas ujan, nunggu redaan baru jalan. Nggak jarang juga kami jalan di tengah hujan. Pernah satu kali, pas lagi minggir make jas ujan, gue dan Agnes dipalak bapak-bapak yang minta-minta gitu.. Serem banget.

Gue ngelatih disana dari jam 3-4.30. Biasanya, jam 1an gue udah harus jalan dan baru nyampe Depok lagi di atas maghrib. Padahal ngelatihnya sendiri cuma 1,5 jam. Kalo nggak emang niat, berat pasti. Cuma kalo diniatin sih yaa enjoy aja. Kalo pulang biasanya gue didrop Agnes sampe satu titik abis itu naik angkot. Kalo lagi beruntung, bisa nebeng Agnes atau pelatih lain sampe Depok.

Naik angkot maghrib-malem sendiri gitu juga suatu hal yang ga pernah gue lakuin kalo bukan karena ngajar ini. Selalu deg-degan takut nyasar, takut dipalak. Haha parno banget. Tapi so far sih aman-aman aja.

Anak-anak yang gue latih disana rata-rata kelas 4 dan 5. Ada juga sih 1 anak kelas 3. Kalo yang kelas 6 bukan gue yang ngelatih, karena mereka mau ikut kompetisi gitu di Bali. Yang gue ajar itu anak-anak baru jadi materinya bener-bener dari awal.

Seneng banget karena anak-anaknya pinter dan bersemangat. Mereka seneng banget kalo dikasih materi baru dan cepet nangkepnya. Udah gitu mereka semua open dengan orang baru. Pertama kali gue dateng aja mereka langsung menyambut baik, ngajak ngobrol, dan cerita-cerita. Jadinya nggak canggung sama sekali. Kalo gue lagi makan di kantinnya, mereka juga suka jb-jb.

Meskipun demikian, namanya juga anak-anak, butuh effort lebih untuk ngatur mereka. Kalo lagi dirileksin, demennya ngadem di ruangan AC, ngerengek-rengek mau jajan, atau keasikan gosip. Belom lagi kalo ada yang berantem dan ngambek-ambekan. Harus pinter-pinter ngajak latihan lagi. Buat gue pribadi sih nggak terlalu sulit karena emang belajar psikologi tentang anak-anak dan cara mengajar juga hehehe.

Hal yang gue amazed ada di GPA 9 itu (Gema Persada Al-Azhar, nama marching band disana) adalah adanya apel awal dan akhir, sebelum dan sesudah latihan. Waktu zaman gue SD dulu nggak ada apel awal dan akhir gitu. Bahkan disana juga diajarkan disiplin untuk izin kalau nggak latihan, push-up kalo telat tanpa izin. Hebatnya lagi, anak-anak itu rebutan mau jadi komlat (komandan alat), padahal kalo di MBUI, anak-anak saling nyuruh PIC-in kalo komlatnya ga masuk.. Haha. Disiplin nggak hanya dalam latihan, tapi di luar latihan seperti misalnya ngajarin untuk ngerapiin alat-alat di bawah ini.



Enaknya adalah disana gue masih dibimbing Kak Dedi (pelatih gue). Materi dia yang buat jadi gue tinggal transferin ke anak-anak. Dia juga mantau progress anak-anaknya. Hal-hal manajerial seperti flag, kostum, juga dia yang pegang. Ngelatih disana juga enak karena kesejahteraannya terjamin hehehe. Ibu-ibu disana juga baik dan cukup supportif.

Setelah sekian bulan latihan, akhirnya anak-anak itu dapet kesempatan tampil di pensi sekolah. Saat hari penampilan, gue berubah sekejap jadi mak-mak rempong. Disana naluri keibuan lo akan otomatis keluar ngurus anak-anak yang riweh. Makein kostum, nyiapin bendera, bahkan sampe ngelapin keringet anak-anaknya. Padahal sehari-harinya gue paling jijik bersentuhan sama keringet orang. Tapi saat itu udah ga mikirin sama sekali dan fokusnya ke mereka. Ige juga bantu nyepol-nyepolin rambut anak-anak, tapi kalo gue nggak bisa nyepolin.

Selain bantuan fisik kayak gitu, perlu juga loh emotional support untuk anak-anak itu. Meyakinkan kalo mereka itu bisa, meyakinkan mereka bisa tampil bagus. Apalagi saat itu ada anak yang lemes pusing kurang tidur, terus ngambek juga. Bener-bener harus sabar dan pelan-pelan ngebujuk dan nyemangatinnya. Di satu sisi harus ngebangun semangat dia, tapi nggak boleh sampe maksa juga.

Selama mereka tampil, saat orang-orang nikmatin, malah gue yang deg-degan. Merhatiiin mereka. Seneng banget ketika ngeliat anak-anak yang dilatih itu akhirnya bisa nampilin apa yang selama ini udah dilatihkan. Ngeliat mereka bisa, seneng banget.

courtesy: Ige's instagram
Courtesy: Ige's instagram
Setelah penampilan itu, gue nggak lanjut ngajar disana lagi karena berganti semester dan jadwal kuliah gue pun berubah. Pengalaman satu semester bolak-balik Depok-Bekasi juga cukuplah buat gue. Sayangnya, gue nggak sempet pamitan sama anak-anaknya :(



You Might Also Like

0 comments